5 TIPS RAIH RUMAH IMPIAN DENGAN KPR

Banyak traveling ke luar negeri, membuat saya banyak melihat rumah-rumah yang didesain dengan unik dan menarik. Apalagi desain minimalis dengan warna lembut, rumah impian saya banget. Berbicara soal rumah impian, ada banyak cara untuk meraihnya. Bisa dengan membeli secara cash atau raih rumah impian dengan KPR. Buat anda yang akan mengambil rumah impian dengan KPR, ada banyak hal yang harus  dipertimbangkan. Apa saja, lets get started.

mortgage calculator


5 Tips Raih Rumah Impian Dengan KPR

Bagi yang berencana mengambil rumah impian dengan KPR banyak sekali yang harus dipertimbangkan agar tidak memberikan masalah kedepannya. Apalagi proses jual beli rumah bukanlah hal yang mudah sehingga harus direncanakan dan diperhitungkan secara matang. Lalu apa saja tips raih rumah impian dengan menggunakan KPR?

1. Perhatikan lokasi dan akses

Lokasi dan akses rumah yang akan anda beli wajib menjadi pertimbangan penting ketika akan membeli rumah. Rumah yang berada di pusat kota biasanya akan jauh lebih mahal namun akses kemana-mana biasanya lebih mudah. Sebaliknya ketika rumah yang berlokasi di pinggiran kota biasanya harganya akan jauh di bawah yang di pusat kota. Tapi dengan risiko akses menuju pusat-pusat atau fasilitas umum biasanya terbatas dan memakan waktu.

Lalu bagaimana jika budget terbatas? Carilah rumah di daerah pinggiran namun dekat dengan dengan beberapa fasilitas umum yang krusial, seperti akses dengan transportasi, rumah sakit, atau tempat anda bekerja. Jangan lupa juga untuk melakukan survei rumah yang akan anda ambil sebelum memutuskan untuk mengambil rumah impian anda.

2. Cek reputasi Developer

Mengetahui reputasi pengembang atau developer sangatlah penting. Karena hal ini berkaitan dengan banyak hal. Terkait dengan kualitas proyek rumah-rumah sebelumnya apakah bermasalah atau tidak, sistem pembayaran, dan lainnya. Berapa banyak developer sudah bekerjasama dengan para pihak bank. Semakin banyak yang sudah bekerjasa sama, maka semakin bagus. Carilah informasi melalui internet atau kepada teman anda yang sudah pernah melakukan KPR untuk rumah impian mereka.

3. Perbaiki rekam jejak kredit

Pihak bank akan melakukan penelusuran mengenai rekam jejak kredit yang pernah anda lakukan. Hal ini untuk memastikan bahwa bank memberikan KPR kepada orang yang tepat dan bertanggung jawab. Maka perbaiki dua atau tiga tahun sebelumnya mengenai pembayaran tagihan anda, sebelum melakukan pengajuan KPR. Jangan ada tagihan yang macet. Jika rekam jejak tagihan anda lancar, maka pihak bank akan lebih mudah dan cepat dalam menyetujui KPR anda.

4. Lengkapi persyaratan dokumen

Langkah atau tips berikutnya untuk meraih rumah impian anda adalah dengan melengkapi semua persyaratan atau dokumen yang diminta oleh pihak bank maupun oleh pihak developer. Seperti dokumen KTP, kartu keluarga, laporang keuangan pribadi maupun pasangan, dan lainnya. Melengkapi semua persyaratan mempercepat proses pengajuan KPR.

5. Simulasi cicilan

Tips berikutnya raih rumah impian dengan KPR adalah melakukan simulasi cicilan. Simulasi cicilan dilakukan untuk mengetahui total harga rumah yang akan dibayarkan, suka bunga yang akan dipakai, berapa jumlah down patment (DP) yang harus dibayarkan. Hal yang tak kalah pentingnya adalah mengetahui cicilan yang akan kita bayarkan setiap bulannya.

