KEUNTUNGAN VIRTUAL ACCOUNT BAGI PELAKU BISNIS

Virtual account menjadi istilah yang sangat umum digunakan dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Hampir semua orang mengenal istilah ini, terlebih mereka yang selalu mengakses platform pembayaran secara online. Lalu, apakah sebenarnya virtual account dan bagaimana keberadaannya bisa menjadi sangat penting?

virtual account


Kenali Sistem Virtual account

Kenali terlebih dahulu apa akun virtual yang sering dipergunakan untuk transaksi. Akun virtual merupakan adalah akun sementara yang dapat dimanfaatkan untuk bertransaksi atas nama akun yang sebenarnya.  Konsep dari akun virtual ini adalah akses masuk ke sebuah akun yang tidak dapat menyimpan uang namun dapat mengarahkan uang tersebut ke rekening yang dituju.

Lalu apa tujuannya? Karena kode unik dari akun virtual tersebut, maka penerimaan dana ke dalam akun dapat memudahkan akun bank penerima untuk mengidentifikasi siapa yang melakukan pembayaran. Selain itu, akun virtual memberi kemampuan bagi pebisnis untuk merekonsiliasi pembayaran secara real time.

Akun virtual menjadi hal yang sangat utama di Indonesia dimana para pelaku transaksi di negara kita mayoritas menggunakan internet banking.   Pasalnya, akun virtual menghilangkan proses transfer manual dimana verifikasinya cukup rumit. Pasalnya, semua bank di Indonesia tidak membagi identitas siapa yang melakukan setiap transaksi, sehingga bisnis perlu merekonsiliasi setiap transaksi satu per satu.

sistem virtual account


Transfer manual memaksa penerima uang memeriksa ulang identitas pengirim dengan nomor rekening, serta memastikan bahwa jumlah yang benar telah ditransfer. Proses verifikasi manual yang rumit justru menambah pekerjaan departemen keuangan perusahaan. tentu, proses yang lama dan membuang waktu ini berisiko human error.

Beda Penggunaan Metode Transfer Bank Manual dengan Akun Virtual

Pasti banyak yang ingin tahu apa bedanya transfer bank menggunakan metode transfer biasa dengan transfer menggunakan virtual account?  Semisal seorang pelanggan hendak membeli furniture dengan menggunakan transfer bank manual. Ia harus menunjukkan melihat rekening tujuan transfer uang dan melakukan transfer sebelum akhirnya menyerahkan bukti pembayaran ke merchant penjual.

Berbeda dengan pembayaran menggunakan akun virtual dimana pelanggan harus memasukkan nomor unik dengan kode pembayaran berbeda dimana nantinya proses identifikasi langsung diotomatisasi.  Pelanggan juga tidak perlu mengirimkan bukti pembayaran karena nantinya langsung muncul notifikasi jika pelanggan telah melunasi pembayaran.  Transaksi terdaftar secara otomatis serta penerima uang dapat merekonsiliasi pembayaran secara real time.

Keuntungan Virtual Account Bagi Pembeli dan Penjual

Cara kerja akun virtual untuk pelanggan adalah pelanggan memilih metode pembayaran ini saat sudah menyelesaikan transaksi.  Setelah itu, pelanggan mendapat nomor rekening virtual untuk transaksi tersebut. Pelanggan dapat menggunakan platform perbankan sesuai yang mereka miliki dengan memilih pembayaran melalui akun virtual.

Keuntungan signifikan yang didapat pelanggan adalah mereka tidak perlu memasukkan jumlah transfer secara manual karena nominal yang harus dibayar sudah ditentukan. Tentunya, hal ini menguntungkan karena  tidak ada risiko salah transfer.  Notifikasi pembayaran berhasil juga lebih cepat.

keuntungan virtual account


Sedangkan pedagang juga tak kalah diuntungkan dengan metode pembayaran akun virtual. Penerima uang dapat mengidentifikasi pembayaran dengan mudah dan otomatis.  Hal ini sangat bermanfaat, terutama untuk penerima uang dengan jumlah sangat besar.  Penerima uang dapat dengan segera mengidentifikasi pengirim sekaligus faktur pembayarannya.

Ragam Akun Virtual

Beberapa jenis virtual account  adalah sebagai berikut:

1. Fixed dan Non-Fixed

Akun virtual fixed adalah akun yang dimiliki pelanggan di platform e-wallet mereka. Dengan demikian, mereka dapat menggunakannya berulang-ulang untuk transaksi apapun.  Sedangkan akun virtual non-fixed adalah nomor yang digunakan pelanggan untuk membeli produk di e-commerce.  Akun virtual non-fixed lebih memudahkan penerima uang untuk dapat rekonsiliasi data transaksi dengan cepat.

