7 PENYEBAB RAMBUT RONTOK PADA WANITA DAN CARA MENGATASINYA

Rambut adalah mahkota bagi perempuan sehingga banyak perempuan yang rela mengeluarkan biaya banyak untuk merawat rambutnya. Namun bagaimana jika rambut wanita mengalami kerontokan? Tentu saja akan membuat wanita merasa kurang percaya diri terutama bagi wanita di usia muda, sehingga harus segera diatasi. Namun sebelum mengatasinya, kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebab rambut rontok pada wanita di usia muda, sehingga dapat ditangani dengan tepat.

penyebab rambut rontok pada wanita


5 Penyebab Rambut Rontok Pada Wanita

Berikut adalah beberapa alasan penyebab rambut rontok pada wanita di usia muda yang sering terjadi.

1. Anemia

Kekurangan zat besi pada tubuh wanita juga memicu kerontokan pada rambut karena kadar hemoglobin yang rendah dalam darah. Sehingga hal ini dapat menyebabkan oksigen yang mengalir terhambat, hasilnya pertumbuhan rambut bermasalah. 

2. Hormon/Genetik

Penyebab rambut rontok pada wanita pertama adalah karena hormon atau genetik. Genetik atau keturunan adalah penyebab yang paling sulit untuk dihindari. Kerontokan rambut genetika biasanya adalah kebotakan di bagian kepala tertentu. 

Begitu pula dengan hormon yang tidak seimbang dapat menyebabkan kerontokan parah pada wanita muda. Ketidakseimbangan hormon ini bisa karena bawaan atau juga karena penyakit seperti tiroid. diabetes, atau sindrom polikistik.

3. Kurang Nutrisi

Kurangnya asupan nutrisi pada tubuh menjadi salah satu penyebab rambut cepat rusak. Karena dengan kurangnya nutrisi pada tubuh membuat rambut tumbuh lebih tipis dan rapuh.

nutrisi untuk rambut rontok


4. Merokok

Rokok mengandung nikotin yang dapat mempengaruhi siklus peredaran darah di seluruh tubuh manusia. Nikotin ini dapat membuat pembuluh darah jadi lebih sempit yang mengakibatkan aliran darah kepala menjadi tersumbat. Akibatnya dapat menghalangi darah membawa oksigen dan nutrisi bermanfaat untuk rambut, sehingga pertumbuhan rambut tidak berjalan dengan baik. Alhasil rambut menjadi rapuh dan rontok.

5. Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan dalam jangka panjang juga menjadi salah  satu penyebab rambut rontok pada wanita. Beberapa obat yang dapat menyebabkan kerontokan pada wanita adalah obat gangguan jantungt, obat hipertensi, obat-obatan kemoterapi, dan juga antidepresan.

6. Perawatan rambut tidak tepat

Tidak menggunakan rangkaian rambut seperti shampoo, kondisioner, serum, toner dan lainnya menjadi salah satu penyebab rambut rontok. Atau penggunaannya yang kurang tepat juga menjadi salah satu penyebab kerontokan pada rambut. Selain itu penataan rambut yang keliru juga dapat menjadi penyebab kerusakan pada rambut yang mengakibatkan kerontokan jika dibiarkan terlalu lama.

7. Stress

Wanita di usia muda sangat rentan dengan stress yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut seperti penipisan dan kebotakan. Karena folikel rambut cukup sensitif terhadap stress fisik dan emosional yang dialami oleh tubuh. Oleh sebab itu stress menjadi salah satu penyebab rambut rontok pada wanita. 

Cara Mengatasi Rambut Rontok Pada Wanita

1. Konsultasi ke Dokter

Jika rambut rontok kamu terjadi sangat parah dan sudah ditangani dengan berbagai obat masih rontok, kamu wajib untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan analisa terhadap kerontokan rambut yang terjadi di kepala kamu dan akan melakukan tindakan yang tepat untuk mengurangi bahkan mengobatinya. Jadi jangan ragu ketika rambut rontok parah untuk konsultasi ke dokter.

2. Terapkan pola hidup sehat

Rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa penyakit sebagai akibat dari pola hidup yang kurang sehat. Salah satunya adalah stress. Seperti kita ketahui bahwa stress merupakan salah satu penyebab rambut rontok. Oleh sebab itu kamu wajib mengubah pola hidup untuk mengurangi rambut rontok dengan cara menghindari stress. Terapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga, hal ini dapat menurunkan stress fisik maupun emosional.

