PENDAKI PEREMPUAN DUNIA YANG MENGINSPIRASI

Mendaki gunung dari masa ke masa bertumbuh sebagai wisata minat khusus dan kegiatan olahraga petualangan yang banyak digemari masyarakat  sebagai salah satu alternatif “gaya hidup” baru. Sederet nama laki-laki tertulis dalam sejarah sebagai pendaki pertama di puncak-puncak dunia.

perempuan pendaki dunia menginspirasi meimoodaema


Lalu bagaimana dengan peran perempuan dalam dunia pendakian dunia? Berbicara perempuan dalam berbagai kegiatan selalu menjadi sisi yang menarik untuk dibahas, termasuk peranannya dalam kegiatan petualangan menggapai atap dunia.

Nah, kali ini saya ingin mengupas beberapa pendaki perempuan dunia yang menurut saya sangat menginspirasi. Let's check it out.

MARIA PARADIS

Jauh sebelum ini, Maria Paradis merupakan perempuan pertama yang mampu mendaki gunung Mont Blanc pada tahun 1808 namun saat itu tujuannya hanya sebagai penjual makanan di jalur pendakian.

HENRIETTA d’ANGEVILLE

Kemudian lahir kembali nama perempuan kedua Henrietta d’ Angeville pada tahun 1838 murni sebagai pendaki. Keberaniannya membuat perempuan tidak diragukan lagi kemampuannya dalam menaklukan ketinggian di atas permukaan laut dengan sangat tangguh dengan memangku kerir yang belasan bahkan puluhan kilo untuk mencapai sebuah puncak.

LIZZY LE BLOND

Sejarah panjang pendaki perempuan dimulai oleh Lizzy Le Blond pada tahun 1907 yang menginisiasi pembentukan organisasi Ladies Alphine Club, sebagai bentuk atas penolakan kehadiran perempuan yang ingin berkontribusi di Alphine Club of Great Britain dimana pengurusnya semuanya adalah laki-laki.

Hal ini juga merupakan bentuk protes terkait pembatasan terhadap perempuan yang ingin mendaki gunung yang mana saat itu sangat dipersulit. Kemudian disusul oleh The Scottish Clambing Club pada tahun 1908.

Perintis sejarah lahirnya para pendaki perempuan lainnya adalah berdirinya Pinaccle Club yang merupakan komunitas pendaki gunung bagi perempuan di Inggris tahun 1921. Eksistensi perempuan sebagai pendaki kian bersinar dengan lahirnya Club of Alaska pada tahun 1958.

MICHELE MORIN, NEA MORIN, ALIS DAMESME

Disusul Micheline Morin, Nea Morin, dan Alis Damesme pada tahun 1933. Perempuan-perempuan tangguh ini mampu menyuarakan dan menempatkan posisi perempuan pada level paling tinggi.

Menunjukan bahwa perempuan memiliki kemampuan memimpin, kekuatan fisik, semangat, kemauan, dan kekuatan mental seorang perempuan sejajar dengan laki-laki bahkan lebih.

CAUDE KOGAN

Saat ini banyak perempuan yang sudah mampu mendaki beberapa gunung tinggi di dunia sehingga eksistensi perempuan semakin terlihat dalam pendakian, salah satunya adalah perempuan Caude Kogan melakukan pendakian ke Himalaya pada tahun 1955. Sehingga perempuan tidak lagi dipandang sebelah mata dan perlahan mengikis stereotipe gender yang menganggap perempuan sebagai makhluk lemah.

CATHERINE DESTIVELLE

Namanya tercatat sebagai perempuan pertama yang mampu mendaki gunung es dan berbatu Eiger yang terletak di Alpen Bernese, Swiss pada 1992. Perempuan tangguh ini mampu mendaki Gunung Eiger dengan ketinggian 3.970 mdpl kurang dari 15 jam. Wah keren banget ya.

JUNKO TABEI

Junko Tabei merupakan perempuan pertama di dunia yang mampu mencapai Gunung Everest pada tahun 1975. Kabarnya perempuan asal Jepang ini mengambil rute pendakian yang sama dengan Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay yang mendaki pada tahun 1953.

Semangat yang dimilikinya patut dicontoh dan menjadi arahan dan motivasi bagi generasi perempuan berikutnya. Dimana perempuan mampu menjadi apa yang mereka inginkan dengan tetap menjaga kodratnya sebagai perempuan selama kita mempunyai semangat ingin maju dan bekerja keras.

LYAN HILL

Lyan Hill masuk dalam deretan sebagai pendaki perempuan pertama yang mampu mendaki gunung batu The Nose El Capitan di Taman Nasional Yosemite, Amerika. Lyan aktif sebagai pendaki pada tahun 1980- 1990-an.

