TIPS BAGAIMANA CARA MENJAGA KESEHATAN TULANG

Menjaga kesehatan tulang sangat penting. Karena tulang mempunyai fungsi penting dalam tubuh seperti penahan otot, menyimpan kalsium, dan juga pembentuk struktur tubuh. Selain itu tulang menjadi salah satu organ penting dalam tubuh yang sangat rentan keropos jika tidak dijaga. Semakin bertambah usia, kesehatan dan kepadatan tulang pun semakin berkurang. Sehingga kita wajib menjaga kesehatan tulang sejak dini bahkan sampai usia dewasa.

susu greenfields susu kesehatan tulang


Bagaimana cara menjaga kesehatan tulang?

Kesehatan tulang akan erat kaitannya dengan pola hidup kita sehari-hari. Seperti gaya hidup termasuk makanan dan minuman yang kita konsumsi, pola istirahat, dan juga olahraga. Berikut adalah tips bagaimana cara menjaga kesehatan tulang yang bisa kita lakukan.

1. Konsumsi makanan kaya akan Vitamin D dan K

Vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium lebih cepat. Orang-orang yang kekurangan Vitamin D dapat mengalami penyakit osteoporosis karena mempunyai massa tulang yang sedikit. Sinar matahari di pagi hari adalah sumber Vitamin D terbaik, maka berjemurlah setidaknya 15 menit dalam sehari. Sehingga kesehatan tulang tetap terjaga.

Selain sinar matahari, anda juga dapat menemukan Vitamin D dari makanan seperti kuning telur, ikan laut seperti salmon, minyak ikan, dan susu yang mengandung Vitamin D seperti susu greenfields. Susu memiliki kombinasi nutrisi baik seperti fosfor, kalium, kalsium, protein, dan juga Vitamin K2. Kandungan nutrisi tersebut dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Selain itu susu juga diperlukan untuk membentuk kulit dan rambut.

Vitamin K berfungsi untuk mengurangi risiko kehilangan kalsium dan membantu memaksimalkan mineral mengikat tulang. Anda dapat menemukan Vitamin K ini pada telur, keju, dan daging.

2. Perbanyak kegiatan fisik

Penelitian telah membuktikan bahwa olahraga atau kegiatan yang banyak berkaitan dengan fisik akan membantu tulang tetap sehat dan kuat. Namun jangan juga berlebihan. Lakukan olahraga idealnya 30 menit bagi orang dewasa dan 60 menit bagi anak-anak. 

Olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tulang diantaranya menari, aerobik, bersepeda, berenang, tenis, golf, jogging, naik turun tangga, dan juga hiking. Anda juga dapat melakukan olahraga angkat beban yang dapat membantu mencegah pengeroposan tulang, membantu menjaga keapdatan tulang, sampai dengan meningkatkan kepadatan mineral tulang.

susu greenfields jaga kesehatan tulang


3. Berhenti merokok dan stop alkohol

Merokok dan mengkonsumsi alkohol juga berpengaruh besar terhadap kesehatan tulang. Orang yang sering mengkonsumsi alkohol dan merokok terbukti dapat mengurangi kepadatan tulang, sehingga tulang rentan rapuh dan risiko terkena osteoporosis lebih tinggi.

4. Jaga Berat badan

Cara menjaga kesehatan tulang dan otot lainnya adalah menjaga berat badan. Berat badan mempunyai peran penting dalam kesehatan tulang. Jika berat badan berlebih maka beban yang harus disangga oleh tulang lebih banyak.

Hal ini berpotensi pada kerusakan dan cedera tulang menjadi lebih tinggi. Maka jagalah berat badan ideal anda dengan menjaga pola makan secara sehat dan juga ideal. Serta lakukan olahraga secara rutin.

5. Perbanyak asupan kalsium

Selain mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D, untuk menjaga kesehatan tulang anda juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalsium. Makanan yang mengandung kalsium adalah kacang-kacangan, keju, yogurt, sarden dan salmon, sayuran hijau, almond, dan juga makanan dan minuman yang difortifikasi.

Selain untuk membantu memperkuat struktur tulang dan gigi pada masa pertumbuhan, kalsium juga dapat membantu menghambat proses osteoporosis seiring dengan bertambahnya usia. 

6. Mencegah terjatuh

Cara menjaga kesehatan tubuh lainnya termasuk tulang adalah mencegah terjatuh. Terjatuh dapat mencederai tulang bahkan bisa terjadi patah tulang. Sehingga penting sekali untuk menghindari jatuh. Mempunyai penglihatan dengan baik dan menjaga keseimbangan badan adalah salah satu cara untuk menjaga agar tidak terjatuh. 

Konsumsi makanan yang banyak mengandung Vitamin A agar mata tetap sehat dan lakukan kegiatan yang dapat menjaga keseimbangan tubuh seperti menari, yoga, tai chi, dan lainnya.

7. Jaga asupan kafein dan garam

Ternyata kafein dan garam mempunyai pengaruh besar dalam menjaga kesehatan tulang. Jika anda mengkonsumi kafein dan garam terlalu banyak, akan menghambat penyerapan kalsium oleh tulang. 

Mengkonsumsi keduanya terlalu sering akan mengakibatkan efek diuresis sehingga anda akan sering mengeluarkan urin. Hal ini menyebabkan banyaknya kalsium yang terbuang melalui urin tersebut yang dapat menyebabkan tulang keropos.

Itu dia tips bagaimana menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat. Selain olahraga yang rajin, jaga pola makan dan konsumsi makanan minuman yang baik untuk tulang, istirahat yang cukup, dan jalankan gaya hidup sehat. Anda juga harus rajin membaca artikel tentang kesehatan tulang. Pastinya akan membantu anda memberikan pengetahuan baru tentang pentingnya menjaga kesehatan tulang.

Referensi:

https://www.verywellhealth.com/bone-diseases-causes-5083133
https://www.verywellhealth.com/bone-disease-5082852
https://www.verywellhealth.com/foods-for-bone-health-osteoporosis-month-5184304
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK45523/
https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/bone-health/art-20045060

1 Comment

  1. Bener banget ya minum kalsium emang penting banget sih. Apalagi kalau sedang hamil dan menyusui, kerasa banget kalau kurang kalsium terutama gigi sering sakit/keropos malahan.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.