TIPS DAN ETIKA KETIKA MENGINAP DI HOTEL

Buat kamu yang sering menginap di hotel, pasti sudah tahu beberapa etika yang harus kamu lakukan ketika  menginap di hotel. Meskipun kamu membayar mahal ketika menginap, bukan berarti kamu bisa melakukan apa saja di hotel. Dan ini dia tips dan etika ketika menginap di hotel yang pastinya bermanfaat buat kamu.

etika menginap di hotel


BACA TATA TERTIB DAN ATURAN HOTEL

Nah sebelum kamu menikmati staycation kamu di hotel, saat masuk kamar pastikan baca terlebih dahulu aturan dan tata tertib menginap di hotel tersebut. Sehingga kamu tahu Do's and Dont's di hotel kamu menginap.

CEK KUNCI KAMAR DAN JENDELA HOTEL

Tips kedua ketika menginap di hotel adalah pastikan kunci kamar berfungsi dengan baik. Jika tidak langsung minta pindah kamar. Pastikan juga jendela kondisi kuncinya dalam keadaan baik. Saya biasanya kalau pas tidur meskipun pintu dalam kondisi aman, saya akan simpan kursi kamar. Double safety lebih bagus kan guys.

CEK KACA CERMIN HOTEL

Buat kamu yang sering nonton film-film detektif pasti tahu ya. Coba sentuh semua cermin jika telunjukmu ada jarak dari cermin berarti aman alias cermin asli. Jika sebaliknya, bisa jadi cermin tersebut terdiri dari dua sisi, bisa saja ada kamera tersembunyi mengintaimu.

PASTIKAN ALAS TIDUR BARU

Cek saja apakah ada noda kotor, bau bekas orang, atau rokok. Jika ya minta ganti ke pelayannya. Saya pernah entah buru-buru atau kelupaan, alas tidur kamar saya tidak diganti. Kenapa bisa tahu? karena ada bekas minuman tumpah dan bekas kaki mengering disepreinya. Saya komplain minta diganti. Ga nyaman juga kan bekas orang kan.

MINTA TISU BARU

Selalu komplain pada saat tisu kamar mandi tempat kamu menginap bekas orang lain. Ganti minta yang baru. Biasanya jika tisunya baru, ujungnya dalam kondisi rapi dan dilipat. Kita tidak tahu tamu sebelumnya dalam kondisi apa. Mengambil tisu dalam keadaan tangan kotor, dan menempel di tisu tersebut. Apalagi kalau sampai tisunya basah ya, wajib banget kamu minta ganti.

MINTA TOILETRIES BARU

Jangan lupa selalu minta toiletries yang baru ya. Kalau disediakan yang bekas misalnya terlihat sisa setengah, minta ganti yang baru. Kita tidak tahu keisengan tamu sebelumnya. Memasukan apa ke botol tersebut. Ini untuk waspada ya sekali lagi. Lagi pula mendapatkan yang baru adalah hak kita sebagai tamu.

tips menginap di hotel


CUCI SEBELUM MENGGUNAKAN PERALATAN MINUM

Sebelum kamu menyeduh kopi atau teh di hotel, pastikan kamu mencuci terlebih dahulu gelas atau perlengkapan minum yang disediakan. Tentunya ini untuk kebersihan kamu ya. Apalagi kamu yang alergi, siapa tahu ada debu atau kotoran yang menempel. Termasuk kamu mencuci dalam alat pembuat teh atau kopi ya.

MINTA KAMAR SMOKING AREA

Buat kamu traveler yang suka merokok, jangan lupa pesan kamar yang memang khusus merokok ya. Karena jika kamu memesan kamar biasa, terus kamu merokok kamu bisa kena denda loh.

JANGAN GUNAKAN SANDAL HOTEL KELUAR KAMAR

Ini sering saya lihat, banyak tamu yang menggunakan sandal kamar dibawa keluar. Pada secara aturan, sandal itu hanya dipergunakan di area kamar loh. Jadi kalau kamu mau keluar kamu, gunakan sandal pribadi kamu ya. Karena ini ternyata dianggap kurang sopan guys.

