10 FESTIVAL UNIK DI DUNIA, MEMBUAT LIBURAN KAMU MAKIN SERU

Beberapa negara mempunyai festival unik dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Festival tersebut biasanya berkaitan dengan adat budaya, kepercayaan, ritual keagamaan, dan lainnya atau bahkan sama sekali tidak ada nilai sejarahnya. Penasaran apa saja festival unik di dunia versi meimoodaema? Ini dia beberapa festival unik di dunia yang akan membuat perjalanan kamu semakin seru.

festival unik di dunia
Source: Canva
Redesign by Writer


Festival unik di dunia yang akan membuat liburan kamu makin seru

1. Boryeong Mud Festival, Korea Selatan

Festival Boryeong Mud atau festival mandi lumpur ini pertama kali diadakan pada tahun 1998. Festival ini biasa diadakan di Pantai Daecheon, Kota Boryeong. Di festival ini kamu dapat mengikuti beberapa acara seru seperti ikut lomba lari di atas lumpur, membuat sabun lumpur, pijat lumpur, atau melukis tubuh dengan lumpur. Atau kamu bisa berseluncur di atas lumpur untuk menuju kolam lumpur yang seru abis.

Boryeong Mud Festival
Source: Canva

Ide event unik ini awal mula diadakan sebagai ajang promosi kosmetik dari salah satu perusahaan yang produknya berbahan dasar lumpur. Namun ternyata festival ini berkembang menjadi sebuah atraksi wisata yang sangatt menarik bagi banyak wisatawan. Berkunjunglah ke Korea Selatan pada bulan Juli setiap tahunnya untuk menyaksikan festival ini.

2. Cheese Rolling Race, Inggris

Salah satu contoh festival yang menarik adalah Festival Cheese Rolling Race yang sudah ada sejak 400an tahun lalu. Festival ini diadakan untuk menandai musim panas sekaligus perayaan musim panen dengan cara memperebutkan 4 kg keju di bukit curam.

Biasanya festival ini diadakan di Cooper’s Hill-Gloucestershire. Berkunjunglah ke Inggris pada bulan Mei setiap tahunnya untuk dapat menyaksikan festival yang banyak diikuti oleh para pemuda ini.

3. Carnevale di Venezia, Italia

Festival di dunia berikutnya adalah Karnaval Venezia dengan berjuta sejarah yang melatarbelakanginya, saat ini menjadi salah satu acara meriah di dunia yang menarik banyak wisatawan untuk menyaksikannya. Pesta rakyat dengan menggunakan topeng ini diadakan di sekitar kanal dengan menikmati berbagai makanan dan minuman.

Carnevale di Venezia Festival
Source: Canva


Peserta karnaval akan menggunakan topeng dan kostum sesuai dengan keinginan kita. Karnaval yang sudah berabad-abad ini mampu menleburkan kasta sosial di negara tersebut.  Pesta rakyat ini juga dimeriahkan dengan para penari, pemain akrobat, sampai dengan pesulap handal. Berkunjunglah 2 minggu menjelang paskah setiap tahunnya untuk dapat mengikuti karnaval ini atau mungkin sekitar Januari - Maret setiap tahunnya.

4. Dia De Los Muertos, Meksiko

Adalah festival yang dilakukan untuk menyambut arwah atau memperingati orang-orang yang telah meninggal. Keluarga akan menyiapkan altar untuk memperingati keluarganya yang dihias dengan berbagai macam bunga, juga makanan dan minuman favorit orang yang meninggal.

Dia De Los Muertos Festival
Source: Canva


Seluruh kota Meksiko akan dihias dengan berbagai macam dekorasi. Dan semua warga akan mengenakan pakaian yang mirip dengan baju-baju halloween, kemudian mengelilingi kota. Event unik dunia ini diadakan setiap tanggal 31 Oktober dan 2 Januari setiap tahunnya.

5. La Tomatina, Spanyol

Festival di dunia selanjutnya adalah La Tomatino yang diadakan di Bunol, Spanyol dengan cara melemparkan buah tomat kepada siapapun yang hadir dalam festival dengan catatan tidak boleh melukai. Bawalah baju ganti jika kamu akan menghadiri acara festival seru ini.

La Tomatina Festival
Source Picture: https://id.pinterest.com/pin/476537204291990111/


Event unik ini diadakan pada hari Rabu, di akhir bulan Agustus setiap tahunnya. Jadi berkunjunglah ke Spanyol pada tanggal tersebut untuk dapat mengikuti uniknya festival yang sudah mendunia ini.

