PILIHAN UNIVERSITAS TERBAIK DI DUNIA TAHUN 2022 UNTUK JURUSAN PARIWISATA

Buat kamu yang hobi jalan-jalan dan berniat melanjutkan studi di bidang pariwisata, kamu dapat melanjutkan pendidikan kamu di luar negeri. Salah satu yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih kampus mana yang ingin kamu ambil, adalah mengenai reputasi universitas. Reputasi universitas akan mewakili kualitas kampus tersebut. Nah, apakah kamu sudah mempunyai daftar pilihan universitas terbaik di dunia untuk jurusan pariwisata?

universitas terbaik dunia


5 DAFTAR KAMPUS TERBAIK DI DUNIA JURUSAN PARIWISATA

Daftar kampus ini berdasarkan penilaian dari Quacquarelli Symonds (QSWorld University Ranking 2022. Yaitu salah satu perusahaan pendidikan dan penyaran karir yang terpercaya untuk mengeluarkan peringkat universitas di dunia. Ini dia daftar kampus terbaik yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan studi kamu dalam bidang pariwisata. 

1. Ecole Hoteliere de Lausanne (EHL) - Switzerland

Kampus terbaik pertama di dunia jurusan Pariwisata tahun 2022 adalah Ecole Hoteliere de Lausanne (EHL). Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1893. Kampus ini menawarkan program sarjana dan master. Selain itu, juga menawarkan program sertifikasi. Kampusnya tersebar di Swiss, Hongkong, dan Houston - Amerika Serikat.

Biaya untuk program sarjana berdasarkan data dari situs EHL periode 2022 untuk Sarjana sekitar 2.5 milyar rupiah untuk 4 tahun atau sampai dengan lulus. Sementara untuk program Master, biaya yang harus dikeluarkan sekitar 515 juta rupiah.

Harga yang sangat fantastis, namun tentu saja berbanding lurus dengan kualitas dan kolega yang akan anda dapatkan selama kuliah di kampus yang beralamat di Route de Cojonnex 18, 1000 Lausane 25, Switxerland ini. Sayangnya kampus yang fokus dengan jurusan pariwisata ini belum menawarkan program doctor atau Ph.D.

2. University of Nevada Las Vegas (UNLV) - Amerika Serikat

Kampus terbaik ke-2 di dunia untuk jurusanpariwisata tahun 2022 adalah Universitas Nevada di Amerika Serikat. Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1957. Dengan mahasiswa mencapai 29 ribu orang.

Kampus yang beralamat di 4505 S Maryland Pkwy, Las Vegas, NV 89154, Amerika Serikat ini mempunyai program sarjana, master, dan doctor.

3. Swiss Hotel Management (SHS) - Switzerland

Kampus terbaik ketiga untuk jurusan pariwata tahun 2022 ini, menekanan pada kurikulum perhotelan Swiss dan dikombinasikan dengan kompetensi manajemen internasional. Kampus yang mempunyai 2 kampus yaitu di Caux Palace Campus dan Leysin Campus sama dengan EHL, menyediakan program diploma dan sarjana sampai dengan master. Untuk program Ph.D. belum tersedia.

Kampus SHS sempat mendapatkan penghargaan bergengsi Apple Distinguished School yaitu penghargaan untuk institusi pendidikan menggunakan teknologi inovatif untuk mendukung kegiatan belajar mengajarnya.

Dilansir dari lamannya https://www.shms.com/ biaya yang harus dikeluarkan untuk program diploma selama satu tahun sekitar 35.800 CHF atau sekitar 547 juta rupiah. Biaya ini sudah termasuk dengan biaya hidup. Sementara untuk program sarjana biaya yang harus dikeluarkan sekitar 142.600 CHF atau sekitar 2.24 milyar rupiah. Sementara untuk program master sekitar 40.900 CHF - 42.700 CHF atau sekitar  643 - 672 juta rupiah, sesuai dengan jurusannnya.