2. Single dan Multiple

Akun virtual single hanya dapat digunakan sekali dimana akun ini tidak dapat digunakan lagi jika tagihan sudah terbayar. Sedangkan akun virtual multiple digunakan untuk pembayaran cicilan dimana pengguna dapat terus menggunakannya hingga cicilan mereka lunas.

3. Open dan Closed

Akun virtual open adalah akun virtual yang menerima pembayaran dengan jumlah berapapun meski minimum pembayaran minimal Rp 10.000. Sedangkan akun virtual closed adalah akun virtual yang menerima pembayaran sesuai kode unik di dua atau tiga digit belakang.

Keunikan Akun Virtual

Penjelasan diatas tentu membuat banyak orang lebih memilih virtual account untuk mempercepat proses transaksi.  Terlebih para pengusaha yang membutuhkan invoice secara cepat dan real time. Tak heran, mereka mempercayakan transaksi virtual account untuk otomatisasi invoice online melalui Faspay.  Pengusaha berskala raksasa tentu terbantu dengan sistem otomatis dari invoice secara online.

Virtual account Faspay memastikan teknologi tercanggih dan teraman dalam transaksi pembayaran.   Sebagai payment gateway pertama di Indonesia, Faspay menjamin kemudahan bertransaksi untuk pengguna, terutama para pengusaha yang ingin mengembangkan bisnis mereka, baik bisnis berskala kecil maupun besar.

39 Comment

  1. Selama ini cuma make aja, ternyata virtual account banyak jenisnya ya, Mba. Lagi pun ada Faspay nih yang buat segala transaksi jadi mudah.

    ReplyDelete
  2. Banyak bgt manfaat virtual account ini ya terlebih untuk pebisnis online. Aku awalnya jga bingung sih Virtual Acoount ini maksud dan tujuannya apa. Baca ini jadi lebih jelas dan gamblang. Taunya cuman pake-pake aja, hehe.

    ReplyDelete
  3. Ah iya, sekarang memang banyak virtual account
    Dulu pun aku kira virtual akun ini cuman untuk pake pake gitu aja
    Ternyata banyak juga kelebihannya

    ReplyDelete
  4. Terima kasih infonya. Dengan adanya akun virtual yang terpercaya bisa lebih melindungi data pelanggan bisnis

    ReplyDelete
  5. Benar sekali, Mbak. Enakan pembayaran pakai virtual account. Jadi nominal itu sudah pasti. Saya sudah sering menggunakan pembayaran virtual account. termasuk saat membeli tiket akomodasi. Bahkan sekarang mau bayar domain juga pakai virtual account. Setelah selesai bayar, langsung dapat email. jadi tidak perlu konfirmasi lagi.

    ReplyDelete
  6. Virtual account akan membuat transaksi jadi lebih cepat, terpecaya dan no tipu tipu

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mba meminialisir kesalahan transfer pokoknya

      Delete
  7. Baru tahu lebih dalam soal virtual account ini. Biasanya saya transaksi ke marketplace kayak syopi, toped, bli, laz pakai virtual account tapi ya cuma sekadar tahu aja. Pas baca ini, jadi paham.

    ReplyDelete
  8. Sekarang memang zamannya virtual account menjadi metode sehari-hari dalam aktivitas transaksi pembayaran. Baru tau juga ini jenis-jenis dan penamaannya, padahal udah biasa pake.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya saya juga akdang suka ga notice mba, cuman karena keseringan jadi hapal

      Delete
  9. sebagai konsumen aku setuju kak, soalnya aku pun lebih banyak dan lebih suka pakai virtual account.. soalnya lebih mudah ngga perlu masuk2in nomor rekening lagi tinggal copas aja

    ReplyDelete
  10. Saat ini para pelaku ekonomi dan pebisnis lebih banyak menggunakan virtual account dan tentunya manfaatnya sangat dirasakan baik di sisi konsumen dan pebisnis.

    ReplyDelete
  11. Mudah sekali transfer belanja atau tagihan ke virtual account, apalagi yang hanya sekali pakai. Jumlahnya presisi, sama persis jadi kita yakin, gak salah transfer.

