PERBEDAAN MELAMAR KERJA ZAMAN DAHULU vs ZAMAN DIGITAL

Perkembangan dunia digital banyak merubah tatanan dan pola hidup masyarakat di dunia. Awalnya semua prosesnya dilakukan secara offline saat ini dikerjakan semuanya secara online. Mulai dari dunia pendidikan, penjualan produk, belanja, pengiriman barang, sampai dengan mengurus lamaran pekerjaan. Dukungan internet di zaman digital telah membuat semua proses lamaran pekerjaan menjadi lebih mudah.

IndiHome dari Telkom Indonesia


Melamar Kerja Zaman Dahulu

Saya ingat sekali cerita saudara saya yang mencari pekerjaan selepas lulus kuliah. Beberapa minggu setelah lulus kuliah saudara saya diberitahu oleh temannya ada lowongan di perusahanannya. Temannya menginformasikan jika berminat, diminta segera mengurus semua persyaratannya. Mulai dari photocopy KTP, KK, ijazah, transkrip nilai, surat lamaran dengan tulis tangan, photo berwarna cetak, surat keterangan sehat, sampai dengan surat keterangan kelakuan baik. Semua berkas diminta diphotocopy dan dimasukan ke dalam amplop dan mengirimkan semua persyaratan tersebut melalui kantor pos.

Dengan penuh semangat saudara saya berangkat ke kantor pos terdekat untuk mengirimkan lamaran tersebut. Untuk dapat mengirimkan lamaran tersebut, saudara saya harus menempelkan perangko setidaknya dengan harga Rp. 1.500 pada waktu itu dan tidak lupa menulis alamat perusahaan yang dituju baik tulis tangan atau hasil cetak dan ditempel di amplop bagian depannya.

sebelum ada IndiHome dari Telkom Indonesia


Pengorbanan yang dilakukannya untuk melamar pekerjaan tersebut sangat luar biasa. Tidak hanya soal biaya, tenaga, tetapi juga waktu. Saya menjadi saksi nyata semua perjuangannya dalam melamar pekerjaan yang masih jadul

Belum lagi kalau misalkan dipanggil untuk tes, pelamar harus mengunjungi kantor perusahaan, tidak hanya sekali, namun bisa berkali-kali. Proses yang kalau saya pikir-pikir saat ini, proses yang sangat ribet dan memakan waktu, tenaga, dan biaya yang cukup besar.

Effort lainnya, selagi menunggu panggilan, saudara saya membuat lamaran banyak sekali dan semua lamaran pekerjaannya ditulis tangan, kalau ada yang salah maka akan mengulang. Sungguh mubadzir karena harus membuang-buang kertas. Pastinya itu butuh biaya. Belum lagi bolak-balik ke kantor pos, membeli perangko, amplop, dan lainnya. Bahkan sering sekali pergi mendatangi perusahaan satu dan lainnya untuk menanyakan lowongan pekerjaan.

Melamar Kerja Zaman Digital

Namun sekarang berkat kemajuan teknologi, perjuangan untuk melamar pekerjaan menjadi sangat effortless. Menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Tidak perlu lagi keluar rumah untuk mengirimkan lamaran. Tidak perlu lagi mendatangi perusahaan satu per satu untuk menanyakan lowongan. 

Kita dapat langsung memeriksanya melalui mesin penjelajah untuk mencari lowongan pekerjaan dan mengirimkan semua persyaratan melalui email ke perusahaan yang dituju. Atau melamarnya secara langsung melalui situs atau platform aplikasi lowongan kerja. Semuanya dilakukan tanpa harus keluar rumah. Tidak perlu menulis tangan untuk menulis aplikasi lowongan atau tidak perlu lagi melakukan photocopy untuk semua persyaratan. Sangat menghemat biaya, waktu, dan tenaga.

Itu lah yang saya alami, mendapatkan pekerjaan dengan melamar dan mengirimkan aplikasi lamaran cukup melalui email saja. Bahkan beberapa kali saya juga wawancara cukup dilakukan secara online saja, setelah lolos mengisi aplikasi data juga dilakukan secara online. Semuanya menjadi serba mudah bukan?.

