MAKANAN KHAS JEPANG YANG WAJIB KAMU COBA

Makanan khas suatu daerah atau negara belakangan ini menjadi sangat populer ketika culinary tourism mulai berkembang pesat dan menjadi bagian penting dalam industri pariwisata. Kenapa kuliner menjadi bagian dari industri pariwisata?

makanan khas jepang meimoodaema


Hasil penelitian menunjukan bahwa pendapatan restoran mencapai 50% yang didapat dari wisatawan (Graziani, 2003). Hal ini juga berbanding lurus dengan perkembangan wisata saat ini. Salah satu bukti nyatanya banyak wisatawan yang berkunjung ke suatu tempat hanya untuk menikmati makanannya atau menjadi bagian agendanya. Itulah sebabnya kuliner menjadi bagian penting dalam pariwisata.

Nah kali ini aku mau bahas makanan khas Jepang yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke sana. Tidak hanya destinasi wisatanya yang menarik, makanan khas negara kepulauan di Asia Timur ini juga menawarkan wisata kuliner yang menggoda.

Di artikel ini aku akan bahas nama makanannya secara umum saja ya, ga detail secara food tourism. Berat soalnya hehehe. Lalu apa sajakah makanan khas Jepang yang wajib kamu coba saat berkunjung ke negara pemilik Gunung Fuji ini.

MISO SOP

Miso sop adalah makanan khas Jepang yang terbuat dari dashi sebagai bahan dasarnya dan miso. Bisa ditambahkan dengan sayuran hijau seperti bayam atau sawi untuk isian misonya atau juga seafood.

Disajikan dengan tahu sutra yang lembut dan dicampur dengan rumput laut wakame. Biasanya disajikan dengan nasi putih dan disantap saat sarapan. So, jangan lupa kalau ke Jepang untuk menikmati sop gurih ini.

MOCHI

Adalah kue lembut makanan khas Jepang yang terbuat dari ketan yang ditumbuk, kemudian dibentuk menjadi bulat atau lonjong. Hampir sama dengan mochi Indonesia. Biasanya mereka akan membuat warna-warna kue tersebut.

Biasanya mereka akan membuat isiannya dari kacang merah. Kue ini biasanya akan dimakan pada saat hari perayaan Tahun Baru Jepang atau Mochitsuki. Tapi kapanpun kamu pergi ke Jepang, makanan ini siap tersedia.

ONIGIRI

Onigiri atau dalam bahasa Indonesia disebut nasi kepal, adalah makanan khas Jepang dengan berbahan dasar nasi yaitu beras Jepang yang mempunyai kadar kanji tinggi. Onigiri dibuat dengan dipadatkan menggunakan alat pencetak atau dipadatkan dengan tangan.

makanan khas jepang onigiri


Ukurannya bisa berbentuk bulat, segitiga, atau silinder. Makanan yang dibungkus dengan nori ini biasanya dicampur isian ikan salmon panggang daging sapi, ayam, umeboshi (dried plum), dan sayuran, ada juga dengan ikan tuna campur mayonaise. Onigiri bisa juga dimasak dengan cara dipanggang dimana sebelumnya sudah dilumuri kecap asin atau miso.

RAMEN

Makanan kedua yang terkenal dari negeri sakura ini adalah ramen. Yap kalau kamu suka makanan berkuah, cobalah makanan berbahan dasar mie ini. Mie ini biasanya akan dicampur dengan kaldu yang sangat kental, berisi daging, ikan, telur, irisan daun bawang, dan beberapa sayuran lainnya.

Makanan ini juga sudah banyak ya di Indonesia. kalau belum sempat ke Jepang cobalah dulu di Indonesia. Buat penyuka mie pasti suka.

SASHIMI

Adalah makanan mentah murni berupa ikan segar yang dimakan dengan kecap asin atau washabi. Makanan ini tanpa tambahan atau campuran makanan lain. Tapi selain ikan laut segar, ada juga yang disajikan dari bahan selain ikan laut segar, seperti daging kuda, daging sapi, ayam, atau yuba atau kembang tahu.

