TERNYATA ADA LOH JALUR RPL UNTUK BERKULIAH DI BINUS ONLINE, stt LULUSNYA LEBIH CEPET loh!

Sebelum membahas kuliah jalur RPL di Binus Online, alangkah baiknya kita harus tahu dulu nih apa sih Binus Online atau Binus University itu. Binus University ialah sebuah lembaga pendidikan yang berbasis teknologi, yang dimana sudah sangat berpengalaman dalam urusan penyelenggaraan pendidikan menggunakan sistem ICT (informasi dan komunikasi). Nah, Binus University memiliki sebuah metode pembelajaran baru yang disebut BOL atau Binus Online Learning.

kuliah jalur RPL


BOL atau Binus Online Learning – Solusi Metode Pembelajaran Terbaik

Binus Online Learning menggunakan metode pembelajaran multi channel learning dengan menggunakan LMS (Learning Management System). Dalam sistem ini ada ratusan konten mata kuliah yang sudah tersedia di sana untuk melayani rata–rata 24.000 mahasiswa yang aktif setiap semesternya.

Dengan segala fasilitas dan pengalaman yang dimiliki, Binus Online Learning memungkinkan sengaja didesain untuk segala aktivitas pembelajaran secara daring tanpa perlu terikat jadwal dan waktu tertentu.

Binus Online Learning bisa menjadi solusi untuk banyak kalangan, seperti mahasiswa yang berstatus sebagai pekerja, wiraswasta yang tidak memiliki banyak waktu untuk belajar offline atau pun juga ibu rumah tangga yang mungkin ingin melanjutkan studi tanpa harus meluangkan datang ke tempat tertentu atau jadwal yang  mengganggu.

Dengan aktivitas pembelajaran yang fleksibel dan juga dirancang terfokus pada karakteristik mahasiswanya agar mendapatkan hasil yang maksimal dan juga difasilitasi pembimbing dosen, praktisi yang profesional, menjadikan Binus Online Learning sebagai solusi terbaik mempercepat karir mahasiswa.

Apa itu RPL?

Berbicara soal RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau) adalah penyetaraan akademik dalam hal pengalaman kerja, atau pelatihan yang bersertifikasi untuk mendapat kualifikasi pendidikan (tinggi) program studi Binus online. RPL merupakan penerapan pembelajaran life long learning dalam rangka meningkatkan angkatan terdidik atau berkeahlian.

kuliah jalur RPL dapat memberikan peluang untuk pekerja profesional mendapatkan atau mengejar pendidikan yang tinggi disela kesibukan kerja. Melalui asesmen, hasil pembelajaran yang didapat dari pengalaman kerja dan pelatihan yang bersertifikasi akan ditetapkan menjadi SKS (satuan kredit semester) dalam mata kuliah.

Apakah RPL sudah diatur Kemendikbudristek?

Di indonesia RPL sudah diregulasi dan diakui oleh Kemendikbudristek nomor 41 tahun 2021  perihal rekognisi pembelajaran lampau. RPL dilaksanakan dengan prinsip aksesibilitas kesetaraan, penjaminan mutu dan transparansi. 

Kuliah jalur RPL pada tingkat tinggi hadir memenuhi dua tujuan, yaitu memberikan kesempatan melanjutkan pendidikan yang formal atau menyetarakan dalam rangka menyetarakan kualifikasi khusus calon dosen.

Bagaimana cara kerja RPL?

RPL pada dasarnya bertujuan mendorong masyarakat melanjutkan pendidikan dari apa yang sudah ditempuh sebelumnya. Menariknya pendidikan ini tidak harus seperti pendidikan formal pada umumnya, tapi juga nonformal dan informal bahkan pengalaman kerja, dengan syarat program studi yang akan diambil masih berkaitan dengan mata kuliah yang akan diambil.

kuliah jalur RPL Binus Online


Tidak hanya itu saja lo, bagi para calon mahasiswa nantinya juga akan  menjalani tahapan yakni penilaian dengan beberapa perguruan tinggi, dimana perguruan tinggi tersebut juga melakukan program RPL. Pada tahapan ini yang nantinya akan menentukan penilaian dari besarnya kredit yang akan diperoleh oleh para calon mahasiswa dari riwayat pendidikan atau dari pengalaman kerjanya.

