TIPS ATUR POLA MAKAN UNTUK GAYA HIDUP SEHAT

Sebagai orang yang hobi berkegiatan di alam bebas, pola gaya hidup sehat harus benar-benar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Gaya hidup sehat sendiri adalah kolaborasi dari berbagai aspek kehidupan mulai dari menjaga fisik, mental, serta kehidupan sosial dengan masyarakat sekitar. Ketiganya saling terkait dan saling berpengaruh terhadap gaya hidup sehat kita. Seperti cukupnya istirahat, asupan, lingkungan, dan lainnya semuanya harus seimbang. Dan tidak kalah penting adalah menjaga pola makan.

jiwa pagi
Source: Canva
Recreated by Writer


Namun sebelum membahas pola makan sehat, mari kita ketahui terlebih dahulu manfaat dari gaya hidup sehat.

Manfaat Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat bisa kita mulai dari sekarang, agar terhindar dari berbagai jenis penyakit. Karena gaya hidup sehat ini banyak sekali manfaatnya, yaitu:

1. Badan lebih sehat

Menerapkan pola hidup sehat membuat badan kita lebih sehat, sehingga dapat terhindari dari berbagai penyakit fisik. Misalnya dengan kita rajin berolahraga maka tubuh kita akan selalu produktif menghasilkan hormon-hormon yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga hormon pada tubuh bekerja secara maksimal. Peredaran darah lancar, dan makanan dapat diubah menjadi sebuah energi. Sehingga kita akan sangat produktif melakukan banyak hal.

2. Lebih bahagia

Pola hidup sehat dapat mendorong mental kita lebih bahagia, karena bisa terhindar dari berbagai risiko penyakit. Olahraga dan makanan yang sehat dapat mendorong pembentukan endorphin dalam tubuh lebih maksimal, sehingga membuat kita terus dan makin bahagia.

3. Pikiran lebih positif

Dengan menerapkan pola hidup sehat, membuat pikiran kita lebih positif, karena selalu bahagia dan tidak khawatir dengan risiko penyakit. Termasuk istirahat yang cukup akan membuat badan kita tetap segar dan pikiran kita dapat berpikir lebih tenang. Sehingga menghadapi dan menjalani hidup lebih positif.

4. Terhindar dari berbagai penyakit

Keuntungan lain dari menerapkan gaya hidup sehat adalah terhindar dari berbagai risiko penyakit. Karena dengan menjalankan pola hidup sehat semisal olahraga, maka daya tahan tubuh akan meningkat. Termasuk juga menjaga pola makan secara teratur dan juga tidak sembarangan mengkonsumsi makanan. Hal ini akan menghindari risiko terkena penyakit dengan mudah. 

Tips Atur Pola Makan Untuk Gaya Hidup Sehat

Setelah mengetahui manfaat dari gaya hidup sehat, lalu bagaimana pola makan yang dapat membantu gaya hidup sehat yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari? Ini dia saya mempunyai  beberapa tips yang sudah saya jalankan selama beberapa tahun.

1. Perbanyak minum air putih

Air putih sangat baik untuk kesehatan, salah satunya adalah menjaga kadar cairan pada tubuh agar tetap seimbang. Sehingga terhindari dari berbagai peyakit. Selain itu air putih juga dapat menjaga fungsi pencernaan tetap baik, menjaga sirkulasi darah, menjaga suhu tubuh tetap normal, membantu penyerapan makanan, dan juga menjaga fungsi ginjal.

Minumlah air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh. Karena pada dasarnya kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Orang dewasa disarankan sekitar 8 gelas ukuran 230 ml per harinya. Namun rumus lain misalnya rumus Watson, menyebutkan kebutuhan cairan untuk tubuh manusia adalah 30% dari berat badan yang kita miliki.

Misalnya berat badan saya 54 kg. Berarti kebutuhan air untuk tubuh saya adalah 54 kg x 30% = 1.6 liter. Jadi kebutuhan cairan tubuh saya perharinya adalah 1.6 liter. Saya awali minum segelas air mineral hangat di pagi hari ketika bangun tidur.

2. Sarapan pagi

Jangan pernah meremehkan sarapan pagi karena sarapan dapat memberikan nutrisi pada tubuh sehingga terhindari dari berbagai penyakit, dapat menjaga dan menurunkan bobot tubuh, serta dapat meningkatkan kinerja otak.

makanan tanpa msg
Source: Canva
Recreated by Writer


Ketika kerja saya biasakan sarapan pukul 7 pagi. Biasanya saya sarapan buah-buahan, minimal 3 atau 4 jenis buah dengan warna yang berbeda. Agar tidak bosan saya selang-seling dengan menambahkan berbagai oatmeal, sereal, yogurt, dicampur dengan kacang-kacangan atau nut seed fruit, dibuat smoothiest, menambahkan granola dan muesli, sampai dengan menambahkan biskuit gandum.

Atau anda boleh memilih tipe sarapan yang disuka, misalnya membuat dadar telur dan mencampurnya dengan buah dan sayuran atau memakannya dengan riti gandum.

3. Konsumsi makanan dengan direbus, dikukus, atau lalapan

Pola hidup lain yang saya terapkan adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan dengan cara direbus atau dikukus. Atau bahkan lalapan alias sayuran mentah. Sebagai warga Sunda, mengkonsumsi sayuran rebus, kukus atau bahkan mentah sudah biasa. Dan saya sangat menyukainya.

Buat anda yang belum terbiasa, cari sayuran yang anda suka terlebih dahulu, boleh mencampurnya dengan sedikit garam. Saya menggunakan garam himalaya. Harganya memang cenderung pricey, tapi worth it untuk kesehatan.

