PERBEDAAN PENERAPAN UTBK 2023 DAN UTBK 2022, APA SAJA YANG BERUBAH?

UTBK SBMPTN saat ini masih menjadi jalur ujian terfavorit bagi para siswa untuk masuk ke perguruan tinggi negeri favorit mereka. Tak heran setiap tahunnya semakin banyak siswa yang mengikuti seleksi masuk lewat jalur ini.

Namun, UTBK 2023 tak akan sama lagi dengan UTBK 2022 atau tahun-tahun sebelumnya. Sebab, Kemendikbud Ristek sudah mengubah aturan SBMPTN, di mana Tes Kemampuan Akademik dihapus di tahun 2023, yang ada hanya Tes Potensi Skolastik atau TPS. Nantinya, pada Tes Potensi Skolastik, para siswa hanya perlu mengerjakan soal ujian yang berbentuk penalaran, bukan hafalan seperti sebelumnya.

bimbel utbk di quipper
Source: Canva
Recreated by Writer


Apa Saja yang Berubah Pada Penerapan UTBK 2023?

Tak hanya ujian masuknya saja yang berubah, pada UTBK 2023, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT juga sudah tak lagi menjadi penyelenggara seleksi penerimaan masuk mahasiswa baru perguruan tinggi negeri.

Sebagai gantinya, Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (B3) akan menjadi penyelenggara dan mengurus seleksi masuk perguruan tinggi negeri di tahun 2023. Ke depannya juga penyelenggara tes seleksi masuk PTN akan diurus oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Meskipun demikian, para pelajar tak perlu khawatir dengan perubahan tes tersebut. Sebab, kamu bisa mempersiapkan diri untuk UTBK 2023 yang bisa dicicil sekarang dengan mengikuti video pelajaran di Quipper. Nantinya, lewat Quipper Video, kamu bisa bimbel online berbasis video streaming melalui link berikut.

bimbel quipper
Source: https://www.quipper.com/id/video/masterclass/


Hal yang Wajib Diperhatikan untuk Penerapan UTBK 2023

Perbedaan Fokus Soal UTBK 2023 dan UTBK 2022

Sebelum mengikuti UTBK 2023, kamu harus memahami perbedaan penerapan UTBK 2023 dan UTBK 2022. Pada UTBK 2022 lalu, para peserta ujian akan lebih banyak mengerjakan soal yang berkaitan dengan teori.

Hal ini jugalah yang akhirnya membuat para siswa hanya berfokus pada mata pelajaran tertentu saja, yang sesuai dengan prodi yang mereka pilih. Akibatnya, mata pelajaran lain dianggap tidak penting dan akhirnya membuat kualitas belajar para siswa menjadi menurun.

Nantinya, hal tersebut tidak akan kamu temukan lagi di UTBK 2023. Sebab, pada UTBK 2023 akan dilakukan Tes Potensi Skolastik, yang menguji pemahaman logika, kemampuan bernalar, dan pengolahan informasi untuk pemecahan suatu masalah.

Perbedan Jenis-jenis Soal yang Diujikan

Kemudian, dalam segi soal ujian pun nantinya akan berbeda. Di UTBK 2022 lalu, siswa harus mengikuti beberapa tes, seperti Tes Kemampuan Akademik (TKA), Tes Potensi Skolastik (TPS), dan tes bahasa Inggris. Mereka juga dibagi ke dalam tiga kelompok ujian sesuai dengan prodi yang dipilih.

Misalnya saja jika memilih Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek), para peserta harus mengikuti ujian TPS, bahasa Inggris, dan TKA Saintek (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi). Untuk materi ujian kelompok ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) adalah bahasa Inggris, TPS, dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi). Sedangkan untuk materi kelompok ujian Campuran (Saintek dan Soshum), meliputi TPS, bahasa Inggris, TKA Saintek, dan TKA Soshum.