Jika seorang calon mahasiswa dinyatakan lulus, selanjutnya calon kamu bisa langsung kuliah dengan sesuai jadwal perguruan tinggi yg diinginkan, misalnya  kuliah jalur RPL, dan kamu tidak perlu mengulang perkuliahan dari awal lagi. Dan salah  satu yang membuka kuliah jalur RPL adalah Binus Online Learning dengan studi RPL track MM Executive. Program ini menawarkan kesetaraan akademik terkait pencapaian calon mahasiswa.

Berikut adalah gambaran singkat mengenai kuliah jalur RPL di Binus Online.

pendaftaran kuliah jalur RPL
Sumber: Binus Online


Kuliah jalur RPL di Binus Online Learning akan memberikan perkuliahan yang holistik yang berfokus mencetak leader yang memiliki inovasi dengan kemampuan manajemen yang baik dalam membuat dan mengelola bisnis, baik lokal maupun global.

Keuntungan Bergabung Kuliah Jalur RPL di  Binus Online

1. Lulus lebih cepat

Waktu kuliah lebih singkat yaitu sekitar 5-7 semester saja. Karena proses proses dan pembelajarannya sangat efektif dan efisien, selain itu juga didukung dengan raihan mata kuliah yang diberikan melalui kesetaraan akademik atas pengalaman kerja dan sertifikasi. Hal ini akan secara otomatis mempercepat dan mempersingkat waktu kelulusan, jika dibandingkan dengan perkuliahan konvensional atau regular.

2. Hemat biaya

Dengan segala keunggulan dan pembelajaran yang efektif, dan juga mata kuliah yang didapat dari kesetaraan akademik, hanya dikenai 50% dari biaya yang biasa dikeluarkan di perkuliahan regular. Perkiraan penghematan biaya kuliah sekitar 5-15 juta. Lumayan bukan dapat digunakan untuk belajar hal lain.

3. Waktu Fleksibel

Semua mahasiswa dapat berinteraksi dengan dosen tanpa ada batasan waktu dan tempat. Kuliah dapat dilakukan secara hybrid. Perkuliahan offline akan dilakukan untuk praktikum saja, selebihnya akan dilakukan secara online. Melakukan interaksi dengan dosen dan praktisi sangat diutamakan untuk mendapatkan dan meningkatkan kemampuan dan wawasan mahasiswa dalam kegiatan praktis dan pengambilan keputusan yang nyata. Metode ini sangat cocok untuk para profesional yang sudah berpengalaman kerja.

4. Berkualitas

Beban kegiatan mahasiswa sudah dipersiapkan secara matang dan diperhitungkan untuk mendapatkan hasil pendidikan yang berkualitas meskipun dilakukan lebih cepat. Mahasiswa dapat fokus dengan mata kuliah yang terbatas. Dengan basis pembelajaran Learning Management System (LMS) mahasiswa tetap akan mendapatkan sistem pembelajaran yang sama dengan proses kuliah pada umumnya.

5. Pembelajaran global

Pembalajaran yang dilakukan secara online membuat proses pembajaran dapat diikuti oleh semua mahasiswa tanpa ada batasan waktu dan tempat. Baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri.

jurusan kuliah jalur RPL di Binus Online
Jurusan kuliah jalur RPL di Binus Online
Sumber: Binus Online


Nah itu tadi review  lengkap dari kuliah jalur RPL yang ada di Binus Online Learning. Sekarang kamu sudah tahu kan keunggulan Binus Online Learning dibanding pembelajaran regular. Jadi tunggu apa lagi buruan join dan dapatkan semua benefit yang menarik dari Binus Online Learning.

45 Comment

  1. Wah dengan program ini para pekerja bisa jadi lebih mudah untuk meningkatkan kualifikasi pendidikannya

    ReplyDelete
  2. Inovasi baru bagi karyawan atau pengusaha yang ingin kuliah tapi tetap bisa bekerja normal. Bisa jadi ini sistem semacam wfh saat Pandemi. Terima kasih ulasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Kak Vicky dan mempermudah siapapun konsep ini

      Delete
  3. Wah kuliah zaman now enak yaa bisa online. Cocok buat yang sambil kerja nih bisa online dimana aja. Cepet lagi lulusnya yaa. Banyak benefitnya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget cocok buat para pekerja namun tetap pengen kuliah

