20 KAWASAN TERLARANG DILINTASI PESAWAT DI DUNIA - PART 1

Buat anda yang hobi traveling dengan menggunakan pesawat terbang, pernah mendengar istilah No-Fly Zone? Yap, Zona Larangan Terbang, yaitu wilayah atau kawasan terlarang untuk dilintasi pesawat terbang baik itu pesawat militer, sipil, maupun komersil.

Kawasan terlarang ini dibentuk dengan berbagai alasan. Mulai dari faktor keamanan dan keselamatan penumpang dan negara, menjaga lingkungan dari polusi, melindungi daerah atau kawasan yang dianggap penting semisal peninggalan sejarah, sampai dengan bentuk penghormatan terhadap agama dan kepercayaan.

zona larangan terbang
Source: Canva
Recreated by Writer


Lalu mana saja kah tempat terlarang untuk dilintasi pesawat udara di dunia. Mengutip dari beberapa sumber informasi seperti situs Simple FLying, The Sun, World Atlas ini dia No-Fly Zone di dunia.

Zona Larangan Terbang (No-Fly Zone) di Dunia

1. Area 51 - Nevada

Tempat ini berada di kawasan gurun pasir. No-fly zone ini terkenal sebagai tempat penyimpanan UFO alien yang menabrak New Mexico pada tahun 1947 dan juga insiden Roswell yang merupakan kecelakaan balon udara tentara AS.

Selain itu terdapat juga misteri kubus hitam yang katanya terlihat melayang di sekitar area ini sehingga membuat tempat ini dilarang untuk dilintasi pesawat militer maupun sipil. Zona ini juga termasuk zona larangan terbang drone.

2. Buckingham Palace - Inggris

Buckingham Palace merupakan tempat penting untuk kediaman raja dan ratu Inggris. Selain itu sebagai pusat administrasi pemerintahan. Maka diberlakukan larangan melintas bagi seluruh pesawat terbang di area ini.

Beberapa lokasi  seperti Kastil Windsor tempat kediaman seluruh keluarga kerajaan, Downing Street, Gedung Parlemen, dan kediaman resmi Perdana Menteri Inggris juga merupakan kawasan dimana pesawat dilarang melintas di atasnya.

3. Budapest - Hungari

Sebagai ibukota negara, Budhapest merupakan salah satu tempat penting bagi warga negara Hungari dan merupakan aset serta tempat berdirinya bangunan-bangunan bersejarah bagi negara ini. Seperti Hungarian Parliament Building, St. Stephen's Basilica, dan Buda Castle. Oleh sebab itu pemerintah setempat melarang pesawat melintas di atas bangunan-bangunan tersebut.

St. Stephen's Basilica
St. Stephen's Basilica
Source: Canva


4. Disneyland - California & Walt Disney World - Florida

Sejak tahun 2003, pemerintah melarang pesawat terbang melintas di atas Disney World dengan ketinggian di bawah 3.000 kaki. hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan para turis yang berkunjung ke tempat wisata ini.

Selain itu aturan ini juga berlaku bagi sejumlah stadion di AS yang memiliki kapasitas di atas 30.000 penonton, dimana pesawat dilarang melintas diatasnya. Aturan ini diterapkan karena dipicu setelah terjadinya tragedi 9/11 di Amerika Serikat. Sehingga pemerintah demi menjaga keselamatan warga dan para turis memberlakukan no-fly zone di daerah ini.

5. Ka'bah - Mekkah

Ka'bah di Mekkah merupakan situs suci bagi umat Islam sebagai pusat ziarah Haji dan Umroh. Tidak ada sedetik pun tempat ini berhenti dari kegiatan ibadah. Maka dari itu pemerintah Saudi Arabia melarang pesawat melintas di atas kiblat umat Muslim ini. Tujuannya agar ibadan umat Muslim tidak terganggu. Selain itu juga sebagai bentuk penghormatan terhadap situs suci bagi Umat Islam.

kabah
Ka'bah, Situs Sejarah Umat Muslim Dunia
Source: Canva


Namun sesekali kita akan melihat pesawat melintas di sekitar Ka'bah untuk melakukan monitoring keamanan para jama'ah haji atau umroh. Pengecualian ini sudah ditetapkan dan atas seizin pihak pemerintah Arab Saudi.

