BAGAIMANA INDONESIA DI MATA TRAVELER DUNIA

Bagi traveler, berinteraksi dengan orang baru atau bahkan tidak dikenal menjadi hal biasa. Terlebih kita saat melakukan perjalanan seorang diri. Waktu sarapan di penginapan, adalah momen yang paling sering digunakan para traveler saling menyapa dengan sesama traveler lainnya. Bahasannya beraneka macam, dan salah satunya adalah asal negara mana. Lalu apa reaksi mereka setelah tahu saya asal Indonesia?. Lalu bagaimana Indonesia di mata traveler dunia?

indonesia di mata traveler dunia


Disklaimer ya, ini semua base on my experience, mengobrol dengan beberapa traveler dari berbagai negara dan benua, pasti jawabannya berbeda-beda. Mulai dari image positif, juga sebaliknya. Nah kali ini saya akan bahas tentang image positifnya dulu ya. Yuk check it out.

INDONESIA IS HEAVEN

Kenapa? Beberapa pendapat dari mereka Indonesia adalah surganya musim. Karena kita hanya ada 2 musim, dan mereka suka dengan musim di negara kita. Selain itu kita punya banyak pulau dan pemandangan alam lainnya. Serta menurut mereka Indonesia biaya hidupnya murah dan juga tidak rasis. Selain itu alamnya yang sangat indah membuat turis asing betah tinggal di Indonesia.

INDONESIA BAGIAN DARI BALI

Laporan imigrasi menyebutkan bahwa Bali adalah bandara pertama yang banyak dikunjungi oleh turis asing. Jadi sangat wajar mereka mengenal Bali bahkan banyak yang mengira kalau Indonesia adalah bagian dari Bali. Ada juga yang mengira jika Bali adalah ibukota Indonesia. Sehingga Bali menjadi ikon Indonesia di dunia saat ini. 

Jadi kalau saya mengobrol dengan traveler luar, pernah ada yang tidak mengenal Indonesia, ketika saya sebut Bali, mereka langsung "oh I see". Mereka langsung ngeh. Lainnya ketika saya sebut Indonesia, mereka akan jawab "oh Bali is capital city of Indonesia, I have been there". Seketika rumus persegi panjang muncul dari mulutku. Memberikan penjelasan dengan panjang kali lebar hehe.

SALAH SATU TEMPAT SURFING TERBAIK

Tempat surfing terbaik adalah salah satu jawaban yang membuat saya happy ketika ditanya dari negara mana. Saya jawab Indonesia. Dan mereka tahunya Indonesia adalah salah satu negara surfing terbaik di dunia. Ini salah satu jawaban traveler keceh niy.

KAYA AKAN BUDAYA DAN BAHASA

Saya pernah melakukan volunteer di luar dengan beberapa negara Eropa dan Australia. Ketika saya sebut Indonesia. Mereka berkomentar kalau Indonesia keren, karena punya ratusan budaya dan bahasa. Dan dia cerita ada saudaranya yang belajar Bahasa Jawa dan Budaya di Indonesia. Unch banget ya, proud to be Indonesian.

INDONESIA PEMILIK KOMODO

Keberadaan Komodo di daerah timur Indonesia membawa keberuntungan tersendiri. Karena binatang yang hampir punah ini, hanya satu-satunya ada di negara kita. Patut bangga deh kita sebagai warga negara Indonesia.

Indonesia di mata traveler luar negeri


Nah, kalau saya mengobrol dengan beberapa traveler luar negeri, saat saya sebut dari Indonesia, ada yang bereaksi "oh Komodo Island, great place, you are so lucky stay there". Kalau reaksinya begini, senyumku langsung mengembang.

PEMILIK BATIK

Batik sudah diresmikan oleh badan dunia UNESCO sejak 2 Oktober 2009 sebagai salah satu warisan dunia dengan kategori Warisan Kemanusiaan Untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi. Pengakuan dunia atas warisan batik ini tentu saja membawa nama Indonesia makin dikenal di dunia.

Dan beberapa travel luar negeri jika saya katakan berasal dari Indonesia, banyak yang berekasi "I love Batik, it's unique, I will buy and wear it when I visit Indonesia". Duh bangganya. Jadi banyak yang travel ke Indonesia, salah satunya pengen mengunjungi tempat pembuatan batik loh.

