GREEN HOTEL, KONSEP HOTEL RAMAH LINGKUNGAN

Buat kamu yang hobinya traveling atau staycation, pasti pernah dong mendengar istilah green hotel atau hotel eco-friendly atau hotel ramah lingkungan. Konsep dan ciri-ciri green hotel ini pastinya mempunyai dampak besar untuk keberlangsungan lingkungan. Penasaran kan bagaimana konsep green hotel dan apa saja standar hotel yang ramah lingkungan itu?


green hotel


Apa itu Green Hotel

Istilah green hotel  sudah populer sejak tahun 90an, sayangnya di Indonesia mungkin baru booming sekitar tahun 2000an. Banyak teori tentang definisi apa itu green hotel.

Salah satunya adalah yang dikeluarkan oleh Green Hotel Association (2008), yang menyebutkan bahwa green hotel adalah  semua kegiatan operasional hotel dengan cara menerapkan program ramah lingkungan. Mulai dari penghematan air dan energi, penerapan policy pembelian barang-barang ramah lingkungan, untuk mengurangi pembuangan emisi atau limbah untuk melindungi lingkungan dan juga mengurangi biaya operasional. 

Namun jika disimpulkan semuanya sama yaitu fokus pada lingkungan. Sederhanya green hotel adalah hotel yang menyediakan fasilitas ramah lingkungan dengan menerapkan penghematan energi dan mengurangi limbah.

Konsep yang berfokus pada konservasi ini akan membantu menjaga bumi terlindungi. Setidaknya meminimalisir atau memperpanjang dan menghemat masa guna dari energi serta mengurangi limbah sampah. Sehingga konsep hijau ini banyak dipakai oleh berbagai industri untuk menjaga keberlangsungan lingkungan, salah satunya adalah industri pariwisata yaitu hotel.

Hotel hijau ini sudah banyak diadopsi oleh hotel-hotel di dunia, termasuk Indonesia. Bahkan di Indonesia sendiri, pihak Kementerian Pariwisata dalam rangka mengapresiasi dan mendorong hotel-hotel agar menerapkan konsep hotel eco-friendly ini, sejak tahun 2009 menggelar Green Hotel Award yang diadakan setiap 2 tahun sekali. Kemudian pemenangnya akan diikutsertakan pada Green Hotel Award ASEAN.

green hotel awards


Untuk Indonesia sendiri kriteria green hotel sudah diatur oleh pemerintah dengan mengadopsi standar dari ASEAN Green Hotel yang digunakan oleh negara lain juga. Sementara untuk penilaian Green Hotel Award di Indonesia sudah diatur penuh oleh pihak Kementerian Pariwisata yang pastinya kriterianya juga sudah mengadopsi dari ASEAN Green Hotel Standart.

Jika kamu berniat menginap di hotel eco-friendly ini, kamu dapat mencarinya di beberapa aplikasi hotel dengan tanda green hotel. Jadi tidak hanya menjaga hutan, kita sebagai traveler dapat menjaga kelestarian bumi juga dengan memilih hotel yang eco-friendly alias green hotel.

Standar Kriteria Green Hotel

Buat kamu yang mau mencobanya, pastinya penasaran bukan bagaimana kita bisa mengetahui hotel yang akan kita inapi adalah hotel yang sudah menjalankan konsep ramah lingkungan. Penerapan konsep green hotel ini tidak hanya untuk hotel-hotel berbintang 4 dan 5 saja, semua hotel dapat menerapkan konsep ini. 

Namun mungkin beberapa hotel, ada yang baru menerapkan sebagian saja dari kriteria yang diharuskan sehingga mereka belum mendapatkan label green hotel dari pihak pemerintah. Namun untuk hotel-hotel yang fokus terhadap lingkungan tentu saja akan menerapkan semua standar yang sudah ditentukan. Sehingga nantinya hotel-hotel ini akan mendapat label sebagai green hotel dari pihak pemerintah dan berhak untuk ikut dalam Green Hotel Award.

