8 BAGIAN YANG WAJIB DICEK KETIKA SERVICE MOTOR

Sebelum memiliki kendaraan roda dua sendiri saya benar-benar kurang paham bagaimana cara perawatan sebuah kendaraan. Sampai akhirnya saat saya tinggal di Jogja, saya dibelikan kendaraan oleh orang tua saya untuk mobilisasi sehari-hari. Mau tidak mau saya terpaksa harus paham bagaimana cara perawatannya agar motornya tetap awet dan tidak cepat rusak.

service motor di planet ban


Saat waktunya cek kendaraan, saya bingung apa saja yang harus dicek untuk memastikan kendaraan semuanya aman dan terawat. Setelah browsing dan tanya ke beberapa teman, akhirnya saya mengetahui beberapa bagian motor yang wajib dicek ketika akan melakukan service motor.

8 bagian yang wajib dicek saat service motor

Ini dia beberapa bagian yang wajib dicek saat akan service motor. Semuanya jika dalam kondisi baik, maka motor yang kamu gunakan akan awet dan tidak cepat rusak.

1. Aki atau Accu

Bagian pertama motor yang wajib kamu cek ketika service motor adalah bagian aki atau accu. Tegangan aki standarnya berada pada 12,3 - 12,6 volt dalam kondisi mesin mati. Namun ketika mesin menyala biasnaya berada di tegangan 13,7 - 14,2 volt. 

Jika tegangan di luar itu, kemudian ada juga kebocoran, terminal berkarat maka pihak mekanik akan melakukan pemeriksaan secara detail. Dan jika hasil pemeriksaan kondisi aki atau accu sudah tidak layak digunakan maka wajib segera dilakukan penggantian. 

2. Ban

Ban salah satu komponen penting dalam motor. Jika bannya rusak maka kendaraan roda dua kamu tidak akan bisa berjalan. Jadi saat melakukan service motor wajib banget untuk melakukan pengecekan. Mekanik biasnaya akan melakuklan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap ban motor kita. Mereka akan memeriksa tekanan udara di dalam motor, kondisi ban secara keseluruhan misalnya gundul atau tidak, dan lainnya.

Segera lakukan penggantian ban jika sudah gundul, agar keselamatan dan keamanan tetap terjaga.

3. Busi

Lakukan pengecekan dan penggantian busi motor kamu secara rutin. Karena jika mengalami kerusakan maka motor tidak akan menyala dan tidak berfungsi dengan baik. Karena busi ini bagian motor yang memiliki fungsi sebagai pengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin motor dapat menyala dengan baik.

4. Filter udara

FIlter udara adalah salah satu bagian penting yang wajib kamu cek ketika service motor. Karena filter udara ini memiliki fungsi menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran, agar tidak ada kotoran yang masuk dan menyumbat sistem injeksi dan kaburator.

Saat dilakukan service ini, mekanik akan memeriksa bagian filter udara dan memutuskan apakah masih layak digunakan atau artinya masih bisa digunakan dan cukup dibersihkan saja, atau justru harus diganti.

Saya pernah mengalami kasus seperti ini filter udaranya kotor, karena lama tidak dilakukan service, akhirnya harus diganti. Setelah mengetahui ini, akhirnya saya rajin memeriksanya ketika service motor.

5. Kampas Rem

Kampas rem adalah salah satu bagian penting dalam motor. Karena sangat berpengaruh terhadap keamanan dan keselamatan penggunanya. Dimana kampas rem ini berfungsi untuk melakukan pengereman. Jika kampas rem sudah mulai menipis, maka rem akan menjadi kurang pakem. 

Maka lakukan pengecekan kampas rem ini ketika kamu melakukan service motor dan lakukan segera penggantian, jika kampas rem sudah mulai menipis. 

6. Oli Gardan

Buat kamu pengguna motor matic, wajib rutin untuk mengganti oli gardan karena oli gardan berfungsi untuk melumasi gear yang terdapat di bagian Continuously Variable Transmition (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, baru kemudian harus dibarengi dengan 1x ganti oli gardan. Jadi jangan lupa cek oli gardan ketika service motor.