NEGARA RENDANG DAN SATE

Salah satu yang membuat Indonesia dikenal oleh traveler dunia adalah makanannya. Saya pernah bertemu dengan traveler dari Maroco. Kami mengobrol, saat saya sebut dari Indonesia, she didn't know.

Sebut Bali juga dia tidak kenal. Saya sebut Rendang, Sate dia malah tahu loh. Dan tidak hanya satu atau dua traveler. Banyak traveler ketika saya sebut Indonesia, mereka akan jawab "I will visit your country Mei, I wanna try your Rendang". Emang kuliner Indonesia mantap banget dan menjadi salah satu atraksi wisata menarik bagi para traveler dunia.

NEGARA INDOMIE

Pernah juga saya bertemu dengan traveler dari negara entah berantah, dia tidak tahu Indonesia. Saya iseng tanya "kamu tahu Indomie?". Jawabannya membuat saya kaget "Oh I see, it's delicious, my friend brough me when he visited your country". Lega dikit deh denger jawabannya.

Beberapa dari mereka belum ke Indonesia kalau belum makan Indomie di Indonesia katanya. Yasudahlah negeranya ga dikenal, seenggaknya makannya.

NEGARA ORANG UTAN

Nah, salah satu pendapat traveler luar negeri tentang Indonesia bahwa Indonesia pemilik Orang Utan. Dan mereka banyak yang ingin mengunjungi Indonesia karena ingin melihat dan berinteraksi dengan orang utan. Selain itu juga mereka ingin menjadi volunteer untuk merawat orang utan.

PEMILIK FREEPORT

Nah ini salah satu jawaban yang enggak saya sangka-sangka sama sekali. Saat ada seorang traveler tanya dari mana, saya jawab Indonesia. Dia langsung bilang oh Freeport ya. Ya sudahlah mungkin dia mengira, semua tempat di Indonesia tambang emas hehehe.

KAYA AKAN REMPAH

Rata-rata setiap traveler termasuk Indonesia pergi berkunjung ke negara lain, ingin menikmati atau mencicipi kuliner yang dimiliki negara tersebut. Jadi kata mereka, traveler atau umumnya orang Indonesia adalah orang-orang yang suka makan. Ketika saya sebut Indonesia, oh negara kamu banyak makanan nikmat, punya rempah yang beranekaragam. Ga nyangka banget sih sama jawabannya. Mungkin waktu kuliahnya dia ambil jurusan pertanian.

INDONESIA NEGARA MUSLIM

Pernyataan ini juga pernah muncul dari salah satu teman traveler saya dari benua Eropa.  Mereka tahunya muslim terbanyak ada di Indonesia. Karena dia dapat cerita dari temannya yang muslim sering melihat saat ibadah haji atau umroh banyak bertemu dengan muslim dari Indonesia.

INDONESIA ADALAH MALAYSIA

Pernah juga loh ada yang mengira kalau Indonesia adalah Malaysia. Mungkin kalau ini saya jelaskan dengan rumus panjang gelombang kali ya. Bahwa Indonesia bukan Malaysia. Kami negara yang berbeda dan bertetangga.

NEGARA SAMPAH PLASTIK

Image yang kurang baik satu lagi tenga Indonesia dari traveler luar negeri adalah bahwa kita negara pengumpul sampah plastik yang akan merusak bumi. Itulah salah satu sebab selain untuk traveling mereka juga menjadi volunteer sampah di Indonesia.

INDONESIA NEGARA MACET

Wah karena dalam laporan Tom Tom Traffic Index, Indonesia masuk dalam 10 besar kota termacet di dunia, bahkan tahun 2017 urutan ke-4. Sehingga image beberapa traveler menganggap negara kita semacet di Mosko atau Mumbai yang menempati urutan ke-1 dan ke-2.

Nah itu dia bagaimana Indonesia di mata traveler dunia. Pendapat ini saya dapatkan hasil dari sharing dengan traveler luar ya, jadi sifatnya subjektif. Ada yang mau menambahkan, mungkin kamu pernah mengobrol dengan turis asing dan bagaimana pendapat mereka tentang negara Indonesia? Silakan sharing di kolom komentar ya.