Sedangkan di UTBK 2023, tak akan ada lagi soal berdasarkan dengan kelompok ujian seperti pada tahun 2022. Yang ada hanya Tes Potensi Skolastik akan mengukur kemampuan para siswa berdasarkan potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris.

Intinya, UTBK 2023 mendatang akan lebih mementingkan proses belajar siswa  dalam mencerna ilmu yang ada. Misalnya pada potensi kognitif, yang berhubungan dengan keterampilan seseorang dalam memperoleh dan menggunakan informasi atau pengetahuan. 

Siswa yang potensi kognitifnya baik adalah mereka yang luwes ketika berinteraksi dengan informasi yang dikemas dalam suatu teks atau peristiwa. Mereka bisa menemukan, menghubungkan, memaknai, dan menilai informasi sesuai dengan instruksi yang diberikan.

Sedangkan pada bagian penalaran berkaitan dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, dan sesuai prinsip yang digunakan. Di bagian ini, siswa akan diuji untuk bisa menganalisis, memprediksi, dan membuat kesimpulan berdasarkan informasi yang ada. Kamu juga harus cermat melihat pola, data, dan kebenaran pada teks, agar kesimpulan yang dipilih bersifat logis dan berlandaskan fakta.

Begitu pun pada bagian literasi, kamu harus menunjukkan bagaimana cara mencerna ilmu dan menguraikannya kembali menggunakan bahasamu sendiri. Namun, cakupan literasi pun tak hanya sebatas itu saja, lho.

Literasi juga mencakup kemampuan kita dalam mengolah informasi untuk kecakapan yang penting dalam hidup kita. Misalnya siswa yang terampil literasi bahasa Inggris, bukan berarti mereka sangat pintar dalam hal grammar, tetapi juga bisa memperoleh informasi dengan seksama di dalam kandungan bahasa tersebut.

Mempersiapkan UTBK 2023 Bersama Quipper

Nah, meskipun aturan dan penerapan UTBK SBMPTN 2023 berubah, bukan berarti kamu harus khawatir. Cukup dengan memahami pelajaran dan memahami cara bernalar yang baik, kamu bisa menghadapi ujian dengan tenang.

Namun, untuk mempersiapkan ujian dengan baik, kamu juga bisa mencoba mengikuti bimbingan belajar, seperti bimbel utbk Quipper. Sebagai konsultasi belajar terbaik, Quipper juga memiliki berbagai fitur unik yang bisa membantu para pelajar mencapai tujuan mereka untuk masuk perguruan tinggi negeri favorit.

bimbel utbk quipper
Source: https://www.quipper.com/id/video/masterclass/


Beberapa fitur unik yang bisa kamu temukan, seperti memahami konsep lebih mudah dengan Solusi Quipper (SUPER) dari Super Teacher favorit kamu. Kemudian belajar jadi semangat dengan video animasi, latihan soal HOTS, dan materi sesuai kurikulum nasional, serta belajar interaktif dengan tutor dan coach terbaik.

17 Comment

  1. Semakin kesini jalur penerimaan mahasiswa makin bikin dag dig dug ya kak. Tapi untungnya udah banyak juga media pembelajaran yang layak direkomendaai demi kesiapan calon mahasiswa/i contohnya saja Quipper ini ya

    ReplyDelete
  2. Sekarang semuanya berubah ya Kak. Bahkan yang ngatur untuk masuk ke perguruan tinggi saja udah berubah. Tapi seperti apapun, persiapan memang yang terpenting sih. Mau berubah kayak apa kalau udah siap sih oke2 aja hehehe

    ReplyDelete
  3. UTBK perlu dipersiapkan dari sekarang biar ada bekal dan gak kagetan pas jelang ujian. Apalagi memang sebaiknya gak hanya pelajaran tertentu aja ya yang dikuasai tapi semua yang terkait

    ReplyDelete
  4. Memang ya. Mau apapun harus butuh perjuangan. Termasuk masuk kuliah. Setiap tahun punya tantangannya masing-masing. Mau gimana pun proses ujian masuknya. kalau kita nggak mau belajar dan berusaha ya nggak bakalan bisa sih.
    Beruntungnya nih ada bimbel buat persiapan UTBK dari Quipper.