ARUMINA SINHA

Merupakan perempuan pertama yang mampu mencapai puncak Everest dengan menggunakan kaki palsu pada tahun 2011. Keberhasilan perempuan hebat ini menjadi bukti bahwa perempuan dapat melewati batas kemampuannya sebagai makhluk lembut bahkan bisa lebih tangguh dari kaum laki-laki. Bahkan keterbatasannya justru mengukir harum namanya di dunia pendakian khususnya perempuan. 

WANDA RUTKIEWICZ

Perempuan pendaki lainnya yang membantah seorang perempuan makhluk lemah dan manja adalah Wanda Rutkiewicz yang merupakan pendaki asal Polandia dan merupakan perempuan ketiga yang behasil mencapai puncak Gunung Everest.

Wanda juga berhasil membuat rekor menjadi perempuan pertama yang mampu mendaki Gunung K2 di Pakistan pada tahun 1986 sebagai gunung tertinggi kedua di dunia.

CHHURIM

Baru-baru ini Chhurim, perempuan asal Nepal mendapatkan penghargaan dari Guinness World Records pada 25 Februari 2013 karena berhasil menaklukan gunung Everest selama 2 kali dalam sepekan. 

ARINETA MULA

Arineta Mula menjadi salah satu nama perempuan yang membantah pendapat bahwa perempuan makhluk lemah, perempuan ini berhasil mencapai puncak Everest pada Mei 2017.

RAHA MOHARRAK

Adalah perempuan pertama dari tanah Arab tepatnya Dubai Uni Emirat Arab (UEA) yang mampu mendaki Gunung Everest tahun 2013. Sekaligus juga sebagai pendaki perempuan termuda yang mendaki Everest.

Di tengah tantangan keluarga dan budayanya yang konservatif melarang keterlibatan perempuan dalam dunia olahraga, namun dia mampu membuktikan bahwa mimpi bisa menjadi kenyataan selama kita mau berjuang dan memiliki keyakinan.

VIRIDIANA ALVAREZ CHAVEZ

Viridiana Álvarez Chávez adalah atlet perempuan asal Meksiko yang mampu menyelesaikan pendakian 3 puncak gunung tertinggi di dunia tahun 2019. Berkat prestasinya, dia meraih penghargaan dari Guiness World Record. Lagi-lagi prestasinya membuktikan bahwa perempuan mampu melewati batas kemampuannya sebagai makhluk lembut.

TSAN YIN-HUNG

Adalah pendaki perempuan Hongkong pertama yang mampu mendaki Everest. Pendakian ketiganya tahun 2021, menorehkan prestasi mencengangkan. Dia memecahkan rekor pendakian tercepat menuju Everest yaitu hanya 25 jam 50 menit. Wow.

CLARA SUMARWATI

Namanya sudah tak asing, yap adalah perempuan asal Indonesia yang mampu mendaki ke Gunung Everest, bahkan dari beberapa literatur jurnal luar, dinyatakan sebagai perempuan Asia Tenggara yang mampu mencapai puncak Everest tahun 1996.

Sayang, prestasinya tidak mempunyai cukup banyak bukti yang menyatakan perempuan asal Yogyakarta ini sudah menggapai atap dunia ini, sehingga di Indonesia belum diakui secara resmi. Tapi prestasinya ini justru sudah banyak ditulis oleh negara luar. Seperti buku karya Walt Unsworth tahun 1999 berjudul Everest dan Reinhold Messner tahun 199 dengan judul Everest: Expedition to the Ultimate. 

KESIMPULAN

Semua pendaki perempuan di atas tersebut memberikan inspirasi, bahwa perempuan dapat melewati batas kemampuannya selama kita mau berusaha. Apa yang sudah mereka capai merubah paradigma negatif yang selama ini menempel pada perempuan, yaitu makhluk domestik, lemah, dan manja.

Perempuan sudah tidak bisa dilihat lagi dari sisi kemampuan fisiknya. Dan saat ini perempuan mempunyai peranan penting dalam dunia pendakian dunia. Siapakah pendaki perempuan idolamu? Yuk share apapun pendapatmu tentang peran perempuan sebagai pendaki.

46 Comment

  1. MasyaAllah... perempuan keren semua ini. terharu dan ikut bangga dengan pencapaian mereka mendaki gunung. Selalu kagum dengan para perempuan tangguh seperti Mbak Mei juga. sehat selalu dan terus menginspirasi, Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin allahuma aamiin mba Arina, terima kasih doanya, semoga mba juga selalu sehat ya

      Delete
  2. keren banget ya perempuan-perempuan ini.
    pasti merekalah yang jadi inspirasi Mbak Mei untuk bisa mendaki juga ya.
    anyway, syukurnya di antara deretan nama-nama ini, ada juga pendaki perempuan asal Indonesia yang disebutkan dan ternyata di luar pun namanya sudah sering dibahas juga ya meski di negeri sendiri masih kurang dikenal masyarakat awam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mba, ada nama perempuan Indonesia, ada juga perempuan lain hanya saja memang bukan yang pertama

