MAKSIMALKAN CHAT GPT DAN TTS PROSA UNTUK KONTEN RAMADHANMU

Content Creator adalah orang yang memproduksi sebuah konten dalam bentuk digital baik itu visual, tulisan, atau audio. Beberapa prospek kerja sebagai konten kreator adalah menjadi Instagramer, Tiktoker, sampai menjadi Youtuber. Untuk kamu seorang kreator pemula membuat konten bukanlah hal yang mudah. Harus pandai memanfaatkan momen agar konten kamu bermanfaat, tepat sasaran, dan tepat waktunya. Lebih penting lagi kontennya berkualitas secara visual maupun audio.

text to speech prosa untuk konten chat gpt


Dan keunikan yang terjadi selama bulan Ramadhan adalah salah satu momen penting untuk dijadikan sebuah konten. Namun karena bulan Ramadhan hanya terjadi sebulan dalam setahun, maka kita harus memproduksi konten dengan cepat dan produktif. Salah satu cara agar konten Ramadhan produktif dan cepat adalah dengan menggunakan Artifical Intellegence (AI) dari Prosa.

Mengenal TTS Prosa, Aplikasi Pintar Berbasis Web

PT Prosa Solusi Cerdas merupakan perusahaan AI yang fokus pada Natural Language Processing (NLP) yang berbasis di Indonesia. Prosa saat ini sudah mempunyai lebih dari 120 ribu pengguna sejak awal diluncurkan yaitu 5 Mei 2021. Dan uniknya mayoritas penggunanya adalah para konten kreator. Prosa mempunyai berbagai layanan fitur yang sangat menarik dan bermanfaat bagi pekerja kreator khususnya kreator pemula. 

Fitur Text to Speech

Fitur Text to Speech yang diberi nama TTS Prosa adalah aplikasi berbasis web yang dapat membantu mengubah text menjadi suara dengan memanfaatkan kecerdasan artifisial. Fitur ini akan membantu penggunanya dengan cepat dalam memproduksi sebuah konten.

Prosa akan menterjemahkan text dengan membuatnya menjadi suara alami seperti manusia yang mirip dengan suara Google. Fitur Prosa Text to Speech (TTS) ini akan membantu menghasilkan voice over berbahasa Indonesia dalam hitungan detik saja yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Voice Maker atau Sound of Text

Selain Text to Speech, Prosa juga meluncurkan fitur Voice Maker atau Sound of Text berbahasa Indonesia. Uniknya fitur ini saat proses pembuatannya tidak membutuhkan banyak perangkat. Kamu cukup menggunakan PC atau smartphone yang kamu miliki dengan terhubung ke internet.

Keunggulan TTS Prosa sebagai Aplikasi Berbasis Web

Prosa sebagai aplikasi berbasis web mempunyai banyak keunggulan sehingga layak dipilih sebagai sahabat para kreator dalam memproduksi kontennya.

1. Gaya bahasa dan karakter yang dihasilkan bervariasi

TTS Prosa tersedia dalam bahasa Indonesia dengan gaya bahasa dan karakter yang bervariasi sehingga sangat mirip dengan manusia. Dilengkapi juga dengan berbagai istilah populer yang ada dalam bahasa Inggris. Dan rencanaya Prosa juga akan mengembangkan TTS dalam berbagai bahasa daerah yang ada di Indonesia dan bahasa Inggris.

keunggulan text to speech prosa


Selain pilihan suara laki-laki dan perempuan, gaya bahasa jyga dapat dipilih berupa formal, ramah, penutur, ekspresif, lirih, dan juga energik. Pilihan gaya bahasa ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

2. Memiliki Pengguna 112K

Dari awal peluncurannya, pengguna terdaftar sudah mencapai 112ribu. Hal ini menandakan bahwa aplikasi berbasis web ini sangat bermanfaat dalam menterjemahkan text to speech ke dalam voice over dan Voice Maker atau Sound of Text ke dalam text. 

3. Menghasilkan 842k Suara

Banyaknya minat pengguna juga ditunjukan dengan banyaknya jumlah suara yang dihasilkan yang sudah mencapai 842 ribu suara.

4. Pertumbuhan pengguna terus meningkat

Setiap bulannya pengguna Prosa meningkat sebanyak 45%. Hal ini menunjukan animo masyarakat terhadap aplikasi berbasis web ini sangat baik.

5. Pendiri ahli dibidangnya

Para pendiri Prosa adalah orang-orang yang ahli dibidangnya yaitu ahli di bidang AI-NLP dan Ahli Linguistik Indonesia. Dengan begitu maka kualitas dari aplikasi berbasis web ini sudah tidak diragukan.

6. Memiliki tim in-house sendiri

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah Prosa memiliki tim in-house untuk data, peneliti, dan pengembang yang memiliki kemampuan sesuai dengan bidangnya.

7. Prosa dapat diakses kapan saja

TTS Prosa dapat diakses kapan saja dan dari mana saja selama 24 jam 7 hari, karena aplikasi ini berbasis sistem cloud computing. Selama kuota dan masa langganan masih aktif.

