TIPS OLAHRAGA UNTUK PEMULA AGAR AMAN DAN NYAMAN

Belakangan ini mulai banyak orang yang sadar akan kesehatan, sehingga mulai banyak pula orang-orang yang rutin melakukan kegiatan olahraga. Buat kamu yang baru memulai rutin melakukan kegiatan olahraga, ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan. Agar olahraga yang kamu lakukan tetap aman dan nyaman. Lalu apa saja tips olahraga untuk pemula agar tetap aman dan nyaman? Let's get started.

sepatu asics ori


Tips Olahraga Untuk Pemula Agar Aman dan Nyaman

1. Cek kondisi tubuh

Sebelum melakukan kegiatan olahraga, kamu wajib banget untuk mengecek kondisi tubuh. Apakah sedang fit sehingga saat melakukan olahraga akan tetap aman. Jika dalam kondisi kurang sehat lebih baik kamu menunda sementara untuk melakukan olahraga.

Jika memiliki riwayat penyakit tertentu atau sedang mengalami kondisi kesehatan yang kurang baik lebih baik lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Untuk memastikan kondisi tubuh kamu akan tetap aman.

2. Lakukan olahraga ringan

Jika kamu baru akan memulai rutin melakukan olahraga dan sebelumnya tidak pernah melakukan olahraga, sebaiknya pilih olahraga yang ringan-ringan terlebih dahulu. Agar tubuh beradaptasi dan tidak mengalami cedera. Setelah beradaptasi dan terbiasa dengan gerakan ringan, baru perlahan beralih ke olahraga yang lebih berat.

3. Lakukan pemanasan dan pendinginan

Sebelum melakukan olahraga wajib melakukan pemanasan terlebih dahulu, agar otot-otot tubuh menjadi lebih lemas sehingga akan menghindari cedera otot. Begitu pula ketika setelah melakukan olahraga, lakukan pendinginan agar kondisi otot yang sudah diajak bekerja keras saat olahraga menjadi lebih rileks yang akan mengurangi ketegangan pada otot.

4. Gunakan sepatu yang tepat

Penggunaan sepatu yang tepat saat olahraga juga menjadi tips olahraga untuk pemula yang wajib dilakukan. Agar proses olahraga tetap aman dan nyaman. Penggunaan alas kaki yang tepat akan membuat proses olahraga lebih lancar dan nyaman, paling penting pastinya akan menghindari cedera pada otot khususnya area kaki.

Banyak alas kaki atau sepatu olahraga yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Pilihlah sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki, sesuai dengan jenis olahraga yang kamu lakukan, dan pastinya pilih sepatu olahraga yang lebih ringan. Salah satunya adalah sepatu asics ori yang kenyamanannya sudah tidak diragukan lagi.

5. Gunakan pakaian yang nyaman

Menggunakan pakaian yang nyaman saat melakukan olahraga sangatlah penting, apalagi bagi pemula. Agar proses kegiatan olahraga tidak terganggu. Gunakan pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat. Hal ini juga akan membantu membuat olahraga lebih efektif dan kamu lebih bebas bergerak.

6. Lakukan olahraga dengan baik dan benar

Tips olahraga untuk pemula berikutnya adalah lakukan gerakan olahraga dengan baik dan benar, apapun olahraganya. Karena setiap olahraga mempunyai aturan dan gerakan yang berbeda juga tujuan yang berbeda. Maka dari itu pelajari jenis olahraga yang akan kamu lakukan dengan benar. Gerakan yang benar juga akan membuat goals dari olahraga kamu akan tercapai lebih maksimal. Lebih penting gerakan yang benar akan meminimalisir resiko cedera pada tubuh.

7. Perhatikan durasi olahraga

Tips olahraga untuk pemula lainnya yang wajib kamu perhatikan adalah soal durasi waktu. Lakukan olahraga secukupnya sesuai dengan anjuran dari World Health Organization (WHO) yaitu kurang lebih sekitar 30 menit dalam sehari. Atau kurang lebih lima kali dalam seminggu.

Jangan melakukan olahraga yang terlalu lama dan terlalu sering. karena hal itu juga akan membuat kondisi tubuh menjadi terbebani. Apalagi untuk seorang pemula. Jadi lakukan olahraga secukupnya. Beri tubuh istirahat dan biarkan tubuh bekerja sesuai dengan porsinya.

8. Penuhi cairan tubuh dengan air mineral

Selama melakukan olahraga biasanya tubuh akan mengeluarkan keringat yang lebih banyak dari biasanya. Sehingga kita wajib mengganti cairan tersebut agar tidak mengalami dehidrasi. Terpenuhinya cairan tubuh dengan cukup juga agar tidak mengganggu metabolisme dan kinerja tubuh.