Dengan melakukan simulasi cicilan, kita dapat mengatur berapa jumlah cicilan menyesuaikan dengan penghasilan yang kita miliki. Jangan lupa pertimbangkan juga kebutuhan lainnya saat menentukan cicilan yang akan diambil. Salah satu situs yang akan membantu anda mengetahui berapa jumlah cicilan KPR dengan kalkulator KPR yaitu Mortgage Calculator.

Raih Rumah Impian dengan Kalkulator KPR Mortgage Calculator

Selain sebagai situs games edukasi keuangan, Mortgage Calculator adalah situs simulasi keuangan yang dapat anda gunakan ketika ingin mengetahui berapa jumlah cicilan yang harus anda bayarkan setiap bulannya. Situs penghitung simulasi keuangan ini dapat anda gunakan untuk simulasi cicilan rumah, kendaraan, bahkan juga untuk pendidikan, atau cicilan lainnya.

simulasi mortagege calculator


Anda dapat melakukan simulasi cicilan dengan menggunakan beberapa pilihan sesuai dengan kemampuan finansial yang anda miliki. Semisal dengan DP 30%, tenor 5 tahun, suku bunga 4% maka cicilan yang harus dibayarkan berapa rupiah. Atau dengan DP 50%, tenor 10 tahun, suku bunga 4% maka akan diketahui berapa cicilan yang harus anda bayarkan. Sangat membantu bukan? 

Selain itu kalkulator cicilan juga dapat digunakan untuk menghitung kembali KPR yang sudah berjalan, over kredit, ataupun amortisasi. Pastinya situs simulasi keuangan ini dapat anda akses kapan saja dan dimana saja secara riil time hasilnya.

Ingat maksimal cicilan setiap bulannya adalah 30% dari penghasilan yang kita miliki. Hal ini dibatasi agar menjaga keuangan tetap stabil. Mengggunakan kalkulator KPR ini, rencana cicilan untuk membeli rumah impian akan lebih terkontrol dan diketahui lebih awal, sehingga anda dapat mengatur keuangan secara lebih matang. 

Ada yang sedang berencana mengambil rumah impian dengan KPR?Boleh banget sharing di kolom komentar perencanaan keuangannya atau ada yang sedang menjalankan cicilan KPR untuk rumah impiannya, juga boleh sharing di kolom komentar.

19 Comment

  1. Artikel ini memberikan 5 tips yang sangat berguna bagi mereka yang ingin meraih rumah impian mereka melalui KPR. Tips tentang perencanaan keuangan, penelitian pasar properti, memilih KPR dengan suku bunga yang kompetitif, memahami berbagai biaya terkait KPR, dan mempersiapkan dana darurat adalah panduan yang sangat berharga.

    Membeli rumah adalah langkah besar dalam hidup, dan memiliki wawasan yang baik tentang cara mengatur keuangan dan mengambil keputusan yang bijak adalah kunci untuk meraih rumah impian tanpa mengalami beban keuangan yang berlebihan. Artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat untuk siapa saja yang berencana membeli rumah melalui KPR. Terima kasih atas pembagian informasi yang berguna ini!

    ReplyDelete
  2. dengan perencanaan yang baik rumah impian bisa didapat apalagi kalau sudah punya perhitungan matang dengan mortgage calculator bisa disiasati dengan KPR dong ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. setujuuuuuuuuuuu
      tips ini menarik sebba kita bisa dapatkan rumah impian dengan cara menyicil. dan cicilanpun bisa di atur sesuai dengan kemampuan kita.
      terimkasih sudah berbagi
      salam rahayu
      wahono secret

      Delete
  3. Pengen ambil rumah tapi pekerjaan masih belum tetap, bisanya baca-baca artikel KPR dan tips tips beli rumah. Selagi menambah wawasan nanti kalau pas mau beli rumah

    ReplyDelete
  4. Biasanya beli rumah di permainan monopoli, beli, jual, gadai. sampe punya hotel. hehe.