6. Kutub Selatan - Antartika

Antartika memiliki medan magnet yang sangat kuat karena berada di area kutub bumi yang dapat menghambat lancarnya navigasi penerbangan. Selain itu cuaca udara ekstrim dan badai salju juga mengakibatkan penerbangan sulit beroperasi dengan baik. Selain itu, Antartika juga tidak memiliki landasan pesawat, sehingga jika terjadi hal-hal yang sifatnya darurat akan mengalami kesulitan.

antartika kutub selatan
Keindahan Antartika Kutub selatan
Source: Canva


7. Kutub Utara

Sama halnya dengan Kutub Selatan, maka Kutub Utara juga merupakan kawasan terlarang bagi pesawat udara. Karena Kutub Udara memiliki medan magnet yang sangat kuta yang akan mengganggu pesawat beroperasi. Maka dari itu dengan alasan keselamatan maka penerbangan dilarang melintas di kawasan ini.

8. Lionel Messi - Spanyol

Pasti banyak yang bertanya kenapa rumah Lionel Messi tidak boleh dilewati pesawat? Rumah La Pulga atau rumah Lionel Messi berada di Gava, Barcelona. Daerah ini memiliki regulasi lingkungan tentang aturan pesawat dilarang terbang di sekitar wilayah ini. Karena di kawasan ini terdapat flora dan fauna yang dilindungi oleh pemerintah Spanyol. Karena suara bising dari pesawat dapat menganggu habitat flora dan fauna di sekitar wilayah ini, sehingga pemerintah melakukan larangan terbang di atas wilayah ini.

9. Machu Pichu - Peru

Tempat yang masuk dalam suaka sejarah ini merupakan situs budaya sangat penting dengan reruntuhan milik Kaisar Pachacuti dari Suku Inca di negara Peru. Sehingga pemerintah Peru sejak tahun 2006 melarang pesawat melintas di atas wilayah ini. Selain itu situs ini juga masuk dalam situs Warisan Dunia UNESCO sehingga harus dijaga kelestariannya.

suaka sejarah machu pichu
Machu Pichu, Suaka Sejarah Peru
Source: Canva


Selain itu Machu Pichu juga merupakan area hijau yang mampu menjaga keseimbangan alam, sehingga dikhawatirkan jika ada pesawat melintas atau jatuh akan merusak ekosistem yang ada di reruntuhan bersejarah ini.

10. Pabrik Nuklir Pantex - Texas

Dengan alasan keamanan seperti dikhawatirkan terjadinya ledakan nuklir, maka pemerintah setempat melarang pesawat udara melintas di wilayah yang terletak di Amarillo, Texas ini.

Mau tahu mana lagi zona larangan terbang lainnya, yuk cek artikel berikutnya ya.

Referensi

Norfolk Aviation. 2020. Around the World in 6 No-Fly Zones. Https://Norfolkaviation.Com/Around-The-World-In-6-No-Fly-Zones/. (Diakses 14 November 2022).

Operasi News. 2022. Top 10 No-Fly zones on Planet Earth. Https://Ke.Opera.News/Ke/En/Travel/068aa8e0b1fe24afe8ead080ad18cc35. (Diakses 14 November 2022).

Simple Flying. 2022. 5 Places Where Passenger Planes Can't Normally Fly. https://simpleflying.com/where-aircraft-cant-fly/. (Diakses 14 November 2022).

World Atlas. 2018. The No-Fly Zones Of The World: Places Where Planes Cannot Fly. https://www.worldatlas.com/articles/the-no-fly-zones-in-the-world-places-where-planes-cannot-fly.html. (Diakses 14 November 2022).

16 Comment

  1. Baru tahu kalau pesawat enggak boleh terbang di tempat2 ini. Tahunya ya cuma area 51 karena diceritain anak2

    ReplyDelete
  2. Banyak banget ternyata daerah yang tidak boleh dilintasi pesawat. Tahunya cuma kutub utara dan selatan. Terimakasih sharingnya mbak, jadi tambah ilmu.

