ITINERARY BANDUNG 4 HARI 3 MALAM

Buat kamu yang ingin traveling tipis-tipis dan dekat dari Kota Jakarta, Bandung menjadi salah satu pilihan terbaik. Selain waktu yang ditempuh cukup tiga jam saja dari Kota Jakarta dengan kereta atau kendaraan pribadi, Bandung juga mempunyai destinasi wisata alam yang beranekaragam. Belum lagi berbagai macam kuliner dengan tawaran rasa yang menggoda, membuat Kota Periangan ini semakin menjadi incaran banyak wisatawan untuk refreshing.

artha kiara

Setiap bulan selama tahun 2023, saya selalu ke Bandung. Ada yang tiga hari dua malam, empat hari tiga malam, bahkan hanya dua hari satu malam. Buat kamu yang berencana ke Bandung tapi masih suka bingung mau ke mana saja, boleh contek itenerary Bandung 4 hari 3 malam saya. Siapa tahu mungkin bermanfaat.

Itenary Bandung 4 Hari 3 Malam

Hari Ke-1

Jakarta - Bandung

Saya berangkat dari Gambir Jakarta pagi hari dengan menggunakan kereta api. Perjalanan dari Gambir Jakarta menempuh waktu sekitar tiga jam. Setibanya di Bandung, saya langsung menuju hotel untuk menitip barang-barang karena belum bisa check in.

Hari pertama saya memutuskan untuk menginap di Vue Palace Hotel atau Vue Palace Curated Artotel, karena melihat reviewnya yang lumayan bagus, lokasinya juga hanya sekitar lima sampai sepuluh menit saja dari stasiun kereta api Bandung dengan berjalan kaki. Penasaran hotelnya seperti apa, nanti saya akan review di artikel berikutnya.

Braga City Walk

Setelah menitip barang-barang di hotel, saya langsung menuju Braga City Walk untuk menikmati beberapa makanan dan minuman di sekitar Braga, sekaligus makan siang yang sudah terlambat. Lumayan padat dan ramai meskipun siang hari. Menyusuri ujung ke ujung Jalan Braga sambil menikmati pemandangan dan suasana kota Bandung sangat menyenangkan. Sesekali berhenti untuk menikmati minuman dan makanan sekitar Jalan Braga.

Museum Asia Afrika, Museum Bank Indonesia

Selesai makan siang saya memutuskan untuk mengunjungi Museum Asia Afrika dan Museum Bank Indonesia. Setelah puas mengunjungi kedua museum ini, saya lanjutkan untuk menikmati beberapa cafe yang menawarkan berbagai macam makanan. Dan saya menemukan toko kue yang menjual aneka makanan tradisional yang sangat enak. Harganya juga masih affordable.

Food Market Pasir Kaliki

Makan malam saya lanjut di Food Market Pasir Kaliki atau Paskal. Lokasinya tidak jauh dari stasiun kereta api Bandung atau pun dari jalan Braga. Bahkan jika kamu senang eksplor dengan berjalan kaki, dan mengetahui jalan-jalan pintas, katanya jalan kaki hanya 5-10 menit saja dari Stasiun Bandung.

Food Market Paskal menyediakan berbagai macam hidangan terutama makanan khas Bandung. Selain itu, banyak juga pilihan makanan lain yang bisa kamu pilih. Harganya bervariasi dan masih terjangkau. Suasananya sangat nyaman dan asik untuk berkumpul dengan teman-teman.

Selain menikmati makanan, di hari tertentu juga ada live music yang bisa dinikmati para pengunjung. Setelah puas menikmati kulineran di tempat ini, saya pulang untuk beristirahat. Hari pertama ini saya full menggunakan transportasi online untuk berkeliling.

Hari Ke-2

Setelah mencari informasi mengenai tempat wisata di Bandung yang terbaru, akhirnya hari kedua di Bandung saya  memutuskan untuk mengunjungi beberapa lokasi ini dan semuanya satu jalur serta berdekatan.

• Floating Market Lembang
  • Kyotoku Floating Market
  • The Great Asia Afrika
  • Farm House

Tempat di atas cocok untuk liburan keluarga dan juga membawa anak-anak. Semua tempat tersebut cukup luas jadi persiapkan tenaga untuk mengelilingi semua lokasinya.

Nah buat kamu yang sering bingung makan malam di mana, saya waktu itu makan malam di Warung Asep Strawbery yang ada di daerah Kota Bandung. Makanannya memang lumayan pricey tapi tempatnya memang sangat cozy dan untuk rasa makanan sama dengan makanan khas Sunda pada umumnya.

