MAKANAN KHAS INDONESIA YANG MENDUNIA

Beberapa hari terakhir keberadaan MotoGP di Mandalika semakin mengangkat hamparan zamrud khatulistiwa negara kita di dunia. Melahirkan pesona Bali berikutnya. Tak terpisahkan, kuliner di Indonesia juga semakin ramai dibicarakan di dunia. Bahkan Om Gordon Ramsay, chef kelas dunia, rela berkunjung ke Indonesia untuk mengenal makanan khas nusantara kita yaitu rendang. Lalu selain rendang, apa saja makanan khas Indonesia yang mendunia? Let's check it out.

makanan khas indonesia yang mendunia


Bakso

Siapa yang tak pernah makan baso? Rasanya warga negara Indonesia pernah mencicipi makanan nikmat ini. Makanan kuah yang terbuat dari terigu dengan bahan isian daging cincang atau baso ini merupakan salah satu makanan lezat dan selalu disajikan dalam berbagai acara. Kini makanan nikmat ini sudah menjadi terkenal di dunia.

Gado-Gado

Makanan yang terbuat dari sayuran ini memang nikmat luar biasa. Biasanya makanan ini akan ditaburi sambal kacang dengan sedikit rasa pedas. Makanan ini mulai terkenal karena pada tahun 2010 dikutsertakan dalam perlombaan memasak internasional di Napoli, Italia. Dari sinilah awal mula makanan ini menjadi makanan terkenal di dunia.

Gudeg

Makanan dengan rasa manis ini kita menjadi salah satu makanan Indonesia yang go international. Ketika banyak traveler dunia berkunjung ke Jogja, mereka membeli oleh-oleh Gudeg sebagai buah tangan untuk dibawa ke negaranya.

gudeg indonesia


Hal ini membuat banyak warga asing mulai mengenal makanan khas Yogyakarta ini. Bahkan di Australia ada sebuah restoran yang menyediakan menu gudeg. Wah bangga ya makanan Indonesia makin dikenal di dunia.

Mie Instan

Siapa yang tak pernah makan mie instan. Rasanya semua warga negara Indonesia pernah merasakan nikmatnya mie yang dapat dinikmati oleh semua usia ini. Bahkan salah satu produk mie dari Indonesia dinobatkan sebagai mie instan terenak di dunia. Wow. Mie instan asal Indonesia makin terkenal ketika beberapa orang Korea membuat lagu tentang mie asal Indonesia ini.

Nasi Padang

Makanan ini menjadi salah satu favorit warga Indonesia bahkan dunia. Nasi padang makin terkenal dengan lagu yang dibuat oleh seorang traveler dari Thondheim, Norwegia bernama Audun Kvitlan Rostad tahun 2016 dengan judul Nasi Padang yang pernah traveling ke Indonesia.

Nasi Goreng

Makanan yang terbuat dari nasi dengan berbagai campuran bumbu nasi goreng dan ditaburi dengan berbagai sayuran serta beberapa lauk ini menjadi salah satu makanan terbaik Indonesia yang mendunia. Bahkan beberapa kali terpilih sebagai salah satu makan terbaik dunia dalam berbagi vote. Tahun 2010 makanan ini juga dikutsertakan dalam World Expo Shanghai, China.

nasi gooreng indonesia


Bahkan seorang seniman berkebangsaan Belanda bernama Wieteke van Dort (1997) membuat lagu nasi goreng dalam bahasa Belanda dengan judul Geef Mij Maar Nasi Goreng (Beri Aku Nasi Goreng) menjadi populer di Belanda dan membuat nasi goreng dari Indonesia makin dikenal di dunia.

Rendang

Siapa yang tak mengenal Rendang, makanan dari Minangkabau yang terbuat dari daging ini menjadi salah satu makanan Indonesia yang mendunia. Rasanya yang super lezat karena dibuat dari bahan rempah dan dikenal dengan santannya, membuatnya dinobatkan berkali-kali menajdi makanan terenak di dunia versi CNN World.

Sate

Sate yang merupakan panganan hasil pembakaran ini menjadi salah satu makanan terenak di Indonesia. Sehingga tidak salah jika menjadi salah satu makanan terenak di dunia. Bahkan di New York, Amerika ada satu resto yang memasukan hidangan dari berbagai daging ini dalam daftar menunya.

sate makanan indonesia mendunia


Uniknya lagi, Indonesia mempunyai berbagai jenis sate sesuai dengan daerah masing-masing. Sebut saja salah satunya adalah Sate Maranggi. Panganan yang diberi bumbu kacang atau saus kecap sambal ini menjadi juga beberapa kali mendapatkan best food in the world.