Tips Melamar Pekerjaan Secara Online

Kemajuan teknologi membuat semuanya menjadi mudah. Menghalau perbedaan jarak dan waktu. Namun untuk dapat melamar pekerjaan secara online ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan, agar semua prosesnya berjalan dengan lancar. Dilansir dari media teknologi, ini dia beberapa tips melamar pekerjaan secara online agar aman dan nyaman.

media teknologi


1. Buat CV yang menarik

Tips pertama melamar pekerjaan secara online adalah dengan membuat CV semenarik dan sekreatif mungkin. Belakangan ini banyak perusahan besar yang sudah menggunakan applicant tracking system (ATS) yaitu software untuk memilah CV para pelamar. Anda dapat membuat CV yang ATS friendly, agar potensi terpilihnya lebih besar.

Namun tidak menutup kemungkinan juga beberapa perusahaan memilah CV secara manual sesuai dengan kebutuhannya. Dengan melihat format lamarannya dari sisi uniknya atau hal lainnya. 

2. Pilih situs aplikasi lowongan kerja resmi

Belakangan ini banyak sekali situs penyedia lowongan kerja resmi yang terpercaya dan aman. Seperti Linkedin, Jobstreet, atau situs kampus-kampus ternama atau secara langsung dari situs perusahaan yang membutuhkan. Melamar pekerjaan melalui situs pencari kerja resmi lebih lebih aman terkait dengan data-data pribadi. Hindari melamar pekerjaan dari situs yang validitas situsnya diragukan untuk menghindari pencurian data pribadi dan juga penipuan.

3. Pastikan konektivitas internet aman

Tips berikutnya adalah memperhatikan konektivitas jaringan internet. Maka dari itu anda perlu memasang internet yang super cepat, aman, dan stabil di rumah. Jangan sampai terjadi ketika proses mengirim lamaran atau mengisi data secara online, atau proses wawancara mengalami kendala seperti internetnya lelet atau bahkan konektivitasnya putus. Hal ini pastinya sangat menganggu proses melamar pekerjaan.

Salah satu solusi untuk menangani masalah koneksi internet yang kurang stabil adalah dengan memasang jaringan internet yang sudah menggunakan fiber optik. Seperti yang dimiliki oleh IndiHome dari Telkom Indonesia. Pastinya dengan jaringan internet yang stabil dan cepat akan membuat proses lamaran pekerjaan yang dilakukan berjalan lancar. Bahkan sampai dengan proses interview secara online akan bebas hambatan.

Saya mempunyai pengalaman buruk soal interview online, dimana saya hampir tidak lolos gara-gara selama wawancara koneksinya sangat buruk. Ditambah lagi wawancara menggunakan bahasa Inggris. Saya atau pun pihak pewawancara harus mengulang beberapa kali terkait pertanyaan dan jawaban. Ditambah lagi yang melakukan wawancara adalah seorang direktur. Benar-benar harus dipersiapkan dengan matang. Dimana mereka tidak punya banyak waktu.

Jadi sebelum melakukan wawancara online, pastikan koneksi jaringan internet anda aman, cepat, dan stabil seperti yang dimiliki oleh IndiHome.

4. Cari informasi detail perusahaan

Jika anda hendak melamar sebuah pekerjaan yang sudah jelas perusahannya, jangan lupa untuk mencari dan mempelajari tentang perusahaan tersebut. Apakah perusahaan tersebut benar-benar nyata adanya dan terpercaya atau sebaliknya.

Itu dia beberapa tips yang wajib anda perhatikan ketika akan melamar pekerjaan secara online. Dan pastinya perbedaan melamar kerja zaman dahulu vs zaman digital sangat terasa sekali. Dengan adanya internet, semuanya menjadi serba mudah. Namun pastikan anda memilih jaringan internet yang cepat dan stabil. Selain itu dengan internet yang cepat dan stabil, cara mencari kerja online lebih mudah.

54 Comment

  1. Jaman sekarang jauh lebih mudah cari kerja ya mbak Mei, apalagi kalau pake koneksi internet stabil kayak IndiHome

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, nih dengan kecanggihan teknologi ditambah juga dengan dukungan internet cepat hunting kerjaan di zaman sekarang bukan lagi hal yang susah

      Delete
  2. Sekarang asyiknya bisa melamar pekerjaan via dunia digital, pengalaman saya dulu, turun naik angkot bawa amplop coklat hihi. Alhamdulillah ya, rezeki generasi muda sekarang.

    ReplyDelete
  3. Aku termasuk angkatan jadul yang ngerasain gimana rempongnya melamar kerjaan di masa itu, Mei. Hehehee... harus rajin2 buka lowongan di media cetak, trus mendatangi kantornya untuk menanyakan perihal lowongan tersebut. Kalau sekarang udah lebih praktis yaaa... Yang penting punya koneksi internet yang bagus deh sebagai modal dasar untuk bersaing dengan kompetitor lainnya.