Di hari kedua ini saya memutuskan untuk menginap di Fave Hotel Braga karena hari itu yang tersedia hanya hotel ini di sekitar Braga. Saya memilih hotel ini karena memang lokasinya ada di Jalan Braga pas, jadi sangat mudah jika hendak kemana-mana atau mencari makanan saat malam hari.

Hari Ke-3

Penangkaran Rusa Ranca Upas

Hari ketiga saya memutuskan untuk menyewa mobil. Sekitar pukul 08.00 pagi mobil yang saya sewa sudah tiba. Saya memutuskan untuk mengelilingi Bandung Selatan yaitu ke arah Ciwidey. Destinasi wisata pertama yang saya kunjungi adalah Penangkaran Rusa Ranca Upas.

Kawah Regganis Suspension Bridge, Situ Patenggang, Kawah Putih

Sepulang dari Penangkaran Rusa Ranca Upas, destinasi berikutnya yang saya tuju adalah Kawah Rengganis Suspendion Bridge. Saya membeli tiket VIP Glamping & Kawah Regganis yaitu tiket terusan seharga 100ribu rupiah. Harganya jauh lebih murah dibanding memasuki satu persatu tempat wisatanya. Harga tersebut sudah termasuk harga tiket masuk dan bisa menikmati beberapa lokasi wisata yaitu:

• Suspension Bridge
  • Golesat Circuit
  • Balcone Spider
  • Kawah Putih Bandung

Sayangnya pas ke Kawah Putih sudah tutup, karena sudah pukul 5 sore. Sebenarnya saya sudah pernah berkunjung ke tempat ini. Hanya saja ingin melihat dan penasaran dengan kondisi terbarunya.

Strawberry Farm

Pulangnya saya juga berhenti sebentar untuk menikmati keindahan Kebun Teh Ciwalini yang indah. Dan mampir juga ke Strawberry Farm milik warga setempat. Pengunjung dapat menikmati buah strawberi segar yang langsung bisa kita petik sendiri dikebunnya langsung. Wisatawan juga dapat membeli buah strawberi sebagai oleh-oleh dengan memetiknya sendiri.

Makan malam di Warung Nasi Ibu Imas

Malam hari saya sampai di kota Bandung dan setelah saya browsing, saya memutuskan untuk makan malam di warung nasi Ibu Imas. Tempat makanan khas Sunda, berupa lalapan, sambal, dan juga makanan lainnya. Katanya tempat ini terkenal banget di Bandung. Dan memang pas saya ke sana ramai sekali.

Hari ketiga saya memilih hotel untuk menginap di Pasar baru Hotel Square. Lokasinya berada di Pasar Baru Mall dan jarak ke stasiun hanya sekitar 5 menit saja menggunakan ojek online. Hotelnya sangat nyaman buat saya yang tidak terlalu suka keramaian, dan hotelnya meski bintang 3 namun menurut saya setara dengan bintang 4.

Hari Ke-4

Museum Seni Grey Art

Saya kembali mengunjungi Braga untuk mengunjungi museum seni yang ada di Jalan Braga. Namanya Grey Art. Saya mengetahui tempat ini gara-gara ada teman upload tempat ini di instagram. Awalnya gratis tapi pas saya ke sana sudah berbayar. Cocok banget buat para pecinta seni. Memiliki 4 lantai namun ruangannya kecil-kecil, jadi kalau sekedar melihat-lihat satu sampai 2 jam sudah cukup.

Naik Bandros (Bandung Tour on Bus)

Selepas dari museum saya sempat menikmati makan siang di Braga. Setelah itu, sambil menunggu kereta malam ke Jakarta, saya memutuskan untuk ikut tur keliling Kota Bandung dengan naik mobil Bandros (Bandung Tour on Bus).

Di mobil ini disediakan tour guide yang akan menjelaskan semua tentang Bandung. Lihat rute dan jadwalnya jika kamu ingin ikut tur dengan bus ini. Salah satunya bisa menunggu di Jalan Braga ini tepatnya di depan mall Braga atau bisa ke pusatnya di Gasibu.

Berburu oleh-oleh

Setelah puas berkeliling di Braga City Walk dan naik mobil Bandros, saya juga berkunjung ke beberapa lokasi pusat jajanan atau oleh-oleh untuk dibawa pulang. saya mencari oleh-oleh di sekitar stasiun kereta api Bandung.