      Delete
  3. Tidak lagi diragukan semua kemampuan wanita yang mampu mendaki gunung gunung yang jadi atap dunia. Pencapaian luar biasa yang belum tentu laki laki bisa. tentu ini butuh latihan bertahun tahun

    ReplyDelete
  4. Salut ya sama ketangguhan perempuan seperti mereka
    Kalau sudah mampu mengatasi kesulitan naik dan turun gunung, pasti emosinya bisa stabil juga ya

    ReplyDelete
  5. Aku sepakat bgt sm kesimpulan kak Mei, kl perempuan ga bisa dipandang sebelah mata. Keren2 bgt sih perempuan2 yang disebutkan di atas. Jd bingung mau menggemari siapa, soalnya semuanya keren dan inspiratif banget

    ReplyDelete
  6. wawww ternyata dunia pendakian sudah lama adanyaa yaaa.
    Perempuan2 hebat ini maah..
    Btw setujuuuu sama sosok perempuan kalau ada niat dan usaha pasti akan melewati batas yang kadang bikin takjub dan luar biasaaa.

    ReplyDelete
  7. Pendaki perempuan memang keren ya, biasanya laki-laki yang jago mendaki. Tapi perempuan akhirnya membuktikan bisa juga menjadi pendaki. Apalagi kalau medannya susah untuk dilewati, ditambah resiko dan cerita mistis. Salut sama mereka. Aku aja dulu mau mendaki nggak kesampaian huhu..

    ReplyDelete
  8. Keren,, tapi gak ada yang aku tau,, yang saya cuman tau pendaki cewek yah adinda tomas dan istrinya fieraa besari hehe

    ReplyDelete
  9. Menginspirasi banget para wanita pendaki ini, semoga semangatnya nyebar ke mana2. Kadang mau coba mendaki gunung tapi takut malah ngerepotin yang lain hehe.

    ReplyDelete
  10. Setuju, Mbak .. ita belajar bahwa perempuan jika mau berjuang bisa kok menunjukkan kemampuannya, tidakperlu meminta keistimewaan.

    ReplyDelete
  11. Pasti seru banget ya ini cerita dari perempuan pendaki ini, ingin rasanya sesekali memberikan reward pada diri sendiri dengan melakukan perjalanan liburan dan melakukan pendakian seperti ini ya.

    ReplyDelete
  12. Clara Sumarwati emang keren sih. Gimanapun the first thing is always exciting yaa mba. Gak butuh bukti muluk-muluk karena ya kita harus maklum juga 96 itu belum ada medsos kayak sekarang. Wkwkwk.

    Aduuuuh, jadi kangen nanjak lagi. Heuheuheu.

    ReplyDelete
  13. masya Allah keren banget semangatnya menaklukkan puncak tertinggi bisa jadi motivasi buat semua wanita untuk menggapai keinginannya

    ReplyDelete
  14. Wahh, membaca kisah para wanita tangguh penakluk alam, aku cuma inget kak Mei, seorang.
    Dan membaca artikel ini, jadi terbuka wawasan bahwa banyak perempuan juga bisa menjadi hikers yang kuat, cerdas dan teliti.

    ReplyDelete
  15. Belum pernah hiking, kok jadi penasaran yaa! Nanti deh sama pasangan, soalnya ga punya temen yang suka hiking huuu

    ReplyDelete
  16. dulu waktu pertama kali mau naik gunung, ayahku juga bilang ngapain sih perempuan naik gunung, tapi alhamdulillah kalau diri kita dan org2 disekitar kita percaya, kita pun bisa melakukan hal2 yg menurut kita tidak biasa dilakukan bagi seorang perempuan...

    ReplyDelete
  17. Ya Allah aku baru tahu nama-nama pendaki perempuan ini mba. Luar biasa ya mba mereka. Terima kasih sudah berbagi mba informasi

    ReplyDelete
  18. Turut bangga nih aku kak, di antara banyak nama perempuan di luar negeri sana,ternyata ada nama Clara Sumarwati yang mewakili Indonesia. Tangguh sekali ya bisa sampe ke puncak Everest. Pasti tantangannya double karena kita di Indonesia tidak pernah mengenal dinginnya salju.

    ReplyDelete
  19. banyak perempuan hebat yang sudah menaklukkan atap dunia. Perjuangan mereka tentu menginspirasi perempuan lainnya untuk berjuang di bidangnya masing masing.

