25 CARA JITU MEMBUAT BLOG LEBIH MENARIK

Salah satu sumber informasi yang bisa kita ambil dan biasanya informasi yang disampaikan banyak berdasarkan pengalaman pribadi adalah situs perorangan seperti blog pribadi. Blog pribadi yang ditulis oleh para blogger ini, memiliki berbagai niche yang beranekaragam dan mempunyai tampilan yang berbeda-berbeda.

cara membuat blog menarik


Selain mengetahui cara membuat blog gratis, kita sebagai pemilik blog wajib tahu juga bagaimana cara membuat blog pribadi menarik khususnya bagi para pemula. Sehingga para pembaca akan betah dan berlama-lama di blog kita. Menarik di sini tidak hanya dari konteks, tapi juga dari sisi konten. Sehingga sebagai blogger pemula khususnya, wajib menerapkan beberapa tips untuk membuat blog menarik.

CARA MEMBUAT BLOG MENARIK BAGI PARA PEMBACA

Ini dia beberapa cara membuat blog pribadi menarik ala meimoodaema.com bagi para pembacanya.

1. GUNAKAN TEMPLATE CUSTOM

Pertama kali saya mengunjungi blog orang, biasanya saya akan melihat template atau tampilan blognya. Jika menarik dilihat, saya akan betah dan berlama-lama mengunjungi blog tersebut. Membaca setiap tulisan meskipun tidak berkaitan dengan yang saya cari. Jadi template blog itu menjadi first impression para pengunjung sehingga wajib banget memilih template yang menarik dan juga simpel. 

Pertama, wajib Responsive atau user friendly baik digunakan di desktop maupun di HP. Kedua, Navigasi jelas. Saya sering berkunjung ke blog orang untuk mencari informasi tapi ternyata navigasinya cukup rumit, harus scroll sampai bawah atau sampai atas dulu, biasanya akan saya langsung tinggalkan untuk jenis blog seperti ini.

Ketiga, fast response. Kalau menemukan blog yang loading-nya lama, saya biasanya langsung akan meninggalkan dan mencari situs lain. Jadi penting sekali loading page to page itu cepat dalam sebuah blog. 

Keempat, simpel. Simpel di sini artian tidak terlalu banyak informasi yang ditampilkan semisal widget yang berlebihan sehingga mengganggu tampilan dan juga loading. Jadi usahakan seminimal mungkin untuk desainnya.

Pilihlah atau gunakan template custom yang fast loading, user friendy, fast responsive, dan juga SEO friendly. Banyak penyedia template gratis sampai dengan berbayar.

2. STRUKTUR BLOG

Sruktur blog di sini adalah halaman utama blog yang kamu miliki. Pada bagian header atau bagian atas pastikan terdapat nama judul blog dan bisa ditambahkan dengan tagline blog kamu. Judul blog dan tagline yang menarik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca.

Kemudian, tersedia menu navigasi atau label atau kategori artikel yang kamu buat. Terdapat kolom pencarian artikel untuk memudahkan pembaca mencari dengan cepat. Menampilkan juga informasi tentang pemilik blog serta sosial media yang dimiliki.

DI bagian tengah bisa berisi dengan artikel-artikel yang kamu miliki, menu popular post atau recent post,  artikel rekomendasi, subscribe post, pengunjung, atau arsip blog. Sementara untuk bagian footer, kamu bisa mengisi dengan disclaimer, privacy policy, atau koneksi langsung dengan akun sosial media kamu.

3. STRUKTUR ARTIKEL

Selain struktur blog, struktur pada artikel juga sangat penting. Karena dengan adanya struktur pada artikel mempermudah pembaca fokus pada apa yang dibahas melalui pemberian heading. Mulai dari heading 1, heading 2, heading 3, dan seterusnya. Sehingga pembaca paham poin-poin yang dijelaskan atau yang dimaksudkan oleh penulis pada masing-masing heading. Jika dalam blogspot kamu bisa memanfaatkan Judul, Subjudul, Judul Kecil.

4. DESAIN BLOG MOBILE FRIENDLY

Saat ini lebih banyak orang mengakses internet dengan menggunakan HP dibandingkan dengan desktop atau PC. Jadi agar blogmu menarik, gunakanlah desain blog yang user friendly yang responsive saat dibuka di HP ataupun di desktop.