    ReplyDelete
  4. Saya pun mengalaminya, Mbak. Melamar kerja zaman dulu, lebih butuh perjuangan. Harus menyediaka waktu khusus, kalau misalnya harus mendatangi langsung perusahaan. kalaupun lewat pos, butuh biaya juga. Makanya zaman now, mencari lowongan kerja lebih dimudahkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mas Bams. Saya pun pernah merasakan di posisi melamar pekerjaan yang serba konvensional. Benar-benar menguras waktu, tenaga, dan biaya jika dibandingkan dengan era sekarang yang sudah serba online

      Delete
  5. Syukurlah sekarang cari kerja jadi sedikit lebih mudah berkat internet. Aku dulu sempat merasakan cari kerja dari lowongan di koran 🤣 trus nganter lamaran ke lokasinya lgnsg haha

    ReplyDelete
  6. Jangankan mengirim lamaran kerja, tetangga saya kemarin wawancara kerja melalui zoom. Zaman memang udah berubah. Semua semakin praktis, tinggal kita yang menyesuaikan diri dan terus mengikuti perkembangan teknologi.

    ReplyDelete
  7. Saya banget nih mengalami melamar kerja zaman dulu. ampuunnn pokoknya rempong. Cetak foto, beli amplop, ketik dan print lamaran, CV, foto copy ijazah.
    Abis itu dikirim, eh kagak ada kabar, hahaha.

    Sekarang mah enak, berbekalkan internet, semua bisa diupload aja dan submit

    ReplyDelete
  8. yess, apply ke situs loker resmi pun tetep mesti kroscek ya, pekerjaan dan perusahannya bodong engga, karena pernah juga tuh dapet tawaran wawancara di luar kota plus dimintai dana awal dulu. Peran internet jadi penting banget buat cari info, kroscek info juga

    ReplyDelete
  9. Aku termasuk angkatan dulu yang cari kerja harus bolak balik kantor, wkwk. Alhamdulillah sekarang cari loker lebih mudah ya. Dengan jaringan internet yang sat set, semua jadi lebih mudah.

    ReplyDelete
  10. Keliatan banget ya jaman dulu cari kerja harus nyiapin lamaran hardcopy, sekarang mudah banget tinggal upload. Teknologi mendukung kita banget sekarang🤭, cari kerja lebih mudah pake internet cepat dan stabil kayak IndiHome

    ReplyDelete
  11. Pernah di posisi mencari lamaran pada zaman dulu yang butuh usaha luar biasa, di mana semuanya dilakukan serba manual mulai dari nulis lamaran kerja, kirim via pos, sampai wawancara walk in.
    sekarang mencari lamaran kerja menjadi lebih efektif dan efisien dengan adanya koneksi internet, di mana semuanya dilakukan secara online

    ReplyDelete
  12. Bener bangett zaman dulu bisa-bisa habisin satu hari sendiri buat keliiling cari kerja jadi ngga bisa disambi ngapa2in gitu

    ReplyDelete
  13. Zaman sekarang untuk mencari lowongan kerja memang lebih cepat bahkan mengirim lamaran kerja pun bisa lebih cepat tanpa harus repot datang secara langsung kecuali sudah ditahapan seleksi wawancara dan tes tertulis, bahkan beberapa perusahaan besar dan BUMN sudah menerapkan tes online serta wawancara online untuk masuk kerja, tentu agar tahapan ini bisa berjalan lancar harus memiliki koneksi internet cepat.

    ReplyDelete
  14. Di era digital ini urusan administratif memang relatif jadi lebih mudah dan paperless ya, Kak.Yang penting koneksi internetnya aman. Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heem yaa, udh gitu wawasan dan informasi lowongan kerja pun tak terbatas, semuanya bisa dioprek di dunia maya

      Delete
  15. Bersyukur sekarang tuh ada internet cepat yang bisa diakses dari rumah sekalipun, cari kerja jadi lebih mudah, dan efektif waktunyaaa.. bahkan job fair pun skrg bisa diakses online ya kak