    ReplyDelete
  5. dulu hanya tahu rumah ya rumah bagus saja, sekarang jadi punya banyak pertimbangan apalagi dengan anak-anak. mulai dari rumah ibadah, fasilitas mereka bermain, akses ke sekolah, lingkungan tetangga, dan juga pedagang2 yg akan membantu memudahkan kebutuhan kita. jangan lupa jg cek air dan kemungkinan banjir jg.

    ReplyDelete
  6. Kpr adalah cara cepat, mudah dan murah membeli rumah. Apalagi saat ini banyak skema kpr yang menarik.

    ReplyDelete
  7. Setuju dengan poin nomor dua, penting sekali mengetahui reputasi developer karena sekarang banyak developer nakal. Nice sharing kak!

    ReplyDelete
  8. Saya selalu mengibaratkan kalau mencari rumah itu ibarat mencari jodoh. Karena pertimbangannya sangat banyak. Kan, gak dipakai untuk 1-2 tahun aja. Termasuk cara menghitung KPR juga harus dipertimbangkan dengan benar.

    ReplyDelete
  9. Cek developer ini paling penting mbak. Beberapa kasus banyak developer nakal atau abal-abal. Bahkan di Malang sempat ramai kasus penipuan oleh developer. Cicilan jalan, tapi rumah tak dibangun. Dan setelah cek developer baru memastikan lahan dan simulasi KPR. ❤️❤️

    ReplyDelete
  10. SEmoga cita2 unntuk beli rumah bisa tercapai ah, dengan membaca referensi dan tips di artikel ini. Sangat membantu aku yang masih rencana2 melulu. hehe

    ReplyDelete
  11. 5 tips di atas informatif sekali.. kalau saya juga pernah diinfo, 1 hal yang kalau bisa dicari tahu yaitu sejarah tanah dari rumah yang dibangun tersebut.. dulunya tanah itu tempat apa.. berguna nantinya saat kita menempati, jadi kita bisa mengantisipasi atau mengadakan pembersihan energi di rumah tsb.. btw, nice post!

    ReplyDelete
  12. Soal rumah ini, yg pakai sistem beli cicilan dan yg dibeli perumahan, saya teringat kasus-kasus di Yogyakarta. Ada developer nakal. Bangun rumah di tanah yg bukan tanah mereka. Yg rugi pas pembelian rumah gagal ya calon pembeli, yg udah ngasih uang muka banyak.

    ReplyDelete
  13. Selalu merencanakan terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk KPR. Lihat dulu juga reputasi dari developer, sayang juga kalo developernya curang. Bangunan jd kurang kuat.

    ReplyDelete
  14. Terima kasih infonya, Kak. Sampai sekarang masih berjibaku dengan pemilihan rumahnya. Karena banyak maunya, emang kayak milih jodoh rasanya.. tapi memang KPR meringankan dalam pemilikan rumah..

    ReplyDelete
  15. Cara kepemilikan rumah di negara maju dan negara berkembang sama ga sih mba? disini kan sampai ada istilah, kalau ga nyicil ga bisa punya. padahal pengen punya rumah bayar cash tanpa hutang gitu.
    Terima kasih ulasannya ya!

    ReplyDelete
  16. Sekarang membeli rumah semakin mudah ya. Ga harus bayar cash, dicicil pun bisa. Semoga suatu saat diriku segera bisa memiliki rumah sendiri.

    ReplyDelete
  17. No 3 nih kadang suka lupa dicek....Temen pernah gak di acc karena masalah kartu kredit gituan...

    ReplyDelete
  18. artikelnya bermanfaat sekali kak bisa melihat kemungkinan berdasarkan yang disarankan dan tentunya sangat penting bagi yang mau ambil rumah kpr makasih kak

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.