KULINER SAAT TRAVELING MENGAKIBATKAN CABUT GIGI

Saat ini berwisata atau liburan sudah menjadi hal lumrah dan bisa dinikmati oleh siapapun. Selain mengunjungi destinasi wisata, salah satu tujuannya adalah menikmati makanan lokal khas daerah setempat. Bahkan saat ini tempat kuliner sudah menjadi atraksi wisata sendiri. Namun tahu kah kamu, jika kuliner saat traveling bisa mengakibatkan cabut gigi.

kuliner cabut gigi meimoodaema


Loh, ko bisa? Bisa dong. Kalau misalkan kita selesai makan tidak membersihkan gigi kita. Atau kita mencoba makanan terlalu dingin, lanjut ke makanan yang terlalu panas tanpa jeda. Atau kamu lupa membawa lat pembersih gigi dan tidak membersihkannya dalam jangka waktu lama. Lalu bagaimana tips merawat gigi agar tetap sehat dan tidak kena cabut meskipun kita sedang traveling? Yuk, bisa ikutin tips aku ini.

SIKAT GIGI TERATUR

Tips paling pertama adalah wajib banget sikat gigi secara teratur dimanapun dan kapanpun, termasuk saat traveling. Jangan mentang-mentang lagi liburan terus abai atau lupa sikat gigi sehabis makan. Karena capek langsung tidur. 

SELALU BAWA ALAT PEMBERSIH GIGI

Tips kedua agar tidak kena cabut gigi adalah selalu membawa alat pembersih gigi berupa pasta gigi dan alat gosok gigi. Bersihkan gigi secara rutin meskipun kita sedang traveling. Bawa selalu dalam tas kamu selama perjalanan kamu. Kamu juga boleh membawa alat kumur atau penghilang bau mulu yang akan membuat nafas kamu selalu segar. Gunakan sesuai aturan ya.

GUNAKAN ALAT PEMBERSIH GIGI SENDIRI

Kalau kamu sampai lupa membawa alat pembersih gigi kamu, belilah. Jangan gunakan sikat gigi milik teman kamu. Karena berpotensi penyebaran virus atau kuman yang menempel dari sikta gigi. Karena kita tidak tahu kesehatan gigi orang lain. 

Dan akan lebih baik jangan gunakan alat sikat gigi yang tersedia di penginapan. Kenapa? karena alat sikat gigi yang ada di hotel belum tentu cocok dengan gigi kita.

SELALU BERSIHKAN LIDAH

Ini yang sering banyak orang abaikan, tidak hanya saat traveling, tapi di kehidupan sehari-hari. Banyak orang menganggap dengan sikat gigi, area mulutnya sudah cukup bersih. Padahl indra pengecap kita bisa menyebarkan penyakit juga loh untuk gigi kita yang bisa mengakibatkan gigi berlubang akhirnya harus cabut gigi. So, mulai sekarang bersihkan lidahmu dengan alat khusus pembersih lidah ya. Jangan lupa dibawa juga saat kamu berlibur.

GUNAKAN BENANG GIGI

Di negara kita melakukan pembersihan gigi dengan benang gigi masih jarang dilakukan. Orang masih beranggapan pembersihan gigi dengan alat ini masih harus dilakukan ke dokter. Padahal saat ini sudah banyak produk benang gigi dijual bebas dan dapat dilakukan oleh sendiri loh dengan kondisi produk yang aman dan mudah digunakan oleh siapapun.

Jangan lupa ya bawa alat ini saat kamu traveling. Karena sikat gigi saja tidak cukup untuk membersihkan sisa makanan di gigi kamu. Apalagi kalau traveling semuanya serba pengen dicoba kan, hehe.

HINDARI MEMAKAN MAKANAN MINUMAN HINDARI MAKAN MINUM BERSAMAAN

Jika kamu memesan makanan atau minuman yang panas dan dingin, cobalah jangan memakannya secara bersamaan. Beri jeda beberapa menit. Hal ini akan membuat gigi kamu beristirahat sejenak dan tidak kaget dengan perubahan suhu yang terlalu  berbeda, panas ke dingin atau sebaliknya.

