DAFTAR 38 PROVINSI DI INDONESIA 2023

Buat kamu yang hobi liburan ke wilayah nusantara, sudahkah kamu mengetahui jumlah provinsi Indonesia terbaru tahun 2023? Ketika saya sedang menyusun itenerari untuk liburan tahun ini untuk mengelilingi beberapa provinsi di Indonesia, saya baru ngeh ternyata akhir tahun 2022, negara Indonesia ketambahan Papua Barat Daya sebagai provinsi terbaru di Indonesia.

38 provinsi di Indonesia


Sebelumnya DPR membuat Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait dengan pembentukan Provinsi Papua Barat Daya, dan saat ini RUU tersebut sudah disyahkan menjadi Undang-Undang (UU) Nomor 29 Tahun 2022. Artinya Papua Barat Daya saat ini menjadi provinsi termuda di Indonesia hasil pecahan dari provinsi Papua.

Di tahun yang sama, tepatnya Juli 2022, sebelumnya Papua juga melakukan pemekaran provinsi yaitu menjadi Papua Selatan, Papua Pegunungan dan Papua Tengah. Dan Papua dengan ibukota Jayapura masih tetap sebagai provinsi. Sehingga wilayah Papua saat ini mempunyai 5 provinsi. 

Daftar 38 Provinsi di Indonesia 2023

Untuk orang-orang yang hobinya traveling, mengetahui update suatu wilayah khususnya provinsi di Indonesia ini sangat penting. Karena akan berpengaruh dengan beberapa hal. Semisal dengan urusan transportasi, akomodasi, dan lainnya. Karena biasanya berbeda provinsi maka akan beda juga dengan peraturannya. Contoh, hotel yang asalnya masuk wilayah kabupaten, kemudian masuk ke wilayah kota, maka harganya pun biasanya akan berubah lebih mahal.

Semoga dengan terjadinya pemekaran wilayah provinsi di Indonesia khususnya di Pulau Papua, menjadi pertanda baik. Perekonomian masing-masing provinsi semakin berkembang dan rakyatnya semakin sejahtera. Dan ini dia provinsi terbaru Indonesia berikut ibukotanya tahun 2023.

Pulau Bali dan Nusa Tenggara

  1. Bali ibukota Denpasar
  2. Nusa Tenggara Timur ibukota Kupang
  3. Nusa Tenggara Barat ibukota Mataram

Pulau Jawa

  1. DKI Jakarta ibukota Jakarta
  2. Jawa Barat ibukota Bandung
  3. Jawa Timur ibukota Surabaya
  4. Jawa Tengah ibukota Semarang
  5. DI Yogyakarta ibukota Yogyakarta
  6. Banteng ibukota Serang

Pulau Kalimantan

  1. Kalimantan Timur ibukota Samarinda
  2. Kalimantan Barat ibukota Pontianak
  3. Kalimantan Tengah ibukota Palangkaraya
  4. Kalimantan Selatan ibukota Banjarbaru
  5. Kalimantan Utara ibukota Tanjung Selor

Pulau Maluku dan Papua

  1. Maluku ibukota Ambon
  2. Papua ibukota Jayapura
  3. Maluku Utara ibukota Sofifi
  4. Papua Barat ibukota Manokwari
  5. Papua Selatan ibukota Kabupaten Merauke
  6. Papua Tengah ibukota  Kabupaten Nabire
  7. Papua Pegunungan ibukota Kabupaten Jayawijaya
  8. Papua Barat Daya ibukota Sorong

Pulau Sumatera

  1. Sumatera Barat ibukota Padang
  2. Sumatera Selatan ibukota Palembang
  3. Sumatera Utara ibukota Medan
  4. Nanggoe Aceh Darussalam ibukota Banda Aceh
  5. Jambi ibukota Jambi
  6. Riau ibukota Pekanbaru
  7. Lampung ibukota Bandar Lampung
  8. Bengkulu ibukota Bengkulu
  9. Bangka Belitung ibukota Pangkal Pinang
  10. Kepualaun Riau ibukota Tanjung Pinang