    ReplyDelete
  16. Zaman dulu mau ngelamar kerja segala berkas hardcopy dimasukkan ke perusahaan2, sayang banget rasanya kalau nggak ada yang lolos. Sekarang, semua serba digital, tinggal upload berkas2nya. Kalau belum rezeki, paling berkasnya dihapus sama perusahaan tanpa membuang banyak kertas kaya duluu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya kak, ngerasain juga masa itu, modalnya gak hanya untuk berkas2 tapi juga tenaga dan waktu yg harus di korbankan untuk datang sekedar memberikan berkas lamaran atau bertanya tentang lowongan pekerjaan

      Delete
  17. Ga cuma CV dan aplikasi resmi yang perlu diperhatian saat melamar kerja zaman now, akses ke internet cepat pun perlu agar proses cari kerja lancar jaya. Syukurnya IndiHome punya solusinya

    ReplyDelete
  18. Sangaat berbeda jaman dulu sama sekarang, dulu ditulis tangan pake kertas hvs sekarang serba sat set online. Internet sdh jd kebutuhan nah indihome emang rekomended (gusti yenj)

    ReplyDelete
  19. Pernah ngalami jaman membuat lamaran pekerjaan ditulis dikirim pake pos dan menunggu di tlp...dulu hp masih langka dan modelnya segede gaban.
    Sekarang dimudahkan bgt ya berkat internet (gusti yeni)

    ReplyDelete
  20. Ribet banget ya kak ngelamar kerja di zaman dulu. Harus fotocopy sana sini. Trs kirim ke kantor pos/jasa pengiriman. Belum lagi biayanya yang mahal, apalagi kalo lintas provinsi. Untung aja ada koneksi internet cepat dari IndiHome, semua urusan itu beres hanya dalam beberapa klik tanpa banyak biaya dan copy sana sini.

    ReplyDelete
  21. Melamar kerja secara digital memudahkan urusan kirim CV. Begitu juga ketika ada tes dan undangan wawancara juga lebih praktis karena terhubung dengan internet

    ReplyDelete
  22. Aku sejak dulu sudah melamar pekerjaan melalui web seperti job db atau jobstret gitu Mbak. Memang lebih enak sih. Ketimbang teman-teman yang memilih mengirim via kantor pos atau pergi ke kantor langsung. Melamar melalui surel lebih effisien, kita membawa kelengkapan atau bukti fisik jika ada panggilan test/interview.

    ReplyDelete
  23. Kebayang ya kak kalau lagi wawancara kerja terus internet nggak stabil tuh jadinya malah bikin proses wawancara nggak berjalan lancar. Bisa dibayangkan sih kalau internet nggak stabil, terus kita dengar pertanyaan juga kek ngadat gitu biasanya. Pastinya malah bikin citra kita buruk dimata perusahaan.

    ReplyDelete
  24. jangankan buat yang penting banget kayak melamar kerja, buat scroll medsos aja kalau lemot bikin darah naik hahaa. alhamdulillah pakai IndiHome sejauh ini nyaman

    ReplyDelete
  25. Penting banget ya mencari informasi perusahaan secara detail. Jadi, saat melamar kerja. Kita jadi punya gambaran nantinya akan bekerja pada perusahaan yang seperti apa.

    Semua itu bisa kita dapatkan dari internet sih. Penting banget memilih provider yang kenceng kayak IndiHome

    ReplyDelete
  26. jangankan melamar kerja yang sifatnya penting banget, scroll sosmed lambat dikit aja bikin naik darah hahaa. jadi penting banget memang punya koneksi internet yang cepat dan stabil. sejauh ini aku nyaman pakai IndiHome

    ReplyDelete
  27. ya ampuni ya dah pokoknya, aku ingat zaman dulu bikin banyak surat lamaran kerja danmasih bingung mau diikirm ke mana coba hahaha..sekarang lebih mudah dan terjangkau apalagi jika ada wifi di rumah

    ReplyDelete
  28. Siapa sangka ya, mencari pekerjaan zaman dulu yang repotnya urus ini itu segala macam bisa jadi simple dan praktis ya di zaman sekarang. Jadi merasa bersyukur hidup di era digital ini

    ReplyDelete
  29. internet kenceng adalah kunci produktivitas kita dalam hal urusan pekerjaan yang mengandalkan internet termasuk saat mencari pekerjaan

    ReplyDelete
  30. Jadi kenangan ya kak melamar kerja jaman dulu yang harus nulis lewat tangan, ngeprint, kirim ke pos. Haduh gak lagi deh. Pakai internet semua berkas lamaran bisa terkirim dalam hitungan detik. Gak pakai lam