      Delete
  4. Wah,baru tahu kuliah bisa secara online. Cocok untuk yang ingin kuliah lagi tapi sudah sibuk dengan pekerjaannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mba Yus, ayo lanjut mba

      Delete
    2. Wah bagus sekali jika ada kesempatannya. Menimba ilmu bisa kapan saja ya kan mba :))

      Delete
  5. Wah aku baru tahu kalo ada program RPL begini. Cocok banget buat yang udah kerja ya. Kerja tetep jalan, studi tetep jalan, semua seimbang.. Apalagi keuntungannya juga banyak dan sudah ada aturan resminya. Jadi gak waswas gitu ya walaupun studinya gak reguler sebagaimana kuliah normal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba baru, pastinya bermanfaat sekali untuk mereka ya mba

      Delete
    2. betul.. karena bagaimanapun juga pendidikan tetap penting, walaupun udah kerja, udah punya penghasilan mapan, latar belakang studi tetap dipertimbangkan sih... semoga program ini bisa diketahui dan dimanfaatkan oleh banyak orang yaa

      Delete
  6. kalau udah bahas kampus berteknologi ya langsung ingetnya sama BINUS deh. Bukan lagi institut-institut yang dulu diincar orang-orang tua zaman old, hahaha ... Keren banget dengan inovasi dari BINUS dan program online learning ini. Niscaya kesempatan belajar menjadi tak terbatas ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Top of mind banget ya Pak untuk Binus ini kalau ngomongin Teknologi

      Delete
    2. Bener ... kayaknya ini kampus yang mahasiswanya serius menuntut ilmu, enggak demo-demoan atau tawuran ya hahaha.... Apalagi program RPL disediakan utk profesional yg ingin nambah ilmu di sela-sela kerja. Dijamin bakal positif banget vibe-nya. No-nongki, no-demo :)

      Delete
  7. Bari tahu kalau Binus sekaranga da Binus Online, pastinya makin akan dirasakan keberadaan kamus ini, apalagi dengan online pserta didik bisa lebih flexible dalam belajar

    ReplyDelete
  8. Asyik, ya. Binus Online Learning memberi kesempatan kepada calon mahasiswa yang sudah memiliki pengalaman kerja untuk melanjutkan kuliah di sana dengan lebih mudah, tanpa harus terikat kendala waktu dan tempat.

    ReplyDelete
  9. Baru ada S1-nya ya, bisa menjadi bahan pertimbangan jika ada untuk S2-nya. Excited sekali dengan sistem kuliah zaman sekarang yang sudah bebas alias tidak konvensional lagi dan waktunya lebih singkat.

    ReplyDelete
  10. Sekarang metode kuliah sudah pada unik-unik ya. RPL ini baru kali ini saya tahu. Mungkin ini langkah pemerintah untuk lebih perhatikan lagi kualitas sarjana agar dapat menyesuaikan diri di DUDI

    ReplyDelete
  11. Sistem RPL ini unik juga ya. Jadinya mereka yang pernah belajari di bidang ilmu tertentu bisa kuliah dengan sesuai bidangnya, dan berakhir dengan cepat.

    ReplyDelete
  12. Menarik juga nih cara kuliah dengan sistem RPL ini, apalagi bisa dijalankan secara online. Jadi pekerja yang mengambil kuliah ini tidak direpotkan dengan sistem tatap muka dan tidak harus mempelajari ilmu yang baru

    ReplyDelete
  13. Ini yg dicari-cari para pekerja yg ingin meningkatkan kualifikasi pendidikannya. Apalagi biaya murah plus cepat selesai tambah kualitasnya yg tak diragukan. Wah diborong semua nih

    ReplyDelete
  14. Bagi karyawan yang ingin kuliah bisa nih BINUS Online menjadi pilihan ya, Kak. Jadi pengen tahu ada program apa saja, siapa tahu suatu saat mengambil kuliah di BINUS.

    ReplyDelete
  15. Dengan adanya RPL jadi lebih mudah ya, bisa fleksibel sama hemat waktu dan biaya. Apalagi yg menyelenggarakan Binus, udah terjamin

    ReplyDelete
  16. Hemat biaya dan fleksibel waktunya ini jadi salah satu kelebihan program RPL di Binus Online menurutku. Zaman now perlu banget sistem kuliah yang sesuai dengan kondisi mahasiswa ya, Mbak Mei.

