LIBURAN KE BANDUNG? JANGAN LUPA CICIPI DERETAN KULINER INI

Ngomongin soal kulineran, Bandung memang ga ada habisnya. Selain buat liburan, sekaligus juga buat mencicipi makanan-makanannya yang super lezat di lidah. Nah biasanya kalau ke Bandung aku suka banget naik kereta. Selain lebih aman dan nyaman, tiket kereta ke Bandung dari Jakarta di Traveloka App amat ramah kantong. Apalagi dengan promo PayDay pada 24 November 2021 sampai 5 Desember 2021. Wah….... langsung deh ceki-ceki tiketnya.

deretan kuliner bandung


Perjalanan menggunakan kereta memang sedang digandrungi oleh para wisatawan, selain pengalamannya yang seru ditambah disuguhkan dengan pemandangan alam yang memanjakan mata. Menggunakan kereta juga terhindar dari macetnya perjalanan.

Banyak orang mengakui kota Bandung sebagai kota penuh cinta, suasana kota yang sejuk, ditambah dengan banyaknya hotel dan restoran berkonsep romantis di tengah alam yang asri, tentu membuat pasangan mana pun merasa sangat betah berlama-lama di Bandung.

Selain lokasinya yang berada di dataran tinggi, sehingga banyak tempat wisata yang menyajikan pemandangan yang sangat indah. Makanan di Bandung pun cukup menggugah selera.

Nah mau tahu apa saja deretan kuliner khas Bandung yang wajib kamu coba saat liburan ke Bandung? Yuk, check it out.

Cuanki Serayu

Cuanki merupakan jajanan khas Bandung berupa hidangan sejenis bakso yang disajikan lengkap dengan tahu dan mi. Warung makan kaki lima di Jalan Serayu No 2 ini buka setiap hari pukul 11:00 – 19:00, tapi seringnya tutup lebih cepat karena cuanki sudah habis terjual.

Cuanki Serayu sendiri dijual seharga Rp 17.000 per porsi. Namun, Kamu juga bisa mencicipi Batagor yang satu porsinya dihargai Rp 18.000 di sini.

Batagor Riri

Di Bandung memang ada banyak yang penjual Batagor, tetapi jika Kamu hendak mencicipi Batagor yang spesial datanglah ke Batagor Riri. Bahkan, tempat ini sering kali dikunjungi oleh selebriti ibu kota yang sedang berkunjung ke Bandung. Berada di Jalan Burangrang No 41.

Satu buah Batagor Riri dibanderol dengan harga Rp 13.500 dan disajikan secara terpisah dari saus kacangnya. Untuk menambah cita rasa biasanya penyajian hidangan ini disandingkan dengan jeruk limau. Uniknya, meski sangat renyah diluar Batagor Riri tetap terasa lembut dan padat di bagian dalamnya. Cita rasa ikan tenggirinya pun kental terasa di lidah.

Soto Bandung

Soto Bandung bisa jadi rekomendasi ketika Kamu berlibur ke Bandung. Kuliner khas Bandung ini berbahan dasar daging sapi atau bagian tulang dekat daging. Makanan ini hampir sama seperti soto di daerah lain. Namun soto ini menggunakan kuah bening, tomat, dan kedelai goreng, dan tambahan sayur lobak.

Soto Bandung tidak menggunakan santan, sehingga rasa soto manis dan ringan. Makanan ini cocok dinikmati dengan nasi hangat, sambal, dan kerupuk.

Es Goyobod

Deretan kuliner bandung lainnya yang wajib kamu cicicpi saat liburan ke Bandung adalah Es Goyobod. Minuman dingin khas Sunda ini jadi pelepas dahaga ketika berlibur di Bandung. Es Goyobod adalah minuman dingin berbahan dasar santan seperti es campur.

Penyajian es ini dari es serut, santan, gula cair, dan sari pati kacang hijau. Bahan lainnya adalah alpukat, pacar Cina, kolang-kaling, roti tawar dan kelapa yang diparut.

Colenak

Hey kamu, tahu ga kepanjangan colenak? Nah kami orang Bandung menyebutnya dicocol enak. Colenak dibuat dari bahan tape yang dibakar. Setelah dibakar, colenak disajikan dengan larutan gula merah. Makanan teksturnya lembut dan rasanya manis. Kalau Kamu berlibur di Bandung, makanan ini bisa banget dijadiin oleh-oleh.

Surabi

Surabi hampir sama seperti Serabi khas Solo. Jajanan khas Bandung ini memakai tepung dicampur dengan santan yang dipanggang pada tungku kecil. Makannya masih anget, pas musim hujan kayak sekarang, makin enak.

deretan kuliner bandung surabi


Surabi memiliki beragam rasa seperti original, keju, coklat, durian dan masih banyak lagi. Dahulu, surabi punya rasa oncom, manis, pedas, yang dicampur dengan saus kinca. 

Nah yang mana pilihan kamu?

Paskal Food Market

Bagi yang ingin mendapatkan lebih banyak opsi makanan, Paskal Food Market merupakan destinasi tepat untuk dikunjungi. Didesain menyerupai pujasera atau food court. 

Paskal Food Market menghadirkan puluhan vendor makanan dan minuman yang berjajar dalan satu area luas. Sedangkan, meja dan tempat duduk pengunjung terletak di bagian tengah dan antara lorong-lorong vendor.

