OBJEK WISATA TERBAIK DI NEPAL

Nepal adalah satu negara terkenal di dunia karena tempat berdirinya atap dunia. Yap, Gunung Everest sebagai gunung tertinggi di dunia berada di negara dengan ibukota Kathmandu ini. Tepatnya berada di antara Nepal dan Tibet. Namun selain pesona gunungnya, Nepal juga terkenal dengan beberapa destinasi wisata lainnya. Penasaran apa saja objek wisata di Nepal yang wajib kamu kunjungi?

objek wisata terbaik di nepal


Rekomendasi Objek Wisata di Nepal

1. Bhaktapur Durbar Square

Bhaktapur Durbar Square adalah sebuah alun-alun di depan istana kerajaan Bhaktapur. Ini adalah tempat pertama yang saya kunjungi ketika traveling ke Nepal. Di tempat ini wisatawan dapat menyaksikan sistem kehidupan warga Nepal di abad pertengahan.

Bhaktapur Durbar Square


Di Bhaktapur Durbar Square terdapat 172 kuil yang aktif digunakan sebagai tempat ibadah oleh warga setempat. tempat ini terdiri dari empat bagian yaitu  Dattatreya Square, Durbar Square, Pottery Square, dan Taumadhi Square. Karena peninggalan zaman dahulu yang sangat kaya akan kebudayaan dan menyimpan sejarah penting bagi warga Nepal, maka pada tahun 1979 tempat ini masuk sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.  

2. Danau Phewa

Tempat wisata kedua yang bisa kamu nikmati adalah pemandangan Danau Phewa yang berada di sekitar Kota Pokhara. Bagian ujung selatan danau tersedia sebuah istana kerajaan Nepal. Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati atraksi menaiki sampan. Kamu juga dapat mengunjungi sebuah kuil di ujung danau dengan menggunakan sampan tersebut. Selain itu kamu dapat berkeliling naik sepeda di sekitar danau ini.

phewa lake


Waktu itu saya ditawari oleh beberapa pemilik perahu di sana untuk berkeliling menggunakan perahu yang berwarna-warni, sayangnya tidak disediakan pelampung. Selain itu, dari tempat ini kamu juga dapat menikmati pemandangan puncak Annapurna Base Camp yang sangat indah. Akan sangat indah mengunjungi danau ini pada sore hari dengan suasana udara yang sejuk.

3. Garden of Dreams

Taman Garden of Dreams terletak di Kota Kathmandu. Keberadaannya tidak begitu terlihat dari luar, karena lokasi masuknya memang berada di dalam sebuah bangunan dengan dinding yang lumayan tinggi dan bergaya lama. Taman segar nan asri ini seperti surga di tengah Kota Kathmandu yang sangat panas dan berdebu.

garden of dream
Source: Canva


Di taman ini pengunjung dapat menikmati pemandangan hijau, bisa sambil tiduran di atas rumput yang hijau dan bersih, di bawah rindangnya pohon sambil membaca buku, bermain HP, atau justru tertidur pulas. Karena memang udaranya cukup sejuk. Sangat berbeda dengan udara di luar taman ini. Selain itu kamu juga dapat menikmati makanan dari restoran yang disediaka oleh pihak pengelola. 

4. Museum Patan

Lokasinya masih berada di Kota Kathmandu. Museum ini merupakan salah satu museum terbaik di Asia. Lokasinya masih berdekatan dengan Durbar Square. Museum ini menyimpan warisan Budha dan Hindu yang sangat erat dengan kehidupan masyarakat Nepal. Museum ini juga masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO, sehingga pemerintah Nepal sangat menjaganya dengan baik.

5. Nagarkot

Saya mengetahui tempat yang ramai dikunjungi wisatawan ini dari travel mate saya orang Belanda yang saat itu bertemu saat melakukan pendakian. Dia mengajak saya sekaligus dia mengadakan volunteer. Wisatawan dapat menyaksikan indahnya pemandangan gunung berselimut salju sambil menikmati minuman ginger tea, minuman khas negara ini yang banyak disediakan di wilayah ketinggian sebagai minuman penghangat badan.

6. Pashupatinath Temple

Kuil Pashupatinath adalah kuil yang dianggap sebagai kuil paling suci diantara kuil Dewa Siwa. Kuil ini juga masuk sebagai salah satu warisan dunia UNESCO karena kaya akan budaya. Waktu itu saya tidak masuk karena menurut guide selain penganut Hindu dilarang masuk ke tempat ibadah ini. Sehingga kami hanya melihat beberapa aktivitas didalamnya dari luar saja.

Pashupatinath Temple


Namun kami dapat berphoto di bagian sisi luarnya. Bagian luar bangunan kuil sudah mengesankan sebuah peninggalan yang sangat megah, yang kayak akan budaya dan sejarah di masa lalu. Sehingga kuil ini memang sangat dijaga dengan baik sebagai warisan leluhur oleh pemerintah Nepal.

7. Poon Hill

Buat kamu yang suka dengan alam bebas seperti gunung, tepat sekali kamu berkunjung ke negara yang benderanya non segi empat ini. Nepal memiliki belasan gunung salju yang menantang. Namun buat kamu yang pemula saya sarankan untuk mendaki gunung yang cukup mudah terlebih dahulu.

poon hill


Hanya butuh 2-3 hari saja dari desa terakhirnya untuk dapat mendaki gunung dengan ketinggian sekitar 3000an mdpl ini. Dari puncak Poon Hill ini kamu dapat menyaksikan 360 derajat pemandangan indah yang dikelilingi oleh pegunungan salju.

