PESONA PADANG SAVANA PANGONAN DIENG

Padang Savana Pangonan Dieng menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Dieng. Saya mengunjungi tempat padang savana ini sekitar tahun 2016, informasi petugasnya baru buka sekitar 3 bulanan. Fasilitas masih cukup terbatas dan serunya masih sangat sepi ketika saya berkunjung ke sana. Masih jadi hidden gem Dieng.

padang savana pangonan dieng


Daya tarik Padang Savana Pangonan Dieng

Saya berkunjung ke tempat ini sekitar pukul 2 sore hari. Hampir sepanjang saya di sana berkabut. Sehingga tidak bisa mengambil photo pemandangan secara utuh, karena kabutnya tak mau beranjak.

Untuk dapat mencapai tempat sejuk dan tenang ini, pengunjung akan melakukan trekking ringan sekitar 20 - 30 menit atau bahkan sampai 1 jam. Tergantung kecepatan kaki dan seberapa lama kamu berhenti untuk mengambil dokumentasi. 

savana dieng pangonan


Sepanjang jalan, wisatawan akan disuguhi pemandangan hijau dengan pohon-pohon besar dan rerumputan yang semuanya masih alami. Terlihat sekali masih jarang dikunjungi orang. Namun jangan khawatir, jalan setapaknya cukup nyaman untuk trekking. Bahkan sudah dibuat rapi oleh petugas. Bahkan ada beberapa spot yang sudah dicor.

Senangnya ketika saya sampai di tempat ini, hanya ada beberapa orang saja. Tidak lebih dari 10 orang. Sehingga benar-benar menikmati suasana dan pemandangan padang savana ini. Udaranya sejuk dan segar sekali. Membuat pikiran lebih segar dan nyaman.

padang savana dieng
Salah satu jalur trekking yang harus dilewati, masuk-masuk ke kolong pipa

Berisiknya gesekan pepohonan besar yang tertiup angin menambah suasana nyaman di tempat ini. Apalagi ketika angin berhembus kencang, aroma pohon khas ketinggian tercium begitu kuat. Membuat para pengunjung betah berlama-lama di tempat sini. Sayangnya waktu itu fasilitas untuk berkemah belum tersedia. Sehingga saya dan teman tidak bisa menikmati suasana malam di hamparan hutan luas ini.

Lalu apa saja yang bisa kamu lakukan di Padang Savana Pangonan Dieng ini?

1. Tempat Healing

Belakangan ini banyak orang selalu mencari tempat healing agar lepas dari penat dan galau. Buat saya alam adalah tempat terbaik untuk menyegarkan pikiran. Dan padang savana ini cocok sekali menjadi tempat healing.

2. Berkemah

Saat ini tersedia fasilitas untuk berkemah di tempat ini. Kamu dapat menikmati hawa udara dan indahnya langit di hamparan sabana ini pada malam hari. Siapa tahu ya ada milky way. Kalau dulu pas saya ke sini belum ada dan memang belum diperbolehkan berkemah di tempat ini karena baru dibuka. Fasilitas keselamatan belum tersedia.

3. Photography

Yap, di tempat sejuk ini kamu dapat mengabadikan dan mengambil photo pemandangan alam yang sangat alami, hijau, sejuk, dan diselimuti kabut. Dengan latar belakang alam yang segar dan indah, membuat photo kamu semakin instagenik.

savana pangonan dieng

4. Photo Prewedding

Belakangan ini tak jarang padang savana ini sering dijadikan sebagai lokasi prewedding. Karena memang latar belakang pemandangan alamnya yang masih sangat alami dan indah. Mirip dengan hutan Afrika, tapi belakangnya seperti hutan amazon yang ditumbuhi dengan pohon pinus yang tinggi.

5. Menikmati Sunrise dan Sunset

Buat wisatawan yang menginap, pastinya juga dapat menikmati matahari tenggelam dan matahari terbit. carilah spot terbaik atau tanyakan kepada petugas di mana spot terbaik untuk menikmati sunset dan sunrise. Sehingga kamu dapat menikmati keduanya di tempat yang tepat.

Waktu terbaik berkunjung ke Padang Savana Pangonan Dieng

Kalau dulu masih sangat sepi, meskipun saya berkunjung di akhir pekan. Sekarang tempat ini sudah sangat ramai dan terkenal. Maka berkunjunglah di hari kerja. Atau jika berkunjung di hari libur atau weekend, maka berkunjung agak pagi atau sore sekaligus. Terkecuali kamu akan berkemah di tempat ini.

Buat suka yang melihat rumput look like a caramel alias warna kecoklatan, berkunjunglah pada musim panas. Namun jika kamu suka dengan pemandangan rumput yang hijau maka berkunjunglah pada musim penghujan. 

