10 DESA TERINDAH DI DUNIA YANG COCOK UNTUK REFRESHING

Mengunjungi Desa terindah di dunia menjadi salah satu destinasi wisata pilihan untuk berlibur. Desa-desa ini memiliki ragam keunikan dan keindahan masing-masing yang akan membuat wisatawan merasa takjub. Selain itu juga kayak akan sejarah. Tempat ini cocok dikunjungi di semua musim. Dan ni dia 10 desa terindah di dunia yang cocok untuk refreshing versi meimoodaema. 

desa terindah di dunia
Source: Canva
Redesign by Writer


Desa Terindah di Dunia yang Cocok Untuk Refreshing

1. Bibury - Inggris

Desa terindah di dunia pertama adalah Bibury di Inggris. Desa yang sudah berusia ribuan tahun ini berlokasi di barat Inggris. Wisatawan yang berkunjung ke desa ini akan disuguhkan keindahan bangunan-bangunan zaman dahulu yang terbuat dari batu Cotswold berwarna coklat karamel.

bibury village
Source: Canva


Rumah-rumah tradisional ini menjadi daya tarik tersendiri, ditambah dengan pemandangan Sungai Coin yang mengalir sepanjang desa ini, membuat semakin betah untuk tinggal di desa indah ini.

2. Colmar - Prancis

Desa indah yang terkenal dengan anggurnya ini, terletak di bagian timur laut Perancis atau di Alsace atau sekitar 434 km ke arah barat dari Paris. Colmar yang dijuluki little Venice, kamu akan menemukan keindahan arsitektur rumah-rumah tradisional zaman dahulu yang sangat unik. Karena desa ini memang kaya akan sejarah zaman dahulu.

colmar village
Source: Canva


Desa indah ini terkenal dengan kanal-kanalnya yang menjadi ikon utamanya. Selain itu kamu juga dapat menyaksikan 1100 lampu jenis serat optik yang menerangi kota pada malam hari. Kamu dapat berkunjung ke desa ini pada hari raya festival yang sering diadakan oleh desa ini yang akan membuat liburan kamu semakin berkesan.

3. Giethoorn - Belanda

Salah satu keunikan desa yang dibangun sejak tahun 1230 ini adalah di desa ini tidak ada jalur kendaraan, hanya ada kanal sebagai penghubung dari satu rumah ke rumah lain. Sehingga daerah ini bener-bener bebas polusi. Desa hijau ini lokasinya terletak di utara Belanda dan mendapat julukan sebagai Venice of Netherland.

giethoorn village
Source: Canva


4. Hallstatt - Austria

Desa terindah berikutnya di dunia adalah Hallstatt yang terletak di Kota Graz dan Salzburg, Austria. Austria memang terkenal dengan arsitekturnya yang indah dan unik. Desa yang kaya akan sejarah tentang penambangan garam ini, merupakan pemukiman tertua di Eropa yang menawarkan pesona keindahan yang sangat luar biasa.

hallstatt austria
Source: Canva


Desa ini juga kaya akan sejarah yang sangat erat kaitannya dengan budaya Celtic kuno. Sekitar desa ini kamu juga akan menyaksikan gereja tua dengan bangunan kuno, dikelilingi dengan pemandangan gunung indah beserta danau yang sangat bening, dan ada juga museum artefak dengan usia 7000 tahun.

5. Oia - Yunani

Urutan ke-5 desa terindah di dunia adalah Oia. Oia adalah salah satu desa terindah di dunia yang sangat menarik para wisatawan. Lokasinya berada di Santorini, Pulau Aegean, Yunani. Desa ini merupakan desa tradisional yang memiliki gereja berkubah biru.

oia village
Source: Canva


Di desa ini wisatawan akan menemukan toko galeri seni, deretan rumah bercat putih yang unik dan berkubah biru, berjemur dengan pemandangan pelabuhan Ammoudi, serta dapat menyaksikan tempat sejarah Benteng Venesia. Cocok sekali untul berlibur dengan pasangan.