Makanan mentahan ini biasanya disajikan dengan tsuma yang merupkan campuran lobak potong panjang, daun hijau oba dan aojizo, dan rumput laut.

SHABU-SHABU

Adalah makanan khas Jepang dengan berbahan dasar jamur, tahu, sayuran, dan daging yang diiris tipis. Daging yang digunakan biasanya daging sapi, ayam, atau gurita.

Makanan ini biasanya akan dinikmati dengan saus yang mengandung wijen atau gomade. Makanan yang dikenal dengan makanan nabemono atau makanan panci ini biasanya menyediakan tiga bumbu rebusan yaitu spicy miso, dashi stock, dan kara miso.

SOBA

Ini dia makanan lain yang wajib dicoba. Bahan makanan berbahan dasar tepung gandum. Roba merupakan nama lain dari mie ini. Biasanya dihidangkan di atas bambu dan dirempahin dengan potongin daun bawang. Dihidangkan dengan kuah.

Nah cara penyajiannya juga ada 2 macam yaitu keadaan panas atau kakesoba, atau juga dalam keadaan dingin yaitu morisoba dan zarusoba.

Kata teman saya yang orang Jepang, dingin lebih nikmat, kalau buat aku, panas pastinya lebih nikmat.

SUKIYAKI

Makanan ini terdiri dari hidangan daging, tahu dan sayuran seperti jamur shiitake, sawi putih, bawang bombay, dan ito konnyaku yaitu sayuran yang berbentuk soun. Kemudian akan diberikan kuah warishita yaitu campuran gula, mirin, dashi dan kecap. Sebagai pelengkap ada juga yang menambahkannya dengan kocokan telur.

SUSHI

Adalah makanan tradisional khas Jepang paling populer di dunia, juga Indonesia. Makanan ini berbahan dasar nasi yang dicampur dengan daging atau ikan segar seperti salmon atau belut, dan sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Lalu dibalut dengan nori atau rumput laut.

makanan khas jepang sushi


Untuk memakannya biasanya disajikan dengan tambahan bumbu kecap asin, jahe, dan wasabi. Kecapnya inilah yang menurut saya bikin enak.

TEMPURA

Makanan yang berbahan dasar makanan laut atau sayuran ini banyak juga dijual di resto Indonesia. Makanan ini dicelupkan ke koromo atau campuran tepung terigu, telur, dan air dingin,  lalu digoreng.

Biasanya disajikan dengan saus tetsuyu yaitu campuran kecap, jahe, dan rempah lainnya.

UDON

Makanan ini berbahan dasar mie, namun mie yang disajikan berbeda dengan ramen. Mie udon biasanya dalam bentuk ukuran yang lebih besar atau tebal dan teksturnya kenyal. Tapi saat ini sudah banyak mie yang disajikan berbentuk untuk udon ini berbentuk tipis atau disebut hosoudon.

makanan khas jepang udon


Makanan ini disajikan dengan kuah dashi dan kecap asin atau tsuyu. Kuah Udon juga mempunyai beraneka warna, ada yang asin dan tidak asin, atau berwarna bening dan juga ada yang berwarna gelap.

YAKINIKU

Dalam bahasa Jepang artinya daging panggang. Nah persis banget dengan namanya, cara pengolahannya adalah dengan mencelupkannya ke dalam saus tare lalu memanggangnya. Saus tare adalah saus yang terbuat dari campuran sake, kecap asin, gula, dan bawang putih.

Daging untuk yakiniku adalah daging sapi atau daging domba. tapi jika di Jepang ada juga yang dari jeroan, daging babi, ataupun seafood.

MY SUM UP

Nah itu dia makanan khas Jepang yang wajib kamu coba saat ke Jepang. Kalau kamu masih belum berencana ke berkunjung ke negeri, boleh ko coba kunjungi resto-resto Jepang yang ada di Indonesia. Hanya saja memang rasanya cukup berbeda antara makanan di sini dan di negaranya asli.