Sop Buntut

Salah satu makanan favorit Indonesia adalah Sop Buntut. Rasanya yang super gurih, terbuat dari daging dan berbentuk kuah ini mampu menarik dunia dengan segala kelezatannya. Makanan ini semakin terkenal di dunia karena seorang Chef Indonesia pernah menyajikan makanan ini dalam di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Madrid, Spanyol.

Soto

Awal mula soto terkenal di dunia, karena makanan ini sering disajikan  dalam beberapa festival makanan yang diselenggarakan oleh pelajar Indonesia. Dan saat ini masuk dalam salah satu makanan terenak di dunia versi CNN World dan dinobatkan sebagai salah satu 20 sup terbaik di dunia versi CNN World tahun 2022.

soto makanan indonesia mendunia


Salah satu soto yang mendunia adalah soto betawi yang dibawa ke negara Jepang oleh aktor kita Herjunot Ali dan diberi nama Soto Betawi Miyamoto. Sehingga membuat makanan yang berbentuk sop ini menjadi makanan terkenal di dunia.

Itu dia kuliner Indonesia yang mendunia. Atau kamu pernah berkunjung ke negara lain dan menemukan makanan Indonesia yang populer di sana, sharing you di kolom komentar.

31 Comment

  1. Kalau lebih praktisnya jadi satu di indomie (kata anak kos-kosan).

    Bangga dengan kuliner kita yang khas dan beragam. Beda tempat, beda rasa, tetapi ngangeni. Apalagi yang soto dan gudeg. Juara pokoknya.

    ReplyDelete
  2. Kalau saya pecinta bakso ya setiap pergi kemana-mana pasti nggak lupa beli bakso. Saya selalu bangga menjadi bagian dari bangsa indonesia ini yang memiliki banyak keberagaman disetiap daerahnya

    ReplyDelete
  3. Wah, lengkap ini list makanan khas Indonesia yang mendunia. Bahkan saat di perjalanan kereta Edinburgh - London ada Randang Indonesia, meski rasanya sudah dimodifikasi sesuai lidah Eropa.
    Kalau (bahan) makanan bisa ditambahkan Tempe. Karena saat saya tinggal di Amerika, di toko Asia dijual 'Tempeh Indonesia', dijual juga ragi 'Tempeh Indonesia' secara online oleh bule setempat.

    ReplyDelete
  4. Seneng banget ya tinggal di Indonesia makanannya sangat beragam, ada berbagai macam soto, berbagai apem, talam, gulai dan lain lain

    ReplyDelete
  5. Saya pernah ketemu bule dan ketika berbincang ia bilang suka sekali ama rendang ,, bahagia ya kalau kuliner di sukai orang asing.. semoga nama Indoensia semakin diperhitungkan

    ReplyDelete
  6. Kalau bakso sebenarnya makanan khas China, mungkin yg dikuah dengan aneka mie, sayur dan bumbunya rempah melimpah plus pedas baru itu buatan orang Indonesia, hehehe

    ReplyDelete
  7. Semua makanannya aku suka nih.. Bangga sama makanan Indonesia yang gak hanya berasal dari berbagai daerah tapi juga bisa mendunia

    ReplyDelete
  8. waaah mantap, jadi ingat kemarin rendang yang go internasional juga

    ReplyDelete
  9. Besok puasa dan disuguhi banyak menu menggugah selera. Saya langsung berpikir rencana masak buka puasa besok

    ReplyDelete
  10. Paling suka nasi Padang diantara semua yang disuka.

    ReplyDelete
  11. Aduh baca tulisan kakak pas menjelang makan siang begini, jadi ngiler berasa liat menu di restoran deh 😂😂😂
    Emang makanan Indonesia terbaik deh

    ReplyDelete
  12. Nah, mi instan ini malah ada yang klaim kalo dari negara mereka ya, syukurlah kalau makanan asli kita banyak diingat dan digemari

    ReplyDelete
  13. favorit sy nasi goreng, bakso, mie instan, gado-gado, sate, sop buntut wah ini makanan enak semua, syukurlah jadi terkanal makanan ini sehingga bisa membawa nama Indonesia ke dunia internasional

    ReplyDelete
  14. Nasi Padang itu kesukaan juga. Anakku kalau sakit dibeliin nasi Padang, mau tenggorokannya lagi sakit, dibeliin nasi Padang, eh besoknya sembuh. Hehehe.

