MAU EXPLORE JAKARTA? WAJIB BACA TIPS LIBURAN DI JAKARTA INI

Jakarta adalah kota metropolitan yang lalu lintas aktifitasnya sangat padat. Belum lagi sebagai pusat negara membuat semuanya serba mahal, termasuk biaya transportasi. Untuk menangani ini saya biasanya mencari rute MRT yang mendekati tujuan, sehingga tetap nyaman. Apalagi belakangan ini banyak sekali tempat wisata baru dan menarik di Jakarta yang bisa dikunjungi, jadi wajib banget untuk berkeliling Jakarta. Untuk itu, yuk ikutin tips liburan di Jakarta ala Meimoodaema.

rute MRT


Mau Explore Jakarta? Yuk Intip Tips Liburan Di Jakarta Ini

Mau Berdasarkan pengalaman, saya mempunyai beberapa tips liburan di Jakarta yang bisa kamu terapkan,  dijamin hemat, aman, dan nyaman.

1. Tentukan destinasi wisata

Menentukan destinasi wisata yang ingin dikunjungi adalah hal yang wajib kamu perhatikan. Selain dapat memberikan gambaran biaya, mengetahui alat transportasi yang akan digunakan, kamu juga dapat mengatur waktu yang kamu miliki.

Di Jakarta sendiri banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi mulai dari wisata buatan, wisata alam, wisata bahari, wisata budaya, bangunan bersejarah, wisata kuliner, sampai dengan wisata religi. Jadi tentukan jenis wisata yang kamu minati sebelum berangkat.

2. Cari informasi tentang destinasi wisata

Jika kamu sudah mengetahui destinasi wisata yang ingin kunjungi, cari tahu secara detail tentang destinasi wisata tersebut. Misalnya kamu ingin mengunjungi Taman Mini Indonesia, maka cari tahu kondisi cuaca di sana, harga tiket masuk, jam operasional, bagaimana cara ke sana misalnya menggunakan MRT maka carilah rute MRT menuju ke sana, sampai dengan peraturan di sana seperti apa. Misalnya tidak boleh membawa makanan dan lain sebagainya.

3. Pilih penginapan yang dekat dengan destinasi wisata

Jika kamu berniat menginap selama berkeliling Jakarta, untuk menghemat waktu kamu dapat mencari akomodasi nyaman dan aman yang dekat dengan destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Pastinya ini akan menghemat waktu untuk menuju tempat wisata dan juga pastinya hemat dalam biaya transportasi.

4. Ajak orang-orang terkasih biar seru

Tips liburan di Jakarta ala Meimoodaema lainnya adalah mengajak orang-orang terkasih. Biar liburan kamu saat mengelilingi Jakarta makin seru dan menyenangkan, kamu bisa ajak sahabat-sahabat kamu. Atau bisa mengajak keluarga dan orang-orang terdekat, pastinya bakal bikin suasana keliling Jakarta makin seru dan ramai.

5. Bawa alat dokumentasi

Jangan lupakan alat dokumentasi kamu semisal kamera atau HP. Pastinya untuk mengabadikan momen-momen seru kamu saat berkeliling Jakarta dengan orang-orang terkasih. Apalagi tempat wisata yang kamu kunjungi estetik dan instagramable, sayang sekali bukan jika tidak diabadikan.

tips liburan di Jakarta


6. Pakai pakaian yang sesuai

Menggunakan pakaian yang sesuai saat liburan itu sangat penting, termasuk ketika liburan di Jakarta. Apalagi mengingat saat ini cuaca Kota Jakarta lagi panas-panasnya, jadi gunakan pakaian yang sesuai. 

Misalnya tidak terlalu tebal, gunakan pakaian yang santai dari bahan yang adem, agar kamu tidak kegerahan dan kepanasan. Pakaian yang nyaman saat liburan akan sangat berpengaruh pada liburan kamu, jadi perhatikan soal pakaian.