Harga Tiket Masuk (HTM)

Untuk dapat mengunjungi tempat ini, wisatwan dikenakan biaya masuk terbarunya Rp. 10.000 per orangnya. Waktu saya dulu awal buka (kalau tidak salah, agak lupa-lupa) Rp. 5.000, parkir motor Rp. 2.000 dan mobil dikenakan Rp. 5.000.

Jam Operasional Padang Savana Pangonan Dieng

Jam operasional tempat wisata ini adalah pukul 07.00 - 17.00 WIB.

Fasilitas Padang Savana Pangonan Dieng

Selayaknya tempat wisata yang sudah dikelola dengan baik, terdapat beberapa fasilitas tersedia di padang savana ini, bahkan sudah mengakomodir bagi wisatawan yang ingin berkemah. Dan fasilitas yang tersedia adalah:

  • Pos Pembelian Tiket
  • Area Parkir
  • Warung Makan
  • Toilet
  • Mushola
  • Basecamp pendakian
  • Camping Area
  • Pos pendakian
  • Pos Informasi dan Keamanan

Referensi:

Dieng Travel. 2022. Padang Savana Dieng.  https://dieng.travel/wiki/padang-savana-pangonan/. (Diakases pada 23 Desember 2022).
Sikidang. 2022. Padang Savana Dieng. https://sikidang.com/wisata-padang-savana-dieng/. (Diakases pada 23 Desember 2022).

15 Comment

  1. Ternyata ada padang savana juga di dieng, ya. Terima kasih infonya

    ReplyDelete
  2. Rasanya mengunjungi Dieng masih ada dalam bucket list liburanku. Meski begitu. Kupikir orang-orang yang pernah berkunjung pasti nggak keberatan kalau misalkan berkunjung lagi untuk menikmati padang savana pangonan ini. Cakep banget kayaknya view yang ditawarkan.

    ReplyDelete
  3. Kalau pas musim kemarau, kayanya bakal eksotis banget ya pada savana ini. Apakah udaranya tetap dingin di musim kemarau?

    ReplyDelete
  4. Waktu ke Dieng melihat festival cukur rambut gimbal, saya tidak ke Padang Savana ini. Semoga nanti ke Dieng lagi bisa main dan berkemah disini. Terbayang kalau malam pasti dingin banget ya...

    ReplyDelete
  5. Eh, bisa kemah juga? Seru banget pasti. Negliat kabut dan ijo-ijonya bikin seger banget pasti ✨

    ReplyDelete
  6. Wah cocok nih buat saya, soalnya suka wisata pemandangan alam yang hijau dan sejuk. Semoga bisa berkunjung ke sana suatu saat nanti. Semoga semakin ramai dan berkembang dengan baik tempat wisata ini ya...

    ReplyDelete
  7. Udah lama banget pingin mengunjungi Dieng. Suasananya yang adem pasti bikin kepala dingin. Bikin healing makin menyenangkan.

    ReplyDelete
  8. Kalau suasananya seperti itu memang tepat kak buat healing manis sambil tafakur alam. Berada pasti ya vibes nya dalam mengagumi ciptaan Tuhan yang luar biasa

    ReplyDelete
  9. Waah aku ga tau ada padang savana di Dieng,,terakhir ke Dieng 2019 wuihh pas itu dinginnyaaa disana...(gusti yeni)

    ReplyDelete
  10. Jadi penasaran sama padang sabana di Indonesia. Rupanya di Dieng juga ada. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  11. aaaaah aku jadi kangen Dieng. vibe nya emang beda banget ya. dan beruntung aku sempat mengunjungi candi, perkebunan, kawah dan situ serta padang savana nya dong. emang beneran indah banget dan berkabut.

    ReplyDelete
  12. Harganya tiket ramah banget dikantong kak, jadi pengen berkunjung ke padang savana panginan dieng, saya masukin list tour ya kak.

    ReplyDelete
  13. Cantiknyaa..
    Luar biasa sekali Padang Savana Dieng yang menyajikan pemandangan hamparan rumput luas dengan spot foto instagenic dengan harga tiket terjangkau. Kayanya naik ke puncaknya lumayan lebih mudah ya, kak Mei?
    Mirip Bromo kah?

    ReplyDelete
  14. Ini mah tempatnya memang camping able banget! Pengen deh bisa kemah di tempat sebagus dan sesejuk padang savana pangonan dieng. Semoga suatu hari nanti bisa pergi liburan ke sana.

    ReplyDelete
  15. Oh, ada padang savana juga ya di Dieng. Aku tuh pengen banget lho ke Dieng dari tahun 2020 lalu padahal. Cuma keburu pandemi. Habis itu belum ada kesempatan mulu untuk ke sana. Padahal indah banget ya di sana

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.