6. Holi, India

Festival unik lainnya di dunia adalah Holi yang berasal dari India. Awalnya festival ini dibuat dengan tujuan menghormati para dewa dan berdoa agar hasil panen berlimpah serta membuat tanah semakin subur. Dalam festival yang disebut juga Festival of Colour ini semua peserta festival akan saling melempar tepung yang berwarna-warni.

holi festival
Source: Canva


Festival dimulai dengan menyalakan api unggun Holika, semua akan berkumpul serta bernyanyi dan menari bersama. Festival Holi juga disebut dengan Festival Cinta, karena pada hari itu semua warga akan melupakan kebencian. Festival yang menarik banyak wisatawan di dunia ini diadakan selama sehari semalam. Dimulai pada malam purnama di bulan Falgun. Atau tepatnya diadakan setiap tanggal 13 Maret setiap tahunnya.

7. Monkey Buffet Festival, Thailand

Acara yang pertama kali diadakan pada tahun 1989 ini diadakan di Lopburi atau sekitar 93 mil dari Bangkok. Festival ini menyediakan prasmanan berupa buah-buahan dan sayur-sayuran untuk ribuan monyet lokal. Acara ini juga dimeriahkan dengan tarian dengan menggunakan kostum monyet.

Monkey Buffet Festival
Source: Canva

Ide nama festival ini memang sesuai dengan acaranya dan event unik ini tak sembarang dilakukan, karena memang diadakan dengan harapan dapat membawa keberuntungan dan kemakmuran bagi masyarakat sekitar Lopburi. Acara ini diadakan pada hari Minggu di akhir November setiap tahunnya.

8. Salto del Colacho, Spanyol

Adalah sebuah acara festival unik dari Spanyol yang menurut saya cukup menyeramkan. Karena pada puncak acara seorang pria dengan menggunakan kostum hitam yang disimbolkan sebagai iblis akan melompati bayi-bayi yang sudah dikumpulkan. Bayi-bayi tersebut berusia di bawah satu tahun. Dilanjutkan orang tua sang bayi menaburkan bunga mawar pada bayi mereka. Ritual ini dipercaya dapat membebaskan dosa sang bayi.

Salto Del Colacho Festival
Source Picture: https://id.pinterest.com/pin/385620786824730122/

Festival yang berasal dari ritual ini sudah ada sejak tahun 1600an. Biasa diadakan setiap bulan Juni setiap tahunnya atau 60 hari setelah paskah. Tepatnya pada hari Minggu sesuai dengan jadwal upacara baptis.

9. Songkran, Thailand

Adalah festival perang air antara penduduk setempat dan juga bisa dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung. Festival ini sebagai bentuk perayaan tahun baru negara Thailand. Dan kenapa menggunakan air? Karena air dipercaya sebagai alat pembersihan diri.

Songkran Festival
Source: Canva


Bangkok dan Chiang May adalah tempat paling ramai untuk merayakan festival ini. Acara ini diadakan setiap 13-15 April setiap tahunnya. Festival tahunan ini dipercayai dapat menghilangkan nasib buruk di tahun mendatang. Ingat jika kamu wisatawan jangan pernah menyiram air pada festival ini kepada menyiram air kepada biksu, ibu hamil, orang tua, dan bayi, orang yang sedang bekerja, dan juga dilarang menyiram air ke dalam ruangan.

10. Wakakusa Yamayaki Matsuri, Jepang

Salah satu festival yang menarik lainnya adalah Festival Wakakusa Yamayaki atau Festival Bakar Gunung. Pada event unik ini para peserta festival akan berlomba melempar kerupuk berukuran besar atau dinamakan senbei. Setelah itu peserta festival akan menuju Gunung Wakakusa. Dan menyalakan obor di Kuil Mizuya. Baru kemudian festival bakar gunung tersebut dilakukan dan dilanjutkan dengan pesta kembang api.

Wakakusa Yamayaki Festival
Source: Canva


Festival unik yang sering disebut sebagai The Mountain Roast ini diadakan setiap minggu keempat di bulan Januari biasanya di hari Sabtu. Maka berkunjunglah pada tanggal tersebut untuk dapat menyaksikan festival unik ini.

Itu dia beberapa festival unik di dunia yang membuat liburan kamu makin seru saat menontonnya. Jika kamu ingin menyaksikannya, silakan cek jadwal festival tersebut sebelum berangkat. Karena beberapa festival tersebut ada yang berubah jadwalnya jika cuaca tidak mendukung. Lalu bagaimana dengan festival unik di Indonesia? Saya bahas di artikel selanjutnya ya.

Kamu pernah menyaksikan salah satu festival unik tersebut? Yuk boleh banget sharing di kolom komentar.