Minumlah kurang lebih satu jam sebelum dan setelah melakukan olahraga. Jadi buat kamu yang pemula melakukan olahraga, pastikan cairan tubuh kamu tetap terpenuhi.

9. Penuhi asupan gizi

Selain memenuhi cairan tubuh, tips olahraga bagi pemula lainnya agar tetap aman dan nyaman adalah memenuhi asupan gizi. Banyak orang yang baru melakukan olahraga tidak mengetahui atau bahkan abai dengan asupan gizi untuk tubuh. Sehingga pada saat melakukan olahraga atau bahkan setelah melakukan olahraga tubuh bukannya sehat, namun malah sebaliknya.

Makanlah tiga sampai empat jam sebelum melakukan olahraga. Hal ini akan membantu memberikan energi saat melakukan olahraga. Kamu dapat memilih asupan karbohidrat kompleks dan serat yang dipercaya memiliki indeks glikemik rendah yang akan membantu pelepasan energi secara perlahan sehingga tidak cepat habis.

10. Istirahat yang cukup

Tips olahraga untuk pemula berikutnya adalah istirahat yang cukup pada malam hari sebelum melakukan olahraga esok harinya. Ini sangat penting agar olahraga yang akan kamu lakukan esok hari agar lebih maksimal dan selama proses olahraga kamu tidak mengantuk.

Itu dia beberapa tips olahraga untuk pemula agar tetap aman dan nyaman yang bisa kamu lakukan. Yuk sayangi tubuh kamu dengan melakukan persiapan olahraga dengan tepat dan sesuai dengan porsinya. Kalau kamu mempunyai tips olahraga untuk pemula lainnya boleh banget sharing di kolom komentar.

11 Comment

  1. Betul sekali sebelum memulai oralhraga ada baiknya memperhatikan pakainan yang digunakan agar lebih nyaman terus juga durai saat berolahraga jangan kelamaan nanti bukannya sehat malah sakit hehe

    ReplyDelete
  2. salah satu poin penting adalah memilih sepatu yang tepat untuk olahraga :D

    ReplyDelete
  3. Nah iya sepatu yang tepat. Pernah ngalamin kakiku tuh lecet karena pakai sepatu yang enggak nyaman dan bukan peruntukannya pas ikutan lari sehat gitu..ya ampun, kapok!

    ReplyDelete
  4. Poin sepatu bener banget kak..
    Kalo sepatu gak nyaman akhirnya terasa banget sakit dan gak nyaman.
    Pernah banget ngalamin kayak gitu. Akhirnya lebih selektif donk milih sepatu sport.

    ReplyDelete
  5. Tidak boleh lupa emang dengan pemanasan saat mau olahraga itu. Apalagi buat yg lama gak olahraga dengan rutin. Jika tidak, bisa menyebabkan cidera ya.
    Saya kapok karena udah pernah mengalami. Tanpa pemanasan, malah keselo dan keram.

    ReplyDelete
  6. Saya juga mulai membiasakan diri olah raga, jalan sore setelah jam pulang kantor, dan memang lumayan efeknya, bukan cuma ke badan, tp ke pikiram juga lebih cerah rasanya

    ReplyDelete
  7. Selain pemanasan, menggunakan sepatu yang nyaman juga termasuk yang teratas kalo menurut saya.
    Jangan sampai kaki jadi lecet, padahal baru pemanasan.
    Kalo lecet.....? Dah lah... Besoknya off dulu gegara nunggu kaki sembuh (alasan ajahhhh)

    ReplyDelete
  8. Iya ya, kalau olahraga terlampau sering juga memang membuat tubuh yang tadinya berharap bisa sehat segar bugar jadi terbebani karena kegiatan olahraga kan mengajak fisik banyak bergerak. Tapi terlalu lama nggak olahraga pun nggak baik ya.

    ReplyDelete
  9. Kalau penggunaan sepatu buat olahraga awalnya udah gak nyaman, jadi olahraga pun gak maksimal ya mba. Wajib diperhatikan nih bagi pemula seperti saya.

    ReplyDelete
  10. Olah raga ngga boleh ngasal, ini kuncinya. Resiko cedera malah bikin ambyar. Penting banget untuk mempersiapkan hal yang dianggap remeh temeh padahal tujuannya mengatur olah raga jadi maksimal dan menghasilkan bada dan jiwa yang kuat.

    ReplyDelete
  11. ikut degdegkann karena mingdep udah mau ikutan olahraga pillates wkwkw, makasii mba tipsnyaa, bismillaah bisaa dan ngga kram >.<

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.