    ReplyDelete
  31. melamar kerja zaman dahulu dan sekarang sangat kerasa perbedaannya
    sekarang dengan bantuan paket internet cepat, maka kita dnegan mudah mencari lowongan pekerjan di internet

    ReplyDelete
  32. saya mengalami keduanya hehehe, emang beda banget, semua ada plus minusnya masing-masing sih

    ReplyDelete
  33. meskipun jaman udah berubah ke digital, tetap CV harus di buat menarik agar perhatian rekruter beralih dan 'kepo' dengan Portofolio yg kita miliki, tentu tanpa ada internet kita pasti kesulitan mencari referensi bagaimana membuat CV yg menarik

    ReplyDelete
  34. kayaknya kakakku dulu maish merasakan ribetnya nyari kerja pake koran deh mbak, sekarang masya Allah ya, internet sangat memudahkan kita, termasuk cari loker juga bisa secara digital, kirim cv bahkan wawancara juga bisa tanpa tatap muka langsung

    ReplyDelete
  35. Sekarang apa saja jadi mudah
    Membuat saya makin semangat untuk mengajarkan anak dengan dunia kerja

    ReplyDelete
  36. Kentara sekali perbedaannya ya mbak.. antara dahulu dengan sekarang.. anak-anak kita mesti kita siapkan ini

    ReplyDelete
  37. Zaman sekarang memang makin canggih semua ya apalagi dengsn hadirnya internet. Melamar kerja pun jadi lebih mudah ngga ribet

    ReplyDelete
  38. Iya nih mba aku termasuk generasi yg ngelamar kerja udah banyak pake online, wawancra pun online, lebih praktis plus hemat

    ReplyDelete
  39. Teringat susahnya melamar kerja zaman dahulu. Semua hardcopy harus dimiliki hehehe. Belum lagi pas foto dan lain-lainnya. Sekarang semua serba mudah dengan internet, walau persaingannya juga semakin tinggi ya rasanya.

    ReplyDelete
  40. Dengan koneksi internet yang bagus, membuat kegiatan lamar melamar pekerjaan semakin mudah deh. Mau cari referensi juga lebih mudah ya

    ReplyDelete
  41. seruuu bgt berburu job atau karir jaman now.

    dgn akses internet mumpuni, apa aja bisaaaa kita lakoni 😁

    ReplyDelete
  42. Lebih mudah ya nggak harus panas-panasan kesana kemari bawa CV. Cuma ya saingannya lebih banyak juga

    ReplyDelete
  43. Nyaman banget melamar kerja di zaman digital.
    CV yang dimiliki tinggal di upload dan diperbarui ketika memiliki sertifikat skills yang baru sehingga ketika melamar, pihak perusahaan akan bisa menilai cocok atau tidak untuk posisi yang ditawarkan.

    ReplyDelete
  44. Ngga kebayang sih dulu gimana kalo ngga ada internet, job fair sekarang pun bisa online lho yaa jadi kebutuhan internet ini udah kayak kebutuhan primer, untung banget ada IndiHome yang jangkauannya luas

    ReplyDelete
  45. sekarang bikin CV jadi lebih mudah dan bisa lebih menarik. cukup dengan manfaatin internet cepat bisa generate CV secara online. tentu jadi berpeluang besar untuk diterima kerja.

    ReplyDelete
  46. asyik ya sekarang seba canggih dan teknologi memudahkan kita untuk bisa apply pekerjaan masalahnya harus tetap disipakn dengan matang ya berkas-berkasnya , tapi aku bersyukur sih sebab dengan online kita bisa ikut kelas-kelas online bikin cv dan kelas untuk portofolio kita

    ReplyDelete
  47. Sekarang apa saja mudah
    Jadi kalau dianggap selalu enggak bisa artinya belum mencoba semaksimal mungkin

    ReplyDelete
  48. walaupun aku nggak hidup di zaman itu, tapi nggak kebayang eh betapa ribetnya ngelamar kerjaan kalau nggak ada internet. beda sama zaman sekarang yang apa-apa pakai internet. anak sd ngerjakan soal aja nyari jawabannya di internet. zen

    ReplyDelete
  49. sayang banget sih kalau harus gak lolos interview kerja gara-gara internet lemot dan wawancara online jadi terhambat, ini juga berlaku untuk semua aktivitas online, biar hasilnya bagus ya harus langganan internet yang bagus dan lancar juga pastinya

    ReplyDelete
  50. Seneng banget ya kak, melamar kerja secara online tuh bikin lamaran kerja jadi sat set gak pake lama

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.