Lalu apa saja kriteria standar untuk sebuah hotel jika ingin masuk sebagai green hotel ini? Jika dilihat dari standar yang dikeluarkan oleh ASEAN Green Hotel Standart, terdapat 11 kriteria yang harus dipenuhi sehingga hotel tersebut dapat dikatakan sebagai green hotel yaitu dengan menerapkan: 

  1. Kebijakan mengenai lingkungan dalam operasional hotel
  2. Penggunaan produk ramah lingkungan
  3. Kerjasama dengan organisasi dan masyarakat lokal
  4. Pengembangan sumber daya manusia
  5. Pengelolaan limbah padat
  6. Efisiensi energi
  7. Efisiensi air
  8. Manajemen kualitas udara
  9. Pengendalian kebisingan atau polusi suara
  10. Pengelolaan limbah air (WWTP)
  11. Pengelolaan zat beracun dan kimia

Hotel-hotel ini biasanya akan fokus 25% pada bangunan yang ramah lingkungan atau menggunakan material yang ramah lingkungan. Selain itu konsep penerapan green hotel ini selarasa dengan Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan serta menanggulangi pencemaran lingkungan hidup.

eco friendly


Sementara 75% adalah fokus pada penerapan operasional seperti efisiensi air, efisiensi energi, material yang digunakan untuk peralatan dan perlengkapan yang digunakan seperti alat makan, makanan, handuk, keset, kursi, meja, seprei, kasur, perlengkapan kamar, dan lain sebagainya. Dan juga termasuk didalamnya penggunaan sabun, shampoo, sikat gigi, odol yang ramah lingkungan.

Itu dia pengertian dari Green Hotel  atau hotel yang ramah lingkungan. Namun kamu pastinya penasaran bukan, ciri nyata dari sebuah hotel yang sudah menerapkan konsep ramah lingkungan ini dan hotel mana saja yang masuk green hotel di Indonesia. Saya akan bahas di next artikel.

Sumber:

https://www.asean.org/wp-content/uploads/2012/05/ASEAN-Green-Hotel-Standard.pdf
http://asean-tourism.com/
https://dewey.petra.ac.id/repository/jiunkpe/jiunkpe/s1/hotl/2017/jiunkpe-is-s1-2017-33413006-42417-program-chapter2.pdf
https://www.hindawi.com/journals/mpe/2021/9982387/
https://hotel-management.binus.ac.id/2015/12/08/did-you-know-green-hotel/
https://jurnal.ugm.ac.id/tourism_pariwisata/article/download/6368/5224
http://www.menlh.go.id/ amdal/)
https://tourism.gov.mm/th/wp-content/uploads/2019/05/Asean-Green-Hotel-Standard-min.pdf

25 Comment

  1. Weh, menarik kak. Aku baru tahu ada konsep hotel ramah lingkungan kayak gini. Sepertinya, ini bisa dijadikan contoh untuk hotel2 lainnya ya

    ReplyDelete
  2. Saya setuju sekali dengan penerapan Green Hotel ini. Selain nyaman menginap di sana, juga ramah lingkungan ya,Mbak. Tidak hanya kawasannya sejuk hijau, tapi juga penggunaan produk ramah lingkungan.

    ReplyDelete
  3. Wah keren ini konsep hotelnyaa.. udah saatnya hotel2 juga menerapkan konsep green kek gini yaah mba.. hotel yang ramah lingkungan. Jadi ngga hanya ramah pekerja :)) salute!

    ReplyDelete
  4. Sudah waktunya memang untuk setiap lini bergerak bersama dalam mengusahakan agar lingkungan kembali asri dan lestari. Beberapa kali merasakan sensasi menginap di hotel yang sudah dapat predikat green hotel, seru sih. Sesederhana mereka memberikan sikat gigi kayu sekali pakai di kamar mandinya. Selain itu, ada beberapa bukaan di beberapa ruangan besar untuk mengurangi penggunaan AC juga.

    ReplyDelete
  5. Salut dengan hotel-hotel yang menerapkan sistem green hotel dalam prosedurnya. Ini membuktikan bahwa siapa saja memang dapat berkontribusi untuk bumi kita dengan ikhtiar yang maksimal agar bumi kita tetap lestari

    ReplyDelete
  6. Kalau banyak green hotel seperti ini bisa membantu lingkungan kita jadi lebih ramah ya. Karena jadi masukan juga buat nanti yang menginap biar turut berkontribusi juga buat memelihara bumi ini

    ReplyDelete
  7. Kalau yang saya lihat langsung sih beberapa Hotel Indonesia aplikasi dari green hotel ini dengan tidak menggunakan lagi air minum kemasan plastik. Jadi disediakan teko untuk ambil air pada dispenser depan kamar.