4. Batasi beberapa jenis makanan dan bumbu

Semakin beredarnya bumbu siap saji membuat banyak orang mulai meninggalkan racikan bumbu sendiri. Karena dianggap lebih mudah, cepat, dan gak pakai ribet. Namun bisa saja hal ini kurang baik bagi kesehatan tubuh kita. Maka batasi mengkonsumsi beberapa makanan atau bumbu seperti saus, kecap, mengandung pemanis buatan dan pengawet, penyedap rasa, serta makanan yang mengandung perasa sintetis. Karena dapat berbahaya bagi tubuh.

5. Periksa label makanan sebelum membeli

Biasakan periksa label ketika membeli makanan dimanapun dan kapanpun. Perhatikan kandungan bahan didalamnya. Dan batasi atau hindari makanan yang mengandung banyak MSG. Karena makanan tanpa MSG lebih baik untuk kesehatan tubuh.

6. Makan malam 4 jam sebelum tidur

Membaca beberapa referensi banyak yang menyarankan bahwa makan berat pada malam hari sebelum jam 5 sore atau 4 jam sebelum tidur. Beberapa tahun saya mencoba menerapkan pola makan ini. Jika malam hari lapar saya akan menggantinya dengan buah-buahan atau jus, atau camilan sehat secukupnya, seperti kacang almond, minum yogurt, atau susu.

7. Makan secara teratur

Dulu saya makan seingatnya, alias seketemunya karena sibuk dengan pekerjaan. Kemudian saya memperbaiki pola hidup saya dengan makan secara teratur dan terjadwal. Wajib sarapan pukul 7, makan siang pukul 12 maksimal pukul 1, dan makan malam saya jadwalkan pukul 5. Awal-awal struggle, tapi lama-lama perut terbiasa dengan jam biologis seperti itu. Maka setelah beberapa bulan, makan secara teratur akan terbiasa.

8. Batasi camilan

Nah ini salah satu kebiasaan yang memang tidak mudah untuk dilakukan ketika hendak menerapkan pola makan sehat. Bagaimana tidak makanan ringan semakin beragam dengan berbagai jenis rasa yang menggoda lidah. Beruntungnya saya tidak begitu suka dengan cemilan. 

Perjuangan saya adalah camilan kesukaan saya adalah brownies dan mungkin manisnya sangat tidak bagus untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Selain itu biasa saja. Sehingga cukup mudah untuk saya ketika menerapkan pola makan sehat dan meninggalkan makanan ini.

9. Perbanyak buah dan sayur

Manfaat buah dan sayur sangatlah banyak bagi kesehatan tubuh. Maka perbanyaklah kedua jenis makanan ini dalam menu harian anda. Saya selalu mengkonsumsi buah-buahan sebelum makan, untuk sarapan, camilan siang, atau camilan sore. Perbanyak juga mengkonsumsi sayuran yang dapat meningkatkan kesehatan anda.

mie instan sehat
Source: Canva
Recreated by Writer


10. Hindari makanan kemasan dan junkfood

Menghindari kedua makanan ini mungkin tidak mudah. Tapi ingat komitmen hidup sehat harus dilakukan. Anda dapat secara perlahan mengurangi makanan ini, seiring waktu berjalan akan terbiasa. Anda dapat menggantinya dengan memasak di rumah dengan bahan dan bumbu yang lebih sehat.

Saya tidak begitu berjuang ketika harus meninggalkan kedua makanan ini karena saya jarang mengkonsumsinya. Kecuali ketika saya harus meninggalkan seafood. Meskipun saya memang mengkonsumsinya hanya seminggu sekali, namun setelah menerapkan pola makan sehat, saya mulai melakukannya per dua minggu sekali atau bahkan sebulan sekali.

Ngomong-ngomong soal junkfood, paling sulit adalah ketika harus menghindari junkfood jenis mie. Bagaimana tidak, mie sudah mendarah daging di negara kita, sudah seperti makanan kedua setelah nasi. Sehingga bagi anda penggemar mie, namun ingin menerapkan pola makan sehat, maka carilah mie tanpa MSG. Sehingga anda masih aman mengkonsumsinya, tetapi tetap jangan terlalu sering.

Salah satu mie instan sehat tanpa bahan pengawet dan pewarna buatan, yang mengandung banyak sayuran dan berbagai sumber vitamin, serta rendah kalori karena proses pembuatannya dengan cara dipanggang, dan pastinya tanpa MSG adalah Mie Jiwa Pagi.

Mie Jiwa Pagi yang berbentuk kriting dengan tekstur kenyal dan tidak mudah hancur ini, dapat membantu kebutuhan nutrisi tubuh anda. Pastinya juga akan membuat jiwa pagi anda semakin bersemangat dan penuh energi dan membantu mewujudkan masa depan yang sehat.

Penasaran dengan mie instan tanpa MSG ini? atau anda sudah mencoba mie instan tanpa MSG ini? Boleh banget dong sharingnya di kolom komentar.

2 Comment

  1. sangat bermanfaat untuk kita yang ingin memulai hidup sehat, terimakasii kak atas tips²nya!💐💞
    sebelumnya jangan lupa mampir ke blog saya ya kak!🤩
    https://tipshidyp.blogspot.com/2023/10/tips-hidup-sehat.html

    ReplyDelete
  2. sangat bermanfaat untuk kita yang ingin memulai hidup sehat, terimakasii kak atas tips²nya!💞💐
    sebelumnya jangan lupa mampir ke blog saya ya kak 🤩
    https://tipshidyp.blogspot.com/2023/10/tips-hidup-sehat.html

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.