HAL YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN DI NEGARA INI KETIKA TRAVELING

Semakin kamu sering berkunjung ke banyak negara, kamu semakin tahu mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Karena pastinya setiap negara mempunyai adat dan budaya yang berbeda-beda. Bisa jadi di negara kita sopan, di negara lain sebaliknya.

hal yang tidak boleh dilakukan di negara ini


Selain dianggap tidak menghargai, fatalnya bisa berakibat ke ranah hukum. Jadi sebelum kita pergi traveling ke sebuah negara, wajib banget buat kamu untuk tahu hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama di sana. Nah kali ini aku mau bahas di negara-negara Asia dulu ya. Yuk check it out.

ARAB SAUDI

Ketika kamu traveling ke negara penghasil minyak ini, jangan pernah menyilangkan kaki ketika kamu duduk di depan orang Saudi Arabia. Karena hal itu dianggap tidak sopan dan sesuatu hal yang tabu.

FILIPINA

Ketika kamu bertemu warga Filipina, ketika bersalaman lakukanlah dengan lemah lembut. Jangan terlalu kasar atau menunjukan semangat sehingga menggenggam tangan mereka dengan keras atau erat. Karena hal ini dianggap kurang sopan atau kasar.

INDIA

Untuk Indonesia dan negara-negara Asia, tangan kiri dianggap tangan yang tidak sopan. Termasuk di India tangan kiri dianggap tangan kotor. Sehingga jangan pernah kamu menunjuk, mengambil makanan, makan, mengambil apapun dengan tangan kiri, karena itu sangat tidak sopan.

Kedua, jangan menyentuh lawan jenis di depan umum. Karena di sana hal ini dianggap masih tabu. Apalagi kalau kamu melakukannya kepada warga lokal. Wah bahaya, bisa ga pulang ke Indonesia ya kamu hehehe.

Ketiga, jika teman India-mu memberikan sebuah hadiah, jangan pernah langsung membuka dihadapannya, selain dianggap  tidak sopan, kamu juga akan dianggap serakah.

MALAYSIA

Sopannya seperti negara Indonesia, saat kamu ingin memberikan petunjuk arah, maka gunakanlah ibu jari untuk menunjukannya. Selain ibu jari, dianggap kurang sopan.

hal tidak boleh di negara menunjuk dengan telunjuk


Kedua, jangan gunakan kaos kuning saat di Malaysia. Karena warna kuning identik dengan pemrotes pemerintah. Karena warna ini banyak digunakan oleh aktivis oposisi terhadap pemerintah.

NEPAL

Jangan pernah membicarakan soal negara India kepada masyarakat Nepal. Karena dulu mereka pernah berselisih, maka orang Nepal kurang nyaman membahas negara India.

SINGAPURA

Jangan pernah mengunyah permen karet di negara singa ini. Karena sejak 2004 pemerintah Singapore melarang impor permen karet. Jika kamu ketahuan, maka kamu akan dikenakan denda.

Sama juga dengan larangan membuang sampah sembarangan, minum dan makan di kereta, sembarangan menekan tombol di LRT semuanya akan dikenakan denda bahkan bisa berujung di jalur hukum jika kamu ketahuan melakukan ini. Ingat ya, di Singapore hampir semua tempat umum sudah terpasang CCTV.

tidak boleh dilakukan di negara singapore


THAILAND

Warga Thailand sangat menghormati pemimpin mereka yaitu sang Raja. Jadi jangan sekali-kali melontarkan kata-kata yang kurang baik atau bahkan melecehkan pemimpin negara ini.

Kedua, jangan sampai kamu merusak termasuk menginjak uang negeri gajah putih ini. Jika sampai diketahui oleh pemerintah negara ini, maka kamu bisa berurusan dengan hukum.

Ketiga, jangan pernah sekalipun kamu menyentuh kepala orang Thailand, karena hal ini dianggap sebuah penghinaan. Karena hal ini hanya boleh dilakukan oleh pasangan suami istri, orangtua dan anak atau sepasang kekasih. Jika tanpa sengaja menyentuh mereka, segeralah minta maaf.

Keempat, Jangan meludah sembarangan di Thailand. Selain hal itu dianggap kurang sopan, kamu juga akan dikenakan denda.

MY NOTES

Nah itu dia beberapa hal yang wajib kamu ketahui sebelum mengunjungi negara-negara tersebut. Ingat, selain membawa nama baik negara kita, jika kita menghormati adat dan budaya mereka, maka kamu juga akan dihormati dan dianggap sopan oleh mereka.

Kalau kamu sampai melakukan pelanggaran dan berakhir di jalur hukum, bisa-bisa kamu diblacklist dari negara tersebut. Wah repot kan. Untuk negara lainnya, nanti aku bahas terpisah ya.

Kalau kamu ada pengalaman ke negara-negara tersebut atau punya tambahan info lainnya, feel free and don't hesitate untuk sharing ya di kolom komentar.