JAGA KEBERSIHAN DAN KERAPIAN KAMAR

Menginap di kamar hotel bukan berarti kamu bisa sesukanya ya guys. Salah satu etika yang harus kamu jaga adalah buang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Mengembalikan kembali barang-barang ke tempat semula jika kamu selesai menggunakannya.

JAGA KETENANGAN HOTEL

Ingat, hotel adalah tempat umum, selain kita ada orang lain yang menginap. Jadi jaga ketenangan kamar, misalnya tidak menyalakan musik atau TV dengan kencang, atau mengobrol yang berlebihan.

JANGAN SIMPAN BARANG BERHARGA

Ketika kamu hendak keluar kamar hotel, selalu bawa barang-barang berharga kamu seperti dompet atau HP. Jika kamu mengharuskan menyimpan laptop atau barang berharga lainnya masukan ke dalam brankas yang disediakan atau rapikan dengan baik di koper kamu dan koper dalam keadaan terkunci.

JANGAN BERITAHUKAN NOMOR KAMU

Jangan pernah beritahukan nomor kamar kamu kepada orang asing termasuk sesama penghuni hotel. Misalkan bertemu di lobi atau tempat makan. Segera lapor resepsionis jika kamu kehilangan kunci kamar kamu.

HINDARI MEMBAWA MINUMAN ATAU MAKANAN BERBAU TAJAM

Buat kamu yang hobi makan, dan sering membeli makanan atau minuman dari luar saat menginap di hotel, please ya dari sekarang jangan pernah membawa makanan atau minuman yang menyengat atau berbau tajam ke dalam kamar.

tips dan etika menginap di hotel


GULUNG ALAS TIDUR KETIKA HENDAK CHECK OUT

Nah ini yang banyak traveler tidak tahu. Kalau mau check out justru tempat tidurnya biasanya suka dirapikan ya. Sebaliknya ya, gulung alas tidur dan kamu bisa buka sarung bantal atau guling, kemudian kamu tumpuk. Selain memastikan bahwa alas tidur akan diganti karena sudah berantakan, kamu sudah meringankan pekerjaan house keeping. 

Jadi sekarang sudah tahu kan, kalau menginap di hotel, alas tidurnya jangan dirapikan, tapi digulung.

JANGAN MEMBAWA BARANG HOTEL SEMBARANGAN

Nah, biasanya kalau menginap di hotel itu kita akan mendapatkan toiletress (sabun mandi, pasta gigi, sika gigi, dan perintilannya) dan juga kopi atau teh lengkap dengan gulanya. Nah ini free loh bisa kamu bawa, alias gratis. Eits, handuknya jangan dibawa ya.

MENARUH UANG TIPS

Jika kamu ada rezeki lebih, berikan uang tips kepada pembersih kamar. kamu bisa menyimpannya di meja kamar. Kamu juga bisa membuat catatan ucapan terima kasih kepada mereka. hal kecil ini kadang suka terlewat.

LETAKAN HANDUK DI TEMPAT TERSEDIA

Salah satu sopan santun ketika menginap di hotel lainnya adalah, jangan pernah simpan handuk di kasur atau tempat duduk. Pastikan handuk bekas disimpan di tempat yang sudah disediakan. Atau kamu bisa menyimpannya di lantai yang kering. Kamu bisa menumpuknya dengan alas tidur. Pastinya ini meringankan beban kerja house keeping.

PENGGUNAAN SIGN DONT DISTURB

Nah saat kamu check out pastikan kamu tidak memasang sign ini ya. Tapi jika selama kamu menginap dan tidak ingin diganggu, pasang sign ini di pintu luar kamu. Hal ini untuk menginformasikan kepada petugas kamar mana yang memang boleh dibersihkan atau tidak.

KOMPLAIN DENGAN SOPAN DAN SELALU BERSIKAP RAMAH KEPADA PETUGAS

Jika ada hal yang kurang menyenangkan atau kamu ingin komplain kepada pihak hotel, lakukan dengan sopan dan ramah. Ingat, adab lebih penting daripada ilmu. Selain itu cara kamu komplain juga menunjukan pribadi kita. Jadi sampaikan dengan baik. Jadilah smart traveler.