    ReplyDelete
  8. Pernah dengar tapi belum sampe riset hotel mana aja di Indonesia yang masuk kategori Green Hotel. Ditunggu artikel selanjutnya, kak

    ReplyDelete
  9. Sekarang sudah mulai banyak hotel yang menerapkan green hotel, semoga pencemaran lingkungan bisa di tekan dengan adanya gerakan green hotel atau sejenisnya (gusti yeni)

    ReplyDelete
  10. Keren sih kalo ada hotel yg eco green spt ini. Apalagi limbah hotel jg beragam. Jgn sampe merusak ekosistem alam. Tp dgn standarisasi spt ini, hotel ini wajib kita dukung sih. Syukur2 bs menginap di sana dan merasakan sensasi menginap di hotel eco green.

    ReplyDelete
  11. Jadi penasaran, hotel apa aja ya di Indonesia yang nerapin konsep green hotel ini. Yang kuingat sepanjang nginep-nginep di hotel, cuma satu hotel yang nggak nyediain minum air mineral botol plastik. Yang ada tuh botol kaca. Kalau isinya habis, tamu bisa mengisi ulang sendiri. Di tiap lantai ada tempat isi ulangnya.

    ReplyDelete
  12. Wah iya, pecinta lingkungan wanib nih
    Memilih hotel yang ramah lingkungan seperti green hotel ini ya mbak

    ReplyDelete
  13. Gak sabar nunggu artikel selanjutnya mbak.. aku suka sekali dg hijau2 untuk menyegarkan mata. Hotel ramah lingkungan...

    ReplyDelete
  14. Belum ada tandan khusus kalau hotel yang kita kunjungi itu Green Hotel gitu ya, kak Mei?
    Atau ada semacam tanda seperti sertifikasi halal gitu?
    Hihi.. penasaran sama konsep Green Hotel. Aku pikir, kalau desainnya semi industrial gitu, bangunannya memiliki jejak karbon yang lebih rendah. Tapi mungkin gak juga ya... karena merujuk pada point-point yang kak Mei sebutkan di atas.

    ReplyDelete
  15. Makin seru kalau bisa nginap di hotel yang enggak merusak lingkungan. Bakalan nyaman tidur dan staycation jika demikian

    ReplyDelete
  16. mantap bener ada 11 kriteria yang ketat untuk hotel bisa dikatakan green hotel ya kka. Harusnya diperbanyak kan green hotel beginii

    ReplyDelete
  17. Green Hotel nampaknya memang harus mulai dipilih masyarakat ya, Kak. Agara bisa ikut kontribusi ke lingkungan juga.

    ReplyDelete
  18. wah inovatif banget hotelnya. konsep-konsep hotel yang demikian ini pastinya punya nilai plus di mata pengunjung. jadi kualitas pun pastinya terjamin.

    ReplyDelete
  19. Adanya green hotel jadi sangat membantu lingkungan banget ya kak. Biar lingkungan bisa teratasi dg baik

    ReplyDelete
  20. Bagus deh konsep nya green hotel pengelolaan limbah, air dll harusnya gak merusak lingkungan. Pernah nginep di hotel di BSD yg mengusung green hotel juga tp lupa nama hotelnya

    ReplyDelete
  21. Wah pasti senang banget ya kalau banyak hotel di Indonesia menerapkan green hotel. Lingkungan jadi makin sehat dan bersih

    ReplyDelete
  22. Milih green hotel buat liburan emang opsi paling top. Selain limbah plastiknya lebih sedikit, biasanya green hotel juga lebih asri dan menambah kesan santai waktu liburan

    ReplyDelete
  23. kenapa gak di bahas disini aja sekalian kak ciri hotel yang udah berkonsep green hotel dan list hotelnya, kan penasaran! hahahaha. saya tunggu banget nih next artikelnya ya kak. soalnya aku keseringannya liat di pinterest gitu, hotel yang berkonsep green kayak gini.

    ReplyDelete
  24. Seneng deh lihat hotel yang hijau-hijau begitu. Jadi adem dan sejuk. Semoga semua hotel bisa ramah lingkungan ya.

    ReplyDelete
  25. Salut sama pemilik hotel yang punya konsep berbeda dengan hotel lainnya ya. Dengan begini seakan2 tidak langsung untuk mengingatkan tamu supaya mencintai lingkungan sekitar termasuk menanam pepohonan di sekitarnya

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.