CIRI-CIRI GREEN HOTEL ATAU HOTEL RAMAH LINGKUNGAN

Jika di artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang apa itu green hotel dan bagaimana standarnya secara internasional, dalam artikel ini saya ingin berbagi mengenai ciri-ciri green hotel dalam penerapannya. Karena dalam standar internasional yang dikeluarkan oleh Green Hotel ASEAN Standart sifatnya masih general.

ciri-ciri green hotel


Setelah kamu memahami bagaimana konsep green hotel, lalu bagaimana penerapannya secara nyata? Mungkin kamu sebagai traveler sering menemukan ciri-ciri Green Hotel. Namun kadang bisa jadi belum ter-notice kalau hotel tersebut sudah menerapkan sebagian standar green hotel. Atau bahkan secara keseluruhan sudah berstandar green hotel.

Ciri-ciri hotel yang menerapkan Green Hotel 

Di bawah ini adalah ciri-ciri yang bisa kamu kenali bahwa hotel tersebut sudah menerapkan green hotel standart  baik itu di Indonesia maupun di dunia. Kamu dapat menemukannya di beberapa hotel berbintang, meskipun kadang saya menemukan hotel-hotel tersebut belum menerapkannya 100%. At least, hotel tersebut menurut saya sudah berkontribusi dan menuju ke arah green hotel sepenuhnya. Jadi kita wajib banget untuk mengapresiasi dan ikuti semua aturan yang ada.

1. Menggunakan lampu hemat energi

Energi menjadi salah satu fokus penting dalam menjaga lingkungan. Sehingga banyak hotel-hotel yang menggunakan lampu LED untuk menghemat energi atau disetting nyala dan mati hanya ketika ada orang saja.

green hotel saving energi


Ada juga beberapa hotel yang sudah mengatur suhu AC ke menu saving energySelain itu juga ada pengaturan AC dan lampu akan mati secara otomatis jika ruangan kosong.

Penggunaan TV LED juga salah satu cara dari pihak hotel dalam menghemat energi. Atau penggunaan perlengkapan lain seperti kulkas, alat pembuat teh, kopi dan lainnya dipilih yang hemat energi. Beberapa hotel juga sudah menerapkan untuk mematikan lampu koridor hotel baik siang atau pun malam hari. 

2. Produk ramah lingkungan

Produk yang disediakan hotel akan selalu mempertimbangkan ramah lingkungan. Misalnya untuk sabun, shampo, pasta gigi, atau hand body akan disimpan dalam bentuk botol refill bukan dalam bentuk botol atau kemasan satuan sekali buang.

Handuk, seprei, keset dan lainnya juga akan terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Furniture yang akan digunakan biasanya terbuat dari kayu-kayu daur ulang.

produk ramah lingkungan green hotel


3. Minim plastik

Pernah menginap di hotel dimana dimana tidak menemukan botol air minum? Atau bahkan kemasan sabun, shampo dan lainnya tidak dalam bentuk kemasan botolan? Ini adalah usaha hotel untuk mengurangi sampah plastik.

Termasuk didalamnya juga meminimalisir penggunaan bahan makanan kemasan kecil. Misalnya selai atau keju tidak dikemas dalam kemasan plastik sekali buang, dan lainnya.

4. Tersedianya dispenser

Jika kamu melihat dispenser di koridor hotel dan tidak menemukan botol air minum kemasan di kamar, dan penggantinya harus mengisi air isi ulang di koridor hotel dengan menggunakan gelas kaca? Itu adalah salah satu ciri yang sudah menerapkan hotel ramah lingkungan. Untuk meminimalisir sampah plastik.

5. Bebas asap rokok

Ciri lain dari green hotel atau hotel eco-friendly adalah area hotel bebas dari asap rokok. Seperti kita ketahui asap rokok adalah salah satu penghasil limbah karbon yang dapat merusak keasrian lingkungan. 

Dengan adanya bebas rokok tentu saja akan membuat lingkungan semakin asri dan sehat. Biasanya pihak hotel akan memberikan tanda "No Smoking Area" sehingga jika melanggarnya akan mendapatkan hukuman atau denda.

6. Tersertifikasi Green Hotel 

Jika memasuki sebuah hotel dan melihat sertifikat terpampang di lobi hotel atau resepsionis sebagai green hotel itu artinya hotel ini memang sudah memenuhi kriteria penilaian sebagai green hotel secara keseluruhan. Sehingga semua konsepnya pastinya akan ramah lingkungan.