4. Glion Institute of Higher Education - Switzerland

Kampus yang sudah berdiri sejak September 1962 ini berfokus pada sekolah manajemen perhotelan yang berkelas internasional. Universitas ini menyediakan program Sarjana dan Master dan belum tersedia untuk program S3. 

Kampus yang mengusung moto Service Excellence ini, mempunyai sebuah program Guaranteed Paid Internship alias magang sambil dibayar. Pastinya akan membuat mahasiswanya mahir secara teori juga sebagai praktisi.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk program sarjana sekitar 200.450 CHF atau sekitar 3.06 milyar rupiah untuk empat tahun dan sudah termasuk biaya hidup dan lainnya. Sementara biaya untuk program master adalah 53.080 CHF atau sekitar 810 juta rupiah untuk biaya kuliahnya saja.

5. Les Roches Global Hospitality Education - Switzerland

Les Roches Global Hospitality Education merupakan salah satu kampus ternama di Switzerland yang mengkombinasikan inovasi dan entrepreneurship dalam proses belajar dan kurikulumnya memiliki jurusan dari sarjana sampai dengan pascasarjana. Salah satu kampus terbaik dalam pariwisata ini juga menyediakan kelas eksekutif dan juga kursus.

Dilansir dari laman Les Roches Global Hospitality Education sendiri, biaya yang harus dikeluarkan untuk program Diploma selama 1 tahun kurang lebih 470 juta sudah termasuk biaya hidup. Untuk program sarjana sekitar 2.8 milyar sampai dengan lulus kurang lebih 4 tahun. Biaya ini juga sudah termasuk biaya hidup. Sementara untuk program Master biaya yang harus dikeluarkan sekitar 893 juta rupiah selama satu tahun dan sudah termasuk biaya hidup.

Itu dia daftar universitas terbaik di dunia untuk jurusan pariwisata beserta biaya yang harus dikeluarkan untuk kuliahnya. Angka-angka yang sangat fantastis.

SUMBER DANA UNTUK BIAYA KULIAH

Lalu bagaimana strateginya untuk dapat tembus ke kampus-kampus hebat berkelas international ini. Pastinya persiapkan dana untuk biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya lainnya. Dan ini dia beberapa alternatif sumber dana yang bisa kamu gunakan sebagai bekal untuk biaya kuliah.

sumber dana pendidikan


1. Menabung

Menabung menjadi salah satu alternatif untuk kamu bisa melanjutkan pendidikan kamu termasuk di luar negeri. Sebagai orangtua, rencanakan pendidikan anak dalam bentuk tabungan secara teratur setiap bulannya sejak anak-anak masih kecil. Kamu juga bisa menabung dalam bentuk tabungan biasa atau asuransi pendidikan. Hal ini juga berlaku buat kamu yang ingin kuliah dengan biaya sendiri, menabunglah.

2. Beasiswa

Jika kamu mempunyai prestasi atau mempunyai keahlian khusus dan berniat untuk melanjutkan studi, kamu dapat mengajukan beasiswa yang sesuai dengan keahlianmu. Beasiswa tersebut biasanya bisa didapat dari universitas tujuan, pemerintah, perusahaan swasta, perorangan, atau lembaga lainnya penyedia dana beasiswa. Rajinlah mencari informasi yang memberikan dana beasiswa sesuai dengan keahlian atau jurusanmu.

3. Investasi

Salah satu cara mengatur keuangan agar dapat melanjutkan kuliah ke luar negeri adalah dengan melakukan investasi. Misalnya membeli emas. Emas dari waktu ke waktu semakin naik harganya. Semakin lama kamu menyimpannya, maka harganya akan semakin naik. Tentu saja ini bisa kamu jadikan alternatif sebagai sumber dana kamu untuk pendidikan.