7. Cari waktu terbaik

Memilih waktu terbaik saat liburan menjadi tips liburan di Jakarta yang sangat penting. Hindari liburan di Jakarta saat liburan anak-anak sekolah, tahun baru, hari raya besar, long weekend atau waktu ramai lainnya. Hal ini akan membuat kamu kurang nyaman dan tidak menikmati liburan  karena harus berdesak-desakan dan juga mengantri panjang.

8. Menggunakan MRT sebagai transportasi umum

Agar liburan di Jakarta semakin nyaman, kamu dapat menggunakan transportasi umum yang beberapa tahun ini fasilitasnya semakin membaik. Salah satunya adalah MRT yang resmi dioperasikan untuk umum sejak 24 Maret 2019. Kamu dapat memilih rute MRT sesuai dengan tujuan. Selain lebih nyaman dan aman, harga tiketnya pun sangatlah terjangkau. Mulai dari Rp4.000,00 sampai dengan Rp14.000,00. Terjangkau sekali bukan?

gate MRT


Rute MRT ini banyak melewati destinasi wisata di Kota Jakarta. Misalnya saat kamu di rute MRT Bundaran HI, kamu bisa berwisata disekelilingnya seperti ke Sky Deck yang saat ini sedang hype. Atau kamu bisa juga mengunjungi bangunan Sarinah baru dan menikmati wisata ruang budayanya, atau wisata kulinernya, atau kamu juga bisa sekedar duduk santai di area ampitheater dan skydecknya.

9. Siapkan kartu e-wallet

Dengan membaiknya fasilitas transportasi umum di Jakarta, beberapa transportasi yang sudah menggunakan teknologi seperti MRT untuk pembayarannya sudah cashless. Alias sistem pembayarannya menggunakan elektronik atau kartu dengan cara menggeseknya di gate masuk ataupun keluar.

Jadi sebelum keliling liburan di Jakarta dengan menggunakan transportasi umum seperti MRT, kamu wajib banget memiliki kartu elektronik pembayaran.

10. Bawa barang secukupnya

Buat kamu yang kalau liburan kayak pindahan rumah, hindari. Bawa barang secukupnya saat liburan ke Jakarta. Jika membawa makanan dan minuman dari rumah, maka bawalah secukupnya. Karena akan membuat kamu ribet, alhasil liburan di Jakarta-nya malah jadi kurang menyenangkan.

Mau explore Jakarta? Itu dia beberapa tips liburan di Jakarta ala Meimoodaema yang bisa kamu intip. Yuk visit Jakarta dan gunakan transportasi umum untuk mengurangi emisi agar bumi kita tetap lestari. Salah satunya dengan menggunakan MRT, dimana saat ini rute MRT sudah banyak dan kamu bisa pilih sesuai dengan tujuan liburan kamu.

Dan satu lagi selama liburan di Jakarta jangan nyampah, buang sampah pada tempatnya dan usahakan bawa tumbler untuk minumnya. Tetep jadi traveler yang peduli dan bertanggung jawab dengan lingkungan.

17 Comment

  1. Tips liburan di Jakarta ini persiapannya nggak kalah lengkap kek liburan ke luar negeri yah, Mba, hehe.. Paling penting sih cari waktu yg tepat, jadi liburannya bisa bener-bener dinikmati.

    ReplyDelete
  2. Baru beberapa waktu lalu ngobrol-ngobrol mau ngulang ngelihat-lihat Jakarta dengan menggunakan transportasi umum. Menjajal MRT kudu dicoba dengan nakanak ini.
    Makasih tipsnya kak.

    ReplyDelete
  3. Plus satu lagi, pastikan saldo di e-money untuk naik MRT minimal Rp 15.000 ya. Biar pas nge-tap bisa lancar. Jadi sebisa mungkin ketika jalan-jalan dengan MRT buat bolak-balik dari ujung ke ujung minimal kartunya 50K

    ReplyDelete
  4. Salah satu wish list naik MRT, seru gitu dan sepertinya jadi andalan ya daripada kena macet di jalan. Maunya sih berburu kuliner sambil jalan-jalan naik MRT

    ReplyDelete
  5. Cocok banget tipsnya buat saya Kak, kebetulan bulan Juli lalu sempat ke Jakarta, dan saya benar-benar bawa barang secukupnya karena saya tidak suka ribet dengan bawaan berat. Tapi sayang, saya tidak sempat naik MRT, padahal saya pecinta MRT dan temannya seperti KRL. Ke depan kalau ke Jakarta lagi semoga bisa kesampaian naik MRT.