Terdapat beberapa pusat oleh-oleh seperti Kartika Sari, Amanda, Bolu Susu Lembang, dan Tiga Rasa. Saya membeli oleh-oleh di tempat-tempat tersebut.

Setelah selesai mencari oleh-oleh, saya langsung bergegas ke stasiun karena sebentar lagi, kereta akan membawa saya pulang ke Jakarta.

Itu dia itenerary 4 hari 3 malam di Bandung yang bisa kamu coba. Lokasinya bisa kamu tukar-tukar sesuai dengan yang kamu inginkan. Mau tahu itenerary Bandung 2 hari 1 malam atau itenerary Bandung 3 hari 2 malam, check my new article ya. Semoga bermanfaat.

18 Comment

1. Keren banget ini Bandung intenerarinya aku penasaran sama restoran Bu Imas yang direkomended banyak temen itu semoga dalam waktu dekat bisa k bandung lagi

ReplyDelete
  2. Bandung dengan beragam wisata kuliner dan wisata alamnya memang menarik untuk dikunjungi ya, Mbak. Pingin juga suatu saat nanti keliling-keliling sepuasnya di sekitar Bandung.

3. Kalau ke Bandung kadang saya mati gaya, jadinya ke situ lagi dan lagi...Senangnya ada contekan itinerary Bandung 4 hari 3 malam. Bisa nih next diikuti! Thank You!

4. Bandung memang seru ya, banyak banget tempat wisatanya, wisata alam maupun wisata sejarah. Dulu sewaktu masih sekolah sering berwisata ke kota ini. Mudah-mudahan nanti bisa ke sini lagi ngajak anak-anak.

ReplyDelete
  5. wah Bandung ini salah satu kota yang pernah aku tinggali dulu makanya pengen banget bisa balik ke sana lagi. dulu pernah ke Bandung lagi tapi cuma ke Trans studio doang dan jalan-jalan di Braga. heu

6. 2,5 tahun tinggal dan setiap weekend eksplor Bandung, masih ada aja tempat yang belum kusinggahi ternyata. Otw masuk liisstttt😎

7. Waktu ke Bandung beberapa tahun lalu, aku juga jalan jalan ke Braga dan naik Bandros

ReplyDelete
  8. Recommended banget nih referensi nya.. beberapa kali ingin ke Bandung selalu malas kalau dah ingat macet

9. Keren jg ya mba Mei, belum peenah ke bandung nih tapi keknya menarik banget deh buat dijelajahi

10. Wah, kebetulan Bandung selalu jadi destinasi favorit yang mudah dicapai dari kediaman saya. Belum pernah ke penangkaran rusa Ranca Upas. Penasaran juga. Sepertinya ajak anak-anak seru ya.

ReplyDelete
  11. Dah lamaaaaa bgt aku ngga cuss BDG.
    mupeeengg euy
    moga bs k sana sekeluarga

ReplyDelete
  12. Waaah jadi pengen ke Bandung lagi nunggu bocil siap dibawa jauh nih. Btw Bosscha udah buka lagi kah mba? Bisa aku save untuk rekomendasi wisata nih

13. Yeay ada pedoman nih kalau saya ke Bandung
    Maklum belum pernah soalnya
    Jadinya makin excited kalau ada yang bicarakan Bandung

ReplyDelete
  14. Ah noted nih. Saya masih menyimpan impian bisa ke Jakarta lagi dan lanjut ke Bandung. Itinerary Mbak Mei bisa dadi referensi nih.

15. Di Bandung 4 hari, gak kerasa banget ya, kak Mei.
    Mengunjungi setiap tempat wisata dari mulai Bandung kota hingga ke Lembang dan menjelajah setiap kuliner di sudut kota Bandung. Sangat menyenangkan sekali.

ReplyDelete
  16. Tantangan kalau main ke Bandung itu macetnya yang masya Allah..

Jadi inget, dulu pernah jalan2 ke Bandung. Sangking macetnya, sampai bisa beli makanan dulu.

17. Mantap nih Mei, 3 hari bisa dapet berbagai destinasi wisata yang banyaaakk... Boleh juga ah ngikut itinerarynya ntar klo ada rejeki ke Bandung barengan keluarga. Tapi kyknya klo sebanyak itu ga kuat hehee....

ReplyDelete
  18. Mbaaaa makasih banget udah ngasih itinerary ini. Aku ada rencana jelajah bandung bareng kluarga, sebab aku belum pernah ke sana. Membantu banget ini.

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.