5 OLEH-OLEH KHAS SURABAYA MURAH DAN KEKINIAN

Kota berjuluk kota Pahlawan yang menyimpan legenda hiu dan buaya sering dijadikan destinasi oleh orang-orang yang memiliki urusan bisnis. Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan sangat menarik untuk di kunjungi. Kamu bisa berkeliling kota seharian karena banyak banget destinasi yang bisa di kunjungi dalam waktu sehari.

oleh oleh khas surabaya murah


jika kamu berlibur ke Surabaya jangan lupa untuk menikmati pariwisata dan kulinernya. Setelah berlibur tentu saja kamu akan membawa buah tangan buat sanak saudara. Nah berikut selengkapnya oleh-oleh khas Surabaya yang murah dan kekinian yang wajib banget untuk menjadi buah tangan buat sanak saudara, berseumber dari Indozone.

OLEH-OLEH KHAS SURABAYA 

1. Almond Crispy Cheese

Almond Crispy Cheese merupakan makanan renyah dengan rasa keju dan almond, itu juga sebagai bahan utamanya. Namun selain rasa almond dan keju ada juga varian rasa seperti Green Tea, Coklat, Blueberry, Stawberry, dan durian.

Almaound Crispy Cheese memiliki bentuk bulat tipis, dan lembut di mulut, makanan ini sangat cocok dijadikan teman kopi. Untuk harganya sendiri berkisar antara Rp 45.000 setiap kotaknya, namun terkadang beda took beda harga.

2. Sambal Udang Bu Rudy 

Bagi pecinta pedes sambal udang Bu Rudy sangat cocok nih, itu sebabnya banyak dicari oleh wisatawan. sambal ini memiliki citarasa yang khas. Untuk variannya sendiri sambla ini banyak banget seprti sambal udang, sambal petis, sambal bawang, sambla ijo, dan sambal bajak.

Untuk keawetannya sendiri sambal ini memiliki ketahanan selama satu bulan saja karena tidak menggunakan bahan pengawet. Nah agar sambalnya lebih awet kamu bisa menyimpannya di kulkas.

3. Kopi Bandrek

Buat para pecinta kopi, kamu jangan lupa mencoba salah satu kopi khas daerah Surabaya yang satu ini. Nama kopinya ialah kopi bandrek. Kopi ini mengandung kombinasi dari jahe, kopi, dan rempah rempah penghangat badan serta sebagai peningkat aroma. 

Kopi bandrek memiliki 2 variasi rasa yaitu kopi dengan rasa original dan kopi cream. Untuk kopi ini sendiri biasanya hanya bertahan sampai 6 bulan saja. Untuk harganya sendiri biasanya mulai dari 30 ribu sampai 60 ribuan.

4. Spikoe Resep Kuno

Untuk para pecinta kue lapi Surabaya juga memiliki oleh-oleh unik yang sejak lama sudah ada.  Spikoe berasal dari Bahasa belanda “spekkoek” yang artinya kue lapis.  Kue ini menggunakan resep kuno sejak tahun 1970-an, sehingga cita rasa dari kuenya tidak berubah.

Untuk tekstur kue ini memiliki tekstur yang sangat lembut, dan untuk kemasannya sudah menggunakan kemasan modern. Untuk harganya sendiri biasanya mulai dari 70 ribu sampai 300 ribu.

5. Siropen Telasih

Selain makanan Surabaya juga memiliki minuman khas Bernama  Siropen Telasih, yang cocok dijadikan buah tangan. Sirop ini juga hamper sama dengan spikoe yang sejak lama sudah ada. Sirop ini di prodduksi sejak tahun 1923 pada zaman penjajahan Belanda.

Kualitas dari Sirop ini masih sama sejak pertama kali di produksi, bisa dilihat dari alat dan bahan yang digunakan sampai saat ini masih tetap. Dari segi rasa Sirop ini memiliki rasa kecut alami dan sirup ini juga tidak menggunakan pemanis buatan sama sekali. Untuk harganya sendiri berkisar antara 40 ribu sampai 100 ribu.

Itu tadi beberapa makanan Khas Surabaya yang cocok banget di jadikan buah tangan untuk sanak saudara di rumah. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan pembaca.