Bisa jadi rempah di negara kita lebih beranekaragam atau bisa jadi cara memasaknya. Pasti beda kan kalau kita makan di tempatnya asli dengan tempat lain. Jadi, apapun rasanya, yuk share pengalaman kamu yang sudah merasakan semua makanan ini.

34 Comment

  1. akkkkk aku udah cobain semunyaaa dan sushi is my fav one! bahkan sushi jadi salah satu menu mood booster deh! klo udh crancky parah dan mood swing tak terkira, udah lah langsung ngidam makan sushi t** hahhahah

    ReplyDelete
  2. Paling suka ya tempura kak. Selain terjangkau mudah juga bikin sendiri. Eh, di tempat jajanan tempura ini juga adik buat camilan. Anakku juga suka bangey

    ReplyDelete
  3. Onigiri favorit banget nih,hehe,indonesia banget ya kita. Yang lain masakan jepang yang aku suka tuh sushi,yakiniku,udon,tempura,eh banyak juga ya. Hehe,kelamaan di jajah Jepang ya,hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah sama nih...secara ada nasinya kan..Jadi berasa kalo udah makan..hehe.. Ini bikin onigiri sendiri juga bisa ya..

      Delete
  4. Aku suka Ramen dan Tempura. Apalagi musim hujan gini ya, dingin santap ramen, mantap jiwa....

    ReplyDelete
  5. Nah ini, kalo ngomongin makanan Jepang, saya suka banget sama Sushi dan Sashimi. Dicelupin kecap asin makin jos banget. Kok jadi ngiler pengen makanan Jepang dah.

    ReplyDelete
  6. banyak juga ya mbak, makanan khas Jepang
    dari list yang mbak tulis disini, aku sudah mencoba beberapa, favoritku sih ramen

    ReplyDelete
  7. Jepang kaya akan kuliner.... Dari sekian banyak makanan tersebut saya cuma pernah makan Sushi.
    Semoga besok atau besoknya lagi bisa makan jenis lainnya

    ReplyDelete
  8. dulu suka heran, kok ada mie lain yang namanya udon, biasanya kan ramen, ternyata beda bahan pembuatnya. Klo aku sendiri biasanya beli onigiri mbak, aku klo ditanya mertua itu makanan apa, kubilang arem-arem jepang hahahaha

    ReplyDelete
  9. Sebagai pencinta makanan khas Jepang, aku udah nyobain semua di atas. Selain makanannnya enak, semuanya juga cocok di lidahku. Makanan Jepang identik dengan kesan "fresh" dan bentuknya yang menarik. Hal ini yang bikin aku makin suka sama makanan khas Jepang.

    ReplyDelete
  10. loh tempura itu makanan jepang toh.. kirain jajanan lokal yg namanya dibuat sama orang kita sendiri.. ah jadi pengen ke jepang..

    ReplyDelete
  11. Huhuhu jadi laper deh baca artikel ini. Paling suka sama onigiri, makanan praktis yang sering dibawa buat bekal kalo di perjalanan, simpel, lezat dan mengenyangkan.

    ReplyDelete
  12. Beberapa kuliner asal Jepang ini pernah kucoba. Malah ada yang favorit juga. Kayak tempura misalnya. sama sushi sih. Tapi kalau sushi, aku pilih yang bukan dari ikan mentah. Hehehe

    ReplyDelete
  13. Adikku doyan banget sampe dia 2x berkunjung ke Jepang. Aku hanya penonton dan pencicip menu saja hehe

    ReplyDelete
  14. Sebenarnya nggak banyak makanan Jepang yang aku suka. KArena pengalaman manak apa gitu eh bikin aku munt## hiks. Hihi. Tapi ada juga yang aku suka bahkan beberapa kali bikin di rumah.

