MENGENAL MUSEUM MAKARONI DI ITALI

Ketika melanjutkan pendidikan master di bidang tourism, mimpi saya mengelilingi dunia semakin membumbung tinggi. Bagaimana tidak, selama 2 tahun saya berkutat dengan jurnal-jurnal ilmiah tentang pariwisata. Kebetulan dosen di kelas saya lulusan luar negeri semua. Semua dosen banyak berbagi pengetahuan bagaimana keunikan atraksi wisata di luar negeri.

Salah satunya adalah tentang Culinary Tourism dan Gastronomy Tourism yang saat ini sebagai salah satu penyumbang devisa terbesar dalam industri pariwisata baik di Indonesia maupun dunia. Salah satunya tentang makaroni yang merupakan salah satu jenis makanan pasta. Dan dari dosen-dosen ini pula saya mengenal Museum Pasta di Roma - Itali.

boncabe makaroni krispi

MUSEUM MAKARONI DI ROMA ITALI

Hari hasil diskusi dengan teman yang mempelajari Gastronomi dan membaca banyak literatur, akhirnya saya menemukan banyak pengetahuan tentang makaroni. Dan membuat saya semakin penasaran dengan Museum Pasta di Itali dan ingin mengunjunginya.

Museum Pasta yang berada di Kota Roma Itali ini disebut juga dengan The National Museum of Pasta atau dengan nama Itali-nya adalah Museo Nazionale Delle Pate Alimentari adalah museum yang berdiri tahun 1992 dan dikelola oleh Agnesi Foundation. Dan saat ini museum ini menjadi salah satu destinasi wisata yang selalu dikunjungi oleh wisatawan ketika berlibur ke Itali.

Museum Makaroni ini mempunyai 11 ruangan khusus yang mempunyai fungsi masing-masing.

1. Grain Room

Yaitu ruangan yang memajang alat-alat yang digunakan dalam memproduksi pasta.

2. Sala Ligure

Ruangan khusus untuk menyimpan model-model mesin yang digunakan dalam memproduksi pasta. Mesin-mesin ini ada yang manual adapun yang sudah menggunakan teknologi modern.

3. Sala Valeriani

Ruangan khusus yang memamerkan foto orang-orang terkenal yang sedang menyantap pasta. Hal ini juga sering terjadi di rumah makan Indonesia, mereka menempel foto-foto artis atau orang terkenal di dinding resto.

4. Sala Travaglini

Ruangan ini memaerkan alat atau mesin press pembuat pasta.

5. Industrial Archeologhy Room

Adalah ruangan yang didedikasikan untuk mengenang perkembangan industri pasta.

6. Rubino Scaglione Room

Ruangan ini khusus disediakan untuk memamerkan berbagai karya pasta dari banyak seniman tekenal di dunia, termasuk Rubino Scaglione.

7. Sala Montuschi

Adalah ruangan yang berisi mesin industri pasta yang masih digunakan sampai saat ini.

8. Sala Santi Correnti

Ruangan yang berisi semua dokumentasi tentang sejarah pasta sejak pertama kali ditemukan pada abad ke-12.

9. Sala Cordeglio Penèl

Ruangan ini memamerkan alat pembuatan pasta secara manual atau menggunakan tangan.

10. Sala Paolo Emilio Taviani

Ruangan ini digunakan untuk menyimpan mesin produksi yang berkelanjutan digunakan.

11. Nutrision Room

Nah ruangan ini khusus untuk mengetahui nutrisi yang terkandung dalam pasta yang dibuat. Masing-masing jenis pasta mempunya nilai gizi atau nutrisi yang berbeda-beda.

Di museum ini juga terdapat perpustakaan dengan teks kuno dan modern tentang sejarah perkembangan dan produksi pasta yang banyak digunakan oleh para sejarawan makanan. Selain itu, di museum ini juga  semua pengunjung bisa membeli berbagai jenis olahan pasta,  spageti, ataupun lasagna sebagai oleh-oleh.

Sebelum lanjut, saya mau sharing juga tentang jenis-jenis pasta yang ada di dunia karena ternyata pasta itu banyak macamnya. Ada jenis pasta lembaran seperti lasagna. Kedua, ada jenis pasta isi seperti tortellini, Raviolli, dan lainnya. Ketiga, pasta panjang seperti Bucatini, Fettucine, Spageti, Pappardelle, Vermicelli, dan masih banyak lagi. Terakhir adalah pasta pendek seperti Campanelle, Casarecce, Cavatappi, Ditalini, Fusilli, Rotini, Penne, Orzo, Rigatoni, dan terakhir ada Makaroni. Makaroni inilah yang paling terkenal di Indonesia. 

