MANFAAT ASURANSI PERJALANAN BUAT YANG HOBI TRAVELING

Bagi sebagian orang Indonesia, asuransi perjalanan merupakan jenis asuransi yang masih asing. Padahal, asuransi ini sudah dikenal di berbagai negara bahkan sudah wajib dimiliki. Asuransi ini merupakan salah satu jenis produk asuransi dengan proteksi yang sangat menguntungkan selama perjalanan dengan berbagai manfaat.

manfaat asuransi untuk traveling
Source: Canva


Berbagai Manfaat Asuransi Travel

Dalam dunia asuransi, dikenal ada dua jenis asuransi perjalanan, yakni asuransi domestik dan internasional. Keduanya sama-sama menawarkan manfaat yang besar berupa pertanggungan biaya medis selama perjalanan. Selain itu, ada juga sejumlah berbagai premi tambahan yang dapat digunakan sebagai perlindungan tambahan seperti:

Penggantian biaya perjalanan

Merupakan penggantian untuk biaya perjalanan yang sudah dibayarkan di muka. Hal ini dilakukan apabila ada pembatalan perjalanan ataupun penggantian biaya tambahan guna mengatur kembali perjalanan Anda. Tidak jarang penggantian biaya ini juga diberikan apabila ada pembatalan atau perubahan perjalanan yang di luar kuasa Anda sebagai calon penumpang.

Biaya medis

Asuransi travel, baik domestik dan internasional juga memiliki manfaat dalam hal biaya medis maupun biaya lain yang berkaitan dengan medis. Penggantian untuk biaya medis wajar diperlukan ketika Anda mengalami cedera selama perjalanan.

Pemulangan jenazah

Layanan untuk pemulangan jenazah menuju Indonesia dilakukan jika Tertanggung meninggal dunia secara mendadak akibat cedera ataupun penyakit ketika melakukan perjalanan. Selain itu, asuransi ini juga dikenakan untuk penggantian biaya pemakaman hingga kremasi di lokasi kematian jika Tertanggung melakukan perjalanan ke luar negeri.

Kecelakaan diri

Adanya asuransi perjalanan juga memberikan manfaat dalam hal kecelakaan dalam perjalanan. Tentu saja manfaat ini akan diberikan jika perjalanan dilakukan secara legal dan sesuai dengan perjanjian polis. Asuransi dalam perjalanan ini bisa mengganti biaya kecelakaan yang terjadi pada Tertanggung.

Keterlambatan penerbangan

Ada juga asuransi yang diberikan karena keterlambatan penerbangan. Adapun santunan diberikan setiap keterlambatan selama 8 jam untuk perjalanan domestik atau 6 jam untuk perjalanan internasional. Tentu saja keterlambatan ini harus terjadi akibat hal-hal di luar kendali Anda, baik pada pesawat, kapal laut, hingga kereta api.

Jaminan barang pribadi dan bagasi

Asuransi pada perjalanan juga diberikan untuk proteksi terhadap barang pribadi dan bagasi. Proteksi ini diberikan apabila ada kerusakan atau kehilangan pada bagasi maupun pada barang-barang yang dibawa atau dipakai selama perjalanan.

Selain itu, jaminan perlindungan ini juga diberikan pada keterlambatan bagasi akibat kesalahan pengiriman yang dilakukan oleh pesawat untuk waktu lebih dari 6 jam setelah kedatangan.

Gangguan perjalanan dan kehilangan transportasi

Selain itu, ada juga manfaat lain dari asuransi travel ini, yakni sebagai jaminan atas gangguan perjalanan dan kehilangan atas transportasi lanjutan. Penggantian ini diberikan untuk mengatur ulang perjalanan akibat adanya gangguan seperti bencana alam, penyakit, hingga kerusuhan.

Penggantian kerugian atas tanggung jawab individu atau pribadi

Tidak jarang ada juga asuransi yang menawarkan penggantian kerugian yang diderita atas terjadinya tuntutan hukum dan ganti rugi yang berasal dari pihak ketiga. Hal ini dilakukan akibat kelalaian dan ketidaksengajaan yang terjadi. Tentu saja Anda perlu memastikan kembali dengan perjanjian dan polis yang diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut.

Pengecualian dalam Asuransi Travel

Kendati mempunyai banyak manfaat, tentu saja ada sejumlah batasan pada asuransi tersebut. Dengan kata lain, tidak semua keadaan dapat diberikan asuransi perjalanan, terutama jika tidak sesuai dengan perjanjian dan polis. Berikut sejumlah pengecualian yang umum dijadikan syarat.

  • Pihak asuransi tidak bertanggung jawab pada klaim karena pihak Tertanggung melakukan bunuh diri atau menyakiti diri sendiri. Klaim tidak dapat dilakukan jika ada kaitannya dengan pengecualian aktivitas seperti kompetisi olahraga, olahraga ekstrim, hingga aktivitas lain yang menjadi pengecualian dalam polis.
  • Pengecualian tanggung jawab juga tidak dapat diberikan jika ada kesalahan atau kelalaian dalam mengatur pemesanan.
  • Bagi yang ingin bepergian ke luar negeri, klaim asuransi tidak dapat dilakukan apabila perjalanan dilakukan menuju, ke, atau melalui negara-negara dengan konflik dan kepentingan. Contohnya Afghanistan, Suriah, Iran, Irak dan negara-negara lain yang sedang dikenakan saksi ekonomi oleh PBB atau Uni Eropa.
  • Asuransi juga tidak dapat diklaim apabila tujuan perjalanan untuk mendapatkan perawatan, penanganan, hingga nasihat medis yang tidak tercantum dalam polis.
  • Klaim asuransi juga dapat ditolak jika ada kondisi wanprestasi finansial dari biro atau penyedia layanan perjalanan.
  • Adanya kerugian konsekuensial, ekonomi, atau kerugian yang menimbulkan klaim di mana secara hukum pihak asuransi dilarang melakukan pembayaran juga menjadi pengecualian klaim asuransi travel.