    ReplyDelete
  20. Salut sama para pendaki nih, aku tertarik sih ikutan dak tapi belum pernah daki gunung yg tingi & berhari-hari paling yang jaraknya hitungan jam aja.
    Banyak juga ya para perempuan pendaki di dunia ini, terbukti perempuan juga ga kalah fisiknya dengan laki-laki

    ReplyDelete
  21. Keren . Mereka semua wanita hebat . Sangat menginspirasi banget kak . Wanita juga kuat ;)

    ReplyDelete
  22. Perempuan tangguh nih yg bisa menaklukkan gunung gunung tinggi. Termasuk mb Mei juga

    ReplyDelete
  23. kereeeen.. salut sama cewek-cewek hebat yan bernai mendaki gini. Saya jujur jaa takut sama suasananya hehe.. entahlah :)tapi penasaran juga hihi

    ReplyDelete
  24. Bangga banget Indonesia satu diantara para pendaki gunung tersebut. Menurut saya hebat lho wanita yg bisa mendaki gunung karena diperlukan mental serta fisik yg kuat juga

    ReplyDelete
  25. Ada juga perempuan Indonesia yang masuk di listnya ya mba...
    Bangga juga saya nih..

    ReplyDelete
  26. Mereka keren-keren banget ya, tangguh dan pemberani. Mimpiku pengen banget daki gunung juga sama anak-anak tapi sampai saat ini blm kesampaian huhu.

    ReplyDelete
  27. Pingin banget bisa naik gunung, tapi karena lemah jantung jadi gak pernah dapat izin. Paling bolehnya ke curug.. Alhamdulillah masih bisa menikmati indahnya alam

    ReplyDelete
  28. Salut sama perempuan-perempuan hebat ini, mendaki gunung itu gak gampang kan mba apalagi puncak gunung tertinggi, bener banget perempuan gak bisa dipandang sebelah mata, karena pencapaian mereka bisa disejajarkan dengan para lelaki

    ReplyDelete
  29. Salut dengan perempuan yang mendaki gunung, karena saya merasakan sendiri betapa melelahkan melakukan hal tersebut. Padahal cuma mendaki gunung yang tidak seberapa tinggi namun capeknya minta ampun

    ReplyDelete
  30. Informasinya lengkap banget..
    Oia, kalo boleh kasih saran, kalo dikasih foto dari tiap - tiap pendaki wanita yang diulas, pasti tulisannya jadi lebih keren :)

    Btw, nice post!

    ReplyDelete
  31. Ternyata banyak juga ya Pendaki perempuan di dunia ini, tidak hanya lelaki tapi perempuan juga dapat menunjukkan eksistensinya lewat kegiatan pendakian seperti ini. Terima Kasih Informasinya ya Kak.

    ReplyDelete
  32. Saya baru tahu kalo ada pendaki perempuan yang hebat-hebat, bahkan ada yang memecahkan rekor pendakian tercepat menuju gunung Everest

    ReplyDelete
  33. Wanita-wanita hebat semua. Salut aku sama wanita-wanita hebat seperti mereka.

    ReplyDelete
  34. Perempuan tangguh, membuktikan kalau perempuan adalah makhluk kuat dimuka bumi.

    ReplyDelete
  35. Wah keren ya. Ternyata banyak juga sosok wanita-wanita tangguh. btw, keren kak untuk artikelnya yang sangat memotivasi.

    ReplyDelete
  36. MaasyaaAllah keren bangettt ya perempuan-perempuan kuat ini. Ada banyak nama dari berbagai negara, baik asia, Eropa, bahkan yang turut bikin bangga adalah salah satunya wanita asal Indonesia.

    ReplyDelete
  37. Waw... Salut sama perempuan2 yg bisa mendaki gunung everest. Hebat banget bisa sampai ke sana. Pasti ada banyak usaha dan proses berat yg dilalui untuk bisa sampai di puncak.

    ReplyDelete
  38. ada temen cewek yang seumuran saya, dia hobi banget hiking ke bukit² bersama teman-teman nya, sampai sekarang dia masih melakukan aktifitasnya itu.

    ReplyDelete
  39. Mendaki merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Dulu saya masih sering tetapi mengingat umur sudah agak susah melakukan pendakian karena terlalu sibuk kerja, lain halnya dulu masih zaman jadi mahasiswa

    ReplyDelete
  40. Perempuan perempuan hebat. Secara gitu, mendaki memang tidak mudah, terutama untuk kaum hawa

    ReplyDelete
  41. Keren kali kakak yg satu punya hobi mendaki gunung tulisanya pun menarik jdi inspirasi bagi perempuan yg pengen terjun hobi naik gunung 👍

    ReplyDelete
  42. Wah Mbak Mei pastinya banyak dapat inspirasi juga ya dari para perempuan hebat penakluk puncak gunung ini ya, Mbak Mei sendiri juga amazing, salah satu pendaki perempuan plus traveling blogger juga, kereeen

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan komentar yang sopan. Tolong jangan tinggalkan link aktif. Terima kasih.