4. Mengajukan dana pendidikan

Alternatif terakhir yang bisa kamu lakukan, jika tabungan, beasiswa, dan investasi belum terpenuhi adalah dengan mengajukan dana pinjaman untuk pendidikan. Daftar dengan pilihan universitas terbaik di dunia memang sangat mahal untuk biaya kuliahnya. Namun sebanding dengan kualitas dan benefit yang akan didapat. Jadi tidak ada ruginya jika kamu melakukan investasi pendidikan baik untuk anak-anak mapun diri kamu sendiri, dengan melakukan pinjaman dana pendidikan dari pihak bank atau lembaga lainnya.

Nah tunggu apa lagi yuk segera temukan pilihan universitas terbaik di dunia sesuai dengan jurusan yang kamu minati. Dan jangan lupa siapkan dananya secara matang. Menyelam sambil minum air. Sekolah sambil jalan-jalan. Dapat ilmunya dan pengalaman travelingnya juga.

SUMBER DATA

https://www.topuniversities.com/university-rankings/university-subject-rankings/2022/hospitality-leisure-management
https://www.shms.com/en/admissions-swiss-hotel-management-school/#fees
https://www.ehl.edu/en/admission-fees/fees-scholarships
https://lesroches.edu/apply/tuition-fees/
https://www.glion.edu/apply-to-glion/tuition-fees/

12 Comment

  1. Ternyata kuliah di bidang pariwisata dan perhotelan juaranya ada di Swiss ya. Kualitas terbaik dengan kurikulum standar internasional

    ReplyDelete
  2. Fantastis sekali ya biaya kuliah perhotelan di Switzerland ini, tapi bedanya dengan Indonesia lebih mahal yang S1 dibanding S2, jadi alternatifnya ambil yang S2 aja di sana plus dapat pengalaman kerja lagi di sana

    ReplyDelete
  3. Makasih nih infonya. Nnt sy ahare ke sodara yg berminat kuliah pariwisata. Tp kudu siap² kocek banyak jg yaa. Or hunting beasiswa.. Seperti tipsnya 👍

    ReplyDelete
  4. Melihat biayanya yang fantastis rasa-rasanya mewujudkan kuliah di bidang pariwisata standar dunia begini kemungkinan terbesar cuma ngarep dana beasiswa ya kak. Segudang pengalaman sekaligus bisa traveling ke tempat indah bakalan jadi memori tak terlupa

    ReplyDelete
  5. Mantappu mb...informatif sekali dan memudahkan adek2 yang berencana kuliah di luar

    ReplyDelete
  6. Pas SMA pernah ikut presentasi dari kedutaan Swiss soal univ di negaranya. Emang unggulannya pariwisata. Dulu juga ada teman SMA yang akhirnya kuliah pariwisata di sana.

    ReplyDelete
  7. Kalau kampus luar negeri kayaknya sudah lumrah mengajukan dana pinjaman pendidikan. Kalau didalam negeri, entah, mungkin ada, tapi tidak lumrah digunakan

    ReplyDelete
  8. Thankyou for sharing harus dibaca adik saya nih yang baru lulus SMA masih bingung haha

    ReplyDelete
  9. Anak-anak kuliahnya masih lama, lebih dari sepuluh tahun lagi. Insyaallah. Namun, persiapannya harus dari sekarang, ya. Kalau serba dadakan mah pasti berabe.

    ReplyDelete
  10. Wah noted. Sangat bermanfaat nih. Bisa dishare ke teman2 yang anaknya mau masuk kuliah. Thanks kak imfonga

    ReplyDelete
  11. Ternyata di luar negeri jurusan pariwisata mahal. Semoga di mudahkan gusti yeni

    ReplyDelete
  12. Ngiler banget bacanya. Dari dulu kepengen banget kuliah di luar negeri tapi aku juga belum melakukan usaha lebih sih, hehehe. ..

    Kalau bukan beasiswa, biayanya memang wow banget, ya. Tapi katanya untuk urusan kesehatan, orangtua, dan pendidikan, nggak boleh perhitungan.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.