JANGAN MENUNDA CHECK OUT

Segerakan check out sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Biasanya hotel membatasi sampai pukul 12.00 siang. Jika kamu terlambat informasikan kepada petugas, dan informasikan minta perpanjangan sampai pukul 13.00. Ini yang biasa saya lakukan, jika saya terlambat. Selama ini selalu dikasih waktu oleh petugasnya.

Itu dia tips dan etika ketika menginap di hotel ala meimoodaema.com. Semoga bermanfaat. Dan kalau kamu punya tips lain berdasarkan pengalaman kamu, boleh share ya di kolom komentar.

15 Comment

  1. setuju nih sama semua poinnya mbak Mei. apalagi cek cerminnya ya, pernah ada yang viral tuh duh, cerminnya mencurigakan, duh bahaya deh kalo gitu.

    ReplyDelete
  2. Wah menarik banget tipsnya. Tapi kalau saya karena terbiasa berein tempat tidur, jadi pas cekout juga biasanya dah diberesin wlp gak serapi mereka

    ReplyDelete
  3. jadi ingat dulu waktu kerja kami ngasih training ke orang-orang dari daerah, tanpa sadar salah satu dari mereka bawa pulang handuk hotel. Duuuh, mampus dah, kebetulan saya yang berurusan dengan hotel jadilah saya yang dihubungi kalau salah satu kami membawa pulang handuk, fiiuuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba Diah, saya pernah juga ngalamin begini, saya mengundang acara dan peserta dari luar kota, mungkin mereka belum tahu, handuk hotel ga ada beberapa, jadi harus ganti

      Delete
  4. Molly kalo ke hotel selalu checkout di jam yang telah ditentukan. ternyata kita bisa minta perpanjangan waktu ya?

    ReplyDelete
  5. yang paling ilfil tuh kalau ada tamu yang masak indomie pakai ketel :( biasanya baunya ga ilang

    ReplyDelete
  6. nah ini ya yang memang harus diperhatikan oleh semua orang, soalnya kadang ada yang jadinya mengganggu pengunjung berikutnya

    ReplyDelete
  7. waaa asik nih terima kasih untuk tipsnyaaa, pas banget minggu depan mau nginep di salah satu hotel daerah alun alun Bandung hihihi

    ReplyDelete
  8. Bermanfaat sekali deh ini tips nya, terutama buat yg keamanan dan kebersihan. Sekarang suka ngeri aja klo ada apa2

    ReplyDelete
  9. Aduh inget banget dulu ikut tur ke luar negri ada salah satu yang ikut ketauan bawa gelas dari hotel padahal gabole ahaha. Emang harus tau etika yaa

    ReplyDelete
  10. masih sering lihat banyak yang keluar kamar pakai sendal hotel, padahal secara etika gak boleh ya. noted banget ini banyak insight baru buatku kalau nanti mau menginap dio hotel.

    ReplyDelete
  11. mba aku jadi inget beberapa hari lalu ada tamu hotel bawa pulang tv dong, kadang emang kalo nginep di hotel keinginan bawa pulang barang2 yang ada dihotel susah dibendung yah, tapi yanga gak sampe jadi kriminal juga dan penting juga tuh menjaga barang2 yang kita gunakan biar nginep dihotel dpt pengalaman yang menyenangkan bukan harus ganti rugi barangnya yang rusak atau hilang

    ReplyDelete
  12. Baru tau lho klo sandal hotel cm boleh dlm kamar, qraen ya uk seluruh area hotel boleh 🤣, jdi biasa aku pake ke pool atao resto 😂 tpi ya jg si mmg namanya sandal kamar yak

    ReplyDelete
  13. Nah urusan sandal itu aku pernah kena Mei. Pake sandal kamar pas mau makan di resto hotel, diminta untuk ganti alas kaki karena SOP mereka emang gitu. Hayaahh... balik lagi ke kamar hahahaa...

    ReplyDelete
  14. Sangat membantu sekali, kak Mei.
    Dan aku baru tahu cara memberikan uang tip kepada pembersih kamar hotel. Dan tips cermin. Walau pernah menonton film Hollywood, aku gak pernah cek.
    Aga serem gitu yaa...kalau ada yang rekam-rekam.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.