CARA MENCEGAH SAKIT GIGI BERLUBANG

Mencoba makanan baru di tempat wisata itu sangat menyenangkan. Dan kenikmatan kulineran tersebut harus ditunjang dengan gigi yang sehat. Agar kita dapat menikmati semua makanan dan minuman kapan saja dan di mana saja, kamu wajib banget memperhatikan kesehatan gigi kamu agar terhindar dari sakit gigi berlubang, salah satunya. Lalu bagaimana cara mencegah sakit gigi berlubang?.

sakit gigi berlubang


Kenali gejala sakit gigi berlubang

Rasa nyeri atau ngilu pada gigi merupakan salah satu gejala yang dialami oleh penderita sakit gigi berlubang. Rasa sakit yang dialami akan berbeda pada setiap orang. Terjadi pembengkakan gusi, rongga mulut memiliki bau yang tak sedap, gigi memiliki noda kecoklatan dan kehitaman, serta mengalami nyeri atau ngilu pada gigi yang berkepanjangan adalah gejala lain dari sakit gigi berlubang.

Jika tanda-tanda di atas terjadi, lebih baik dan dianjurkan untuk menghubungi dokter untuk melakukan pencegahan dan pengobatan secara tepat.

It's better to be safe than sorry alias mencegah lebih baik daripada mengobati. Sepertinya istilah ini sangat tepat dilakukan untuk mencegah gigi kita dari kerusakan. So, mari kita lakukan beberapa cara ini untuk mencegah sakit gigi berlubang sejak sekarang. 

Cara mencegah sakit gigi berlubang

Lakukan cara-cara di bawah ini untuk menjaga gigi kamu tetap sehat dan tidak mengalami sakit gigi berlubang. Dan ini dia beberapa cara menjaga kesehatan gigi agar tidak sakit termasuk dapat menghindari sakit gigi berlubang, yang sering banyak orang lewatkan.

1. Rutin menggosok gigi dan lakukan dengan benar

Lakukan sikat gigi secara rutin minimal 2 kali dalam sehari untuk mencegah gigi berlubang. Yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur di malam hari.

Lakukan sikat gigi antara 30 sampai 60 menit setelah sarapan dan makan malam. Jeda waktu ini bertujuan agar mineral gigi tidak ikut larut. Lakukan proses pembersihan gigi ini dianjurkan kurang lebih 2 menit, atas bawah dna juga bagian dalam gigi.

2. Gunakan pasta gigi ber-fluoride

Pastikan setiap harinya untuk mencegah sakit gigi berlubang untuk selalu menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Kandungan bahan ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan sakit gigi berlubangFluoride juga diketahui dapat membantu memperkuat enamek gigi, sehingga gigi menjadi tahan terhadap asam dan plak di dalam mulut.

fluoride


3. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Buah dan sayuran dapat meningkatkan produksi air liur sehingga dapat membantu menekan pertumbuhan bakteri pada mulut. Hal ini dapat menjaga kesehatan mulut dan gusi. Termasuk mencegah gigi berlubang.

4. Kurangi makanan manis dan makanan penyebab gigi berlubang

Makanan dan minuman manis lebih mudah menempel pada gigi, sehingga harus segera dibersihkan ketika selesai mengkonsumsinya. Agar bakteri sisa makanan dan minuman tidak berubah menjadi asam yang dapat merusak gigi.

Selain makanan manis, kurangi juga makanan lain penyebab sakit gigi berlubang seperti karbohidrat, asam fitat, soda, es batu, permen, alkohol, dan makanan cepat saji.

5. Gunakan obat kumur

Senyawa antiseptik di dalam obat kumur dapat membantu membersihkan kotoran yang terdapat di sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Selain itu obat kumur juga dapat membantu pencegahan plak dan penyakit gusi.

6. Gunakan benang gigi

Penggunaan benang gigi dapat membantu membersihkan sisa makanan dalam sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau dengan sikat gigi atau obat kumur. Sehingga dapat membuat gigi tetap bersih.

7. Perbanyak minum air putih

Mengkonsumsi banyak air putih dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi. Karena dapat membantu meluruhkan sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi. Air putih juga dapat membantu melarutkan asam yang dihasilkan bakteri di dalam mulut dan memproduksi air liur lebih banyak, sehingga dapat menghindari mulut kering dan bau.

8. Konsumsi vitamin D dan Vitamin K1, K2

Mengkonsumsi Vitamin D dan Vitamin K dapat membantu mencegah kerusakan pada gigi. Karena Vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium yang terdapat dalam tubuh sebagai nutrisi dalam menyusun tulang dan gigi. Dan jika penyerapan tidak maksimal maka gigi akan rentan terhadap penyakit.

Vitamin K juga dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan gigi, seperti mencegah gigi berlubang dan juga mencegah gusi berdarah. Maka konsumsilah sayuran dan produk hewani yang banyak mengandung Vitamin K1 dan K2.

9. Hindari konsumsi makanan atau minuman panas dingin bersamaan

Mengkonsumsi makanan dan minuman panas dan dingin bersamaan juga dapat merusak kesehatan gigi. Kebiasaan ini jika terus menerus dilakukan dapat membuat gigi rapuh. Lama kelamaan akan membuat gigi berlubang apalagi jika kamu tidak rutin melakukan perawatn gigi.

10. Rutin melakukan pemeriksaan gigi

Rutin melakukan pemeriksaan gigi ke dokter setiap 6 bulan sekali akan sangat membantu menjaga kesehatan gigi. Termasuk juga dapat mencegah gigi berlubang. Seperti melakukan pembersihan gigi agar tidak terjadi penumpukan plak pada gigi yang dapat merusak gigi.

Referensi:

https://hellosehat.com/gigi-mulut/perawatan-gigi/perawatan-gigi-berlubang/
https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-mencegah-gigi-berlubang
https://www.tanyapepsodent.com/tips-kesehatan-gigi/plak-dan-kerusakan-gigi/kenali-sakit-gigi-berlubang.html
https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23791253/

0 Comment

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.