5. NAVIGASI MENU

Untuk memudahkan pembaca berselancar di blog kamu, wajib membuat navigasi yang jelas melalui pengelompokan artikel dengan memberikan label atau kategori. Sehingga pembaca dapat memilih kategori atau label mana yang ingin mereka kunjungi dengan mudah. Sekaligus juga mempermudah dan mempercepat pembaca menemukan apa yang mereka cari dengan cepat.

6. GUNAKAN LOGO SEBAGAI CIRI KHASMU

Salah satu cara membuat blog yang menarik adalah dengan menyematkan logo khas kita sebagai pemilik blog di blog kamu. Bisa berbentuk tulisan atau gambar seperti avatar yang bisa kamu buat dengan aplikasi secara gratis. Gambar atau logo ini akan mudah diingat oleh para pembacamu sebagai ciri khas kamu.

7. LENGKAPI PROFIL DAN KONTAK

Tak kenal maka tak sayang. Sebagai blogger tentunya kamu ingin pembacamu mengenalmu dengan baik. Siapa penulis yang selama ini mereka baca tulisannya. Jadi jangan lupa lengkapi profil blogmu, sehingga pembaca mengenal siapa kamu dan tentu saja hal ini akan memberikan daya tarik tersendiri untuk pembaca setiamu.

Jangan lupa cantumkan juga kontak kamu misalnya berupa email atau nomor telepon jika kamu tidak keberatan. Sehingga pembaca bisa langsung mengontakmu jika ada keperluan. Di satu sisi jika ada klien yang ingin melakukan kerjasama juga semakin mudah bukan?

Apalagi jika blog kamu memiliki performance bagus. Seperti Domain Rate (DR), Domain Authority (DA), dan juga Page Authority (PA) yang tinggi. Tentu saja akan dilirik oleh banyak klien. Juga semua artikel kamu sudah terindeks di Google Search Console dan Google Analytic .

8. LENGKAPI BLOG DENGAN WIDGET

Tips lain cara membuat blog yang menarik adalah dengan menambahkan widget di blog. Penempatan dan penambahan widget bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya widget popular post, latest post, sosial media, banner komunitas, subscribe email, visitor, dan lainnya.

9. GUNAKAN WARNA BACKGROUND CERAH

Selain lebih berkesan bersih dan juga terang, warna background cerah pada blog kita memberikan kesan nyaman pada mata pengunjung. Karena biasanya warna dengan latar belakang yang cerah seperti putih terbiasa dengan mata kita sebagai manusia. Biasa dipadupadankan dengan font berwarna gelap misalnya hitam.

Dan sebaliknya, jika warna background gelap makan font yang harus digunakan berwarna terang, seperti kuning, merah, pink dan lainnya. Font warna-warni ini tidak familiar di mata. Saya pribadi sangat tidak nyaman membaca dengan background gelap dan tulisan yang berwarna-warni. Akan cepat merusak mata.

10. MENGGUNAKAN DOMAIN TOP LEVEL DOMAIN (TLD)

Jika kamu mulai serius menulis blog dan ingin terlihat lebih profesional serta ingin menghasilkan uang, berpindahlah ke blog berbayar atau TLD. Selain memperpendek alamat blogmu sehingga mudah diingat, biasanya beberapa perusahaan yang ingin bekerjasama lebih memilih blog-blog yang sudah TLD, karena menunjukan bahwa pemilik blog lebih profesional dan serius mengelola blognya.

11. OPTIMASI GAMBAR

Untuk membuat blog kita makin menarik pembacanya, tambahkan gambar yang menarik dan masih berkaitan dengan tema yang kita tulis tentunya. Namun jangan juga terlalu banyak gambarnya, kemudian jika kamu tidak memiliki gambar yang dirasa menarik, boleh menggunakan gambar milik orang lain dengan catatan mencantumkan sumbernya, sebagai bentuk etika menulis dan juga kredit kepada pemiliknya. Saya pribadi suka jika membaca blog dengan banyak gambar atau infografis.

