TEMPAT TERBAIK MENYAKSIKAN AURORA BOREALIS DAN AURORA AUSTRALIS

Aurora adalah fenomena alam berupa kilatan cahaya berwarna-warni di langit wilayah bagian kutub utara dan kutub selatan. Aurora di Kutub Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis atau Cahaya Utara. Sementara aurora di Kutub Selatan dikenal dengan nama Aurora Australis atau Cahaya Selatan. Tampilan aurora mirip seperti cahaya lampu berwarna-warni seperti merah, kuning, orange, hijau, dan juga campuran warna biru. Cahaya ini berbentuk seperti gelombang langit yang terus bergerak.


aurora borealis
Source: Canva
Recreated by Writer


Aurora Borealis akan terlihat hampir sepanjang malam di wilayah Lingkar Arktik tepatnya berada di sekitar 66.5 derajat utara garis khatulistiwa. Sementara Aurora Australis berada di sekitar 66.5 derajat selatan garis khatulistiwa. Lalu aurora ada dimanakah? Dan di mana tempat terbaik untuk menyaksikan fenomena alam yang menjadi incaran banyak traveler dunia ini?

Tempat terbaik menyaksikan Aurora Borealis dan Aurora Australis

1. Alaska

Penasarankan aurora ada di negara mana saja? Pertama ada di Alaska, terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa, sehingga tak heran jika menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan Aurora Borealis sambil menyaksikan aliran gletser. Hampir seluruh Alaska merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan Aurora Borealis.

Dan salah satu tempat yang paling terkenal adalah Fairbanks. Agar tidak terlalu dingin saat menikmati Cahaya Utara ini kamu bisa mengunjungi sebuah desa di Fairbanks yaitu Manley Hot Spring. Di wilayah ini tidak begitu dingin. Bahkan kamu bisa menyaksikan aurora sambil berendam air hangat. Atau kamu dapat menyaksikannya di Healy yang merupakan kota kecil di dekat Taman Nasional Denali.

2. Finlandia

Finlandia menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan aurora, karena negara ini mempunyai tingkat polusi yang rendah, sehingga dapat menyaksikan aurora di banyak spot. Salah satunya adalah wialayah Saariselka.

Di lokasi ini terdapat banyak fasilitas pariwisata sehingga membuat wisatawan nyaman menghabiskan waktu sambil menunggu aurora muncul pada malam hari. Atau kamu juga dapat berkunjung ke ujung utara negara Finlandia yaitu  Kakslauttanen. Tempat ini juga terkenal dengan tempat wisatanya yaitu Rumah Iglo kaca yang unik.

3. Greenland

Greenland tepatnya di Denmark adalah salah satu negara terbaik untuk menyaksikan Aurora Borealis. Wilayah ini masih sangat minim penduduk sehingga menjadi tempat yang sangat cocok untuk menyaksikan cahaya aurora, karena tidak begitu ramai. Atau kamu juga dapat berkunjung ke wilayah Kangerlussuaq dimana cahaya aurora dapat kamu saksikan sekitar bulan Oktober hingga April di tempat nan indah ini.

4. Georgia

Kepulauan Sandwich Selatan di Georgia merupakan wilayah yang sangat cocok untuk menyaksikan Aurora Australis dengan menggunakan kapal pesiar. Warna aurora setiap negara akan berbeda-beda dan di negara yang tertutup es sepanjang tahun ini, kilatan gelombang langit yang muncul didominasi oleh warna merah, orange, hijau dan biru. Pastinya sangat indha melihat pantulan cahayanya di atas laut.

5. Islandia

Islandia terkenal dengan keindahan alamnya mulai dari geothermal, gunung berapi, gunung bersalju, air terjun Oxararfoss, glester es Fjallsarlon, dan masih banyak lainnya. Dan juga menjadi salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan Aurora Borealis. Salah satunya adalah di Seltjarnarnes atau di Mercusuar Grotta Reykjavik. Atau kamu juga dapat mengunjungi wilayah Vik, L'atrabjarg atau Westfjords, Eldborgahraun, dan juga di Djupavik.

6. Kanada

Tempat lain untuk menyaksikan aurora dengan jenis Borealis adalah Kanada. Salah satunya adalah Yellownife yang berada di barat laut Kanada. Di tempat ini juga tersedia camping ground bernama Aurora Village untuk menyaksikan aurora yang sangat indah.

Selain itu kamu juga bisa beralih ke Kanada Utara, ada Yukon, Northwest territories dan Nunavut sebagai tempat untuk menyaksikan aurora dengan sangat dekat.

7. Norwegia

Norwegia terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat memukau. Selain itu negara ini terletak di bagian atas bumi, sehingga merupakan tempat yang sangat mudah untuk menyaksikan aurora. Beberapa lokasi untuk menyaksikan aurora di negara ini adalah Alta, Andoya, Bodo, Harstad, Kepulauan Lofoten, Lakselv, Svalbard, dan juga kawasan Tromso yang sangat terkenal. Menurut saya Norwegia adalah negara dengan aurora terbaik di dunia.