Pulau Sulawesi

  1. Sulawesi Tengah ibukota Palu
  2. Sulawesi Tenggara ibukota Kendari
  3. Sulawesi Utara ibukota Manado
  4. Sulawesi Selatan ibukota Makassar
  5. Gorontalo ibukota Gorontalo
  6. Sulawesi Barat ibukota Mamuju

Itu dia daftar provinsi di Indonesia terbaru tahun 2023. Mungkin banyak pembaca di sini yang sudah tahu mengenai update atau justru ada yang belum tahu. Ini bisa menjadi panduan bagi kamu yang ingin traveling keliling Indonesia dan kalau keliling ke Papua, ceklisnya nanti bisa banyak ya, karena bisa sekaligus didatangin, meski butuh lama.

Yuk sharing, berapa provinsi di Indonesia yang sudah kamu kunjungi?

Referensi:

https://indonesiabaik.id/infografis/daftar-38-provinsi-di-indonesia
https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/217796/uu-no-14-tahun-2022

7 Comment

  1. Nuhun, kak Mei.
    Jadi paham sekarang 38 provinsi di Indonesia.
    Selama ini kalau ada pelajaran IPS, aku masih berpegangan pada ilmu lama. Jadi sekarang paham ada tiga provinsi terbaru di Papua.

    ReplyDelete
  2. Saya inget waktu pengumuman propinsi terbaru di Papua ini, saya tepok jidat.

    Tahun lalu, anak saya yang baru kelas 1 SD belajar tentang peta Indonesia.
    Saya pun ngide untuk beli atlas dong, buat anak SD.
    Dibelain pergi ke toko buku, terus milihin atlas buat anak saya.

    Eeh.. sekitar 2-3 hari kemudian, tau-tau keluar berita bahwa Papua nambah propinsi lagi, di Sorong dan Jayawijaya.
    Padahal di atlas yang saya beli itu, propinsi-propinsi baru itu jelas belum ada.
    Tau gitu saya nunggu bentar aja lagi, baru saya beliin atlas yang sudah ada propinsi Papua Pegunungan-nya, hahahahaha!

    ReplyDelete
  3. Wah terima kasih banyak. Untuk yang papua aku baru tahu lho. Ternyata papua kini dipecah jadi lebih banyak propinsi lagi. Selebihnya yang baru itu seperti kalimantan utara. karena dulu jamanku masih kuliah, 2004 masih masuk dalam kalimantan timur. Kasihan teman yang tinggal di Tarakan, kalau mau ada keperluan apa-apa harus pergi ke Samarinda.

    ReplyDelete
  4. Banyak juga ya propinsi Indonesia. Pas sekolah gk sebanyak itu. Sekarang jadi 38 propinsi. Penambahan propinsi juga ada pertimbangan juga kan ya.

    ReplyDelete
  5. Wah sampai ngitung, dari 38 provinsi itu masih 17 provinsi yang belum pernah aku datangin. Penasaran sama Indonesia Timur, khususnya Maluku sama Papua. Alamnya indah banget kayaknya. Cuma lihat harga tiket ke sana udah jiper, kayak ke luar negeri aja huhu.

    ReplyDelete
  6. Wah, iya sekarang sudah ada 38 propinsi di Indonesia ya mbak
    Aku terakhir update 35, nampaknya banyak propinsi baru di pulau Papua ya mbak
    Memang harus nambah propinsi sih, karena pulaunya emang besar dan luas

    ReplyDelete
  7. Membaca tulisan ini baru ngeh ada beberapa provinsi belum Saya kunjungi. Saya belum pernah ke Kaltara dan juga Papua pegunungan. Lewat via pesawat udah tapi menjelajahinya sepertinya belum. Mari menabung siapa tahu ada rejeki kesana ya kan

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.