12. SEMATKAN SOSIAL MEDIA

Jangan lupa tampilkan sosial media yang kamu miliki, hal ini salah satu cara blog kamu menjadi menarik untuk para pembaca. Sehingga mereka juga mengetahui bahwa kamu aktif dan memiliki sosial media yang tentu saja akan mempermudah komunikasi. Sekaligus juga bisa menjadi portofolio kamu, dan siapa tahu ada klien yang sedang mencari content creator untuk diajak kerjasama dan niche kamu sesuai dengan apa yang mereka cari. Who knows?


blog menarik dengan sosial media
Sumber: Canva


13. MEMBERI WARNA BEDA UNTUK SEMUA LINK

Dalam menulis artikel blog, biasanya kita akan menggunakan beberapa tautan. Baik itu ke internal artikel atau juga ke artikel luar. Berilah warna yang berbeda, sehingga memudahkan pembaca jika ingin mengklik tautan tersebut.

14. DESAIN KOLOM KOMENTAR YANG MUDAH

Pernah berkunjung ke blog orang lain dan berniat ingin memberikan komentar, tapi wajib login ke salah satu akun sosial media? Buat saya pribadi, blog ini termasuk jenis blog yang tidak user friendly. Karena tidak semua orang selalu login sosial media di HP atau desktop. Desain juga untuk kolom komentar yang mudah ditemukan oleh pembaca.

Jika sulit ditemukan kolom komentarnya atau harus login ke salah satu akun sosial media, pada akhirnya orang memutuskan untuk tidak jadi memberikan komentar atau ulasan positif di blog kamu. Kalaupun untuk menghindari komen spam, kamu bisa melakukan moderasi untuk semua komen yang masuk.

15. RELATED POST

Dengan adanya menu related post ini, sangat membantu pembaca jika ingin membaca post artikel yang masih berkaitan tanpa harus mencari-cari terlebih dahulu. Selain dari sisi tampilan, navigasi yang mudah juga membuat pembaca tertarik berlama-lama berselancar di blog kita.

16.  LAKUKAN INTERAKSI

Jika ada pembaca yang meninggalkan komentar di blog kamu, lakukan interaksi dengan cara membalas komentar yang mereka sematkan. Jika pembaca sama-sama mempunyai blog, berkunjunglah ke blog yang mereka miliki dan tinggalkan jejak melalui komentar. Hal ini bisa membuat daya tarik tersendiri bagi pembaca setiamu.

17. TIDAK MENGGUNAKAN BANYAK FONT

Pernah melihat sebuah artikel yang hurufnya berbeda mulai dari judul sampai dengan footer. Jika mirip-mirip mungkin tidak begitu menganggu, namun jika berbeda jauh, penggunaan font yang terlalu banyak ini cukup mengganggu para pembaca, apalgi ukuran font-nya berbeda jauh.

18. SOCIAL MEDIA SHARE

Beberapa blog yang saya kunjungi tidak menyediakan menu share ke sosial media. Padahal ini sangat bermanfaat jika ada pembaca ingin melakukan share artikelmu ke orang lain. Tentu saja hal ini akan membantu artikelmu lebih mudah dikenal oleh orang lain.

sosial media
Sumber: Canva


19. PILIH DOMAIN YANG UNIK

Memilih domain yang unik sebagai alamat blog kamu, juga menjadi salah satu hal yang menarik. Karena namanya unik, mudah diingat sehingga orang bisa saja tertarik untuk terus mengeksplor konten-konten yang ada dalam blog kamu. Tapi ingat karena alamat domain hanya dibuat satu kali dan di awal, jadi tentukan nama yang unik saat kamu akan membuat blog.

20. TAGLINE BLOG

Salah satu hal menarik yang bisa kamu lakukan untuk membuat blog kamu menarik adalah dengan membuat tagline blog kamu. Tagline ini biasanya sifatnya unik, jadi sekali membuatnya akan selalu diingat oleh pembaca. Jadi buatlah tagline blogmu semenarik mungkin dan sisispkan di header blog kamu.