HINDARI MAKANAN MINUMAN TERLALU PANAS DAN DINGIN

Nah saat traveling ke tempat baru, kita biasanya tergoda untuk mencoba semua menu makanan dan minuman yang ada di sana. Jenis makanan dan minuman yang tersedia juga pastinya beranekaragam.

cabut gigi dan kuliner


Ada makanan dan minuman dingin ada juga yang panas. Jika makanan atau minuman masih sangat panas tunggu sampailah sedikit hangat atau berkurang panasnya. Dan jika makanan atau minuman yang kamu pilih adalah dingin, coba kurangi esnya ya.

HINDARI MAKANAN MANIS

Kalau lagi traveling, kadang kita suka kalap ya, semua makanan ingin dicoba, karena berpikir kapan lagi saya ke sini. Seperti itu kan. Nah termasuk saat kamu menemukan makanan manis khas daerah yang kita kunjungi, terus kita suka, jadinya makannya berlebihan.

Mulai sekarang, stop, jangan berpikir begitu. Pikirkan lebih jangka panjang tentang kesehatan gigi kita. Makan secukupnya ya. Karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis akan membuat gigi kamu berlubang, jika tidak dibersihkan. Efeknya apa, gigi cantik kamu bisa dicabut loh.

MINUM AIR PUTIH YANG BANYAK

Jangan lupa selain menghindari dehidarasi saat traveling, meminum air putih yang banyak juga baik untuk kesehatan gigi kamu. Lakukan ini juga saat kamu traveling, ketika kamu sudah banyak berkeliling untuk kuliner, minumlah air putih sesuai kebutuhan tubuh kamu ya, agar gigi kamu tetap sehat.

IMBANGI DENGAN MAKANAN DAN MINUMAN SEHAT

Jangan mentang-mentang kamu lagi traveling, kamu berpikir bisa makan sepuasnya. Tanpa mempertimbangkan nutrisi tubuh kamu. Tetap konsumsi buah dan sayuran ya selama kamu traveling atau makanan yang mengandung vitamin C, kalsium, atau fospor yang semuanya baik untuk kesehatan tubuh termasuk gigi kamu. 

CEK KESEHATAN GIGI SECARA BERKALA

Salah satu tips untuk menghindari cabut gigi, adalah dengan rajin melakukan pengecekan gigi secara berkala. Misalnya setiap 6 bulan sekali. Apalagi kamu yang hobi banget kulineran alias doyan makan, wajib banget cek giginya secara berkala.

HINDARI ROKOK, ALKOHOL, DAN KAFEIN

Saat kamu pergi traveling, kamu pasti sering kan mengunjungi cafe atau tempat cozy lainnya untuk bersantai. Ingat, untuk menjaga kesehatan gigi kamu agar tidak rusak dan berlubang, hindari ya minuman yang beralkohol, mengandung kafein, dan juga hindari rokok ya. Mau giginya tetap sehat dna kuat kan?

SIKAT GIGI DENGAN PASTA GIGI YANG MENGANDUNG FLUORIDE

Tips terakhir dari aku, agar giginya tetap sehat dan tidak kena cabut meskipun sedang traveling adalah menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Kandungan bahan ini sangat baik untuk membuat gigi kamu tetap sehat, kuat dan mencegah gigi berlubang. Sehingga tidak mengalami cabut gigi apalagi di usia muda ya.

cabut gigi fluoride


Nah, aku biasanya menggunakan pasta gigi yang sudah pasti aman dan terpercaya. Carilah pasta gigi yang memiliki sifat anti bacterial dan mengandung zinc mineral yang akan menjaga kesehatan gusi kamu. Selain itu gunakan juga pasta gigi yang sudah teruji secara klinis yang memberikan perlindungan dari plak. Dan juga pastinya dapat membersihkan hampir 99% bakteri yang bersarang di gigi, gusi, lidah, dan juga area pipi kamu. Jadi mulai sekarang yuk jaga giginya agar terhindar dari cabut gigi.

MY THOUGH

Nah setelah membaca tips aku di atas, agar tidak kena cabut gigi, kamu wajib banget jaga kesehatan gigi dengan cara rajin menyikat gigi, menggunakan alat pembersih gigi milik sendiri, menghindari makanan dan minuman panas, sampai dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride ganda. Perlindungan maksimalnya akan membuat gigi kamu tetap sehat dan kuat sampai kamu tua nanti.

kamu punya tips lain bagaimana cara menghindari cabut gigi? Atau tips gigi sehat dan kuat sehingga tidak perlu cabut gigi? Yuk sharing di kolom komentar ya.

