24 TIPS TRAVELING KE LUAR NEGERI BAGI PEMULA

Liburan ke luar negeri siapa yang tidak mau. Pastinya impian banyak orang. Pas lihat foto teman bayanginnya enak banget ya bisa cekrak cekrek di ikon-ikon dunia. Padahal dibalik semua itu pastinya banyak persiapan yang dilakukan untuk bisa menapakan kaki kita di tiap belahan bumi ini.

tips traveling keluar negeri meimoodaema


Lalu apa sebenarnya yang harus kita persiapkan untuk pergi ke luar negeri. Terutama bagi pemula. Sebagai orang yang detail, aku punya banyak tips yang wajib kamu persiapkan sebelum kakimu kelelahan menyusuri tiap sudut negara yang impian banyak orang.

Lalu apa saja tips dari aku untuk persiapan sebelum kamu ke luar negeri.

1. TENTUKAN NEGARA TUJUAN

Pastinya tahap pertama yang wajib kamu lakukan sebelum berkunjung keluar negeri adalah, tentukan negara mana yang ingin kamu tuju. Dengan begitu kamu bisa tahu apa saja yang harus dipersiapan untuk bisa sampai ke negera impian kamu.

2. PASPOR

Tips kedua setelah kamu tahu negara tujuan, maka segeralah untuk membuat paspor. Nah jangan lupa sekarang semuanya sudah diarahkan ke e-paspor ya, jadi buatlah paspor yang elektronik jangan yang biasa.

3. VISA

Kalau kamu sudah tahu negara tujuan kamu, pastinya kamu jangan lupa cari informasi apakah warga negara Indonesia membutuhkan visa atau tidak untuk bisa masuk ke negara tujuan. Kalau ternyata membutuhkan visa, buatlah jauh-jauh hari dan persiapkan semua persyaratannya agar diapprove.

4. TIKET PESAWAT

Nah buat kamu yang ingin mendapatkan tiket pesawat murah, belilah jauh-jauh hari. Cari informasi tentang promo tiket pesawat murah dan pastinya aman ya. Apalagi perjalanan ke luar negeri promo lumayan sering dan banyak untuk beberapa negara tujuan.

5. ITENARI

Et ini dia salah satu tips yang sangat penting. Kalau kamu tidak punya itenari, nanti pas di sana get lost semua deh acaranya hehehe. Eh tapi kamu wajib coba juga loh, get lost itu seru banget. 

Tapi tetep ya buat itenari pokoknya, jadi kamu tahu jadwal mau ke mana saja, dan cocokin dengan jumlah hari atau waktu yang kamu miliki. Kalau bingung, cek itenari orang lain kemana aja, terus kamu sesuaikan dengan waktu kamu.

6. TRANSPORTASI

Cari tahu informasi untuk menuju destinasi wisata tujuan kamu, apakah dengan kendaraan umum atau jika harus menyewa kendaraan khusus atau pribadi.

Jika memang harus menyewa, carilah informasi penyewaan dan sewalah jauh jauh-jauh hari. Jika memang bisa menggunakan public transporation di sana, cari informasi tentang pembeliannya.

tips traveling ke luar negeri alat transportasi


Misalkan jika ke Jepang, kamu bisa membeli Japan Rail Pass (JRP) yang bisa dibeli secara online untuk dapat mengelilingi Jepang dengan budget minim. Atau membeli tiket kereta Shinkansen. Nah hal seperti ini wajib banget kamu cari informasinya ya.

7. SIM INTERNASIONAL

Kalau ternyata beberapa destinasi wisata di negara tujuan mengharuskan kamu menyewa kendaraan pribadi dan ingin dengan harga seminim mungkin, artinya kamu harus menyetir sendiri. Don't forget miliki surat izin mengemudi internasional. Kamu bisa membuatnya sebelum berangkat ke luar negeri.

8. PENGINAPAN

Ini salah satu tips yang krusial juga niy, biar liburannya nyaman, jangan lupa cari tempat menginap jauh-jauh hari. Kamu bisa memesannya secara online dan sesuaikan dengan budget kamu ya.

Tapi jangan abaikan soal keamanan juga ya, jangan sampai karena murah ternyata lokasinya jauh kemana-mana, ga ada signal, atau di district area atau bahkan yang creepy. Cari informasi atau review orang terlebih dahulu tentang hotel yang mau kita pesan ya.