    ReplyDelete
  12. faspay ini jadi semacam pihak ketiga yang menyediakan jasa virtual account kah? atau aplikasi tersendiri. saya baru mengenal virtual account ketika transaksi di marketplace

    ReplyDelete
  13. Wow ternyata manfaatnya banyak yaa pembayaran dengan menggunakan virtual.account. Baruu tahu aku selama ini bayar2 aja. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  14. Virtual account ini memang benar benar bikin kerjaan serba praktis ya.. Gak perlu lagi capek capek nulis jumlah transfer, langsung otomatis saja. Human error salah ketik jumlah transferan bisa dihindarin dengan ini nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget minimalisir kesalahan transfer ya Kak

      Delete
  15. Virtual account juga dipake sekolah anakku buat bayar SPP. jadinya lebih tercatat rapi, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bagus ya mba sudah merambah ke pembayaran pendidikan

      Delete
  16. Ternyata banyak banget manfaat virtual account ini. Memang lebih enak sih pakai VA ini kalau belanja online di marketplace. Saat dimasukkan akan langsung tertera nominal yang mesti dibayar. Jadi lebih sat set sat set.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan pastinya meminimalisir kesalahan transfer

      Delete
  17. makasih kak jadi jelas informasinya ya tentang virtual account. saya juga sering pakai VA untuk berbgaai pembayaran, tapi untuk virtual account fastpay belum dicoba nih..

    ReplyDelete
  18. Virtual Account memang lebih aman buat pelaku bisnis. Saya malah baru tahu ada fastpay ini, bisa jadi alternatif buat nomor virtual account tanpa perlu ke bank ya. ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang kita belanja online di beberapa e-commerce banyak yang pilihannya VA mba

      Delete
  19. Saya merasakan juga bagaimana praktis dan mudah kalau mau beli sesuatu, pakai virtual akun itu pembayaran jadi lebih cepat dan akurat. Pelaku bisnis pasti memang sangat terbantu sekali

    ReplyDelete
  20. virtual account emang memudahkan banget ya kak, soalnya gak perlu catat-catat manual lagi karena semua sudah otomatis tercatat dalam sistem.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul dan paling aman karena meminimalisir kesalahan nomor rekening

      Delete
  21. ternyata ada banyak jenis VA yaa. Belakangan ini saya juga lebih sering transfer VA karena lebih aman dan praktis
    kalau transfer bank biasa harus cek mutasi/rekening koran segala

    ReplyDelete
  22. Sepertinya cuma aku yang gagap kalau dikasih virtual account.
    Karena zaman sekarang ada banyak pilihan pembayaran yang lebih mudah. Ternyata keuntungannya salah satunya adalah meminimalisir kesalahan jumlah dalam transfer ya..

    Haturnuhun kak Mei.. Jadi paham sekarang.

    ReplyDelete
  23. makasih mbak jadi sedikit punya gambaran tentang virtual account ini, selama ini cuma make aja hihi.. memang sih lebih akurat gitu ya untuk jumlahnya, jadi gak salah ngisi nominalnya

    ReplyDelete
  24. Lewat virtual account memudahkan untuk pencatatan transaksi juga ya kak.
    Sehingga buat pelaku usaha serta yang mentransfer bisa cepat tahu jejak transaksinya

    ReplyDelete
  25. Jaman sudah canggih ya dimana proses pembayaran beragam intinya memudahkan kita semua.

    Virtual.account ternyata memiliki banyak.fungsi yaa (gusti yeni)

    ReplyDelete
  26. klo bayar via VA enak si ya praktis, bisa langsung masuk ke list pembayaran tagihan, banyak layanan finansial yang udh bisa bantu umkm atau pebisnis buat kembangin bisnisnya ya

    ReplyDelete
  27. Virtual account paling enak klu transaksi lebih aman dan nyama. tuk sgala transaksi. Sy juga sering pake ini buat pembayaran website, gopay dll.

    ReplyDelete
  28. Virtual Account adalah pilihan terbaik bagi pelaku bisnis
    Agar transaksi keuangan berjalan lancar ya mbak

    ReplyDelete
  29. Pakai Virtual Account lebih praktis menurutku. Dan lebih trusted kalau kita melakukan transaksi.

    ReplyDelete
  30. Wah baru tau nih virtual acount banyak macamnya ya bahkan bisa dipakai berulang ulang. Jujur aku bersyukur banget hadirnya Va ini kalau mau tf nggak pusing pusing masukim nama bank, nominalnya

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.