BAGAIMANA PENGARUH ASAM LAMBUNG TERHADAP BAB?

Salah satu efek samping yang disebabkan oleh penyakit asam lambung atau nyeri ulu hati adalah sulitnya buang air besar atau BAB. Kesulitan dalam buang air besar ini membuat penderita asam lambung merasa begah dan kurang nyaman. Sehingga penderita harus menjaga pola hidup dan pola makan dengan sangat baik. Selain itu juga harus menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan asam lambung kambuh. Lalu apa saja yang dapat menyebabkan asam lambung naik yang berakibat pada sulitnya BAB?

nutriflakes sereal asam lambung
Source: Canva
Recreated by Writer


Penyebab Asam Lambung Naik

1. Merokok

Merokok adalah salah satu faktor penyebab lambung naik. Merokok secara perlahan akan menurunkan fungsi klep asofagus bagian bawah. Karena klep inilah yang akan menjaga dan mengontrol asam lambung supaya tidak naik ke kerongkongan. Maka hindari rokok dan terapkan gaya hidup sehat agar lambung juga ikut sehat.

2. Berbaring setelah makan

Salah satu penyebab yang kadang orang abaikan adalah ketika selesai makan langsung tidur atau rebahan. Istirahatkan lambung setelah makan setidaknya 3 jam agar asam lambung tidak naik ke kerongkongan.

3. Mengunyah makanan tidak sampai lunak

Penyebab lainnya kenapa asam lambung bisa naik adalah seringnya menelan makanan dengan masih keras. Kunyahlah makanan sampai halus dan lunak, sehingga usus tidak harus bekerja keras untuk mencernanya. Dan lakukan makan dengan perlahan-lahan.

4. Mengkonsumsi makanan penyebab refluks

Hindari makanan yang dapat menyebabkan refluks sepeperti kopi, coklat, soda, alkohol, cabai, makanan asam,  serta makanan yang berlemak tinggi. Makanan ini dapat menyebabkan refluks naik yaitu keadaan naiknya asam lambung. Lama-kelamaan akan membuat asam lambung semakin kronis.

5. Tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat

Salah satu penyebab asam lambung naik adalah jarangnya mengkosumsi makanan yang mengandung serat. Makanan yang lengkap yaitu 4 sehat 5 sempurna akan membantu mengurangi asam lambung. Maka dari itu perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran, serta olahan susu.

Kekurangan makanan yang berserat juga dapat menyebabkan sulit buang air besar. Terlebih jika anda memiliki penyakit asam lambung, yang dapat berpengaruh terhadap pencernaan, salah satunya adalah mengalami kesulitan buang air besar.

Lalu bagaimana cara menanganinya? Saya punya rekomendasi sereal asam lambung yaitu Nutriflakes yang akan membantu asam lambung anda membaik dan pastinya dapa

Nutriflakes Sereal, bantu asam lambung sembuh, BAB pun menjadi lancar

Nutriflakes Sereal Asam Lambung adalah produk herbal yang sudah tersertifikasi BPOM, sehingga sangat aman dikonsumsi oleh siapapun. Nutriflakes ini merupakan minuman sereal yang mengandung bahan-bahan alami seperti umbi garut, Psylium Husk, Gula Aren, Susu Etawa, dan Daun Kelor. Sereal ini aman dikonsumsi anak-anak mulai dari usia 2 tahun sampai dengan lansia.

nutriflakes sereal asam lambung


Rasanya yang sangat enak dan kentalnya yang pas membuat makanan sereal ini disukai oleh banyak orang pendrita asam lambung ringan hinggga berat. Hal ini terbukti dengan jumlah konsumennya pada tahun 2021 mencapai 68.000 orang. Selain itu penjualan yang mencapai 15.000 box per bulannya menandakan produk sereal Nutriflakes ini memang disukai oleh para penderita asam lambung.

Kabar baiknya lagi produk sereal ini sangat cocok digunakan untuk anda yang sedang melakukan diet. Kandungan bahan didalamnya berupa karbohidrat dan nutrisi membuatnya merasa selalu kenyang ketika dikonsumsi.

Jadi tunggu apa lagi, buat anda penderita asam lambung, yuk konsumsi Nutriflakes untuk membantu mengobati asam lambungnya. Dan anda dapat menemukan di e-commerce misalnya dengan pencarian Nutriflakes shopee Atau anda sudah pernah mencobanya, boleh sekali untuk sharing di kolom komentar ya.

10 Comment

  1. wkwkwk aku kalau ngunyah makanan suka ga sabaran, berarti emang ngunyahnya kudu bener ya kalau mau stabil asam lambungnya, nice info, makasih yaa

    ReplyDelete
  2. Merokok itu ternyata bisa menyebabkan asam lambung ya,wah baru tahu nih,aku share ah artikelnya ke adik iparku mom,ngerokoknya kuat bener. Terimakasih ya infonya.

    ReplyDelete
  3. Ngerasain banget sakitnya maag pas asam lambung naik, pengen nangis aja gitu. Nggak tau mau diapain. Keren deh produk di atas apalagi herbal.

    ReplyDelete
  4. Nutriflaks Sereal bisa buat anak kecil juga termyata ya, Mba Mei. Kebetukan anakku suka sama sereal dan BAB pasti lancar. Terpenting kandungan di dalamnya yang juga sudah BPOM

    ReplyDelete
  5. Pantesan asam lambungku suka naik. Cara makannya suka ngasal sih.

    Makasih ya mbak infonya.

    Aku jadi pingin cobain Nutriflaks juga nih.

    ReplyDelete
  6. saya banget nih Mbak, kalau abis makan sering langsung baring apalagi dulu waktu anak-anak masih pada nyusu, mereka sukanya nenen sambil baring padahal ternyata setelah makan gak boleh langsung baring untuk menghindari asam lambung ya.
    Nutriflakes ini cocok untuk orang asam lambung ya, bagus juga untuk diet ya, mantab nih :)

    ReplyDelete

  7. Ternyata salah satu penyebab asam lambung langsung baring ya setelah makan. Duh kebiasaan saya ini yang harus dihilangkan. Btw menarik nih obat asam lambung Nutriflakes ini karena dalam bentuk sereal.

    ReplyDelete
  8. Jadi pengen coba produknya, Qadarallah, beberapa waktu yang lalu, saya juga kena asam lambung. Jadinya, harus hati-hati memilih makanan.

    ReplyDelete
  9. Iya, kerasa asam lambung naik waktu makan kebanyakan pedas dan asam. MasyaAllah ternyata pas periksa ke dokter, saya kena asam lambung. Alhamdulillah, sekarang ada Nutriflakes untuk bantu obati asam lambung

    ReplyDelete
  10. Huhu ak sering baring abis maem. Dan bary tahu Nutriflake bisa untuk cegah asam lambung. Harus pinya ini di rumah nih

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.