FINPEDIA: SITUS PINJAMAN ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA

Pandemi panjang yang terjadi membuat perekonomian masyarakat dunia termasuk Indonesia mengalami kesulitan. Semua kalangan terutama menengah ke bawah termasuk UMKM, kesulitan mencari dana untuk kembali membangkitkan usaha mereka atau bahkan untuk memenuhi kebutuhan hidup lainnya.

finpedia pinjaman online terpercaya


Saat ini pinjaman online menjadi salah satu alternatif untuk kembali membangkitkan usaha mereka. Lalu pinjaman online yang seperti apa yang aman dan terpercaya? Dan dimana kita bisa mendapatkan alternatif pinjaman online tersebut?

Well, saya menemukan satu aplikasi tentang pinjaman online terpercaya yaitu Finpedia. Yuk kupas habis bagaimana prosesnya, kelebihan aplikasi ini, bagaimana persyaratannya, dan produk apa saja yang bisa kita gunakan untuk membangkitkan kembali usaha kita.

KENALAN DULU DENGAN FINPEDIA

Finpedia adalah aplikasi pinjaman keuangan atau financial technology (fintech) yang menyediakan pilihan penyedia pinjaman online. Jadi aplikasi ini bukan penyedia pinjaman secara langsung, tetapi menyediakan banyak pihak ketiga pemberi pinjaman online yang terpercaya dan sudah diawasi dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dilansir dari laman OJK, OJK sendiri dibentuk dengan tujuan agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan terselenggara secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel, mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, dan mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

Perusahaan yang berdiri awal tahun 2020 ini merupakan anak perusahaan dari Jianpu Technology yang merupakan perusahaan finansial terbesar di China yang berbasis teknologi. Aplikasi ini berkomitmen untuk membantu semua kalangan masyarakat dan para pelaku usaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Hal ini sesuai dengan visinya yaitu To Become Everyone’s Financial Partner atau “Menjadi Mitra Finansial Bagi Setiap Orang”. Serta misinya To meet our user’s financial needs by providing them with reliable solutions and services to maximize their access financial products for financial inclusion yaitu “Memenuhi kebutuhan finansial para pengguna dengan menyediakan solusi dan jasa yang handal untuk memaksimalkan akses keuangan untuk mencapai inklusi finansial”. Dengan visi dan misi tersebut Finpedia berharap akan menjadi perusahaan yang mampu memberikan solusi finansial bagi masyarakat dengan tepat.

finpedia pinjaman online


Di Finpedia, anda bisa mengajukan pinjaman dengan banyak pilihan bank sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Semua bank yang terdaftar di Finpedia sudah lolos seleksi dan memenuhi syarat, sehingga sangat aman dan terpercaya bagi para penggunanya.

PRODUK FINPEDIA

Lalu apa saja produk pinjaman online yang tersedia di Finpedia yang bisa digunakan oleh nasabah?

1. Pinjaman online

Tersedia 3 kategori pinjaman oline di Finpedia yaitu Konsumtif terdiri dari Pinjol Julo, Adakami, Ringan, Finplus, Idana, Fintopia, Dodana dan Akulaku. Kategori kedua adalah Pinjam Modal dan KoinWorks. Kategori ketiga yaitu Multiguna adalah pinjol Gradana.

Semua pemberi pinjaman mempunya bunga, tenor dan jumlah cicilan yang bervariatif. Sehingga konsumen bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

2. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Karena kemudahannya, banyak masyarakat yang memilih agunan untuk mengambil beberapa kebutuhan. Sayangnya banyak yang memilih KTA yang kurang tepat. Finpedia menjadi solusi terbaik untuk memilih agunan karena semua lembaga yang tergabung di Finpedia aman dan terpercaya.

Untuk KTA sendiri, Finpedia menggandeng lembaga Tunaiku, KTA Standard Chartered Bank, dan DBS KTA. Semuanya dijamin aman dan terpercaya yang akan membuat konsumen merasa aman.

3. Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

4. Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)

5. Kredit Multiguna

Untuk Kredit Multiguna, Finpedia sudah bekerjasama dengan WOM Finance Mobilku dan BFI Jaminan Pembiayaan BPKB. Jenis pinjaman ini bisa kamu manfaatkan untuk membeli kendaraan bermotor seperti mobil dan motor, dan juga bisa digunakan untuk pembelian properti.

Pinjaman ini tersedia mulai dari Rp. 20.000.000,- sampai dengan Rp. 2.000.000.000,- dengan tenor 11 - 48 bulan dan memiliki suka bunga kompetitif 0.90%.

