10 NEGARA PEMEGANG PASPOR TERKUAT DI ASIA TAHUN 2022

Sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai pemegang paspor terkuat di dunia. Dan kali ini saya akan membahas negara pemegang paspor terkuat di Asia versinya Henley & Partners. Ranking ini akan berbeda jika dibandingkan dengan ranking yang dimiliki Pasport Index.

paspor terkuat di asia meimoodaema


Penasaran kan negara mana saja di Asia pemegang paspor terkuat? apakah Indonesia masuk? Ini dia paspor terkuat di negara Asia 2022 versi Henley & Partners biar apple to apple saat di-compare dengan seluruh dunia.

PERINGKAT 1: JEPANG DAN SINGAPORE

Mewakili Asia Tenggara, kedua negara ini menempati nomor 1 di urutan dunia, secara otomatis juga menempati urutan nomor 1 di Asia. Jepang dan Singapore memiliki akses masuk ke 192 negara free visa. Pasti happy banget warga kedua negara ini. Travelingnya lancar jaya ga bakal kena cegal segala ya hehehe.

PERINGKAT 2: KOREA SELATAN

Menempati urutan ke-2 sebagai pemegang paspor terkuat di dunia dan Asia, sama halnya dengan Jepang dan Singapore, Korsel yang mewakili Asia Timur bebas melakukan perjalanan ke berbagai negara dengan 189 akses bebas visa.

PERINGKAT 3: MALAYSIA

Malaysia menempati urutan ke-3 sebagai negara pemegang paspor terkuat di Asia, dan menempati urutan ke-12 di dunia, mempunyai akses bebas visa ke 179 negara di dunia. Wah keren ya Malaysia.

PERINGKAT 4: UNITED ARAB EMIRATES

Mewakili Asia Barat, United Arab Emirats atau dikenal dengan negara Uni Emirat Arab dengan ibukota Dubai menjadi negara pemegang paspor terkuat ke-4 di Asia. Dan menempati urutan ke-15 di dunia, dengan jumlah 175 akses ke berbagai negara di dunia bebas visa.

PERINGKAT 5: HONGKONG

Peringkat ke-5 sebagai pemegang paspor terkuat di Asia adalah Hongkong. Dengan akses ke 171 negara di dunia dengan free visa, membuat negara ini bebas bepergian ke negara-negara Eropa, Amerika, dan negara-negara besar lainnya. Dan membuatnya menempati posisi ke-18 sebagai negara pemegang paspor terkuat di dunia.

PERINGKAT 6: BRUNEI DARUSSALAM

Brunei Darussalam menempati urutan ke 6 di Asia dan ke-18 di dunia dengan total 166 akses ke berbagai negara di dunia. 

PERINGKAT 7: TAIWAN

Taiwan cukup beruntung menempati urutan ke-7 sebagai negara pemegang paspor terkuat dia Asia dan ke-22 di dunia dengan total akses 145 negara bebas visa.

PERINGKAT 8: TURKI

Negara yang terkenal dengan Capadocia-nya ini menempati urutan ke-8 sebagai pemegang paspor terkuat di Asia, mewakili Asia Barat. Dan menempati urutan ke-50 sebagai negara pemegang paspor terkuat di dunia. Mendapatkan akses bebas visa ke 110 negara di dunia. Keren ya.

PERINGKAT 9: QATAR

Negara Qatar mewakili Asia Barat menempati urutan ke-9 sebagai negara terkuat pemegang paspor di Asia dan urutan ke-53 di dunia dengan total akses ke 97 negara di dunia bebas visa.

PERINGKAT 10: KUWAIT

Dan posisi 10 ditempati oleh Kuwait dengan total akses 95 negara bebas visa di dunia. Dan menempati urutan ke-54 sebagai pemegang paspor terkuat di dunia.

Nah itu dia, negara pemegang paspor terkuat di Asia yang meliputi Asia ini meliputi Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Barat, Asia Tengah, dan Asia Selatan.

BAGAIMANA DENGAN INDONESIA?

Indonesia menempati urutan ke-72 sebagai pemegang paspor terkuat di dunia dengan akses ke 71 negara bebas visa. Sementara di Asia, Indonesia berada di posisi ke-17. Bagaimana ranking di Asia Tenggara? Sama dengan tahun sebelumnya, Indonesia menempati urutan ke-5.

Semoga Indonesia bergerak makin maju. Karena semakin banyak akses bebas visa ke berbagai negara, kita sebagai traveler akan semakin mudah melancong ke negara mana saja dengan aman. Tanpa banyak pengecekan, interogasi, atau hal lainnya pada saat masuk area imigrasi.