19 Comment

  1. Wah aku beneran baru tahu, jadi mengingat dulu ke Malaysia pake baju kuning gak ya ? haha, memang penting banget kenal negara yang mau dikunjungi agar selamat ya mba haha

    ReplyDelete
  2. Keren nih, tipsnya, Mbak. Wawasan saya jadi bertambah. Apalagi saya belum pernah keluar negeri hehehe. Hanya yang saya heran, kalau di film India, itu tokohnya cewek cowok kadang ada yang pegangan ya hehehe. Berarti mungkin di Malaysia tidak ada baju warna kuning, ya. Tapi ada beberapa yang hampir mirip dengan Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Woah banyak pengetahuan baru saya mampir di artikel ini, awalnya saya cuma tau satu negara saja seperti singapura yang gak boleh mengunyah permen karet, oh ya tambah satu lagi nih di singapura juga ga boleh buang air ludah/liur sembarangan loh.

    Aku sering ke malaysia tapi baru tau kalau disana ga boleh pakai baju kuning, hehe.

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah ke luar negeri. Deg2an juga, ya. Khawatir kita salah gaya di negeri orang

    ReplyDelete
  5. Weehh seriously di SGP ngga boleh ngunyah permen karet yak? ampunn dehh nyeremin juga tuh mba hihi..
    well noted banget ini pengetahuannya siapa tahu pas kesana kan, jadi butuh adat dan budaya di sana

    ReplyDelete
  6. Kalau di negara kita sendiri nih, di Indonesia apa ya yg tidak boleh dilakukan?
    Rasanya segala sesuatu di warga plus enam puluh dua ini serba kompleks deh ya. Hehehe semua ada semua bisa

    ReplyDelete
  7. Banyak pengetahuan baru nih. Ternyata warna kuning boleh dibilang warna 'terlarang' di Malaysia ya. Padahla mereka kan rumpun Melayu ya, baju tradisionalnya dominan warna kuning, eh lebih ke gold sih.
    Selalu jaga sikap sesuai aturan daerah yg dikunjungi ya.Siap traveling.

    ReplyDelete
  8. Aku suka deh dengan fun fact atau trivia seperti ini. Selain menambah wawasan, bisa jadi lebih aware juga dengan kondisi di luar negeri!

    ReplyDelete
  9. Intinya kemana pun pergi harus pandai bersikap dan kenali norma setempat. Dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung ya.

    ReplyDelete
  10. peraturan di arab nih sama kek peraturan di pengadilan ya mbak. di pengadilan kita juga kalau menyilangkan kaki saat ikut sidang itu dianggap nggak sopan lho. unik2 ya larangannya, emang kita tuh kalau berkunjung baiknya tahu adat dan larangannya yaa

    ReplyDelete
  11. Wah, jadi nambah pengetahuan. Apalagi beberapa larangannya justru tanpa sadar hal2 yg umum dilakukan di Indonesia kayak soal menyilangkan kaki dan mengunyah permen karet. Ternyata selain mempelajari tentang rute dan tempatnya, patut juga mempelajari adab dan etika dari negara lain juga ya mbak. Supaya kita belajar menghargai juga apalagi untuk hal-hal yang dilarang. Salah-salah selain dicap buruk, eh bisa kena denda juga. Kan bahaya juga.

    ReplyDelete
  12. Baru tahu kalau di Malaysia warna kuning identik dengan pemrotes pemerintah. Emang perlu ya mempelajari kebiasaan negara lain supaya nggak salah bersikap di negara orang

    ReplyDelete
  13. Di daerah Tibet tuh klo kita disuguhin makan wajib sendawa lho. Klo sendawa tuh artinya makanannya enak dan kita menghormati tuan rumah yg udah repot2 masakin buat kita. Hihi.. Lucu ya

    ReplyDelete
  14. wah mantap, ini jadi baha belajar ya mbak
    jadi tanda bahwa tiap daerah punya buday masing-masing

    ReplyDelete
  15. Padahal kalau budaya sunda, menunjukkan sesuatu lebih sopan kalau pakai jempol gitu yaa.
    Kaya abdi keraton pun atau orang Jawa Tengah.
    Memang harus mencari tahu hal yang gak boleh dilakukan nih..biar gak salah di negara orang, nanti bikin malu Indonesia.

    ReplyDelete
  16. wah ini, kalau travelling kudu siap membacara apa yang tidak boleh ini. Supaya gak salah pengertian ketika bertemu dengan orang asli negara tersebut

    ReplyDelete
  17. Menarik infonya Mbak. Intinya di mana langit dijunjung, di situ bumi dipijak, ya. Tetap harus menghormati budaya setempat..

    ReplyDelete
  18. itu di india kalau gak sengaja nyenggol masih bisa pulang ke indonesia nggak ya? 😂😂😂

    ReplyDelete
  19. saya baru ke Singapura aja.Emang bener di sana itu bersih, rapi dan taat banget. Ya gimana salah sedikit ada denda, dan di mana-mana ada CCTV tapi efeknya bagus juga kok. Pernah ke pasar tradisional gitu, juga ke barkas, tetep situasinya tertata rapi dan bersih, padahal banyak barang bekas menumpuk.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.