7. Oli Mesin

Oli mesin memiliki fungsi sebagai pelumas, pelindung mesin, dan juga pendingin. Lakukan pengecekan secara rutin ketika jarak tempuh sudah mencapai 2500 km. Ketika melakukan service bagian ini, kamu akan dikenakan biaya oli dna juga biaya jasa ganti oli.

oli mesin


Namun belakangan ini ada beberapa pbrikan atau retailer otomotif yang berani merekomendasikan penggantian oli ketika mencapai 5000 km atau 2x lebih lama dari oli biasa. Hal ini karena oli yang digunakan sudha menggunakan teknologi ester. Sehingga pabrikan atau retailer berani mengklaim penggantian bisa 2x lebih lama dari oli biasa. Oli degan teknologi ester ini merupakan base oil tertinggi di kelas oli.

8. Tune up motor secara rutin

Service rutin tune up adalah servis yang meliputi pemeriksaan komponen, khususnya komponen yang berkaitan dengan performa motor secara menyeluruh. Biasnaya pemeriksaan meliputi tekanan ban, kondisi lampu, karburator atau saringan udara, tegangan rantai, rem, dan juga klakson. Lagi-lagi semuanya berkaitan dengan keselamatn dan keamanan penggunanya.

Servis rutin tune up ini kadang juga disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, bahkan penggantian sparepart. Namun sebelumnya pihak mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepada pemiliknya. Jika kamu setuju baru akan dilakukan perbaikan oleh mekanik.

Planet Ban: Bengkel Service Motor Terbaik

Ketika akan melakukan service motor, kamu wajib mencari bengkel motor yang aman an terpercaya. Dan Planet Ban adalah bengkel motor yang menjadi andalan banyak pengguna kendaraan roda empat. Kamu akan mmendapatkan hasil service motor seperti mesin baru lagi atau service motor rasa baru atau disebut juga sebagai sistem servis terpadu. 

Service motor ini akan meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor melalui cara yang cepat dengan biaya hemat. Service ini fokus pada bagian vital motor dan jarang diservis secara rutin.

Manfaat dan keunggulan service motor di Planet Ban

Beberapa manfaat yang bakal pelangga dapat ketika melakukan service motor di Planet Ban.

  1. Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus dengan teknologi tinggi yang dapat membuat performa motor semakin baik dan membantu melindungi mesin. Pastinya bakal membuat mesin makin awet.
  2. Jika dipadukan dengan sparepart asli, hasilnya pemakaian semakin nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan makin ringan.
  3. Penggantian oli ketika mencapai jarak tempuh 5000 km saja atau sekitar 4-6 bulan sekali. Membuat kamu tidak perlu sering ke bengkel dan semakin hemat.
  4. Selain menghemat waktu dan biaya, kamu juga sudah berkontribusi dalam menjaga lingkungan karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Selain manfaat, berikut juga beberapa keunggulan yang bakal kamu dapat ketika service motor di Planet Ban.

  1. Proses service motor di Planet Ban sangat teliti dan detail. Pihak mekanik akan melakukan service motor secara menyeluruh pada bagian mesin. Bahkan sampai pada kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, sehingga semuanya menjadi bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotor. Membuat mesin terlihat baru.
  2. Service motor di Planet Ban membuat motor seperti menggunakan mesin baru. Tarikannya jadi lebih enteng, emisi menurun sampai 70%, BBM lebih hemat, dan mesin menjadi bersih total pastinya.
  3. Harganya sangat terjangkau. Perawatan selengkap ini di Planet Ban, tidak akan menguras kantong. Bahkan service motor injeksi saja hanya Rp. 20.000,-. Service CVT berikut rantainya adalah Rp. 19.500,-. Service throttle body juga hanya Rp 20.000,-. Murah sekali bukan?

Setelah mengetahui manfaat dan keunggulan service motor di Planet Ban yang sangat banyak, tunggu apalagi yuk service motor kamu segera di Planet Ban dan dapatkan layanan terbaiknya untuk mendapatkan service motor rasa baru.