7. Tidak bising

Biasanya hotel eco-friendly akan sangat nyaman dan jauh dari kebisingan. Karena biasanya hotel jenis ini memiliki pengendalian terhadap polusi suara yang akan menggangu tamu. Mereka sudah menerapkan manajemen polusi suara atau kebisingan.

8. Berlabel eco-friendly atau green hotel

Ciri lainnya yang akan ditemukan adalah biasanya di kamar atau di pintu hotel akan melihat tanda bahwa hotel tersebut adalah green hotel. Dalam beberapa produk pun seperti sabun, shampo atau lainnya bahkan di atas meja kamar akan diberikan keterangan bahwa hotel tersebut adalah green hotel. Di Bali, saya menemukan beberapa hotel sudah menerapkan ini.

9. Desain hotel lebih terbuka

Biasanya hotel eco-friendly akan didesain khusus sehingga mempunyai banyak ruang terbuka. Tentu saja hal ini akan membuat lebih ramah lingkungan karena dapat mengurangi penggunaan energi listrik dan penghematan AC. Banyaknya ventilasi udara ini akan membantu dalam mendapatkan sirkulasi udara yang baik juga.

green hotel desain terbuka


10. Tisu ramah lingkungan

Pernah menemukan hotel dengan menggunakan tisu ramah lingkungan yang warnanya coklat? Ini adalah salah satu konsep untuk menekan penggunaan tisu yang akan merusak lingkungan. 

11. Pengelolaan air dan limbah

Kamu akan menemukan penggunaan air limbah yang sudah diolah oleh pihak hotel kembali menjadi air bersih untuk menyiram tanaman sekitar hotel. Hal ini memang tidak bisa kita lihat secara langsung, tapi biasanya mereka akan memasang sertifikat di lobi atau resepsionis bahwa hotel tersebut sudah menerapkan sistem WWTP.

12. Area hijau luas

Green hotel akan mempunyai area taman terbuka hijau yang sangat luas sehingga pemandangannya menjadi sejuk dan asri. Tersedia kolam ikan, bunga lebih banyak.

13. Bahan baku makanan ramah lingkungan

Saya pernah bekerjasama untuk melakukan penelitian dengan sebuah hotel ramah lingkungan di Yogya, ternyata pihak hotel akan mengambil produk-produk bahan makanannya yang ramah lingkungan dari para petani. Bahkan hotel tersebut memiliki tempat atau lahan untuk bahan baku makanannya.

14. Program pelestarian lingkungan

Hotel-hotel dengan konsep eco-friendly biasanya mempunyai beberapa program yang akan mendukung Kelestarian lingkungan. Hotel ini akan bekerjasama dengan beberapa pihak seperti pemerintah, masyarakat setempat, NGO atau pihak lainnya untuk mendukung lingkungan. Biasanya akan masuk dalam program CSR mereka.

Beberapa hotel sudah banyak bekerjasama dengan para influencer khususnya para traveler untuk melakukan pelestarian lingkungan. Banyak jenis program yang dilakukan seperti penananaman pohon, edukasi tentang hutan, membuat terarium di rumah, dan lainnya. Aksi traveler dalam pelestarian lingkungan ini menjadi simbiosis mutualisme bagi kedua belah pihak yaitu traveler dan hotel.

15. Food Waste Management

Hotel ramah lingkungan atau eco-friendly akan memiliki standar manajemen dalam mengolah sampah makanan yang dihasilkan selama daily operation hotel. Mulai dari pemilahan sampah kering dan basah, sampah organik dna non organik, memilih sampah yang dapat dijadikan kompos, dan lainnya.

food waste management green hotel


Itu dia mengenai ciri-ciri dari hotel ramah lingkungan atau green hotel. Buat kamu yang pernah menginap di beberapa green hotel boleh banget sharingnya. Atau kamu boleh aktif dan berkecimpung dalam konsep hotel ini boleh untuk berbagi wawasan. Sharing kecil yang kamu bagikan pastinya akan bermanfaat bagi orang lain dan menjadi kontribusi kamu dalam menjaga keberlangsungan lingkungan.

