TIPS MEMILIH PASTA GIGI PEMUTIH YANG AMAN

Memiliki warna gigi putih bersih adalah impian semua orang. Selain terlihat indah, memiliki warna gigi putih bersih juga berkesan sehat, nyaman dilihat, dan pastinya membuat anda semakin menarik. Untuk mendapat gigi putih bersih anda harus menggunakan past gigi pemutih yang tepat agar gigi anda tetap aman. Lalu apa saja yang harus diperhatikan sebelum memilih pasta gigi pemutih?

pasta gigi pemutih
Source: Canva
Recreated bya Writer


Perhatikan ini sebelum menggunakan pasta gigi pemutih

1. Pilih pasta gigi sesuai kondisi gigi

Setiap orang memiliki kondisi gigi yang berbeda-beda. Sehingga anda wajib mengenali kondisi gigi anda apakah normal atau sensitif. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap pemilihan pasta gigi pemutih yang akan digunakan.

Dengan memiliki kondisi gigi tertentu, maka pasta gigi pemutih yang akan digunakan juga pasti berbeda. Misalnya yang memiliki gigi sensitif harus menggunakan pasta gigi pemutih untuk yang sensistif, dimana kandungannya memiliki kalium nitrat yang akan membantu menghilangkan rasa sakit pada gigi.

2. Perhatikan kandungan bahan pemutih

Hal yang wajib diperhatikan berikutnya sebelum membeli pasta gigi pemutih adalah kandungan bahan yang terkandung didalamnya. Kenali bahan-bahan yang dapat membantu memutihkan gigi. Adapun beberapa kandungan bahan yang biasanya terdapat dalam pasta gigi pemutih adalah:

Hydrogen Peroxide

Bahan ini sering ditemui pada produk pembersih dan produk kecantikan. bahan ini juga sering digunakan sebagai pereda iritasi pada mulut dan gusi. Juga membantu meredakan sakit sariawan.

Bahan yang sering digunakan sebagai bahan antiseptik ini, dikenal sebagai salah satu bahan pemutih yang cukup kuat. Sehingga penggunaan bahan ini sebagai pemutih gigi dibatasi dalam jumlah tertentu saja. Dan hasilnya dijamin, jika anda rutin menggunakannya anda akan mendapatkan gigi yang putih alami.

Phyrophosphates

Fungsi utama pyrophosphates adalah untuk membantu menggabungkan elemen logam. Berkaitan dengan memutihkan gigi, bahan kimia ini berfungsi untuk menghambat deposit kalsium fosfat, kemudian mengembalikan warna putih alami gigi.

Bahan pyrophosphates juga memiliki fungsi untuk menghambat pertumbuhan kristal hidroksiapatit pada gigi. Jika digunakan dalam dosis yang sesuai, pyrophosphates dapat membantu memutihkan gigi serta membantu mengembalikan warna alaminya.

Perlite

Bahan ini terkenal sangat ampuh untuk membantu memutihkan gigi menjadi putih alami serta membantu membersihkan noda yang menempel pada gigi. Selama penggunaannya sesuai dengan dosis dan aturan, sangat aman digunakan untuk membantu memutihkan gigi secara alami.

Silica

Bahan silica adalah kandungan bahan yang paling banyak ditemui dalam pasta gigi termasuk pasta gigi pemutih. Bahan ini dikenal dapat memutihkan gigi lebih cepat yaitu dalam hitungan 40 menit saja, sementara kandungan bahan lain membutuhkan waktu sampai empat minggu pemakaian. Bahan ini akan tetap aman untuk memutihkan gigi selama digunakan dalam dosis yang wajar dan sesuai aturan.

Maka dari itu sebelum membeli pasta gigi pemutih pastikan terlebih mengandung bahan-bahan di atas. Dan kandungannya sesuai dengan standar atau dosisnya.

3. Pilih pasta gigi sesuai usia

Pasta gigi saat ini tersedia untuk anak-anak hingga dewasa dimana kandungan bahannya sudah disesuaikan dengan usia masing-masing. Pasta gigi untuk orang dewasa kandungan bahannya pastinya jauh lebih kuat dibandingkan untuk anak-anak. Termasuk penggunaan pasta gigi pemutih, yang mana saat ini baru tersedia untuk orang dewasa.

4. Cek sertifikat keamanan pasta gigi pemutih

Sebelum anda membeli pasta gigi untuk memutihkan gigi, anda wajib melakukan pengecekan keamanannya. Pasta gigi tersebut wajib sudah memiliki sertifikat Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) serta sudah lulus uji dari lembaga Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI). Sertifikasi ini menjamin semua bahan yang digunakan aman untuk gigi anda.

Jika anda membeli pasta gigi pemutih dari luar negeri, juga wajib memperhatikan sertifikasi keamanannya sesuai yang dikeluarkan negara produsen.