17 Comment

  1. Wah.. saya sudah 2 kali ke Surabaya, tapi kok belum mencicipi semua oleh-oleh khas Surabaya itu, Mbak. Baru sempat coba sate klopo dan rawon hehehe.
    Langsung saya save nih, Mbak. Dan semoga segera bisa ke Surabaya lagi, terus naik kapal laut ke Makassar hehehe.

    ReplyDelete
  2. Sambal Bu Rudy ini memang deh, bahkan waktu akan balik ke Jepang, Jerome Polin sempat ngeborong di tokonya, termasuk ketemuan sama Bu Rudy-nya dong. Aih, saking legendarisnya si produknya Bu Rudy ini.

    ReplyDelete
  3. No 1 sampai 4 sudah pernah mencoba karena memang andalan banget kalau dari Surabaya. Yang terakhir alias Siropen Telasih itu masih agak awam buat saya. Tapi udah kebayang asem-asemnya.

    ReplyDelete
  4. Saya pernah sekali ke Surabaya, tapi nggak tau apa saja oleh-oleh khas dari sana. Ternyata banyak juga ya. Kayaknya yang nomor 1 Almond Crispy Cheese itu enak banget deh...

    ReplyDelete
  5. Pas baca bagian sambal udang kok jadi lapar ya daku kak 🤣.
    Dan pilihan buah tangan ini memang oke kak, bermanfaat juga misalnya buat diri atau hendak dihadiahkan

    ReplyDelete
  6. Yang legendaris kayaknya sambal bu Rudy ya. Soalnya temenku yang di Semarang suka banget cerita kalau ke Surabaya mesti nggak absen buat cari sambalnya Bu Rudy.

    ReplyDelete
  7. aku pernah tuh dapet oleh almond crispy cheese, enak! sambal udang bu rudy emang juara sih

    ReplyDelete
  8. Kapan yaa ke Surabaya? Pengin cobain oleh-oleh ini. Kalau nungguin yang pulang dari Surabaya kayaknya belum ada nih. 😂

    ReplyDelete
  9. Wah iya, emang semua yang mbak sebutkan diatas adalah oleh oleh khas Surabaya ya
    Aku paling suka siropen itu

    ReplyDelete
  10. Bolu Spikoe itu enak banget, ternyata oleh-oleh khas Surabaya ya, saya penasaran sama Sambal Bu Rudy & Siropen Telasih, seandainya oleh2nya bisa dikirm sampe Sumatra ya :)

    ReplyDelete
  11. Sampai skrg aku masih penasaran sama spikoe resep kunonya surabaya mba blm pernah nyobaaa hihi jd bayangin seenak apaaa

    ReplyDelete
  12. Waw sambal bu rudy andalanku nih hihi kadang sampe pesen online lhooo kalo lg kangen, hmm mantap semua ya oleh-olehnyaa :)

    ReplyDelete
  13. Wah, belum pernah cobain oleh-oleh surabaya yang satu itu: almond crispy cheese, jadi pengen coba. Kayaknya enak banget ya variannya juga banyak. Yummy. Belum coba kue lapis surabaya dan siropen telasih juga. Wah pengen berburu kuliner nih

    ReplyDelete
  14. Di antara semua Spikoe Resep Kuno paling juara emang dicari para pengunjung kota Pahlawan
    Almond Crispy juga ga kalah menariknya dijadikan oleh oleh

    ReplyDelete
  15. Sedih banget..
    Sebagai arek Suroboyo, ku merasa kudet karena gak tau apa itu siropen telasih.
    Kalau sambal Bu Rudi pedasnya mantap!
    Memang kuliner Surabaya itu bikin kangen dan pedesnya itu yang dirindukan.

    ReplyDelete
  16. Aku suka spiku, mbak. Ini favorit banget klo di keluargaku. Rasanya lembut di mulut. Kalo yang siropen telasih kok aku gak tahu ya? Jadi pingin incipin. Itu kayak sirup gitu kah? Minumnya tambahin air lagi gak? Atau langsung minum aja?

    ReplyDelete
  17. Langsung kebayang sambal udang bu rudy langsung ngeces..ingin nyoba

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.