Buat kamu yang sering traveling pasti sudah tahu ya kondisi-kondisi seperti ini. Well, kamu punya versi lain mengenai ranking negara dengan paspor terkuat di Asia? Atau kamu ada pengalaman yang berkaitan dengan paspor dan imigrasi, atau travelingmu, silakan berikan komentarnya di kolom komentar.


SUMBER:

https://www.henleyglobal.com/

19 Comment

  1. malah amerika ga masuk ya, hmmm Indonesia kapan nih jd kita traveling gak perlu susah2 buat ajuin visa. Pengen kek Jepang atau Korsel yang kuat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengajukan visa kadang jadi tantangan tersendiri bagi traveler yah, smga saja Indonesia bisa naik peringkat kedepannya

      Delete
    2. Seru nih bahas Passport, walau buka traveller, tapi saya orang rumahan yang mendambakan travelling. Haha... Ini buat pengalaman nih ilmunya.

      Delete
  2. Aamiin, daku setuju banget kak semoga makin banyak lagi negara yang bisa kita kunjungi bebas visa. Karena ini pasti bermanfaat tak hanya yang ingin sekadar jalan-jalan aja, tapi juga yang ingin sekaligus belajar mengenal budaya berbagai negara

    ReplyDelete
  3. kekuatan paspor berbanding lurus dg kesejahteraan, bener gak? logika recehnya, org kan gak mau sembarang terima orla masuk ke negaranya, ada jaminan gak jadi beban di negara tujuan

    ReplyDelete
  4. aku jadi inget punya paspor tapi belum sempet dipake dan kayanya udah expired, wkwkwkkw

    ReplyDelete
  5. Sekarang sejak covid melonjak lagi katanya Jepang juga memperketat banget yah akses masuk dari negara lain. Yah semoga Indonesia juga bisa semakin maju dan bisa masuk jejeran pemegang paspor terkuat hehe.

    ReplyDelete
  6. Aku kok auto senyam senyum siihh bacanya yg terakhir hahaha. Indo urutan ke 70an. Eh iyaa baru ngeh kalau Turkey jadi yang terkuat jugaa. kereennn

    ReplyDelete
  7. Korea Selatan mah jelas, ya. Secara Korean vibes nya kuat banget. Apalagi sekarang banyak artis Korea yang asal Indonesia. Makin bnayak lah yang pengen main ke Seoul

    ReplyDelete
  8. Yuk bisa yuk Indonesia bikin destinasi yg bgs dan ramah dgn wisatawan asing. Plus birokrasi juga dibagusin. Semoga dgn bantuan semua pihak, ranking kita di mata dunia, terutama dr paspor ini makin menguat.

    ReplyDelete
  9. Duh, saya belum pernah punya paspor...
    Tapi ikut mendoakan, semoga Indonesia bisa lebih kuat lagi...

    ReplyDelete
  10. Pasporku berdebu banget dah sekarang. Baru dipake sekali, eh tetiba pandemi kwkw..
    Semoga bisa bepergian bawa paspor

    ReplyDelete
  11. haruskah kita pindah negara biar lebih bebas kemana mana? hihihi...Semoga peringkat Indonesia bisa naik ya, agar lebih banyak negara yang bebas visa. Tapi aku ga tau juga faktor apa yang mempengaruhi...

    ReplyDelete
  12. wah wah, menggiurkan untuk kemana-mana nih kalau bisa bebas visa ke banyak pilihan negara yang kece-kece hehe..

    ReplyDelete
  13. Asik yah..
    akalu passpot dari negara-negara yang kuat, bisa nyaman melakukan perjalanan ke belahan dunia manapun. Kaya punya kartu sakti.

    ReplyDelete
  14. Hihi Indonesia urutan ke 72 ya kak. Pernah lho aku mikir untuk pindah negara hahah. Tapi bagaimanapun aku cinta Indonesia sih. Semoga peringkat Indonesia bisa merangkak naik ya kak.

    ReplyDelete
  15. Mantap juga ya Jepang dan Singapore. Gak heran sih, negara makmur memang pastinya terpercaya banget buat keluar masuk. Ibaratnya udah ada jaminan dari stabilitas negaranya.

    ReplyDelete
  16. Terkuat itu maksudnya terbanysk aksesnya ya.. buat juga mbak yang paling dikit aksesnya

    ReplyDelete
  17. Mungkin Indonesia harus meningkatkan diri dalam berbagai hal ya mba biar bisa bebas visa ke berbagai negara

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.