    ReplyDelete
  15. Baca ini jadi punya banyak ide buat dieksekusi untuk buka puasa hahahaha. Laperr

    ReplyDelete
  16. Hhmm...enak enak semuaaa, yg paling terkenal sampai manca negara, rendang ya mba. Trimakasih mba, for sharing

    ReplyDelete
  17. Indonesiaku memang terkenal dengan wisata kulinernya yang khas. Di antara yang di atas, saya paling suka gado2 dan rendang. Ah, bisa lupa diet kalo ada dua makanan itu. Hehe

    ReplyDelete
  18. Dari semua menu yang disebutkan di atas, saya belum pernah coba Gudeg nih. Penasaran gimana rasanya. Mau coba di kota-kota lain yang pernah saya datangi pun sulit menemukannya. Kayak emang mesti langsung coba di Jogja deh

    ReplyDelete
  19. Semua makanan yang di list ini GAK ADA YANG GAK AKU SUKA 😍
    .
    Etapi yang paling Indonesia itu adalah Indomie, semua orang Indonesia kenal dan suka.
    Wkwkw...
    kayaknya perlu disurvei dari ratusan juta orang Indonesia berapa persen yang belum pernah makan Indomie

    ReplyDelete
  20. Bakso mah ada di mana-mana. Tapi tetep aja Bakso Malang tuh paling enak. Udah ke kota mana aja, rasanya beda. Semua makanan di atas emang top banget, bisa jadi ikon Indonesia yang mendunia.

    ReplyDelete
  21. dari semua makanan yang disbeutkan satu yang belumpernah aku incipi yakni sop buntut hehhe soake ndak suka hehehe aku paling suka sateeee

    ReplyDelete
  22. Asiiik list nya yang enak semua nih .
    Teringat rendang dan mie instan. Bahkan merk Indonesia itu paling terlaris di banyak negara ya kak.

    ReplyDelete
  23. Eits banyak juga ya ternyata menu indonesia yang mendunia. Dan banyak makanan kesukaanku loh.

    Btw untungnya aku baca pas malem ya. Tapi tetep bikin laper juga ternyata. Ish ish ish

    ReplyDelete
  24. Ingat sate, jadi inget Obama yang bilang Sate Sate...

    Munhkin itu sebabnya ya sate jadi mendunia. Kalau bakso itu kan bukan dari Indonesia toh. Karena orang lain sudah ada sebutan lain dari bakso.

    ReplyDelete
  25. Sekarang ini banyak juga youtuber-youtuber Indonesia yang memperkenalkan makanan khas Indonesia.
    Sebut saja Yuni Leisure, Satria Ponde, dan lainnya.
    Bahkan yang bukan orang Indonesia pun memperkenalkan makanan Indonesia ke keluarga dan temannya.
    Seneng liatnya

    ReplyDelete
  26. saya baru ke malaysia dan singapura
    rendang memang ada dimana2
    dalam sajian makanan di acara resmi ada juga rendang meski rasanya tidak sekhas rendang padang
    maklum saya asli orang padang

    ReplyDelete
  27. Mantap-mantap. Kuliner Indonesia telah mendunia dengan citra rasa yang kuat. Jadi, di antara banyak makanan yang ditemui di berbagai negara. Indonesia selalu di hati. Heheh ….

    ReplyDelete
  28. so glad makanan indonesia ini enak-enak dan kaya rempah jadi cita rasanya juga kaya, suka baca orang2 yg menetap di LN kangen masakan Indonesia yg khas--di sana jadi lebih mahal dan nggak bisa sepuasnya kalau di sini hihi. Jadi inget waktu rendang pernah dinobatkan yg plg lezaaat, aaa memang wenaaak :D

    ReplyDelete
  29. Dulu aku gak suka gudeg. Aku anti sama makanan yang apa-apa dikecapin. Mungkin karena aku besar di Padang ya. Eeeh begitu kuliah ke Bogor, tahu yang manis2, tahu dodol, tahu bubur ayam, tahu gudeg (walau khas Jogja) baru deh canduuuu. Hahahaha.

    ReplyDelete
  30. Baca jam segini auto melapar hahaha

    ReplyDelete
  31. indonesia kaya rempah-rempah memang pantas masakannya masuk level dunia, coba aja kayak ramen dari korea andalannya mi sama pedes doang. indonesia dong beraneka ragam, pedes ada, asin ada, gurih ada, manis ada, pahit pun ada...bangga deh terlahir jadi orang indonesia

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.