8. Rusia

Adalah salah satu negara impian saya untuk dikunjungi. Semenanjung Kola adalah tempat terbaik untuk menyaksikan Aurora Borealis. Atau kamu juga bisa berkunjung ke Murmansk, Arkhangelsk, Petrozavodsk untuk menyaksikan fenomena alam aurora, si cahaya utara ini.

9. Swedia

Swedia adalah negara pertama yang paling saya ingat karena sewaktu kecil saya sering membaca buku tentang Marie Curie. Peneliti perempuan pertama di dunia yang menerima hadiah nobel.

Dan negara ini ternyata menjadi salah satu lokasi terbaik untuk menyaksikan aurora. Beberapa lokasi yang indah untuk menyaksikan aurora di Swedia adalah Abisko yang merupakan sebuah pedesaan di bagian utara Swedia. Letaknya berada di pegunungan. Pilihan lain adalah Tärendö, Jukkasjärvi, dan Taman Nasional Farnebofjarden ketigaya merupakan tempat terbaik untuk menyaksikan aurora di Swedia. 

Buat kamu para petualang, dapat menggunakan bus atau kereta untuk menuju tempat ini. Atau kamu juga dapat menyewa kendaraan pribadi. Jika tak mau ribet, kamu dapat menggunakan jasa tur untuk mencapai tempat-tempat tersebut.

Nah sekarang terjawab sudah pertanyaan melihat aurora di negara mana saja. Dan di atas adalah beberapa tempat terbaik untuk menyaksikan aurora atau Cahaya Utara dan Cahaya Selatan. Atau kamu mempunyai pengalaman menyaksikan Aurora Borealis dan Aurora Australis ini? Lalu aurora di Indonesia ada gak ya? Yuk sharing di kolom komentar.

14 Comment

  1. Habis baca ini saya jadi browsing gambar2 aurora di internet, Mbak Mei ... masya Allah indah-indah ya. Suka ngeliatnya.

    ReplyDelete
  2. Melihat Aurora itu target listku utk next trip. Tapi blm tahu apa bakal ambil 2023 atau 2024. Planningnya sih di mursmank mei. Makanya mau liat kondisi rusianya juga, aman atau ga.

    Pilihan kedua di Iceland .

    Dulu suamiku pas masih tinggal di finland, dia sempet ke kakslautanen, tapi sayangnya ga ada Aurora saat itu. Terkadang mau liat Aurora ini untung2an kok.

    ReplyDelete
  3. Melihat pendar warna-warni di langit, aurora ini tuh impian. Rasanya akan sangat menyenangkan jika bisa melihat aurora dari semua tempat itu. Kita bisa melihat gimana beda keindahannya. Semoga lah bisa ya. Suatu saat nanti. Hehehe

    ReplyDelete
  4. MashAllah..
    Keindahan aurora ini aku pikir hanya sebatas khayalan di novel atau di film. Ternyata beneran bisa terlihat dengan canti =k di beberapa negara ya, kak Mei. Adakah waktu khusus atau bisa setiap malam dilihat, kak Mei?

    ReplyDelete
  5. kepengen tapi entah kapan terealisasikan. tempatnya beneran jauh tapi sepadan dengan keindahan aurora borealis yang bener bener bikin takjub. Masukkan list dulu deh!

    ReplyDelete
  6. Dari dulu saya kagum sekali melihat keajaiban aurora, meskipun cuma dari foto maupun video. Di mana pun negaranya nanti, semoga bisa lihat aurora secara langsung.

    ReplyDelete
  7. aaaa cantik bangeeet, salah satu wish list aku bisa liat aurora dari tempat yang indah kaya gini nih,semoga suatu hari nanti bisa kesampean ehehehhe

    ReplyDelete
  8. Y ampun cakep banget aurora nya duh kapan ya bisa ke Norway hehehe pengen lihat auroranya memukau gitu

    ReplyDelete
  9. Cantik bgt Aurora itu ya mba, mimpi aku bgt bisa lihat langsung, tapi aku maunya lihatnya di Swedia. Tapi ke Kanada juga ga papa, aku kagum banget lihat Aurora walaupun sekarang lihatnya sekarang cuma dari gambar doang

    ReplyDelete
  10. Salah satu ingin ku bisa berkunjung dan melihat keindahan aurora di salah satu negara di belahan bumi utara ini. fenomana alam yang hanya muncul di langit dan begitu indah dengan warna2 yg cantik

    ReplyDelete
  11. Melihat Aurora salah satu hal yang paling aku inginkan kebayang indahnya melihat langit bertabur cahaya duh kapan ya bisa ksanaa

    ReplyDelete
  12. Kalau ditilik dari geografis, lokasinya berada di atas bumi ya, sehingga pemandangan indah Aurora itu bisa cantik disaksikan secara langsung 🤩

    ReplyDelete
  13. Untuk menuju lokasinya pasti butuh effort besar ya, gak mungkin ada di tengah kota. Kalau niat ke sini persiapannya kudu benar-benar matang mulai pakaian, alat dokumentasi, dan juga budget

    ReplyDelete
  14. Wishlist aku banget itu, Finlandia dan Kanada. Pokoknya diniatin banget deh setelah beberapa destinasi impian yg bner2 dipengenin tercapai selanjutnya Finlandia atau Kanada, Aamiin

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.