34 Comment

  1. Planet Ban memang andalan banget kalau soal service kendaraan. Tidak hanya profesional, pelayanan ramah dan menyenangkan pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Planet Ban memang sudah terpercaya dan tidak diragukan lagi ya bagi para pengendara kendaraan roda dua maupun empat.
      Apa yg harus dicek, mereka sudah tahu ya...

      Delete
  2. Mba Meiiii.... emang ya kalo service itu harus teliti bangetttt... banyak printilan yang kudu minta dicek. nyesel gak tau planet ban dari dulu, padahal di deket rumahku ada.

    ReplyDelete
  3. Jadi teringat saya pernah lama sekali gak ganti kampas rem.. Akibatnya pas ngerem kok kayak kasar banget shock ketika direm, kayak udah mati shocknya.
    Setelah diliat karena kampas rem sudah habis dan ketika ngerem kena ke besi tempat kampas remnya.

    ReplyDelete
  4. Banyak banget ternyata bagian-bagan dan segala rupanya yang harus diperhatikan dari si motor kesayangan.biar tetap nyaman dikendarai ya Kak. Bahkan aku baru eungeuh lho, bukan cuma oli mesin yang harus rajin diganti, tapi juga oli gardan untuk motor matic.

    ReplyDelete
  5. Betul banget, sering servis motor itu jadi tahu kalau yg sering dicek itu oli, ban, rem, aki, dan busi.
    Pengecekan di tempat yg tepat seperti planet ban jadi menyenangkan ya

    ReplyDelete
  6. Mesti diperhatikan nih, biar pas saya service motor enggak ketinggalan bagian apa saja yang wajib di cek. Dan pilih ke Planet Ban saja servicenya karena banyak keunggulannya

    ReplyDelete
  7. Service di plane ban itu menyenangkan, pelayanan ramah pula. Aku pernah service CVT disana hasilnya suara gas motor aku lebih enteng dan lebih halus.

    ReplyDelete
  8. Penasaran mengenai kiprah Planet Ban dalam lingkungan, sebagaimana yang tertera di poin ke-4 di atas: berkontribusi menjaga lingkungan.

    ReplyDelete
  9. Gak hanya cowok nih yang perlu mengetahui hal ini, cewek pun juga agar mesin kendaraan yang digunakan bisa tetap dalam kondisi prima. Jadi gak hanya bisa bawanya aja, merawatnya pun bisa

    ReplyDelete
  10. Motor kadang suka lupa ya kampas rem, begitu nge-rem kok gak pakem gitu baru deh ingat.
    Untung sekarang di Planet Ban tersedia servis lengkap motor. Cewek pun bisa ngerawat motor sekarang :)

    ReplyDelete
  11. pengalaman ganti oli mesin dan garda di planet ban harganya juga ga bikin kantung kekuras banget, sangat terjangkau lah dengan jaminan oli original, dan jadi tenang, ya, jadinya kalau ganti oli dengan jaminan oli asli

    ReplyDelete
  12. Rupanya kalau melakukan service kendaraan di Planet Ban, diberi oli dan cairan khusus yang bisa banget bersinergi sama sparepart asli dari kendaraan yang kita miliki biar si kendaraan punya performa yang selalu bikin nyaman sepanjang dikendarai. Pantas kalau banyak yang memilih Planet Ban sebagai tempat perawatan kendaraan kesayangan. Cabangnya pun ada beberapa nih di sekitar tempatku tinggal.

    ReplyDelete
  13. Murah banget sih service di Planet Ban. Aku juga service motor di sana sekaligus ganti olinya. Apalagi ada Planet Ban dekat rumah lagi. Yang lebih enak, bisa dapat diskon/voucher kalo pake aplikasi Planet Ban loh.

    ReplyDelete
  14. Saya ini orang yang sama sekali ndak paham soal mesin, mesin apa pun
    Oleh karena itu, saya pasti de rutin ke bengkel buat meriksain motor saya.
    Pas servis motor tu pasti bilang ke petugasnya, cek semua ya.