    ReplyDelete
  6. kalau di Jakarta biasanya ada tugas dinas dan agendanya cuma bolak balik tempat acara
    pengen banget nih explore Jakarta dengan MRT

    ReplyDelete
  7. Udah lama ga main ke Jakarta. Sejak pandemi kayanya. Dulu, kalau mau ke Jakarta pasti kontak teman blogger asal DKI. Tanya tanya segala macam. Hehehe... Selain hasil gugling info akurat dari teman juga sangat membantu

    ReplyDelete
  8. Liburan ke Jakarta mau berapa juta kalipun, aku tetep seneeeng.
    Gak tau kenapa ya.. magnetnya kuat banget. Malah, pas kapan ada diskon tiket terusan selama setahun dari Dufan, kami beli. Hehhee, meski niat awal cuma sebulan sekali, misalnya.

    Tapi sejujurnya ya.. kalau aku sendirian banget ke Jakarta, aku gak berani, kak Mei.
    Padahal transportasi Jakarta sekarang uda oke banget yaa..

    ReplyDelete
  9. Keliling Jakarta dan menyambangi berbagai destinasi tujuan tuh paling enak dengan menjajal transportasi umumnya sih ya. Sebagai ibukota, Jakarta memang cukup nyaman kalau mau dijelajahi dengan memanfaatkan transportasinya yang sudah saling terkoneksi. Sayangnya aku belum nih nyicipin naik MRT, seringnya Commuter dulu.

    ReplyDelete
  10. Tipsnya mantap buat eksplorasi Jakarta. Cuma yang bikin sedih, sejak ada MRT dan sampai hari ini, aku belum pernah lho naik MRT. Pengen sih sering, cuma belum kesampaian karena Pewe seringnya lebih suka motoran. Katanya lebih cepat... hahaha

    ReplyDelete
  11. Lbh seru kalo pny teman/kenalan lokal di sana sih. Apalagi kalo dia pny kendaraan pribadi misalnya motor. Jd bs lbh sat set ke semua destinasi wisata. Ntr kita tinggal ganti uang bensin dan makannya.

    Naik transportasi umum jg bs jd pilihan. Apalagi kalo destinasi.wisatanya dkt dgn transportasi umum kyk MRT dan TransJakarta. Jd kangen jalan2 lg ke ibu kota nih.

    ReplyDelete
  12. Salah satu yang bikin perjalanan jadi menyenangkan adalah ditemenin orang yang kita sayang ya mba emang hihi, terus yg ngga kalah penting, ada duitnya wkwkkw jadi mau beli makanan semahal apapun krn perbedaan UMR di berbagai kota jadi ngga mikir gitu

    ReplyDelete
  13. Duh iya, belum sempat icip naik MRT nih
    Semoga someday bisa ke Jakarta lagi dan naik MRT

    ReplyDelete
  14. Kalau mau liburan, Jalan-jalan kayanya akan tenang Dan nyaman klo weekdays sih yaa, biar bisa puas menikmati jalan2nya, engga terganggu Sama keramaian yg tumpah ruah hahahha! cari temen Jalan Dan dokumentasi is a must! hihi

    ReplyDelete
  15. jakarta sekarang menarik juga yaa jadi destinasi liburan. karena wisata kota itu juga banyak tidak ditemukan di tempat lainnya

    ReplyDelete
  16. Paling enak tuh keliling Jakarta pakai transportasi umum biar tahu suasananya. Berkesan banget soalnya

    ReplyDelete
  17. Jakarta menjadi tempat yang mewah untuk aku kunjungi. Cz belum pernah kesana sih. Huhu.. Gak apa, baca persiapan ke Jakarta disini dulu, biar suatu saat nanti kalau mau explore Jakarta, udah ngga bingung lagi, ye kann..

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.