3. Perbanyak konsumsi makanan bernutrisi untuk rambut

Menerapkan pola hidup sehat juga termasuk dengan memperbanyak makanan-makanan yang baik untuk rambut seperti makanan yang mengandung banyak vitamin A dan Zinc. Semisal mengkonsumsi makanan yang tinggi akan protein seperti telur, kacang-kacangan, ubi, bayam, brokoli, susu, dan juga ikan-ikanan.

4. Gunakan rangkaian perawatan rambut yang tepat

Kurangnya menggunakan rangkaian perawatan rambut dapat menjadi salah satu penyebab rambut rontok pada wanita.  Maka dari itu salah satu cara lain untuk mengurangi rambut rontok pada wanita di usia muda adalah dengan menggunakan rangkaian perawatan rambut yang tepat. Namun hindari penggunaan shampoo atau keramas yang terlalu sering. Karena hal tersebut dapat menyebabkan kerontokan pada rambut.

shampoo rambut rontok


Kamu dapat menggunakan rangkaian shampoo, kondisioner, toner rambut, sampai dengan serum yang khusus untuk merawat rambut rontok. Kamu juga secara berkala dapat melakukan hair spa atau masker rambut.  Gunakan rangkaian perawatan rambut tersebut secara rutin dan teratur sesuai dengan jenis rambut kamu.

5. Tata rambut dengan tepat dan lembut

Mengikat rambut terlalu kencang dapat menyebabkan akar rambut tertarik. Hal ini dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Begitu juga menata rambut, mewarnai, mencatok dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Jika dibiarkan terlalu lama maka akan menyebabkan rambut rontok. Atau menyisir rambut terlalu kencang dengan menggunakan sisir yang terlalu rapat juga dapat merusak rambut.

Maka perlakukan rambut dengan sangat lembut ketika akan menatanya, mengikatnya jangan terlalu kencang, gunakan sisir yang jarang-jarang. Juga ketika mewarnai, mencatok lakukan dengan perlahan dan tambahkan semisal vitamin sebelum dan sesudahnya. Agar rambut tidak rusak yang dapat mengakibatkan rontok. Hindari juga memelintir rambut, menggosok rambut terlalu kencang saat keramas, dan jangan menggaruk kulit kepala dengan kuku.

Itu dia beberapa penyebab rambut rontok pada wanita di usia muda khususnya, dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga bermanfaat. Atau kamu mengetahui hal lainnya penyebab rambut rontok pada wanita dan tahu bagaimana cara mengatasinya, boleh banget untuk sharing di kolom komentar.

Sumber:

https://www.alodokter.com/inilah-penyebab-rambut-rontok-berlebih
https://www.dove.com/id/stories/tips-and-how-to/hair-care-tips-advice/penyebab-rambut-rontok-pada-wanita-di-usia-muda.html
https://www.halodoc.com/artikel/6-penyebab-rambut-rontok-pada-wanita
https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-rambut/penyebab-rambut-rontok/
https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-mengatasi-rambut-rontok-secara-alami

24 Comment

  1. aku sendiri heran, perawatan rambutku kalau diitung-itung kayaknya totalnya lebih mahal dari perawatan yang lain, karena penyebabnya adalah rambut yg mudah rontok dan aku sering cobain hair tonic, jadi biar tau mana yang cocok di aku sama engga. Vitamin rambut juga nggak lupa, kadang cobain pake serum.
    Kalau diliat-liat koleksinya malah lebih banyak hair carenya

    ReplyDelete
  2. Rambut adalah mahkota perempuan ya, Mbak. Jadi kalau rontok, bisa jadi pikiran juga. Makanya harus segera diatasi. Paling bisa tidak dilakukan adalah dengan tidak merokok. Lainnya melakukan perawatan rambut, plus perbanyak nutrisi, dan menerapkan pola hidup sehat.

    ReplyDelete
  3. Stres memang ngefek banget ke rambut. Waktu kecil pernah nonton film kungfu dan terheran-heran lihat rambut seorang pendekar memutih karena sedih yang mendalam. Setelah dewasa, eh mengalami sendiri >.<

    ReplyDelete
  4. Masalahku banget nih MbaMei. Padahal lagi tidur aja, bangun-bangun rambut udah nempel dibantal, huhu.. Keknya aku kurang terapin pola hidup sehat deh, atau sekalian aja konsul ke dokter ya, biar lebih yakin sama masalah rontoknya rambutku nih apa sih.

    ReplyDelete
  5. Duh, rambutku nih rontok banget. Apa perkara rambut rontok juga kudu ke dokter ya. Aku nggak kepikiran buat konsultasi ke dokter soalnya. Nah, kita konsulnya ke dokter apa dong? Dokter umum?