    ReplyDelete
  15. Baru sekali ganti oli di Planet Ban, saya begitu puas dengan layanan dan keramahannya. Bersih dan cepat juga

    ReplyDelete
  16. Mantap ya servis motor di Planet ban, harganya terjangkau banget. Ada bengkel Planet Ban di deket rumahku dan tempatnya bersih, jadi suka ganti oli atau servis bagian lain di sana.

    ReplyDelete
  17. Semuanya penting kak,
    tapi lebih penting lagi ganti oli rutin dan cek rem.
    Kalau yang lainnya bisa ganti nya lama.

    ReplyDelete
  18. Ilmu baru nih, biasanya saya hanya ganti oli mesin, cek kampas rem, sama ban. Jarang banget cek filter udara dan lainnya.

    ReplyDelete
  19. aku belum pernah sih service di planet ban. cuma pernah ganti ban aja hehe. aku sebenenrnya kurang paham masalah motor. biasa pasti minta pak montirnya buat ngecekin semuanya. kalo ada yang perlu diganti baru deh.

    ReplyDelete
  20. biasanya kalau saya langsung saya serahkan aja ama tukang servicenya ahaha soalnya ngga tau bagian2 mesin motor

    ReplyDelete
  21. Kampas rem sama oli gardan itu biasanya juga suka kecolongan lupa di periksa

    ReplyDelete
  22. pasti banyak yang servis motor ke planet ban karena sangat teliti ketika sedang melakukan pekerjaannya dan banyak keunggulannya

    ReplyDelete
  23. Dulu kupikir planet ban itu cuma khusus ban aja, tapi beberapa waktu lalu aku ke planet ban buat ganti oli. dan seneng banget, sekarang dekat rumah juga ada planet ban. mau service, ganti oli dan ganti ban jadi dekat.

    ReplyDelete
  24. Planet ban memang rekomended untuk service maupun penggantian ban. Pelayanannya bagus memuaskan banget (gusti yeni)

    ReplyDelete
  25. Perawatan motor secara rutin sangat perlu
    Agar motor awet dan tetap baik saat digunakan ya mbak

    ReplyDelete
  26. Sebagai pengguna motor, diriku juga rutin melakukan pengecakan komponen komponen tersebut terutama kemampuan mesin. Supaya aman digunakan selama perjalanan. Kita juga jadi nyaman dong dalam beraktifitas bersama motor

    ReplyDelete
  27. jarang banget aku denger soal busi nih, coba share artikelnya ke paksu ahhh

    ReplyDelete
  28. kalau mau service motor emang harus banget diperhatikan semua hal jangan sampai ada yang ke skip. aku rekomen banget sih service di planet ban, aku sering kesini (meski gak selalu karena jarang cabang terdekat rumah agak jauh).

    ReplyDelete
  29. Seneng banget ada rekomendasi bengkel yang jeli dan teliti dalam merawat kendaraan yang kita service. Karena setiap kendaraan ini bagaikan anggota keluarga bagi pemiliknya, hhehe.. sayang banget gitu.. Kalau dibantu sampai detailing di Planet Ban begini kan bisa jadi masa pemakaian kendaraan lama dan tarikannya lebih smooth.

    ReplyDelete
  30. aku paling banter ke tempat servis tuh ganti oli sama ganti kampas rem aja. sisanya gatau ada yang salah atau ngga :')

    ReplyDelete
  31. Planet ban emang okee rekomended...motor kalau di pelihara dengan rajin service tetep bedaa yaa kalau ada yg mau rusak bisa terdeteksi (gusti yeni)

    ReplyDelete
  32. Suamiku juga kalo ada apa2 sama motornya larinya selalu ke planet ban sih. service dan harganya cocok hihi

    ReplyDelete
  33. Baru kapan hari baca komentar ibu-ibu yang mogok di tengah jalan motornya, ternyata oli lupa diganti, mesin macet ngadat dan malah masuk bengkel 3 harian. Walau aku ngga naik motor tapi ingetin suami buat cek berkala dan selalu cek kondisi ban. Samaan langganan ke Planet Ban

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.