Maksimalkan Chat GPT dan TTS Prosa Untuk Konten Ramadhan

Konten Kreator Youtuber, Instagrammer, atau Tiktoker ada kalanya kehabisan ide untuk memproduksi sebuah konten, termasuk pada saat bulan Ramadhan. Namun kolaborasi Chat GPT atau Generative Pre-Training Transformer dan TTS Prosa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan ide-ide segar atau inspirasi dalam pembuatan konten, terutama bagi kreator pemula yang masih suka bingung mencari ide konten.

Chat GPT sendiri adalah Kecerdasan buatan berbasis AI yang sistem kerjanya berupa percakapan seperti sedang berinteraksi dengan manusia. Jika kamu kesulitan dalam mencari ide konten, kamu dapat bertanya melalui Chat GPT ini. AI ini akan melakukan analisa terhadap semua pertanyaan kamu dan akan memberikan saran atau jawaban yang relevan sesuai dengan data yang sudah diolah. Bisa jadi Chat GPT akan memberikan inspirasi konten yang mungkin tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya.

content creator prosa


Misalnya kamu bertanya mengenai tempat buka puasa yang nyaman dan murah di Jakarta. Maka Chat GPT akan memberikan rekomendasi beberapa tempat buka puasa yang nyaman dan murah di Jakarta yang bisa kamu nikmati selama bulan Ramadhan.

Setelah kamu mendapatkan inspirasi konten dari Chat GPT, kamu mulai dapat memproduksi konten dari awal. Mulai dari konsep, sampai dengan waktu tayang. Nah selama proses pembuatan konten itu biasanya kita akan membuat script untuk konten.

Dalam proses ini agar cepat, kita dapat mengubah script yang sudah dibuat dengan menggunakan teknologi Text to Speech yang dimiliki Prosa. Apalagi TTS Prosa mempunyai berbagai pilihan gaya dan bahasa sehingga konten kreator dapat memilihnya sesuai dengan konten yang akan diproduksi. Selain itu hasilnya juga sangat mirip dengan manusia. Namun dengan demikian karena ini adalah AI, maka kita wajib mengecek kembali konten yang sudah diproduksi apakah sudah sesuai atau belum.

Jadi buat kamu para Instagramer, Tiktoker, atau Youtuber khususnya kreator pemula jika kehabisan ide dalam membuat sebuah konten di sosial media kamu, apalagi kontennya harus cepat tayang agar momennya pas seperti konten khusus bulan Ramadhan ini, maka cukup lakukan 2 langkah saja yaitu gunakan Chat GPT dan TTS Prosa. Kolaborasi text to speech untuk konten chat gpt ini akan memaksimalkan konten kamu menjadi lebih cepat.

Tunggu apalagi yuk maksimalkan profesi kamu sebagai konten kreator dengan menggunakan Prosa Text to Speech, Voice Maker atau Sound of Text untuk membuat konten kreasi Instagram, Tiktok, dan juga Youtube. Nikmati pengalaman menggunakan TTS Prosa dengan mendaftar di situs Prosa. Mumpung sekarang Prosa sedang ada paket promo gratis. Atau kamu juga dapat berlangganan dengan harga yang sangat affordable mulai dari 29 ribu saja. 

Referensi:

https://tts.prosa.ai/
https://tts.prosa.ai/help/features
https://jabar.tribunnews.com/2022/09/23/text-to-speech-prosa-ai-mengubah-suara-dengan-mudah?page=all

8 Comment

  1. wah baru tahu ada aplikasi seperti ini sangat membantu content creator ya mbak, makasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, aku juga belajar bikin konten jadi sangat terbantu dengan artikel ini hehe

      Delete
  2. Wah boleh di coba nih sebagai seorang content creator dan YouTuber kayaknya jadi lebih bagus nih

    ReplyDelete
  3. Bagus banget aplikasinya. Jujur baru tau nih. Oke, bisa dicoba, kebetulan saya juga cukup sering bikin konten :)

    ReplyDelete
  4. Saya baru tau yang ChatGPT. Memang membantu banget untuk para content creator, asal bisa memanfaatkannya dengan baik dan tetap mengandalkan originalitas dan kreativitas sendiri.

    ReplyDelete
  5. Bagus banget ini infonya sangat bermanfaat, jadi baru tau saya kalau Fitur Text to Speech yang diberi nama TTS Prosa adalah aplikasi berbasis web yang dapat membantu mengubah text menjadi suara dengan memanfaatkan kecerdasan artifisial.

    ReplyDelete
  6. Belum pernah coba kak Mei, jadi penasaran apa yang akan aku dapat heheh apakah akan jadi aplikasi favoritku. Yang jelas ini bikin nambah pengalaman untuk content creator ya

    ReplyDelete
  7. Chat gpt emang bermanfaat banget untuk content creator. Kerjaan jadi lebih cepat. Btw, Ternyata ada yg lebih recommended ya, namanya TTS prosa. Entar mau cobain juga deh.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.