31 Comment

  1. Tugas berat pemerintah sekaligus kita sebagai traveler utk lebih mengenalkan Indonesia ya kak. Soalnya emg belum banyak yang tahu tentang Indonesia. Kalo negatifnya sih udah banyak yg tahu. Tapi yang positifnya ini loh. Bule2 pada ngga ngeh Indonesia. Kadang sebel, apa mereka kurang baca kali yak wkwkwk. Tapi yang pasti media asing mengulasnya soal teroris dan segala hal yg negatif berbau Indonesia sih.

    ReplyDelete
  2. Seru loh melihat cara pandangan orang lain tentang Indonesia, dan nggak jarang kalau Indonesia itu Bali. Hal ini jadi PR ya untuk pemerintah dan masyarakat untuk memperkenalkan keindahan Indonesia lebih luas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Tadi tuh saya ngakak pas baca Indonesia negara indomie, lalu seketika sedih karena jd penghasil sampah plastik. Huhu. Kita kudu berbenah nih biar bs diingat yg baik2nya aja. Diingat wisatanya utamanya

      Delete
  3. Indonesia belum dikenal sebagai negara berarti ya, walaupun beberapa bagiannya sudah mendunia seperti Bali, Batik, Rendang, dan lainnya. Tugas pemerintah, traveller, dan masyarakat Indonesia untuk mempromosikan Indonesia sebagai negara kepulauan yang berdaulat.

    ReplyDelete
  4. Ya donggg kebanyakan turis lebih sering mendengar Bali daripada Indoensia itu sendiri. makanya banyak syuting film asing juga berlokasi di Bali. Dan tentu saja menjadi salah satu tempat surfing yang asik. Eh iyaaa, terkenal sama Indomie juga. Ini mah juara satu!

    ReplyDelete
  5. Banyak bagusnya meski 2 yang bawah mengena kak Mei, tapi seharusnya jadi pelecut sih ya agar bisa menuntaskan kemacetan dan permasalahan klasik soal sampah.

    ReplyDelete
  6. Pengalaman pribadi saya sih Kak, Bule2 lebih kenal Bali dibanding Indonesia sendiri. Banyak bule2 senang liburan di Indonesia karena keanekaragamannya, tapi tidak bisa kita pungkiri mengenai 2 point terakhir.
    Macet dan sampah plastik menjadi PR besar bagi kita semua, bukan hanya pemerintah, tapi kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas juga penting.

    ReplyDelete
  7. Indonesia adalah Malaysia, antara sedih dan gemes, duh orang Indonesia mesti lebih banyak promosi nih biar makin dikenal di dunia Internasional

    ReplyDelete
  8. Ya allah,
    Sedih banget kalau dikenalnya Indonesia sampah plastik. Mungkin karena kita berpenduduk banyak, jadi selain terkesan ruwet juga sampah melimpah. Kalau di negara maju, pengelolaan limbah ini sudah lebih baik.

    Kak Mei...
    Jagoan banget kalau angkat fakta mengenai dunia travelling. Traveller blogger keshayangaan~

    ReplyDelete
  9. Macam2 ya respon Traveller luar terhadap Indonesia. Tp memang bener disini macett dan banyak smampah plastik. Lg pandemi juga di beberapa tempat tetap macet

    ReplyDelete
  10. macem2 yaa persepsi traveler internasional ke Indonesia, sebagian betul, sebagian miss persepsi deh heuuu, jadi PR kita semua yaa buat ngenalin klo Indonesia bukan Malaysia dan Bali bukan ibu kota Indonesia. PR soal sampah plastik dan kemacetan juga jadi problem ya, mesti kerjasama semua pihak buat ngatasinnya

    ReplyDelete
  11. Aku pernah ditanya, kenapa Indonesia bisa jadi negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Baru nyadar, pengetahuanku masih dikit banget tentang negara sendiri.

    ReplyDelete
  12. Ahahah bener banget negara Indomie, jadi negara micin ngga sih wkkwkw.
    Tapi tetep bangga dong, komodonya juga ngga ketinggalan, jadi icon kita selamanya

    ReplyDelete
  13. Ngomongin Indonesia di mata dunia, selain produk di atas. Juga ada loh produk lokal yang terkenal di luar negeri, seperti Bali, Kopiko, Jakarta, Nasi goreng dan apa lagi ya. Banyak pokok nya

    ReplyDelete
  14. Sedih membaca 2 poin terakhir hiks.. padahal di atas2 udah bikin senyum2.
    Indonesia dengan icon2nya.mulai dari BALI sampai indomie.
    .duh aku aja orang indo blum pernah ke bali.