8. Sarangkot Hill

Adalah salah satu destinasi wisata terkenal di Pokhara. Di Sarangkot Hill wisatawan dapat menikmati indahnya gunung Annapurna sekaligus melakukan paragliding dengan pemandangan bawahnya adalah Danau Phewa dan puncak Gunung Annapurna. Udaranya yang segar membuat kamu akan betah menikmati pemandangan berselimut salju ini.

sarangkot hill


9. Stupa Boudhanath

Stupa adalah bangunan yang berisi relik Budha, digunakan sebagai tempat meditasi dan juga biasa digunakan tempat menyimpan abu biksu. Stupa Boudhanath di Nepal merupakan stupa terbesar di dunia. Jadi tak heran stupa ini merupakan pusat utama pemujaan Budha Tibet. Sehingga banyak sekali penganut Budha berdatangan dari berbagai wilayah seperti dari Tibet, Asia Timur, dan lainnya untuk melakukan ibadah di tempat suci ini.

Boudhanath Stupa


Si tempat ini kamu akan bertemu dengan banyak biksu yang hendak beribadah. Bahkan kamu dapat menyaksikan proses ibadan para biksu beserta warga setempat. Saya waktu itu juga menyaksikan ibadah dan meminta izin untuk berphoto dengan mereka. Ingat mintalah izin sebelum teman-teman berphoto dengan para biksu atau dengan masyarakat yang akan ibadah. Sebagai bentuk menghormati kepada masyarakat dan biksu di sana.

10. Swayambhunath Temple

Kuil Swayambhunath adalah bangunan peninggalan zaman dahulu yang mempunyai desain arsitektur yang artistik. Bangunan kuil kuno ini masih berbentuk arsitektur kuno dengan segala kemegahannya. Ketika saya mengunjunginya tahun 2016 sedang dalam proses renovasi, ternyata memang pada tahun 2015 mengalami kerusakan akibat gempa.

Swayambhunath temple


11. Taman Nasional Chitwan

Buat yang suka dengan kehidupan binatang, kamu dapat mengunjungi Taman Nasional Chitwan. Taman nasional yang berada di barat daya Kota Kathmandu atau sekitar 4 jam dari Kathmandu. Taman nasional ini masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Ada berbagai atraksi yang bisa kamu saksikan saat mengunjungi Chitwan, yaitu menyaksikan penangkaran gajah, menyusuri hutan, juga menyaksikan satwa lainnya seperti beruang, macan tutul, singa, burung, buaya, dan lainnya. Sampai dengan menikmati hutan dengan menaiki kano dan mengendarai jepp. Seru banget pokoknya.

Itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata di Nepal yang wajib kamu kunjungi. Kamu dapat mengunjungi tempat ini secara mandiri atau menggunakan paket wisata ke Nepal atau dapat mencari paket wisata di kathmandu. Selain berwisata jangan lupa juga menikmati makanan khas Nepal selagi ke sana.

Kamu pernah mengunjungi negara dengan gunung tertinggi di dunia ini? Yuk sharing pengalamannya di kolom komentar.

8 Comment

  1. ahhh Nepal memang selalu ngangenin. 2 kali saya ke Nepal dan memang tujuannya buat nyari ketenangan jiwa. Ikut healing season dan yoga dibeberapa kuil.... seru dan refreshing jiwa raga kalau beberapa temenku buat trekking ke Nepalnya

    ReplyDelete
  2. Pengennya tahun depan kesanaba mei. Aku tuh sbnrnya masih galau, antara India atau Nepal. Tapi kalo Nepal pun pengennya sekalian Bhutan. Udh Deket kan.

    Tapi kayaknya Bhutan blm buka.

    Nepal aku suka Krn kotanya itu kayak fotogenic sih. Ngeliat foto temen2 cakeeep semua.

    Tapi kalopun jadi ke Nepal, kyknya aku pake travel sih, Krn pak suami ga mau ikut hahahahah. Makluuum yee, aku tipe yg ga suka traveling solo. Jadi kalo palsu ga ikutan, lebih milih pake travel.😄

    ReplyDelete
  3. Menarik sih. Kebanyakan adalah wisata alam yang menakjubkan. Keren banget.

    Meski begitu, wisata kotanya kayak bangunan-bangunannya juga bagus banget. Apalagi stupanya.

    Nepal ternyata keren.

    ReplyDelete
  4. Jadi, kalau ke Danau Phewa sekaligus ke Gunung Annaparna juga ya. Bisa nginap beberapa hari supaya puas.

    ReplyDelete
  5. duh aku kepengen banget ke Nepal, tapi ada beberapa kendala yang mesti ditanggulangi. pertama takut ketinggian plus takut kedinginan. Mesti ngumpulin keberanian selain bujet dan waktu. Cakep banget sih Nepal

    ReplyDelete
  6. Kalau dengar kata Nepal kebayang suatu tempat yang eksotis di pegunungan, takjub banget dirimu sudah menapakkan kaki di sana dan menjelajahi sudut Nepal..

    ReplyDelete
  7. Wah, testimoni keindahan Nepal beserta tempat wisatanya ini bikin semangat untuk travelling ke sana ya.. Menyenangkan sekali bisa menikmati keindahan alam dan mendapatkan ketenangan jiwa.

    ReplyDelete
  8. Kalau lihat landscape Danau Phewa, mirip-mirip danau yang di Maninjau, luas dan terdapat perbukitan. Lalu kalau next aku ke Nepal, sepertinya aku pengen camp di Poon Hill, asik bener tuh kayaknya kalau buka tenda pagi-pagi langsung lihat indahnya pegunungan yang dibalut es gitu

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.