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah ya dengan adanya Binus Online ini membuka harapan teman-teman yang ingin kuliah lagi tanpa kendala meninggalkan pekerjaan utama. Kuliah lanjut, pekerjaan lanjut juga.

    ReplyDelete
  18. Zaman sekarang kuliah itu gak harus tatap muka ya. Banyak kemudahan diberikan bagi para mahasiswa, apalagi kuliah di Binus banyak keunggulannya

    ReplyDelete
  19. menarik sekali nih, untuk yang ingin kuliah dengan jalur RPL bisa sambil bekerja juga ya

    ReplyDelete
  20. Kuliah dengan waktu yang fleksibel seperti ini bisa jadi pilihan nih, sehingga kalau pas lagi padat kerjaan bisa secara online juga ya kak belajarnya

    ReplyDelete
  21. Jalur kuliah RPL ini juga berdampak dengan biaya yang lebih murah juga ngga yah? karena waktunya juga lebih cepat. PAsti memudahkan untuk segera bekerja di bidang yang sesuai keinginan dan pendidikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ini penting juga ya kak dijadikan pertimbangan sebelum melanjutkan kuliah. Semoga aja dengan kesesuaian pelajaran sebelumnya, mahasiswa bisa lebih cepat lulusnya.

      Delete
  22. Metode kuliah udah banyak macam ya mba mei. Intinya mempermudah siapapun yg ingin belajar. Karyawan sekalipun, ga ribet lagi untuk mengatur waktunya. Dulu suamiku pas ambil master , agak repot bagi waktu dengan kerja. Jadi dia sering izin pulang jam 5 sore Krn ngejar waktu kuliah. Mungkin kalo dulu ada sistem rpl ini ga bakal terlalu repot

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bisa bayangin kuliah sambil kerja itu struggle banget ya mba Fan

      Delete
  23. Wah, bisa jadi pertimbangan yang oke ya kak. Biaya lebih hemat dan lulus pun bisa lebih cepat.

    ReplyDelete
  24. Wah bisa menunjang karir masa depan nih. RPL juga bisa meningkatkan kualitas karyawan, keren deh

    ReplyDelete
  25. Pas baru baca judulnya, terus terang aku heran. RPL yang aku tahu itu Rekayasa Perangkat Lunak, jurusan di SMK. Ealah, ternyata beda lagi kepanjangannya :))

    Bagus nih, jadinya yang udah kerja tetap bisa kuliah tanpa mesti repot nembus kemacetan dari kantor ke kampus.

    ReplyDelete
  26. Program kuliah yang memudahkan para pekerja nih, bisa lulus lebih cepat juga jadi pilihan yg pas kalo mau meneruskan kuliah

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali Kak Ria, jadi jalan cepat untuk yang ingin kuliah

      Delete
  27. Wah saya kok jadi tertarik untuk kuliah lagi
    Kayaknya usia saya masih cukup buat ambil pendidikan di BINUS

    ReplyDelete
  28. Kuliah jalur RPL ini membantu banget ya untuk yang ingin meningkatkan strata studi dengan cara online . Jadi lebih mudah simpel dan praktis , keren deh

    ReplyDelete
  29. Wah ngebantu banget nih buat yang sembari kerja ya jadi bisa cepet selesainya.

    ReplyDelete
  30. Buat yg sudah kerja dan mau mengejar akademik RPL ini bisa jadi pilihan yg tepat ya

    ReplyDelete
  31. Kalo misal kuliahnya dulu nggak selesai berarti bisa dilanjut di binus online ya?

    ReplyDelete
  32. Jalur RPL membuka peluang bagi siapapun yang memiliki kemampuan untuk lebih consent dalam menyelesaikan pendidikan lebih cepat. Dengan begitu, akan menghemat waktu, biaya serta menjadi portofolio positif ketika melamar pekerjaan.

    ReplyDelete
  33. Berarti bisa lebih cepat ya masa studi kalo sudah ikut RPL. Ini berlaku buat yang pindah kampus ya?

    ReplyDelete
  34. RPL ini sama gak yah dengan universitas terbuka?

    Btw... mantap nih Binus, bisa memberikan ruang bagi para pemburu ilmu untuk tetap bisa belajar di sela2 kesibukan sebagai seorang pekerja kantoran.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.