Demikian beberapa informasi mengenai manfaat yang akan didapatkan dalam asuransi perjalanan, baik domestik maupun internasional. Sejatinya, semua manfaat tersebut dapat Anda peroleh jika menggunakan asuransi Garda Trip. Segera hubungi pihak layanan kontak atau CS asuransi untuk informasi lebih lanjut!

20 Comment

  1. Asuransi perjalanan ini memang sangat perlu sekali ya, Mbak. karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan, walau tetap harapan terbesar kita selamat selama perjalanan. Dan pengalaman saya, dulu saat saya naik kereta dan kapal laut, itu sudah ada asuransinya. Tapi sebaiknya lengkapi dengan asuransi perjalanan dari diri sendiri.

    ReplyDelete
  2. Namanya musibah ya, kalo ternyata di daerah apalagi negara orang, rasanya takut banget. Makanya penting juga asuransi perjalanan gini

    ReplyDelete
  3. Kayaknya sekarang sudah semakin banyak traveler yang aware dengan perjalanannya deh. Mereka juga sudah menggunakan asuransi perjalanan agar liburan menjadi semakin nyaman jika terjadi sesuatu selama di perjalanan. Nice post 👍😊

    ReplyDelete
  4. Betul banget asuransi saat traveling sangat di perlukan buat perlindungan diri tapi ada juga negera yg mengharuskan kita sudah memiliki asuransi ketika pengajuan visa. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  5. Iya sih. Asuransi perjalanan memang masih asing banget. Bahkan kalau kita beli tiket untuk perjalanan pun rasanya enggan buat menambahkan asuransi. Nggak semua begitu sih. Tapi kayaknya banyak yang begitu.

    ReplyDelete
  6. Perlindungan tambahan dari asuransi perjalanan kalau daku hitung itu ada 8. Berarti bisa dikatakan memang penting ya kalau traveling gitu memiliki proteksi, karena manfaatnya bagus

    ReplyDelete
  7. wah bener jug nih, kalau hobby nya travelli memang penting ya punya asuransi, apalagi ya kalau itu memang jadi pekerjaannya yang menghidupi ya, demi perlindungan diri

    ReplyDelete
  8. perlu banget sebenarnya asuransi perjalanan ini karena musibah tidak ada yg tahu, apalagi kalau perjalanan jauh.

    ReplyDelete
  9. Asuransi itu memang proteksi yang kita butuhkan ya mbak
    Apalagi saat melakukan perjalanan
    Penting banget memiliki asuransi perjalanan

    ReplyDelete
  10. Kalau travelingnya jauh-jauh sepertinya memang perlu punya asuransi perjalanan ya. Bagaimanapun, kita gak pernah tahu apa yang akan kita hadapi di sana.

    ReplyDelete
  11. Kita pasti berusaha untuk berhati-hati dalam perjalanan, tapi tidak pernah tau apa yang terjadi nantinya. Memang lebih baik ada berbagai persiapan dulu untuk berjaga-jaga saat traveling. Terima kasih infonya ya, Mbak..

    ReplyDelete
  12. Ternyata asuransi perjalanan juga penting banget yah. Mengingat kalau kita ngga akan tahu bakal kek mana perjalanan kita. Emang lebih baik sedia payung sebelum hujan ya.

    ReplyDelete
  13. Perjalanan zaman sekarang nyaman banget karena suka ditawarin inc. asuransi atau engga.
    Jadi dengan pertimbangan resiko, lebih baik dan nyaman ketika perjalanan jauh menggunakan asuransi. Tapi ibuku pernah gak pakai asuransi lalu ada kendala saat perjalanan, alhamdulillah otomatis diganti. Kalo kaya gitu sebenernya uda diasuransi tanpa persetujuan Ibu ku kah?

    ReplyDelete
  14. Aku lupa tepatnya kapan, tapi ada satu kejadian yang menyadarkan aku betapa pentingnya punya asuransi perjalanan ini saat bepergian ke mana pun, baik dalam dan luar negeri. Kita kan gak berharap akan terjadi sesuatu kan ya, tapi siapa yang tahu apa yang akan terjadi di depan sana. Jadi mending berjaga-jaga sajalah

    ReplyDelete
  15. wah sejauh ini aku jarang baca tentang asuransi perjalanan, ternyata banyak banget ya manfaatnya. soalnya aku hampir gak pernah pergi jauh :')

    ReplyDelete
  16. Penting banget asuransi buat traveling ini ya kak. Baru tahu ternyata kayak kecelakaan diri dan pemulangan jenazah juga termasuk di dalamnya. Jadi memudahkan pengurusannya ya kalau amit2 sampai kejadian

    ReplyDelete
  17. Asuransi perjalanan memang sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan terjadi di depan mata

    ReplyDelete
  18. Ada juga ternyata asuransi perjalanan ya kak. Amit-amit sih sebenarnya kenapa2 tapi sepertinya memang perlu juga ya , antisipasi sebelkum terjadi. Mksih infonya kak

    ReplyDelete
  19. asuransi perjalanan itu gak boleh diskip ya kalau traveling apalagi keluar negeri karena begitu banyak manfaatnya ya buat si Traveler itu sendiri.
    lumayan kan ya bisa claim dan gak ngeluarin budget lagi.

    ReplyDelete
  20. yess, makin dewasa dan melek finansial, aku jadi makin ngerti manfaat asuransi, meskipun masih berhitung soal nominalnya yaa. Tapi sungguh cover manfaatnya asuransi itu penting banget

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.