21. KONTEN TULISAN YANG MUDAH DIPAHAMI

Berpindah ke isi tulisan, pastikan ketika kamu menulis artikel, gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta mudah dipahami oleh para pmbaca kamu. Jika ingin menggunakan istilah yang belum familiar atau istilah tertentu yang tidak umum, maka berikan penjelasan. Sehingga pembaca bisa memahaminya. Gunakan teknik storytelling yang baik dengan bahasa yang sederhana.

22. TERSEDIA RUANG KOSONG

Cara lain untuk membuat blog kamu menarik adalah dengan menyediakan ruang kosong di blog kamu. Maksudnya adalah jangan terlalu penuh dengan widget atau lainnya. Sehingga membuat pembaca merasa lelah berselancar di blog kamu.

23. JANGAN GUNAKAN HURUF BERWARNA WARNI

Pernah mengunjungi blog dengan warna tulisan beranekaragam? Ada biru, pink, merah, hitam, bahkan kuning. Mungkin maksudnya untuk highligh informasi yang ingin disampaikan. Namun malah justru menganggu. Jadi minimalkan warna-warni huruf dalam sebuah artikel. Karena terlalu banyak warna tulisan akan membuat mata cepat lelah. Hal ini akan membuat pembaca segera keluar dari blog kamu.

24. GUNAKAN UKURAN HURUF SEDANG

Saya sering mengunjungi blog yang menggunakan huruf terlalu kecil dan ada juga yang terlalu besar. Untuk saya pribadi penggunaan ukuran huruf seperti ini malah membuat mata sakit dan mengganggu. Sekaligus juga tidak enak dipandang mata. Jadi gunakan ukuran huruf yang sedang. Lakukan preview dulu sebelum melakukan publish artikel.

25. CONTENT EVERGREEN

Salah satu tips cara membuat blog menarik dan menghasilkan uang, selain dari sisi tampilan, adalah juga dengan isi konten. Buatlah konten-konten yang berbobot dan tak lekang oleh waktu. Misalnya jika kamu nichenya tentang traveling, buatlah konten pengalaman kamu traveling, tentang tips, dan lainnya. Tulisan seperti ini akan terus diburu oleh pembaca.

Itu dia beberapa tips cara membuat blog kamu menarik di mata pembaca kamu. Apalagi kamu sebagai blog pemula, wajib banget menerapkan tips berikut agar traffic blog kamu terus meningkat.

23 Comment

  1. mantap nih tipsnya banyak banget tapi emang penting semua sih ya

    ReplyDelete
  2. Sudah melakukan beberapa langkah di atas cuma template dan logo aja nih yg selalu mikir banget, template aja konsul sama teman-teman, menggalau karena banyak template yg dimau

    ReplyDelete
  3. Tipsnya keren, Mbak. Saya langsung menengok blog saya. Dan wow.. ternyata masih banyak yang harus saya benahi, walau tidak senorak dulu.
    Dulu itu, pas awal baru punya blog, segala macam saya pasang. dari jam, ikan koi, tanggalan sampai salju turun hahaha.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih banyak infonya. Sangat membantu nih. Saya nggak kepikiran beberapa hal seperti ruang kosong itu.

    ReplyDelete
  5. Pakai logo memang perlu juga sih, karena ada kalanya daku suka memerhatikan logo manteman kala blogwalking hehe. Kalau logonya unik gitu suka jadi inspirasi, dan jadi cerminan juga terkait Niche nya

    ReplyDelete
  6. naahh tampilan itu memang penting ya, gak cuma untuk diri sendiri tapi tampilan blog juga harus eyecatching doong, kalau templatenya putih, bersih dengan font yang proporsional, ukuran yang cocok pasti kita jadi nyaman berlama-lama di blog tersebut.
    hmm, interaksi, saya berapa tahun belakangan ini udah gak pernah lagi balas-balas komen yang masuk nih *sok sibuk banget deh upss

    ReplyDelete
  7. Tips yang menarik banget.
    Begitu melihat blog sendiri auto nyengir saya, gimana gak, templenya aja temple gratisan dari WP.
    Masih banyak banget yg perlu dibenahi di blognya, hiks.
    Makasih tips-nya mba.