6. Qasigiannguit, Greenland

Urutan desa terindah di dunia berikutnya adalah Qasigianngui. Sebagai orang yang senang dengan salju, desa Qasigiannguit menurut saya sangat menarik. Desa indah ini terletak di Teluk Disko, Greenland. Lokasinya dikelilingi dengan pegunungan indah yang memanjakan mata pengunjungnya. Ketinggian gunung ini mencapai 450 meter yang dinamakan dengan Spotted Seals.

Qasigiannguit Greenland
Source: Canva


7. Reine - Norwegia

Reine berada di kepulauan Lofoten di Nowergia utara, yaitu berada di lingkaran arktik yang terkenal merupakan daerah dingin. Di desa Reine, wisatawan dapat menikmati rumah warga dengan bangunan kuno yang berwarna merah dan putih. Semakin indah karena dikelilingi oleh pegunungan. Apalagi jika musim salju, semuanya terbungkus dengan warna putih.

reine village
Source: Canva


Dari desa ini juga pengunjung dapat menikmati Aurora Borealis yang sangat indah dan menakjubkan. Di desa dingin ini pengunjung dapat melakukan kegiatan mendaki gunung atau sekedar bermain kayak sambil menikmati pemandangan indah.

8. Shirakawa-go - Jepang

Shirakawa-go terletak di kaki Gunung Haku-san, Jepang. Karena keindahannya ini, Shirakawa-go masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1995. Pemandangan sekitar desa ini dikelilingi oleh sungai dan sawah yang indah. Di salah satu desa terbaik di dunia ini, wisatawan dapat menemukan deretan rumah yang bergaya Gassho-Zukuri, yaitu rumah adat yang berbentuk segitiga seperti lipatan tangan yang sedang berdoa.

shirakawa go jepang
Source: Canva


Buat kamu yang hobi menenun dan memasak mie Soba, kamu juga bisa melakukannya di tempat ini. Keindahan desa ini semakin terlihat alami ketika deretan rumah-rumah menggunakan atap jerami yang usianya mencapai 250 tahun dan satu-satunya yang tersisa di Jepang.

9. Sidi Bou Said, Tunisia

Desa Sidi Bou Said, terletak di kota Tunisia atau sekitar 20 km dari kota Tunis yang merupakan kota paling utara di benua Afrika. Desa ini hampir mirip dengan Oia, Santorini, Yunani. Lokasinya berada di ketinggian dengan menghadap ke laut lepas, sehingga menawarkan suasana indah bagi para pengunjungnya.

sidi bou said
Source: Canva


Semua bangunan di desa ini dominasi dengan warna putih dan biru. Awalnya bangunan ini tidak seragam, namun kemudian seorang bangsawan Prancis mengenalkan konsep rumah di desa ini dengan warna biru putih, sehingga menjadi ciri khas daerah ini sejak tahun 1920-an.

10. Wengen - Switzerland

Karena saya suka dengan alam, tentu saja desa Wengen di Switzerland menjadi salah satu pilihan sebagai desa terindah di dunia. Desa yang sudah ada sejak tahun 1800-an ini,  awalnya merupakan desa tempat masyarakat petani Alpine.

wengen belanda
Source: Canva


Pengunjung dapat bermain ski dan menikmati pemandangan alam dengan hamparan salju yang sangat indah jika berkunjung di musim salju. Deretan rumah kayu menambah keindahan desa yang berada di ketinggian 4.200 kaki ini.

Apakah kita mempunyai desa indah juga? tentu saja kita juga memilikinya. Desa terindah di dunia Sumbar adalah pemenangnya. Yaitu Desa Nagari Pariangan yang masuk sebagai salah satu desa terindah di dunia tahun 2012 versi media pariwisata New York, Budget Travel.

Itu dia 10 desa terindah di dunia 2022 yang cocok untuk refreshing versi meimoodaema. Semua desa tersebut menawarkan keindahan dan keunikan masing-masing. Semuanya jadi bucket list saya untuk liburan. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Kamu pernah mengunjungi salah satunya? Boleh banget untuk sharing di kolom komentar ya.