19 Comment

  1. Bener nih, sikat gigi ada yang bisa dilipat, pasta gigi juga ada yang berukuran kecil,jadi tetap hemat ruang.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih untuk artikelnya. Sepakat sekali jika menjaga kesehatan gigi apalagi saat traveling itu penting.

    ReplyDelete
  3. Kapok dah kalo selama ini selalu meninggalkan acara untuk sikat gigi. Karena pengalaman pribadi jarangnya sikat gigi menjadi bau mulut apalagi sakit gigi yang sakitnya minta ampun. 🤕

    ReplyDelete
  4. hal yang biasa saya lakukan, tetap sih menunggu makanan atau minuman sedikit hangat. kalau bisa ya dingin aja

    ReplyDelete
  5. Ketampar banget aku hahaha. Suka sama makanan yang terlalu dingin atau terlalu panas, efeknya udah kerasa sih sekarang. dan ngiluuu kalau sikat gigi jadinya hikss

    ReplyDelete
  6. Jika terlalu sering makan makanan panas dan dingin bergantian malah mengakibatkan gigi jadi sensitif. Itu yang saya tau. Pasta gigi dengan flouride pasti. Nice info

    ReplyDelete
  7. Kalo Aku, intinya harus kenal karakteristik gigi dulu. Jadi tau tuh gimana menyiasati makan dan minum supaya ga ngerusak gigi. Kalo udah sakit rasanya gabisa ngapa2in, kapok aku. Lebih baik mencegah daripada mengobati hehe

    ReplyDelete
  8. Abis baca tulisan ini aku merasa bersalah dengab gigiku,,, selama ini makan ya makan aja mau panas campur dingin langsung dihap aja.. pantesan agak ngilu² dikit

    ReplyDelete
  9. Kalau saya, untuk jaga kesehatan gigi biasanya pilih sikat gigi yang ujungnya bulat karena lebih mudah untuk menggosok sampai ke mulut bagian dalam..
    Oia, saat travelling biasanya setelah makan, selain cuci tangan, saya juga biasanya saat di toilet melakukan kumur2 agar sisa makanan tidak tertinggal di mulut..
    Kadang juga saya membawa ponstan buat jaga2 kalau gigi geraham bungsu saya tiba - tiba sakit karena gigi geraham bungsu tersebut tumbuhnya perlahan - lahan dan kadang berhenti tumbuh, tapi beberapa waktu kemudian tumbuh lagi..

    ReplyDelete
  10. Bener banget hbs makan panas langsung ke dingin bikin gigi nyut nyutan.. belum lagi klo ada sariawan. 🥲

    ReplyDelete
  11. Menarik nih pembahasannya, jarang ada yang bahas seperti ini

    ReplyDelete
  12. Iya, ini yang sering kita lupakan, bawa sikat gigi plus pasta gigi di dalam tas. Aku yang suka makan makanan panas terasa banget efeknya sekarang, gigi kayak rapuh banget. Duh menyesal emang belakangan sih.

    ReplyDelete
  13. Sepakat nih kalo traveling tetap harus perhatikan kesehatan gigi. Jangan mentang-mentang liburan, jadi lupa segalanya tentang kesehatan diri.

    ReplyDelete
  14. wah emang bener nih wkwk, kalau kulineran harus hati2 biar gak sakit gigi, biasanya kalau udah sakit gigi, skiat gigi pun jadi makin rajin...

    ReplyDelete
  15. Sekarang sudah banyak tersedia sikat gigi dan pasta giginya dalam bentuk minimalis ya, jadi mudah dibawa traveling ke mana-mana

    ReplyDelete
  16. Iya nih, kadang uda beres sikat gigi eh malah lupa ngga bersihin lidah. Banyak yang masih abai. Makasih mba uda diingetin. Jangan sampai kulineran saat traveling berujung cabut gigi dehm

    ReplyDelete
  17. Ini nih yang sering diaabaikan kalau travelling. Selain karena rempong, eh malah kecapekan duluan. Makasih tipsnya ya, bawa pembersih gigi sendiri, termasuk pasta gigi juga penting banget karena saya termasuk yang pemilih sama pasta gigi..

    ReplyDelete
  18. hal2 g disangka sering terjadi ya dan kita hny sebisa mungkin lakukan persiapan dan saatnya terjadi maka terjadilah

    ReplyDelete
  19. Aku kalo lagi wisata kuliner ya biasanya suka sariawan karena kebanyakan ngunyah. Bener-bener deh harus dijaga jam makannya supaya ada jeda

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.