KAWASAN TERLARANG DILINTASI PESAWAT DI DUNIA - PART 2

Di artikel sebelumnya anda sudah mengetahui 10 Zona Larangan Terbang di berbagai negara yang ada di dunia. Berikutnya adalah no-fly zone lainnya yang ada di bagian negara lain.

Zona Larangan Terbang (No-Fly Zone) di Dunia

11. Parthenon - Yunani

Di kawasan Parthenon yang terletak di Athena, Yunani terdapat tempat situs bersejarah yaitu Acropolis yang merupakan kuil suci Dewi Yunani Kuno Athena. Sehingga pemerintah memberlakukan larangan terbang bagi pesawat penumpang di bawah ketinggian 5.000 kaki di atas wilayah ini. Hal ini sebagai bentuk penghormatan terhadap dewi Yunani.

parthenon yunani
Parthenon - Kuil Suci Dewi Yunani
Source: Canva


12. Pegunungan Tibet

Tibet yang terkenal dengan gunung-gunungnya yang menjulang tinggi di dunia menjadi salah satu kawasan terlarang untuk pesawat terbang. Data-rata ketinggian gunung di wilayah ini mencapai 16.000 kaki. Sehingga dikhawatirkan pesawat yang melintas mengalami hal yang tidak diinginkan. Dengan alasan keselamatan ini maka pesawat apapun dilarang melintas di wilayah ini.

13. Pegunungan Himalaya

Di sekitar pegunungan Himalaya terdapat Gunung Everest dengan ketinggian 8.848 yang merupakan gunung tertinggi di dunia. Dengan gunung setinggi itu maka pesawat tidak dapat melintas di kawasan ini, karena dapat berbahaya bagi keselamatan dan keamanan kru dan juga penumpang. Maka pemerintah melarang pesawat udara melintas di wilayah ini.

14. Pulau Merrit - AS

Pulau Merrit merupakan tempat pusat antariksa Kennedy Space Center NASA. Kawasan Pulau Merrit di AS termasuk no-fly zone, dengan ketinggian 5.000 kaki di atas pulau ini.

15. Pusat Kota Paris - Prancis

Zona larangan terbang berikutnya adalah di atas kota Paris. Pemerintah membatasi pesawat komersil melintas di atas Kota Paris di bawah ketinggian 6.500 kaki. Namun untuk alasan keamanan dan keselamatan pihak pemerintah Paris mengizinkan pihak kepolisian setempat untuk melintasi wilayah Kota Paris.

Musée du Louvre Prancis
Salahs atu ikonik kota Paris - Musée du Louvre
Source: Canva


16. Pusat Pemerintahan Islamabad - Pakistan

Di kawasan ini berdiri gedung-gedung pusat pemerintahan Pakistan, sehingga dengana alasan keamanan dan keselamatan negara serta warga sipil, maka tidak diizinkan pesawat jenis apapun melintas wilayah ini.

17. Rumah George Wasington

George Wasington merupakan presiden pertama Amerika Serikat. Di atas rumahnya yang berada di Gunung Vernoon, pesawat dilarang terbang dengan ketinggian 1.500 kaki. Tujuannya untuk melindungi rumah yang dibangun sekitar 1758-1778 karena masuk dalam situs bersejarah nasional bagi Amerika Serikat sehingga wajib dilindungi. 

18. Segitiga Bermuda

Letak geografis wilayah Segitiga Bermuda sangat rentan terhadap cuaca dan sulit untuk diprediksi. Maka dengan faktor keamanan dan keselamatan, pemerintah melarang untuk melintasi kawasan yang penuh dengan misteri ini.

19. Taj Mahal

No-fly zone berikutnya adalah Taj Mahal. Taj Mahal merupakan salah satu situs keajaiban dunia karena memiliki arsitektur yang ikonik dan sangat indah. Sehingga pada tahun 1983 UNESCO menetapkannya sebagai Situs Warisan Dunia. Bangunan ini dibangun pada tahun 1632 - 1653.

taj mahal india
Keindahan Taj Mahal Milik Shah Jahan untuk istrinya Arjumand Banu Begam
Source: Canva


Sejak tahun 2006, pesawat dilarang melintas di atas Taj Mahal sejauh 7.4 km. Tujuannya untuk melindungi bangunan yang merupakan bentuk kisah cinta Shah Jahan terhadap istrinya Arjumand Banu Begam ini. Sejak November 2019, pemerintah juga melarang drone melintas di atas bangunan yang masuk situs keajaiban dunia ini.

20. Taman Phoenix - Irlandia

Zona Larangan Terbang berikutnya adalah Taman Phoenix yang ada di Irlaindia. Taman ini merupakan taman terbesar di Eropa dan sudah masuk dalam Situs Warisan UNESCO, sehingga pemerintah setempat melindunginya. Salah satunya adalah melarang pesawat melintas di kawasan taman ini, demi keamanan dan kelestarian taman indah ini.

Itu dia beberapa Zona Larangan Terbang di dunia. Kamu masih mempunyai informasi soal ini, boleh tambahin di kolom komentar ya.

Referensi

Norfolk Aviation. 2020. Around the World in 6 No-Fly Zones. Https://Norfolkaviation.Com/Around-The-World-In-6-No-Fly-Zones/. (Diakses 14 November 2022).

Simple Flying. 2022. 5 Places Where Passenger Planes Can't Normally Fly. https://simpleflying.com/where-aircraft-cant-fly/. (Diakses 14 November 2022).

World Atlas. 2018. The No-Fly Zones Of The World: Places Where Planes Cannot Fly. Https://Www.Worldatlas.Com/Articles/The-No-Fly-Zones-In-The-World-Places-Where-Planes-Cannot-Fly.Html. (Diakses 14 November 2022).

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.