    ReplyDelete
  8. Kalau blog kita menarik, pasti banyak pengunjung yang betah datang ya mbak
    Ternyata ada 25 cara ya agar blog punya tampilan yang menarik

    ReplyDelete
  9. Bikin blog lebih menarik emang gampang-gampang susah sih. Kadang nggak ngerti kudu gimana. Kalau ada tipsnya begini sih enak. Bisa ditiru. Thank you, kak.

    ReplyDelete
  10. Wah, tipsnya banyak sekali nih.. Bisa dicoba satu" deh kalau pas senggang.. Hehee,,

    Oya, untuk poin 8 penambahan widget mungkin ssuai kbutuhan aja ya, karena klo kebanyakan bisa bikin blog jadi lemot.. Ya gak sih?

    ReplyDelete
  11. Kalau mau serius ngeblog, semua tips di atas harus dilakukan. Selain itu, juga harus konsisten menulis.

    Mari kita semangat ngeblog.

    ReplyDelete
  12. Banyak banget ya kak yang harus diperhatikan saat ngeblog. Tapi aku setuju sih 25 hal ini harus dilakukan biar blog kita mkn bagus selain dari sisi kontennya ya.

    ReplyDelete
  13. Yep, bener banget semua tipsnya nih apalagi content evergreen tuh emang sukses bikin pengunjung ada terus. Meski postingannya udah beberapa tahun lewat pun tetap ada aja yang mengunjungi. Thanks ya kak lengkap banget nih tipsnya buat bikin blog jadi lebih menarik.

    ReplyDelete
  14. Keren nih tipsnya...Perlu segera dipraktekkan nih biar blog bisa jadi lebih menarik dan kece. Dan yang paling PR buatku kayaknya tuh bikin content evergreen. Blog tampilannya kece tapi kontenya gitu doang, ya gitu deh jadinya...hehehe

    ReplyDelete
  15. Nah inii aku jg sependapat sama yg konten evergreen kak, kebanyakan pv ku juga dari pembaca buku yg nyari review gituuu

    ReplyDelete
  16. Kak Meii..
    Hehhe, aku jadi ikutan bikin ceklist apa yang sudah aku lakukan dan belum lakukan agar blog tampak lebih menarik bagi pembaca.
    Seringkali kita menjadikan diri kita standart yaa.. Padahal kenyamanan pembaca itu yang seharusnya dijadikan tolak ukur.

    Terimakasih insightnya kak Mei.

    ReplyDelete
  17. Kalau saya sih pastinya harus punya navigasi yang mudah dan saat dibuka enggak harus nunggu lama alias lambat loading
    Marena meski rapi tapi kalau lama dibuka tentu bikin sakit hati

    ReplyDelete
  18. Tips nya banyaaaakk banget mbaa asik nih.. aku mau niru beberapa nih.. nyicil 😎😎

    ReplyDelete
  19. Wah banyak jg ya tips nya hihii.. mantap semua deh mbak emang kudu "dipelihara" ya kalau punya blog, biar kualitasnya tetap terjaga

    ReplyDelete
  20. Nah, content evergreen ini biasanya dari artikel organik ya. Huhu.. Sekarang usah mulai jarang nulis organik. Waktunya itu lhoo.. (Alesaan) Padahal klo diinget2 tulisan zaman dulu saat masih nulis suka2 emang nyumbang trafik gede sih. Sekarang blog udah kayak etalase. Trafik nyungsep lagi. Duh PR ku banget ini...

    ReplyDelete
  21. Wah ternyata banyak yang harus diperhatikan nih biar blognya menarik. Sip mau cek satu satu, mana yang belum dikerjain. Trim tipsnya mb

    ReplyDelete
  22. Sebagian besar sudah saya lakukan tapi kadang masih terjadi error seperti widget sosmed yg baru2 ini saya hapus. Mungkin karena saya pakek script jadi ada perubahan dari pembuatnya. Template custom, sebelumnya sudah saya gunakan. Tapi karena load-nya lama akhirnya pakek gratisan lagi🤭

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah sebagian besar tips utama yang dibagiin sama mbak udah saya terapin nih, sisanya tinggal beberapa lagi. Semoga dengan tampilan blog yang semakin menarik bisa mengundang banyak visitor yang loyal ya mbak! Mwuihihihi..

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.