KELEBIHAN FINPEDIA

1. Diawasi OJK

Sebagai penyedia jasa keuangan, aplikasi dibawah naungan PT Solusi Inklusi Finansial ini sudah terdaftar di OJK dengan nomor registrasi S-225/MS.72/2020. Sehingga bisa dipastikan semua proses kegiatannya diawasi oleh OJK sehingga sangat aman untuk konsumennya. Dan membuat aplikasi ini terpercaya. Satu lagi bisa dipastikan keamanan data konsumennya sangat terjamin.

finpedia amand an terpercaya


2. Terdaftar dalam Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH)

Merupakan asosiasi penyelenggara untuk beradvokasi dan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, dalam rangka mendorong inovasi teknologi dan memperkuat daya saing industri fintech. Asosiasi yang berdiri tahun 2016 ini ditunjuk secara langsung oleh OJK sebagai Asosiasi Penyelenggara Inovasi Keuangan Digital (IKD) sejak tahun 2019. Dan Finpedia sendiri menjadi salah satu dari fintech tersebut. Sehingga Finpedia dijamin aman dalam proses pengelolaan dana pinjaman onlinenya.

3. Alternatif penyedia pinjol banyak

Terdapat banyak pilihan lembaga pinjol di Finpedia yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen yaitu Pinjol Julo, Adakami, Ringan, Finplus, Idana, Fintopia, Dodana dan Akulaku, Pinjam Modal, KoinWorks, dan Gradana. 

4. Persyaratan Mudah

Biasanya saat kita akan melakukan pinjaman online, persyaratannya akan banyak dan sedikit rumit. Namun berbeda dengan Finpedia, persyaratannya cukup mudah. Setiap bank di aplikasi ini memiliki syarat yang berbeda-beda. Namun secara umum yaitu hanya dengan menggunakan KTP, NPWP, dokumen penghasilan, memiliki rekening pribadi. 

Jika anda adalah seorang pengusaha online, pihak bank akan meminta tambahan informasi toko online aktif dan laporan pendapatannya. Serta minimal usaha berjalan selama 6 bulan.

5. Pinjaman dilakukan secara online

Kemudahan lain dari pinjaman online di Finpedia adalah, pinjaman ini dilakukan secara online sehingga anda lebih hemat dan waktu dalam proses pengajuan karena dilakukan secara online. Bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Selain itu bisa dipastikan Semua pinjol sudah lolos seleksi dari Finpedia dan pastinya juga diawasi oleh OJK sehingga konsumen akan lebih aman.

6. Bunga, Tenor, dan Jumlah Cicilan yang bervariatif

Kelebihan lainnya dari Finpedia adalah menyediakan berbagai macam bunga, tenor, dan jumlah cicilan yang bervariatif. Sehingga konsumen dapat memilih sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Selain itu jangka waktu cicilan juga bisa ditentukan sesuai dengan kemampuan.

7. Tersedia layanan Customer Service

Layanan Customer Service sangatlah penting bagi pelanggan ketika ada yang ingin ditanyakan. Finpedia ini tersedia layanan yang bisa dihubungi kapan saja dimana saja baik by email maupun kontak telepon.

LAKUKAN SIMULASI

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam pinjaman, Finpedia menyediakan menu simulasi perhitungan. Pinjaman tersebut seperti untuk KPR, KTA, dan KKB. Hal ini sangat baik, bagi nasabah sebelum memutuskan mengambil pinjaman.

simulasi pinjaman online finpedia


Contoh saya akan melakukan simulasi untuk KPR. Saya akan memasukan harga rumah, suka bunga, tenor, dan perkiraan DP dari KPR. Simulasi ini akan memunculkan berapa jumlah cicilan yang harus saya bayarkan setiap bulannya. 

Selain mengetahui perkiraan jumlah cicilan, dapat juga menjadi gambaran nasabah dalam menghitung kemampuan pembayaran. Hal ini sangat baik, sehingga nasabah dapat membuat pengaturan dan perencanaan keuangan dalam melakukan pembayaran pinjaman.

Jika sudah dirasa cocok dan kemampuan bayar dapat dipenuhi, nasabah dapat langsung mengajukan pinjaman dengan melampirkan semua persyaratan yang diminta.

MY THOUGH

Setelah mengetahui Finpedia yang merupakan pinjaman online yang aman dan terpercaya karena sudah terdaftar di OJK dan tercatat di AFTECH, anda tidak perlu ragu lagi untuk mengajukan pinjaman di aplikasi aggregator keuangan ini. Selain itu bank yang terdaftar sudah lolos seleksi dan memenuhi syarat sebagai penyedia pinjaman online. Syaratnya mudah dan cepat, serta tenor, suku bunga, dan jumlah pinjamnnya bervariasi.

Kamu sudah pernah melakukan pinjaman di Finpedia atau baru mau mengajukan? Yuk sharing bagaimana pengalamannya di kolom komentar. Pastinya pengalaman kamu melakukan pinjaman di Finpedia akan sangat bermanfaat untuk pembaca.

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.