9. SIMCARD DAN JARINGAN INTERNET

Pernah waktu ke Singapore, aku kepisah dengan teman-teman. Mana simcard Indonesia ga diaktifin, terus ga beli simcard negara tujuan pula, akhirnya get lost sendirian. Hotel juga ga tahu namanya sama alamatnya. Temen-temen juga ga bisa dihubungi. Kacau banget deh.

Dari situ aku belajar untuk selalu siapin seluler kita untuk selalu aktif internetnya. Supaya kita tetap bisa komunikasi dengan keluarga atau teman. Ingat tidak semua negara tujuan kita mempunyai jaringan wifi di tempat umumnya ya. Hal ini juga berkaitan dengan keselamatan kamu ya.

10. CREDIT ATAU DEBIT CARD

Sebelum berangkat, kamu bisa menginformasikan pada bank terdaftar, kalau kamu akan pergi ke luar negeri dan kemungkinan bisa saja kamu menarik uang tunai di negara tujuan dengan debit atau menggunakan kartu kredit kamu. Sehingga bank akan membantu mengaktifkan kartu kamu agar dapat digunakan di luar negeri.

Hal ini juga lebih aman ketimbang kamu membawa uang cash yang lumayan banyak.

11. TUKAR UANG

Jangan lupa untuk menukar uang ke mata uang negara tujuan. Jika ada di Indonesia tukarlah secukupnya sesuai dengan budget pengeluaran. 

tips traveling keluar negeri tukar uang


Tips traveling ke luar negeri lainnya adalah jika mata uang negara tujuan tidak ada di Indonesia, carilah informasi di mana kita bisa menukarnya. Karena ada beberapa mata uang luar negeri yang tidak dijual di Indonesia.

12. ADAPTOR

Buat kamu yang HP seperti nyawa kedua, jangan lupa setiap negara itu punya sumber listrik (colokan) yang berbeda. Bawalah adaptor sehingga kamu tidak kesulitan saat hendak men-charge seluler kamu.

13. BAHASA DAN KOMUNIKASI

Pelajari bahasa negara tujuan wisata kamu. Pelajari kata-kata yang umum, atau istilah-istilah yang familiar di negara tersebut. Misalkan bagaimana cara mengucapkan salam, terima kasih, dan meminta tolong. Atau panggilan sopan di negara tersebut.

14. CUACA

Jangan lupa pelajari cuaca negara tujuan kamu ya, biar kamu tahu kapan ingin datang ke tempat tersebut. Misal di musim semi, musim gugur, atau kamu pengen datang musim salju.

15. PAKAIAN

Setelah kamu tahu cuaca di sana dan musim apa negara tujuan kamu, pada saat datang, pastinya akan membantu kamu dalam mempersiapkan jenis pakaian apa yang akan kamu pakai.

16. KESEHATAN

Ini juga sangat penting, persiapkan fisikmu untuk mengelilingi semua destinasi di negara tujuan kamu. Wajib sehat, sayang kan kalau pas sampai di tempat tujuan kamu malahan sakit karena cuaca atau hal lainnya.

17. MAKANAN

Buat kamu yang muslim, jangan lupa cari informasi makanan halal yang bisa kamu konsumsi. Jika ternyata tidak ada kamu bisa membawanya dari Indonesia. Atau jika kamu membawa anak-anak carilah informasi makanan di sana yang ramah untuk anak-anak.

tips traveling ke luar negeri makanan halal


18. DO'S and DON'TS

Tips jalan-jalan ke luar negeri bagi pemula lainnya adalah pelajari hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika kamu mengunjungi negara tujuan kamu. Dengan begitu kamu akan tahu larangan apa saja sehingga akan terhindar dari masalah.

19. OBAT-OBATAN & PERLENGKAPAN PRIBADI

Jangan lupa untuk selalu membawa obat-obatan pribadi dan perlengkapn pribadi kamu yang lainnya ya. Karena kalau aku biasanya kurang nyaman menggunakan perlengkapan pribadi milik orang lain. Selain untuk alasan kesehatan juga kenyamanan pastinya.

20. PELAJARI NEGARA TUJUAN

Tips liburan ke luar negeri bagi pemula lainnya yang ingin aku sampaikan adalah pelajarilah negara tujuan. Salah satunya adalah tentang kriminalnya. Karena tidak semua negara itu aman dan ramah terhadap turis. Sehingga kalau kamu sudah tahu kondisinya, kamu bisa melakukan antisipasi untuk terhindar dari kriminal itu.