    ReplyDelete
  5. Yang saya amati dan dapat bocoran dari suami yg juga kerja di dunia pendidikan, banyak istilah baru yang sering diubah ubah sementara praktiknya ya gitu gitu saja. Hehehe... Beda menteri beda kebijakan dan istilah katanya

    ReplyDelete
  6. nanti ujiannya kayak tes masuk kerja gitu ya, tes psikologi atau penalaran yang lebih ditonjolkan.
    bisa direkomendasikan ke saudara atau kerabat yang anaknya tahun depan ujian nih, ehh iyah kebetulan ada satu ponakanku nanti yang bakalan tamat SMA dan InsyaAllah mau lanjut kuliah juga, biar nanti bisa ikut bimbel UTBK di Quipper buat hadapi ujian masuk perguruan tinggi impian.

    ReplyDelete
  7. wah jadi makin mudah apa susah ini ya, hehe.. tapi rasanya jadi lebih logis aja ya tes nya begitu, kecuali mungkin untuk jurusan tertentu yang memang membutuhkan pemahaman teori khusus :) senang sih makin banyak model bimbingan belajar mudah kaya Quipper ini

    ReplyDelete
  8. Wah ada perubahan rupanya untuk UTBK. Mudah-mudahan sistem yang baru ini mempermudah para siswa yang akan test ya. Semoga prosesnya juga gak pakai ribet dan pada akhirnya menghasilkan generasi muda yang berprestasi dan sukses. Tapi memang, tak ada yang instan, makanya perlu ikut bimbel biar makin mantap

    ReplyDelete
  9. Wah iya, utbk di depan matà.
    Butuh persiapan dari sekarang ya mbak

    ReplyDelete
  10. Persiapan emang yang paling terutama.. belajar, belajar, belajar, dan belajar.. cuma itu aja sih sebenernya.. jadi kangen masa-masa skul deh hehe

    ReplyDelete
  11. Untung anakku udah gak perlu ikutan lagi. Makin selektif ya sekarang penerimaan mahasiswa baru. Tapi bagus sih, supaya kualitas SDM masa depan jadi lebih baik. Untungnya sekarang ada Quipper ini yang bisa jadi media belajar dan persiapan bagi calon mahasiswa

    ReplyDelete
  12. Anakku kemarin uda latihan UTBK sejak kelas 5 SD.
    Dan memang rasanya bikin anak-anak kembali adaptasi sebab menggunakan sistem komputasi. Semua serba digital. Pengalaman ini kudu banget disesuaikan dengan kemampuan ananda untuk mengira-ngira seberapa banyak waktu yang dimiliki untuk masing-masing soal.

    ReplyDelete
  13. Waah bimbel UTBK 2022 sama soon UTBK 2023 ternyata ada perbedaannya ya kak. Untung ada Quipper yang siap bantu anak-anak mempersiapkan UTBK

    ReplyDelete
  14. sekarang fasilitas bimbel online sudah banyak ya piliihannya, termasuk Quipper ini. belajar jadi lebih fleksibel

    ReplyDelete
  15. bagi yang mau kuliah di tahun 2023 harus banget baca artikel ini nih biar gak terjebak dengan soal-soal 2022 yang akan sedikit berbeda dengan 2023. Nah, ikut bimbel bisa jadi salah satu solusi biar tahu kisi-kisi dan sering latihan

    ReplyDelete
  16. Duh, jadi pengen lulus SMA dan coba ujian jenis baru ini lagi deh yang nggak cuma sekadar hapalan tapi juga penalaran. Semangat buat dedek-dedek gemes tahun depan, semoga nyantol di kampus idaman!

    ReplyDelete
  17. wah ada lagi ya aplikasi untuk belaajr online. kayaknya seru karena memang belaajr pakai video itu lebih menyenangkan ya Mba

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.