    ReplyDelete
  6. Banyak penyebab nih yang bikin rambut rontok, nambahin satu lagi, suka begadang juga katanya bikin rontok makin parah. Akhir-akhir ini aku malah nyobain perawatan rambut rontok satu set yang lagi viral di Tiktok hahaha, dan emang agak mendingan sih, cuma ya gitu gaya hidup juga mesti diubah

    ReplyDelete
  7. Rambutku ini rontokkk parah banget hiks, tiap sisiran rasanya sayaang karena pasti rontok gituu, udah pake shampoo mana aja yang disarankan tapi tetep aja hahah. mau cobain hari care yg lain

    ReplyDelete
  8. Sekarang rambutku lagi rontoknya lumayan bikin galau, ternyata stress juga jadi penyebab rambut rontok ya. Kudu ditilik penyebabnya dan jangan sampai bikin stres mikirin kenapa nih rambut rontok.
    Makasih infoya kak.

    ReplyDelete
  9. rambutku dari anak ke dua lahir sampai umurnya 4 tahun sekarang masih rontok-rontok dan belum ketemu nih perawatan yang beneran okenya gimana. huhu

    ReplyDelete
  10. rambut rontok kalau tidak ditangani dengan cepat bisa mengalami kebotakan juga ya kak.
    Jadinya memang perlu ditelusuri dulu nih karena apanya, lalu cepat diatasi

    ReplyDelete
  11. aku lagi rontok-rontoknya karena masih masa menyusui huhu.. dan bingung sih mau pake produk apa -_- yang jelas memang memnuhi kebutuhan nutrisi jadi salah satu jalan teraman biar rambut tetap terawat

    ReplyDelete
  12. Kalo anak skrg, biasanya tuh krn stres kerjaan. Apalagi kalo ditambah kurang nutrisi. Makin menjadi2 tuh. Baik rontok maupun ubanan.

    Emg kita hrs pinter2 memanage emosi kita ya kak. Jgn spe stres dan bs bikin rambut rontok.

    ReplyDelete
  13. Rambut saya juga ada kerontokan. Padahal saya tidak merokok. Mungkin karena stres? Bisa jadi karena kurang nutrisi, perawatan yang tidak tepat dan pengaruh obat-obatan yang selama ini saya konsumsi ya...

    ReplyDelete
  14. Aku nih mba rontok beud rambutku. Kayaknya sih gara2 stress juga ngurusin toddler satu yang tingkahnya masyaAllah

    ReplyDelete
  15. Aku dan anakku yang cewek tuh rontok rambutnya apa karena pakai hijub ya bun...tapi tar coba aku telusuri apa.masuk.kategori diatas. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  16. Tuh kaaannn urusan nutrisi yang dikonsumsi tuh ikut menentukan kekuatan dari rambut selain urusan gonta ganti produk perawatan rambut. Ternyata urusan rambut rontok begini juga bisa membawa kita untuk mengunjungi tenaga kesehatan ya. Baru eungeuh akutu Kak.

    ReplyDelete
  17. dulu rambutku rontok banget pas menyusui kak.. duh itu bisa parah banget sih. sekarang rontok karena jarang aku rawat. jadi kudu rutin masker rambut dan perawatan lainnya sih sebetulnya ya

    ReplyDelete
  18. Huhu rambut saya ini lagi rontok parah, tapi karena masih menyusui juga sih. Sudah biasa tiap nyusuin pasti rontok, nanti lepas menyusui mau ah perawatan rambut lagii

    ReplyDelete
  19. Rambut rontok ga boleh dibiarin begitu saja, ya Kak. Makanya kita kudu rajin bersihkan rambut dan menjaganya tetap bersih dan sehat. Pastikan juga kalau ada masalah rambut sebaiknya ke dokter untuk konsultasi.

    ReplyDelete
  20. Rambutku rontok nih dan perlu perawatan memang biar gak makin parah rontoknya.

    ReplyDelete
  21. aku banget nih rambutnya rontok, selain poin diatas kalau aku sih karena faktor usia. penting banget ya melakukan perawatan rambut biar gak makin rontok parah

    ReplyDelete
  22. Rambutku rontok banget sejak melahirkan. Jarang disisir dan diikat tapi tetep rontok. Sedih jadinya. Makasih tipsnya ya kak.

    ReplyDelete
  23. Makasih banget tipsnya kak Mei. Kebetulan rambutku lagi rontok parah dan penyebabnya lebih ke karena stress dan kurang asupan nutrisi sehat buat tubuh ehehehe

    ReplyDelete
  24. tipsnya bermanfaat mbak, kalau aku asal ga terlalu panjang rambutnya, ga rontok sih, kalau rambut panjang ribet ngerawatnya, belum lagi kalau pakai hijab juga cuma digulung aja

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.