Sumber:

https://www.asean.org/wp-content/uploads/2012/05/ASEAN-Green-Hotel-Standard.pdf
http://asean-tourism.com/
https://www.hindawi.com/journals/mpe/2021/9982387/
https://hotel-management.binus.ac.id/2015/12/08/did-you-know-green-hotel/
https://jurnal.ugm.ac.id/tourism_pariwisata/article/download/6368/5224
http://www.menlh.go.id/ amdal/)
https://www.mmsustainability.ac.id/articles-1/green-hotel%3A-apa%2C-bagaimana-dan-mengapa-%2F-11
https://tourism.gov.mm/th/wp-content/uploads/2019/05/Asean-Green-Hotel-Standard-min.pdf

15 Comment

  1. Keingat satu cerita temen yang pernah pelesiran pake kapal pesiar. Itu semua makanannya yang gak habis jadinya dibuang. Ya ampun sedihnya. Di satu sisi emang ya harus sesuai standar, gak bisa menghidangkan makanan yang sudah "menginap" tapi di satu sisi jauh dari food waste management sebagaimana ciri-ciri green hotel.

    ReplyDelete
  2. Wah banyak ya ciri-ciri green hotel itu, tapi yang paling penting kitanya sebagai tamu hotelnya juga harus berperilaku green juga. Kaya kalau nginep lebih dari 1 malam, kalau ga kotor or basah banget ga usah ganti handuk atau seprai ya kan.

    ReplyDelete
  3. Sampai saat ini, untuk wilayah karawang, saya belum menemukan hotel yang full jadi green hotel, ya walau pun beberapa di antaranya memiliki dan mempunyai fasilitas-fasilitas yg sudah disebutkan di atas

    ReplyDelete
  4. wah ini sama konsepnya sama mas NicSap (Nicholas Saputra)
    yang mendirikan sebuah "penginapan" karena jika disebut hotel atau guest house kebagusan sih...

    ini tuh konsepnya rumah pohon malah!

    ReplyDelete
  5. aku baru tahu ada green hotel. Ini menarik banget. Aku ga tahu sih cocok apa ngga dengan produk-produk green yang diberikan, tapi konsepnya bagus banget nih.

    ReplyDelete
  6. Wah, keciriannya ada banyak juga yaa, kak Mei..
    Aku kayanya pernah menginap di Hotel Ramah Lingkungan atau Green Hotel ini di daerah BSD. Tapi sepertinya ((apa aku yang kurang teliti yaah)), gak ada label Green Hotel.

    Hanya yang aku rasakan, ini hotel berdiri di atas lahan yang terbatas, tapi dari mulai bangunan hingga detailing taman gantung sangat diperhatikan sekali. Jadi adeemm banget.

    ReplyDelete
  7. Aku belum pernah nemuin hotel yang bener-bener green sih. Biasanya kalo sampo pasta gigi dll udah paling gampang buat dia ya modelan per pack gitu aja kan ya. Palingan ya kalo masalah listrik, itu tiap manajemen hotel udah ada aturannya masing-masing ya. Lagian hemat listrik bukan urusan go green doang, tapi ke cost saving juga hehehe

    ReplyDelete
  8. Lumayan banyak aspeknya ya. Mungkin kalaupun aku beradda di Hotel yang menerapkan konsep ramah lingkungan juga nggak ngeh apakah dia sudah sepenuhnya Green Hotel atau baru sebagian. Tapi seenggaknya ini bisa jadi acuan untukku harus mencari hotel yang seperti apa.

    ReplyDelete
  9. Baru tau kalau ada sertifikatnya buat green hotel. Bener2 ramah lingkungan ya sampai ke pengolahan air limbahnya juga ada.

    ReplyDelete
  10. wah menarik ya menelisik hotel dengan standar green hotel internasional ini. Jadi kita juga nyaman staycation di green hotel ini karena lingkungan aja diperhatikan apalagi pelanggan, iya kan? makasih informasinya kak, jadi makin terbuka wawasan nih.

    ReplyDelete
  11. Aku mau banget nginep atau punya rumah yang ramah lingkungan. Kalau penginapan, kayanya bakal lumayan ya harganya. Barang-barang organik kan beda. Mungkin bisa dimulai dari yang sederhana dulu misalnya soal sampah makanan

    ReplyDelete
  12. Bagus banget konsep hotelnya dengan kerjasama mengelola ramah lingkungan jadi semakin betah untuk menginap di hotel yang mengutamakan kenyamanan pelanggan

    ReplyDelete
  13. Oh jadi lebih ke hotel yang ramah lingkungan gitu ya. Mantap juga ya, mengingat limbah dari hotel kan terbilang cukup banyak juga.

    ReplyDelete
  14. Di daerahku sepertinya beum ada green hotel ini. Sepertinya nyaman banget yaa nginap di green hotel ini

    ReplyDelete
  15. Entah kenapa, apapun itu aku selalu senang dan bangga dengan perusahaan dll yang green. Keren hotel green ya, sampai pembuangan limbahnya memperhatikan lingkungan

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.