PERKEMBANGAN MAKARONI DI DUNIA

Selain tentang cerita makaroni di Itali, makaroni juga berkembang pesat di negara-negara lain dengan gaya olahan yang berbeda-beda di setiap negara. Contoh, di Amerika, makaroni juga bisa kamu temukan dalam olahan puding susu loh. Sementara di Swedia kamu akan menemukan makaroni diolah yang dicampur dengan potongan daging ham, dicampur dengan leek yaitu sejenis sayuran seperti daun bawang bombay dan ditambahkan dengan keju.

Lalu bagaimana perkembangan makaroni di Indonesia? Bukan negara +62 kalau ga kreatif. Di Indonesia kamu bisa menemukan makanan olahan ini dalam berbagai bentuk. Digoreng ataupun berkuah. 

Makanan ini bahkan bisa menjadi camilan berbentuk kerupuk. Biasa dijadikan teman makan bakso, mi ayam, atau makanan lainnya. Rasanya juga beraneka ragam. Ada yang asin, tawar, ataupun pedas. Sesuai dengan selera.

Bahkan saat ini sudah banyak produk makaroni dikemas dengan kemasan yang super praktis dan bisa dibawa kemana saja jadi teman camilan (snack), termasuk saat traveling. Salah satunya adalah Makaroni Krispi dari Boncabe.

SNACK BonCabe MAKARONI KRISPI

Makaroni Krispi dan BonCabe adalah produk baru dari BonCabe yang mempunyai 2 level kepedasan yaitu Level 10 dan Level 15. Keduanya dikemas dalam jumbo pack alias isinya super buanyak yaitu masing-masing 150 g.

boncabe makaroni krispi level 10


Makaroni Krispi Level 10 diformulasikan khusus buat kamu BonCabe Lovers yang ingin nyemil asik dengan sensasi pedas yang tidak terlalu. Cocok buat kamu yang ga suka terlalu pedas. Sementara Makaroni Krispi Level 15 khusus buat kamu si pecinta pedas. kedua snack ini cocok banget jadi cemilan enak anti ribet untuk bersantai di rumah.

boncabe makaroni krispi level 15


KELEBIHAN SNACK BonCabe MAKARONI KRISPI

Setiap saya beli makanan pasti saya biasanya akan melihat kelebihan makan itu sendiri. Sayangkan kalau beli makanan tapi ga ada experience-nya. Jadi apa kelebihan snack ini?

1. Teksturnya krispi dan tidak keras

Nah ini kriyuk banget rasanya. Saya suka, karena ga keras, crunchy banget saat digigit. Cocok banget loh ini dimakan dengan mi. Kemarin saya cobain makan dengan mi, makin mantap. Pokoknya dicemil enak, dicampur dengan makanan lainpun enak.

2. Rasanya enak dan gurih

Makaroni krispi produk PT Kobe Boga Utama ini, rasanya yang super gurih dan karena kaya akan rempah dan bumbu khas Indonesia membuat kamu makin seru ngemilnya dan nikmatnya maksimal. Pokoknya Snack BonCabe Makaroni Krispi, temen piknik super enak.

3. Rasanya pedas

Buat kamu pecinta pedas, snack ini cocok banget buat jadi teman kamu, terutama saat traveling. Buat kamu yang tidak terlalu suka pedas, kamu bisa memilih pedas Level 10, dan buat kamu penggemar super pedas, cobain deh Level 15.

4. Bumbunya pas

Setiap perusahaan food pasti akan melakukan trial and error sebuah produk sebelum launching. Termasuk produk BonCabe, dengan begitu akhirnya Kobe menemukan formulasi bumbu yang tepat, sehingga rasanya bener-bener enak dan gurih. Bikin nagih banget deh pokoknya.

5. Sudah terdaftar di BPOM dan MUI

Kedua snack makaroni krispi ini sudah terdaftar di BPOM dan MUI. Jadi bisa dipastikan aman banget untuk dikonsumsi.

6. Kemasan praktis

Buat kamu yang suka traveling, ini cocok banget dibawa kemana saja. Karena kemasannya pas banget tidak besar ataupun kecil. Terus ga usah kawatir takut tumpah-tumpah deh.

snack boncabe makaroni krispi


Nah itu dia kelebihan snack ini. Pasti kamu penasaran ingin mencobanya bukan? Yuk segera buruan beli.

PRODUCT AVAILABLE

Buat kamu yang penasaran ingin mencoba Snack BonCabe Makaroni Krispi ini, keduanya bisa kamu dapatkan di minimarket terdekat seperti Alfamart, Indomart, atau di Supermarket, Hypermarket, dan juga toko tradisional di seluruh Indonesia.