21. CHARGER KAMERA & BATU CADANGAN

Jangan lupa membawa charger atau bawalah baterai cadangan. Untuk jaga-jaga jika habis atau tidak bisa mengisi daya baterai. Siapkan juga kartu memori, jangan sampai ga ada dokumentasi hanya karena memori penuh.

23. SAFE TRAVEL

Isilah aplikasi Safe Travel dari Kementerian luar negeri, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat traveling.

24. MEMBELI ASURANSI

Tips terakhir dari 24 tips traveling ke luar negeri bagi pemula adalah membeli asuransi. Jika kamu memiliki sakit khusus atau kritis semisal bisa kambuh tiba-tiba, atau kamu pergi ke daerah wisata yang rawan kriminal, beresiko, atau sejenisnya naik gunung, nah ini wajib banget sih buat beli asuransi ini buat jaga-jaga. Tapi ini balik lagi ke masing-masing ya. Pastikan cari asuransi yang mengcover kebutuhan kamu.

Nah itu dia tips traveling keluar negeri bagi pemula dari aku, semuanya berdasarkan pengalaman pribadi ya. Bisa jadi sebenarnya teman-teman butuh tambahan hal lain atau justru poin tertentu belum perlu. Kalau misalkan kamu punya tips lain, feel free untuk sharing di kolom komentar ya.

Happy Traveling.

24 Comment

  1. Wah baru tahu nih kak, bisa urus SIM Internasional. Biasanya kalau mengurus SIM internasional di mana ya kak? Semoga suatu saat bisa travelling ke Luar Negeri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pengen tau ini, di samsat juga kah ngurus sim internasioanl?
      tapi poin-poinnya semua berguna banget ni mba...
      terimakasih ya...

      Delete
  2. Emang liat foto orang jalan2 bisa bikin envy tapi kalo dipikir lagi mereka juga nabung dan prepare banyak banget ya kecuali yg jalan2 anak sultan hihi sekarang aku jalan2 ama keluarga aja lah udah bahagia banget ❤️ makasih mba sharingnya

    ReplyDelete
  3. Di antara semua list di atas yang paling banget sering ketinggalan adalah adaptor buat hp atau elektronik lain. Soalnya di luar negeri seringnya colokan berbeda ya kak.

    ReplyDelete
  4. Lengkap banget tipsnya Kak, ada 24 tips di atas. List terakhir tentang asuransi perjalanan emang penting banget ya Kak, buat jaga-jaga aja, syukur-syukur sih engga ada kejadian apa-apa.

    ReplyDelete
  5. Dulu waktu bujang kepikiran kalo mau ke luar negeri (dan ada rezeki) bakal bla bla bla. Sekarnag punya anak harus lebih mikir lagi persiapannya. Untung baca tips dari Kakak :)

    ReplyDelete
  6. Sejak bekerja ke luar negeri, saya langsung beli colokan sepaket untuk berbagai negara. Kebetulan Indonesia sendiri beda kan dengan negara liar itu colokannya. Sampai sekarang awet, masih dipakai soalnya ada beli beberapa alat elektronik dari luar negeri dengan colokan beda dengan di kita

    ReplyDelete
  7. Lengkap banget tipsnya..enggak cuma buat pemula yang pergi ke luar negeri nih, reminder juga buat yang dah sering pergi tapi abai ngecek apa persiapannya.
    Aku pernah kena di pakaian nih. Jadi September ke Eropa. Landed di Madrid lanjut Barcelona. Semua masih panas enak cuacanya karena akhir summer. Eh pas nyambung ke Paris, yang posisi lebih ke utara, ternyata dah mulai dingin,,,4 hari di sana lebih sering hujan dan dah butuh baju hangat. Padahal aku ga bawa persiapan , akhirnya beliin anak-anak jaket di sana, eh pas destinasi terakhir Roma panaaas lagi hihi

    ReplyDelete
  8. ke luar Negeri itu gak cuma butuh Passport/VISA aja dong ya, butuh belajar tentang negara tujuan jugaa bisa gak salah pas disana, alih-alih mau menikmati travelingnya kalau terpaksa berurusan dengan pemerintah setempat atau didenda kaan rempong ya :)

    ReplyDelete
  9. Nah iya nih, jaringan internet sepenting itu ya Kak. Makanya ada beberapa layanan wifi yang si modemnya bisa disewa buat perjalanan ke luar negeri. Gawat sekaligus sedih sih kalau sampai kenapa-napa dan beneran get lost gitu di negara orang. Duh duh.