Suasananya terasa begitu vintage karena desain interiornya dirancang secara etnik, dengan bangku-bangku yang terbuat dari kayu dan beberapa dinding yang terbuat dari batu bata ekspos. Tentunya menu yang disajikan sangat beragam, mulai dari masakan Indonesia seperti empal gentong, aneka nasi goreng, hingga masakan Chinese seperti kwetiau.

Ronde Alkateri

Bandung merupakan kota dengan suhu yang cukup dingin. Untuk menghangatkan badan di malam hari, kuliner yang satu ini bisa dijadikan pilihan. Dia adalah Ronde Alkateri. Ronde Alkateri termasuk salah satu kuliner legendaris di Bandung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Berlokasi di Jalan Alkateri, tak jauh dari Alun-alun Bandung, Ronde Alkateri sudah berdiri sejak tahun 1984. Rasa hangat dan manis khas ronde jahe tradisional sangat cocok dinikmati di tengah dinginnya udara Bandung.

Kamu bisa pilih bola-bola ronde besar atau kecil warna warni dan dipadukan dengan kuah gula merah atau gula putih. Bola-bola yang besar berisi isian kacang yang manis dan gurih.

Nah itu dia deretan kuliner yang wajib kamu cicipi saat liburan ke Bandung. Selain kamu bisa menikmatinya di sana, kamu juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh.

Bagaimana traveler? Makin gak sabar kan buat liburan ke Bandung dan nikmatin sajian kuliner yang ada di sana? Jangan lupa naik kereta api ya.

18 Comment

  1. Duhhh kalo ke Bandung mah emang jangan sampai ngga kuliner. Udah lah enak-enak dan murah-murah. Ada cuanki, batagor, serabi semua jadi mengingatkan pas masih kuliah di Bandung dulu.

    ReplyDelete
  2. Yang ada di kepala gw soal makanan bandung tuh, murah meriah n enakk :D

    ReplyDelete
  3. Q dulu ke bandung mampirnya cuma ke dago cari oleh2.. Blm sempat kemana-mana ke bandung. Haha.. Liburannya singkat udah gitu nginepnya di lembang pula. Jd pgn balik ke bandung lagi nyobain macem2.. 😂

    ReplyDelete
  4. Waaahh, ada rencana ke Bandung nih. Pas banget artikelnya, bakal kunoted pas bikin itinerary nanti! Thank youu, kaak

    ReplyDelete
  5. Selama bulak-balik Bandung, yang belum pernah nyoba itu Soto Bandung. Next, jadi list ini buat nyari Soto Bandung, ditemani Es Goyobod. maknyus

    ReplyDelete
  6. Herijo Said: Gak diragukan lagi, memang bandung pioner-nya dalam berkreasi menciptakan jajanan enak di Indonesia. dan dah ada planing juga sih kesana.In Sya Allah...

    ReplyDelete
  7. Wah banyak banget makanan yang aku baru tahu dari sini. Baru sekali ke Bandung tapi dengan acara yang udah disiapin panitia jadi enggak bisa spesifik wisata kuliner deh. Semoga bisa ke Bandung lain waktu menikmati alamnya yang sejuk dan makanan khas yang aku baru dapet di sini. Hehe.

    ReplyDelete
  8. Sering banget liburan ke Bandung, dan yap kulinernya banyak poll sampe bingung mau milih yg mana.

    ReplyDelete
  9. Bandung mah emang surganya jajanan. Betagor riri the best lah, klo ksana pasti beli

    ReplyDelete
  10. Kalo ke Bandung emang gak bisa enggak makan-makan ya. Tapi, ada juga nih beberapa makanan yang belum pernah aku cobain kayaknya nanti kalo bisa ke Bandung lagi harus nyobain nih!

    ReplyDelete
  11. Semoga bisa ke Bandung dan aku bisa makan colenak, jenis tapean aaku suka semua. Tapi tape bakar aku belum pernah nyobain. Jadi pengen nyoba colenak.

    ReplyDelete
  12. duuu jadi ingin ke bandung lagi, saya suka cuanki, batagor, serabi semua deh hahaha kulinerna raos pisan :)

    ReplyDelete
  13. jujur saya kalau liat nama-nama makanan di bandung atau sunda itu suka kayak lucu dan menarik, beberapa belum pernah saya coba, semoga kapan-kapan bisa segera mencobanya...

    ReplyDelete
  14. bandung emang cucok banget sih buat kulineran dan wisata..
    tapi kalo akhir tahun mahh pasti rame banget sih kesana.. huhu..
    bahkan kemaren sepupu ku liburan ke bandung malah banjir dimana2.. akhirnya puter balik jakarta lagi :D

    ReplyDelete
  15. Sekitar 3 tahun lalu pernah ke Bandung, tapi karena singkat banget waktu itu baru nyobain seblak asli Bandung doang hehehe. Next kalau ke Bandung lagi wajib coba nih

    ReplyDelete
  16. Rasa cuanki gak perlu diragukan lagi. Enak banget. Sebagai warga Kota Medan, aku sering banget pesen cuanki secara online. Tapi, rasanya belum afdol kalau gak nyobain langsung cuanki di Kota asalnya. Moga kesampaian.

    ReplyDelete
  17. Bandung juara banget deh kalo urusan kuliner. Aku belum pernah coba kalo soto bandung, kapan2 mau nyoba juga deh hehe reviewnya bikin ngiler :3

    ReplyDelete
  18. Jadi pengen liburan ke Bandung tahun baru dan menikmati makanannya.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.