    ReplyDelete
  3. Wuidiiih keren euy ternyata, dan aku baru tahu informasi seputar no fly zone ini. Lumayan banyak juga ya Mbak ternyata, lho. Aku itu tahunya yang segitiga bermuda aja, Mbak. Selain faktor keamanan ada juga kenapa kawasan itu tidak boleh dilintasi oleh pesawat, yaitu pelestarian alam. Mantooool!

    ReplyDelete
  4. Wah, unik ini mbak
    Ternyata ada banyak juga ya daerah yang tidak boleh dilintasi oleh pesawat
    Paling unik ya rumahnya Lionel Messi

    ReplyDelete
  5. Benaran baru tahu ada wilayah yang tidak boleh dilintasi pesawat. Cuma tahu Ka'bah doang ternyata banyak juga ya.

    ReplyDelete
  6. Aku baru tau lho kalau ada beberapa area yang nggak boleh dilintasin pesawat.

    Tapi kalau baca alasan-alasannya ya wajar sih.

    Btw, machi pichu nih keren amat yak. Kaya area terpencil yang di film-film gitu ya..

    ReplyDelete
  7. Kak Meiii...
    Aku kangen sama artikel kak Mei yang begini.. Rasanya jadi kaya nonton acara Trans7 On The Spot mengenai fakta-fakta yang mungkin belum kita ketahui.

    Jadi aku sampai amaze sama fakta kalau rumah Lionel Messi masuk dalam zona larangan terbang atau no fly zone.

    ReplyDelete
  8. Aku baru tahu lo ada aturan beberapa daerah yang dilarang untuk dilintasi pesawat. Pengetahuan baru nih buat aku

    ReplyDelete
  9. Wah pengetahuan baru ini Mbak untuk saya. Budapest, rumah lionel messi, kutub selatan, sampai ke machu pichu ternyata masuk di dalamnya ya. Jadi teringat film yang ada scene pesawat jatuh di gunung salju, mungkin alasan-alasan ini juga jadi sebab adanya zona larangan terbang di berbagai tempat ya. Oiya, jadi penasaran apakah segitiga bermuda masuk di dalamnya Mbak? hehe

    ReplyDelete
  10. waaah ternyata banyak kota-kota yang tidak memperbolehkan peswat lewat, beneran baru tau mbak,

    ReplyDelete
  11. saya tadi mikirnya area yang nggak boleh dilalui pesawat itu segitiga bermuda. ternyata beberapa kota dan bangunan juga ada larangannya yaa. makasih infonya mbak bermanfaat sekali buat saya

    ReplyDelete
  12. Baru tahu kalau rumahnya Lionel Messi tidak boleh dilewati pesawat karena alasan flora dan fauna yang dilindungi. Huhu beruntung ya kalau punya duit.

    ReplyDelete
  13. Daerah di Indonesia gak ada ya? Hihihi..

    BTW, tadi tuh kirain gak boleh melintas di atas rumahnya Lionel Messi karena kenapaaa gitu. Beliaunya gak mau keluarganya terganggu suara bising (ealah..anda siapa? hahaha), ternyata karena berada di lingkungan dengan flora dan fauna yang dilindungi rupanya..

    ReplyDelete
  14. Senangnyaaaa tambah wawasan bgt gegara main ke Blog ini.
    Baru tauuu aku mba.
    Fakta yg menarik ya

    ReplyDelete
  15. Keren amat ya tempat tinggal Messi termasuk salah satu zona larangan terbang, elite berarti tempatnya selain memang untuk menjaga keselamatan fauna di sekitarnya.

    ReplyDelete
  16. Kirain rumah Lionel Messi dilarang dilintasi pesawat karena keistimewaan personalnya. Ternyata daerah rumahnya sekaligus perlindungan satwa dan fauna yang bisa rusak kalau dilintasi pesawat ya. Hem... Masuk akal juga
    Kalau daerah lainnya itu sering dengar juga informasinya

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.