    Btw aku kok jadi ikut tersanjung deh sebagai pencinta sate hehe disebut sebagai icon indonwsia di mata dunia

    ReplyDelete
  15. ternyata beragam ya padangan traveller dunia tentang indonesia
    emang yang paling sering adalah klo ditanya tentang Indonesia, mereka jawabnya ya Bali

    ReplyDelete
  16. Seru banget ya komentar tentang Indonesia dari para traveler dunia...
    Tapi yang tiga terakhir itu bikin sedih deh...

    ReplyDelete
  17. Unik" yaa tanggapan para turis terhadap Indonesia. Tapi 2 terakhir sih yang miris.
    Tugas kita juga sih sebagai masyarakat Indonesia untuk mentuntaskan permasalahan sampah plastik.

    ReplyDelete
  18. tuh kan Indonesia tuh luar biasa kaya dan hebat di mata warga negara lain loh, kita pun sebagai org Indonesia harusnya lebih bangga lagi

    ReplyDelete
  19. wah banyak ya julukan Indonesia di mata traveller. Yang nggak enaknya julukan negara sampah plastik. tapi bosku dulu emang gitu, bilang, kesannya Indonesia itu nggak bersih, dimana-mana ada sampah. Tapi ya gimana yang dibandingin Singapura

    ReplyDelete
  20. duu kaya kota saya aja terkenal dengan kota seribu angkot, btw iya ya negara indomie, barusan pun saya habis ngemil indomie goreng pakai cabe rawit hihi

    ReplyDelete
  21. Ternyata ya Teh, pejalan mancanegara tertarik dan jatuh cinta sama tanah air kita karena hanya punya dua musim. Eh kita malah naksir negeri mereka karena punya empat musim.

    ReplyDelete
  22. Saya dulu bekerja dengan orang asing, dan sering sekali mendengar cerita2 serupa. Mostly mereka terkesima dengan makanan kita sih. Sama cuaca. Nyaman banget di Indonesia engga pernah musim dingin, katanya. hehe.

    ReplyDelete
  23. Branding ini penting banget sih soal wisata. Apalagi sejauh ini para pelaku industri wisata masih banyak yang belum paham juga. Padahal penting lho menciptakan image yang positif, perasaan aman dan tenang biar turis itu nyaman liburan di Nusantara. Semoga didengarkan pemerintah yaak

    ReplyDelete
  24. Soal sampah plastik huhu rasanya kalau dipikir ada benarnya juga ya tiap orang Indonesia travelling pasti bawanya benda-benda sekali pakai dan itu meninggalkan sampah cuma kok nyesek juga kalau yg diingat bagian itu

    ReplyDelete
  25. Beragam ya pendapat orang luar tentang Indonesia. Wajar sih, karena banyak orang ya jelas banyak pandangan. Seperti kalau orang menilai diri kita lah. Ada positif ada negatif. Yang baik disyukuri, yang kurang diperbaiki..hihi.. gitu nggak sih?

    ReplyDelete
  26. Dulu sih sering denger kalau banyak turis asing lebih mengenal Bali daripada Indonesia, tapi kalau sekarang apa ya masih seperti itu?

    Kalau masih sama, berarti PR besar buat kementerian pariwisata nih yaa..

    Tapi kalau baca ini jadi bangga sama Indonesia, punya banyak kekayaan alam yang hebat dan indah.

    ReplyDelete
  27. Sedih banget ya di 2 poin terakhir... Anyway, semoga nama indonesia di mata traveler akan terus dilihat sebagai negara yang cantik, aman, dan ramah terhadap turis khususnya mancanegara.

    ReplyDelete
  28. Xixixi.. bener banget tuh mbak Indonesia pemilik indomie. Soalnya merk mie instan satu ini udah mendunia banget ya.

    ReplyDelete
  29. Selalu ada yanh tidak sempurna dalam hidup ya, termasuk Indonesia diantara kelebihannya, ada PR besar sampah hiks

    ReplyDelete
  30. Baca Indomie, yay!
    Baca sampah plastik, yaahh :(

    Aneka ragam banget sebetulnya ya Indonesia ini, karena demografi penduduknya memungkinkan jadi duta pariwisata secara tidak langsung, jadi orang lain pun banyak terpapar dengan konten2 tentang Indonesia.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.