MY THOUGH

Setelah menulis tentang Museum Pasta di Itali ini makin penasaran, hope someday I wil be there and realize all the rooms by myself. Aamiin. Siapa tahu abis dari sini punya ide bikin varian pasta yang baru dan unik hehehe.

Tapi rasa kangennya, bisa terobati dulu dengan menikmati makaroni dari BonCabe. Rasanya yang super gurih dan enak, bikin pengen nambah terus makannya. Apalagi dicampur dengan baso atau mi ya. Tambah mantap dan nagih pengen lagi, pengen lagi.

Kamu sudha mencoba Snack BonCabe Makaroni Krispi ini? Level berapa? Yuk share pengalamannya di kolom komentar, dan level berapa favorit kamu?

16 Comment

  1. wah ternyata endingnya makaroni bon cabe toh, paling sedap klo ditmbh ama mie rebus ya? enak pedes nampol keknya. Hahaha, asli ngiler

    ReplyDelete
  2. Orang Italia emang menjungjung tinggi pasta ya, semua orang tau pasta Italia yang terbaik. Takjub aku sampai ada naskah kuno soal pasta di museumnya. Indonesia layak meniru nih heritage food dijadiin museum seperti museum pasta

    ReplyDelete
  3. Keren tuh segitu menghargainya negara terhadap kuliner khas mereka. Indonesia harus bisa lebih dari itu. Pasti bisa. Apalagi di kita banyak banget kuliner khas setiap daerah. Museum rendang harus ad juga tuh sepertinya hehehe

    ReplyDelete
  4. Harusnya Indonesia memiliki museum seperti ini nih apalagi banyak banget kuliner khas Indonesia yang mendunia, seperti pasta dan makaroni ini, siapapun yang datang berkunjung pasti tahu sejarah makaroni dan berbagai jenisnya. Kapan ya bisa berkunjung ke Museum Makaroni hehehe, btw anak-anakku suka banget dengan Makaroni Boncabe lho.

    ReplyDelete
  5. Daku belum coba snack BonCabe nya.
    Melihat penampakannya, sepertinya pedas banget.
    Mungkin daku akan coba yang level paling bawah dulu haha

    ReplyDelete
  6. Keren ya di Italia ada museum macaroni. Eh, di Indonesia ada versi krupuk pedasnya. Pasti enak banget nih.

    ReplyDelete
  7. uwaaaww ternyata makaroni pun ada museumnya yaa, emang upaya brandingnya oke yaaa, dan jadi makanan yg menjamur ke berbagai dunia lainnjuga. ahhhh bon cabe udh kebayang nih makaroninya bakal gurih, kriuk pedesss akkkk, udah ngencesss terbayang2 kriukannya tolonggg!

    ReplyDelete
  8. Bahagia banget sih...kalo ketemu sama makaroni di bumbuan pedes kaya Snack Boncabe.
    Rasanya asik banget bisa menikmati snack seru bareng temen-temen atau makan sendiri sambil nonton.

    ReplyDelete
  9. Sebelum bisa berkunjung ke museum makaroni di Itali, makan makaroni boncabe dulu ya mbak

    ReplyDelete
  10. Hwaa ini makaroni kesukaan suamiku wkk nyemill pedes2 begini bikin melek apalagi hujan2, wah perfect lah yaaa.

    ReplyDelete
  11. Anak2 tuh suka makan makaroni bon cabe. Saya melipir dulu kalo yang level tinggi2. Cari yg level pedesnya paling bawah aja.

    ReplyDelete
  12. Selama ini aku kalau menikmati makaroni yang digoreng garing buat camilan.
    Nah, kalau makaroni boncabe ini cocok nih dimakan sambil nonton drama, pedesnya itu loh, sebagai orang yang yg suka pedes sih nyiksa tapi enggak mau berhenti makann..hehe

    ReplyDelete
  13. baru aja ini aku belikan makaroni bon cabe buat suami ama adik iparku, mba.. mereka doyan banget ini snack baru dari bon cabe. memang uendess

    ReplyDelete
  14. Cara baru menikmati olahan makaroni nih. Penasaran nih seberapa pedes sih level 15-nya. Produk ini udh dijual di minimarket blm ya kak? Apa harus online? Soalnya di minimarket dkt sini blm ada euyyy..

    ReplyDelete
  15. Makaroni pedes emang ke sukaan deh, ini product baru ya kok belum pernah liat di pasaran kak

    ReplyDelete
  16. Wah ngiler kalau udah ngomongin makaroni. Apalagi pedas dan kriuk kaya gini. Otomatis nggak berhenti kalau udah buka kemasannya dan pasti ngambil dan kunyah terus.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.