Itu dia tips memilih pasta gigi pemutih untuk membantu memutihkan gigi anda agar terlihat semakin putih alami. Sehingga akan menunjang penampilan anda semakin menarik. Anda memiliki tips lain dalam memilih pasta gigi pemutih yang aman untuk gigi anda, boleh share di kolom komentar ya.

20 Comment

  1. Saya karena sedari kecil langganan antibiotik dan sekarang minum kopi pula, makanya gigi pun gak putih. Cuma untuk milih pasta gigi yg pakai pemutih pun mesti hati2, karena gigi gampang ngilu pula. Sekarang saya pake pasta gigi yg pemutihnya dari habattus sauda :D

    ReplyDelete
  2. kalau aku pasti memilih yang sudah berbpom dan tentu yang sudah ada halal muinya juga yaa.. pastinya lebih aman dan nyaman pakainya

    ReplyDelete
  3. Poin penting memilih pasta gigi pemutih memang harus menyesuaikan dengan gigi masing-masing-masing ya, Mbak. Jangan teman giginya putih pakai pasta gigi ini, kita juga jadi ikut-ikutan.

    ReplyDelete
  4. Jangan sampe salah pilih mengandung bahan berbahaya ya kak, alih alih pingin dapet gigi sehat malahan jadi gigi rusak. Yang penting harus tahu kebutuhan gigi masing masing dong ya

    ReplyDelete
  5. Wah kandungan pemutihnya harus dicatat nih biar aman digunakan. Buat anak anak dan dewasa juga harus beda ya. Thanks infonya kak

    ReplyDelete
  6. Pernah dengar tentang hidrogen peroksida yang kabarnya gak bagus buat pemutih gigi, makanya agak parno juga klo ada bahan itu di pasta gigi. Memang harus lebih teliti ya, Kak Mei.

    ReplyDelete
  7. Gigi saya gingsul jadi nggak terlalu ngarep putih sih. Tapi kayaknya cocok dicoba juga nih yang aman buat gigi. Hihihi.

    ReplyDelete
  8. Thanks kak rekomendasinya, gigiku gingsul jadi susah bet bersihinnya sampe jadi putih banget kek artis2 wkwkwk tp bisa nih cobain ini

    ReplyDelete
  9. Membeli produk memang harus betul-betul diperhatikan ya, kak. paling penting benar-benar ada izin edar dari BPOM nya.

    ReplyDelete
  10. Wah kebetulan mbak Mei. Saya lagi cari rekomendasi pasta gigi untuk anak. Memang harus memperhatikan komposisi bahan yang aman ya

    ReplyDelete
  11. kalau di keluarga kami, selain pasta gigi yang mengandung pemutih, hal lain yang diperhatikan saat membeli pasta gigi adalah jenis yang non detergen karena itu yang direkomendasikan dokter gigi untuk mengurangi efek gigi sensitif

    ReplyDelete
  12. iya ya kalau dipikir-pikir kita kudu melek sama kandungan-kandungan di setiap produk, termasuk produk pasta gigi. makasih kak info baru nih buat aku yang suka beli-beli aja ga paham kandungannya apa

    ReplyDelete
  13. Rekomendasi untuk produknya ada gak ya mbak? Soalnya sering lihat org jual produk pemutih gigi tp jarang yg review

    ReplyDelete
  14. Dengan menggunakan pemutih bisa bermanfaat agar gigi bersih dari kotoran dan dan plak yang menempel pada gigi sehingga gigi pun bisa menjadi lebih putih. Ini idaman banget ya.. Biar tampil semakin percaya diri.

    ReplyDelete
  15. Nah, memilih pasta gigi emang nggak bisa asal-asalan ya Mbak karena bisa bahaya juga nih kalau pake produk pasta gigi yang kandungannya tidak aman.

    ReplyDelete
  16. Punya gigi yang putih bersih juga merupakan impian saya kak. Jadi pas senyum auto pede. Makasih tipsnya ya kak, langsung aku catetin hal2 yang harus diperhatikannya

    ReplyDelete
  17. Meski sudah bppom apakah masih ada pasta gigi yang pakai pemutih ya kak? Meskipin dg kadar sedikit

    ReplyDelete
  18. Wah, bener nih, kalo cari pemutih gigi harus yang sesuai kondisi gigi masing-masing, ya.
    Gigi saya termasuk yang sensitif, nih. Jadi, agak takut kalo pilih2 pemutih gigi yang kayak di iklan online. Takutnya gak cocok.

    ReplyDelete
  19. Noted nih, harus tahu kandungannya. Selama ini aku kurang memperhatikan kandungannya. Cuma beli yang biasa dan aman saja sih.

    ReplyDelete
  20. Ada rekomendasi merek pasta gigi pemutih nggak mbak? Gak tau kenapa gigiku kok kuning ya dari kecil. Padahal gigi mamaku putih lho.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.