    ReplyDelete
  10. Lengkap eh tips-tips travelingnya. Dengan mengikuti panduan yang ada di postingan ini, kayaknya bisa meminimalisir kekurangan persiapan ketika akan ke luar negeri.

    ReplyDelete
  11. Mantap mbak, lengkap! Jadi pengen jalan ke luar negeri nih :) hihi.. perlu juga asuransi ya rupanya apalagi untuk perjalanan jauh. Kalau di masa pandemi gini, ada tips khususnya kah mbak?

    ReplyDelete
  12. Wah makasi banyak kak! Ini semacam reminder buat aku hehehe (kalo kesampaian tahun depan berangkat ke LN, semoga). Adaptor, pelajari budaya, do n donts dan lainnya sangat berguna. Semoga kita bisa jalan-jalan dengan lancar dan jadi turis yang baik :)

    ReplyDelete
  13. Kalo penginapan saya lebih suka on the spot. Kekeke. Sebelumnya emang udah browsing, tapi sukanya on the spot. Soalnya kalo traveling, apalagi kalo backpackeran, cukup banyak menghemat uang dari penginapan ya mba.

    ReplyDelete
  14. Eh, iya ya Mba Mei. Gak kepikiran nih soal adaptor. Bisa jadi dinegeri tujuan beda ya adaptornya, jadi harus sedia beberapa buat antisipasi. Jangan lupa buat bawa batrai cadangan juga.

    ReplyDelete
  15. soal adaptor beberapa waktu lalu aku beli adaptor dan ternyata bisa untuk traveling ke berbagai negara. bener banget mba, colokan beda2 wkwkw ntr kita udah bawa colokan eh ternyata gabisa dipake kan sayang yah

    ReplyDelete
  16. Dulu tahun 98 pernah jualan asuransi perjalanan di Bandara Soetta Tangerang. Biasanya yang lebih aware dengan asuransi perjalanan para bule. Tipsnya mantap nih mba

    ReplyDelete
  17. Ada banyak banget poin-poinnya yang penting untuk traveling ke luar negeri ya,kak. Saya pun sudah perhatikan juga beberapa tips ini untuk traveling sebelumnya. Apalagi pemula pasti perlu sekali memperhatikan tipsnya agar lebih nyaman saat melakukan perjalanan.

    ReplyDelete
  18. Wah penting nih ya point2 kalau trip ke luarnegeri persiapannya..saya save ya kak sapa tau next time sy jalan2 ke luar neger hehehe

    ReplyDelete
  19. Kalau saya penting banget itenirari sebab pernah dulu sama suami jalan jalan walau cuma ke yogya aja tapi ga punya planning akhirnya cuma ke mall dan hotel. Ga terlalu seru sih. hehehe

    ReplyDelete
  20. Seneng banget baca artikel Mba Mei, informatif berdasarkan pengalaman sendiri pula, kereeen. Btw kl SIM internasional itu semisal mau nyetir di negara yang posisi setirnya sebelah kiri rada kagok kali ya soalnya gak biasa hihi

    ReplyDelete
  21. Aku yang seringkali mengabaikan fakta cuaca terkini kalau pas traveling, wkwk. Karena sebisa mungkin traveling di waktu selain musim penghujan, tapi ya gimana makin ke sini, cuaca jadi makin enggak bisa diprediksi

    ReplyDelete
  22. Boleh juga nih kak tipsnya ku simpan kalo nanti jalan bareng ke LN bareng keluarga. Kayanya ikut jasa travel lebih nyaman ya untuk pertama kali

    ReplyDelete
  23. Mei, itu akhirnya gimana yg get lost dari teman2 dan ga tau hotel juga?

    Aku tipe yg detil dan well organized bangettttt kalo udah menyangkut traveling. Semuanya disiapin bahkan dari setahun sebelum berangkat. Krn biar gimana cuti di kantor ga bisa sembarangan ngambil. Makanya harus dari jauh2 hari. Dan aku tipe yg ga suka kalo tanpa itin. Rasanya kok buang2 waktu liburan kalo ga tau mau kemana :p.

    Baca ini LGS ingat aku belum renew pasport. Juli kemarin udh Exp hahahahah. Padahal yaaa ga pernah sejarahnya aku renew pasport pas udh mati bener2. Pandemi ini luar biasa deh -_- .

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.