    ReplyDelete
  15. Akutu penyuka makanan jepang sebenarnya, baca ini aja aku ngiler haha.tapi kalo sudah ada salmon2an auto alergi akutu haha

    ReplyDelete
  16. sebagai pecinta kuliner, diriku juga merasakan hal yang sama hahahah kadang ketertarikan datang ke suatu tempat itu cuman karena penasaran ama kulinernya

    ReplyDelete
  17. Hwaa sejauh ini cuma cobain onigiri, sushi, ramen gitu2 doang wkkwkw takut mau nyoba yg lain2. Karena disana kebanyakan mentahnya sedangkan aku gampang mual kalo baunya terlalu nyengat gitu. tp boleh juga sih kalo nyoba doang yaah hihi

    ReplyDelete
  18. Ya ampun, semuanya favorit keluargaku. Emang kami tuh penggemar berat makanan Jepang. Miso Soup dan yakiniku itu favoritku. Kalau anak-anak sushi dan tempura.Suami juga yakiniku dan ramen. Kalau udon semua suka. Tapi semua masih dinikmati di restoran lokal saja. Semoga suatu hari bisa nyeruput udon di salah satu warung Udon di Jepang. Amiin.

    ReplyDelete
  19. Terfavorit tetap sushi..hehe
    Walaupun tak bisa dipingkiri yg lainnya juga enak" sihh..

    ReplyDelete
  20. Kuliner Jepang adalah kuliner yang mudah disukai oleh orang Indonesia, karena rasanya yang lezat.

    ReplyDelete
  21. Allhamdulillah hampir semua udah kucoba kak, tapi belum beberapa juga sih
    di Comal dan Kendal masih sepi dan jarang makanan Jepang nih kudu ke kota besar dulu makasih rekomendasinya kak

    ReplyDelete
  22. duh..auto laper aku buka ini...pengen makan makanan Jepang... Onigiri..tempura..udon..hmmm..enak-enak semua makanan jepang ..

    ReplyDelete
  23. I like sushiiiiiii.... 😍

    Padahal isiannya beraneraka ragam. Dan bisa dibilang bukan komposisi yang aku suka. Tapi enak kok

    ReplyDelete
  24. Kalau sushi aku ga terlalu tertarik hihi, aku pinginnya coba soba, belum pernah soalnya 😁

    ReplyDelete
  25. Wah aku udah suka semuanya nih.. makanan jepang emang ga ada yang faild sih di lidah aku 👌🏽

    ReplyDelete
  26. Arrghhh... kalau makan semua menu ini dimakannya di Jepang langsung beda kali, ya? Semoga bisa merasakannya dengan selusin makanan Jepang ini. Sushi oh Sushi. Terima kasih ya, informasinya.

    ReplyDelete
  27. Setelah membaca tulisan kakak tentang makanan Jepang . Aku semakin yakin kalo aku cocok tinggal di jepank wkwkwk. Suka semuaaaa sama makananyaaa 🤤

    ReplyDelete
  28. Gara² sering diajak anak makan makanan Jepang, aku jadi suka loh terutama shabu² dan suaminya enak

    ReplyDelete
  29. Banyaak banget makanan Jepang nih, sering dengar namanya tapi banyak yang belum dicobain. Shabu-shabu aku belum pernah, padahal makanan ini hits banget. Kalau sushi pernah cuman ada yang gak cocok di lidahku

    ReplyDelete
  30. termasuk penggemar makanan Jepang sih, walaupun terkadang ada yang mentah, tapi rasanya sangat kaya apalagi kebanyakan eksplorasi rasa alami, belum lagi jenis makanannya yang super beragam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah jadi kangen Jepang! Ke Jepang gak bisa kalau gak jajan, apalagi kalau ke konbini rasanya pengen coba semua hehe semoga setelah pandemi bisa balik lagi ke sana aamiin

      Delete
  31. Kalau makan di tempat aslinya, cita rasa ikannya sangat terasa ya. Di sana juga rempahnya ga se-spicy di Indonesia, cenderung plain ya. Yang diolah di Indonesia mungkin sudah menyesuaikan dengan selera lokal hehehe...

    ReplyDelete
  32. Ah semuanya bikin liur netes nih. Hahaha ...
    Sering sih buat beberapa jenis, meski rasa tentu saja jauh beda. Tapi buat kami yang domisili di kampung, not so bad juga lah hehehe ...
    Makanan Jepang itu unik ya

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.