18 Comment

  1. Yang memakai topeng itu mirip banget kayak di One Piece ya..trus festival yang melompati bayi itu serem, kasian dedek bayinya 🥲

    ReplyDelete
  2. Sayang banget kalau buah tomat kudu dilempar-lempar yak. Kan enak dibuat masakan atau jus gitu. Terus melompati bayi tuh asli ngeri-ngeri sedep sih.

    ReplyDelete
  3. Menarik-menarik semua, walaupun ada yang ngeri-ngeri sedap juga. Tapi namanya juga budaya pasti ada makna dibaliknya.

    ReplyDelete
  4. Festival di Spanyol sama India ini yang suka daku lihat beritanya. Jadi ikonik dan alasan wisatawan buat datang melihat juga ya. Apalagi yang India, sering banget muncul di film maupun dramanya.

    ReplyDelete
  5. Wah banyak bngt ya festival2 unik di berbagai negara yang bkin aku tertarik Cheese rolling di Inggris dan la tomatina acara lempar2 tomat di spanyol karena kebayang hebohnya

    ReplyDelete
  6. Festival di beragam dunia memang sangat unik dengan ciri khas nya masing-masing. Kalau liat penggambaran festival
    Dia De Los Muertos di Meksiko
    Jadi inget film besutan Disney berjudul Coco

    ReplyDelete
  7. aku baru tahu festival yang korea selatan itu mandi lumpur, kalau di Indonesia sebenarnya potensial ya wkwkkw, karena masih banyak persawahan dan empang

    ReplyDelete
  8. Masya Allah, itu yg sambit2an tomat sayang banget ya 😂 Kalau Songkran dulu saya pingin nonton langsung. Saya pernah ngerayain Songkran di hotel di Jakarta. Dari pariwisata Thailand yg ngadain. Kalau Matsuri yg di Monas, jamannya Pak Fauzi Bowo gubernurnya. Beliau hadir pas acara puncak 😀

    ReplyDelete
  9. Sejak dulu aku penasaran dengan Festival Holi, apalagi ada teman pernah ke sana khusus untuk melihat festival warna ini. Ah, semoga suatu saat bisa kesampaian traveling ke India

    ReplyDelete
  10. festifal yang unik yaa. baru tahu nih ada festival yang nomor 8, takut si pria itu gak sengaja menginjak bayi-bayi gak berdosa itu

    ReplyDelete
  11. Yang seru dan baik2 aja kayaknya yang di Thailand yaa.. Paling beli tembakan air sama bawa baju ganti. Ga perlu mandi lupur segala kayak di Korea

    ReplyDelete
  12. Pernah nonton pesta kembang api di Jepang emang indah banget mbak, waktu itu lagi ada obon festival apa yaa atau ini ya, pokoknya pas musim panas gitu. meriah banget.

    ReplyDelete
  13. Pengen ngerasain vibes festival holi, kayaknya seru, tapi entar bajunya susah dicuci gak ya? wkwkw.
    Kalo festival yg tomat kok ya sayang ehh mending tomatnya dijus atau dijadikan saos.


    paling ngeri festival yg melompati bayi astagaa itu anak manusia bukan boneka.

    ReplyDelete
  14. Woow.. sepertinya seru sekali masing-masing festival unik tersebut ya. Belum ada satu pun yg kutonton langsung nih, Krn memang aku blm pernah sekalipun ke negara-negara tsb. Thx sharingnya ya..

    ReplyDelete
  15. karena suka nonton film India, saya cuman akrab sama festival holi, sedangkan festival lain ada yang udah saya tahu tapi ada juga yang baru saya tahu setelah baca artikel ini

    ReplyDelete
  16. Cantik cantiknyaaa...orang Thailand tuh ya..
    Dan aku senang skali membaca berbagai macam festival unik di dunia, karena mengandung filosofi setiap negara yang dipercaya.

    Boryeong Mud Festival ini pernah dilakukan NCT Dream.
    Dan lucu sekali..rasanya seneng ngliat mereka bersuka ria di atas lumpur. Kek liat anak kecil dikasih mainan.

    ReplyDelete
  17. Wah andaikan saja bisa ke salah satu negaranya saja sudah senang sekali, semoga deh kalau ada rezeki dari adsense di bulan bulan berikutnya bisa mengunjungi salah satu dari list yang disebutkan diatas hhe :D

    ReplyDelete
  18. aku tahunya festival holi, tomat sama festival air di thailand itu karena sering muncul di film. kalau di Indonesia ada juga nggak festival tahunan kayak gini?

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.