TIPS MEMILIH PASTA GIGI PEMUTIH YANG AMAN

Memiliki warna gigi putih bersih adalah impian semua orang. Selain terlihat indah, memiliki warna gigi putih bersih juga berkesan sehat, nyaman dilihat, dan pastinya membuat anda semakin menarik. Untuk mendapat gigi putih bersih anda harus menggunakan past gigi pemutih yang tepat agar gigi anda tetap aman. Lalu apa saja yang harus diperhatikan sebelum memilih pasta gigi pemutih?

pasta gigi pemutih
Source: Canva
Recreated bya Writer


Perhatikan ini sebelum menggunakan pasta gigi pemutih

1. Pilih pasta gigi sesuai kondisi gigi

Setiap orang memiliki kondisi gigi yang berbeda-beda. Sehingga anda wajib mengenali kondisi gigi anda apakah normal atau sensitif. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap pemilihan pasta gigi pemutih yang akan digunakan.

Dengan memiliki kondisi gigi tertentu, maka pasta gigi pemutih yang akan digunakan juga pasti berbeda. Misalnya yang memiliki gigi sensitif harus menggunakan pasta gigi pemutih untuk yang sensistif, dimana kandungannya memiliki kalium nitrat yang akan membantu menghilangkan rasa sakit pada gigi.

2. Perhatikan kandungan bahan pemutih

Hal yang wajib diperhatikan berikutnya sebelum membeli pasta gigi pemutih adalah kandungan bahan yang terkandung didalamnya. Kenali bahan-bahan yang dapat membantu memutihkan gigi. Adapun beberapa kandungan bahan yang biasanya terdapat dalam pasta gigi pemutih adalah:

Hydrogen Peroxide

Bahan ini sering ditemui pada produk pembersih dan produk kecantikan. bahan ini juga sering digunakan sebagai pereda iritasi pada mulut dan gusi. Juga membantu meredakan sakit sariawan.

Bahan yang sering digunakan sebagai bahan antiseptik ini, dikenal sebagai salah satu bahan pemutih yang cukup kuat. Sehingga penggunaan bahan ini sebagai pemutih gigi dibatasi dalam jumlah tertentu saja. Dan hasilnya dijamin, jika anda rutin menggunakannya anda akan mendapatkan gigi yang putih alami.

Phyrophosphates

Fungsi utama pyrophosphates adalah untuk membantu menggabungkan elemen logam. Berkaitan dengan memutihkan gigi, bahan kimia ini berfungsi untuk menghambat deposit kalsium fosfat, kemudian mengembalikan warna putih alami gigi.

Bahan pyrophosphates juga memiliki fungsi untuk menghambat pertumbuhan kristal hidroksiapatit pada gigi. Jika digunakan dalam dosis yang sesuai, pyrophosphates dapat membantu memutihkan gigi serta membantu mengembalikan warna alaminya.

Perlite

Bahan ini terkenal sangat ampuh untuk membantu memutihkan gigi menjadi putih alami serta membantu membersihkan noda yang menempel pada gigi. Selama penggunaannya sesuai dengan dosis dan aturan, sangat aman digunakan untuk membantu memutihkan gigi secara alami.

Silica

Bahan silica adalah kandungan bahan yang paling banyak ditemui dalam pasta gigi termasuk pasta gigi pemutih. Bahan ini dikenal dapat memutihkan gigi lebih cepat yaitu dalam hitungan 40 menit saja, sementara kandungan bahan lain membutuhkan waktu sampai empat minggu pemakaian. Bahan ini akan tetap aman untuk memutihkan gigi selama digunakan dalam dosis yang wajar dan sesuai aturan.

Maka dari itu sebelum membeli pasta gigi pemutih pastikan terlebih mengandung bahan-bahan di atas. Dan kandungannya sesuai dengan standar atau dosisnya.

3. Pilih pasta gigi sesuai usia

Pasta gigi saat ini tersedia untuk anak-anak hingga dewasa dimana kandungan bahannya sudah disesuaikan dengan usia masing-masing. Pasta gigi untuk orang dewasa kandungan bahannya pastinya jauh lebih kuat dibandingkan untuk anak-anak. Termasuk penggunaan pasta gigi pemutih, yang mana saat ini baru tersedia untuk orang dewasa.

4. Cek sertifikat keamanan pasta gigi pemutih

Sebelum anda membeli pasta gigi untuk memutihkan gigi, anda wajib melakukan pengecekan keamanannya. Pasta gigi tersebut wajib sudah memiliki sertifikat Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) serta sudah lulus uji dari lembaga Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI). Sertifikasi ini menjamin semua bahan yang digunakan aman untuk gigi anda.

Jika anda membeli pasta gigi pemutih dari luar negeri, juga wajib memperhatikan sertifikasi keamanannya sesuai yang dikeluarkan negara produsen.

Itu dia tips memilih pasta gigi pemutih untuk membantu memutihkan gigi anda agar terlihat semakin putih alami. Sehingga akan menunjang penampilan anda semakin menarik. Anda memiliki tips lain dalam memilih pasta gigi pemutih yang aman untuk gigi anda, boleh share di kolom komentar ya.

1 Comment

  1. Saya karena sedari kecil langganan antibiotik dan sekarang minum kopi pula, makanya gigi pun gak putih. Cuma untuk milih pasta gigi yg pakai pemutih pun mesti hati2, karena gigi gampang ngilu pula. Sekarang saya pake pasta gigi yg pemutihnya dari habattus sauda :D

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.