26 Comment

  1. Desa yang pertama, yg di Inggris itu, mengingatkan pada desa-desa di film-film detectiv agatha christy.
    Penuh misteri pembunuhan hehhehe

    Desa-desa lainnya, mengingatkan pada desa di buku-buku dongeng anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh Kak, MasyaAllah adem banget liatnya, di dunia aj seindah ini apalagi surga. Desa2 di luar negeri memang sangat tertata rapi juga bersih.

      Delete
  2. Desa-desa pilihan saya yang disuka itu yang masih hijau kak. Seperti di Inggris dan Belanda. Kalo yang dekat gunung dataran tinggi atau bersalju saya takut kedinginan. Hahahah. Gak sanggup.

    ReplyDelete
  3. Serasa udaranya bersiiih gitu ya. Aku paling minat ke Swis, sih. Karena memang udaranya yang masih asri, tempat-tempatnya pun kayak masih banyak tanah lapang gituuu.. siapa tau kan bisa bangun house di sana, aamiin.. hahaha..

    ReplyDelete
  4. Semua desanya indah. Inggris bikin saya mikir tentang latar di novel Agatha Christie. Yang di Jepang bikin saya penasaran dengan latar tempat prmgrmbaraau Musashi. Lainnya kayak di negeri dongeng.

    Bikin pengen menjelajahi juga. Fotonya bagus mengingatkan pada kalender saat saya kecil sampai remaja yang panorama pemandangan bikin pengen ke sana.

    Semoga Teh Mei bikin menjelajahi semua atau sebagian desa terindah di dunia itu. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin allahuma aamiin teteh paling khusu ya Allah hehe, makasih teteh

      Delete
  5. Desa-desa cantik ini mengingatkan sama kisah kisah di buku dongeng anak anak. Terutama Shirakawa-Go yang beberapa kali kutonton tentang petualangan beberapa pejalan yang mampir ke sana di Youtube.

    ReplyDelete
  6. Adem dan tenang banget ya desanya. Dari 10 desa terindah di dunia ini aku paling suka desa di Belanda. Asri banget ya bebas polusi. Ini sih yang bikin betah bebas polusi udara jadi cuacanya sejuk terus dan bersih dari asap.

    ReplyDelete
  7. Wah, pasti menyenangkan banget apalagi yang hijau-hijau. Suasana tenang dan berasa quality time setiap hari.
    Anyway, semua desanya indah, semoga ada kesempatan ke salah satu desa terindah ini, aamiin

    ReplyDelete
  8. Wah ya ampun. Pemandangannya cantik-cantik ya. Apa mungkin karena desa jadi pemandangan alamnya itu bisa bikin ternganga. Kalau kota kan biasanya pemandangannya cuma gedumg pencakar langit atai jalan raya, kafe dan kerumunan. Jadi kepengin bisa jalan-jalan ke sana.

    ReplyDelete
  9. Lho indonesia kok nggak masuk wistlist😭 indonesia jua banyak desa indah nya cuma kalau sekali ke explore manusia bisa rusak. Itu bedanya

    ReplyDelete
  10. Wah nggak ada Indonesia ternyata salah satu desanya. Kalau aku boleh milih aku suka yang Inggris dan Belanda

    ReplyDelete
  11. Ciri khas negara di eropa, dibangun dulu kotanya baru ditempati jadi lebih tertata kotanya
    Saya yang ingin berkunjung kalaiu keluar negeri sih di capcodia hehehe

    ReplyDelete
  12. Mupenggg yg belanda yunani sama colmar...semoga di mudahkan bisa berkunjung kesana aminnn (gusti yeni)

    ReplyDelete
  13. Shirakawa Go salah satu desa tradisional yang pengin aku kunjungi. Semoga bisa terwujud nih mimpiku Mba Mei. Desa-desa lain di Eropa juga keren-keren, ya.

    ReplyDelete
  14. Waahhhhh indah semua yah, tapi paling indah menurutq di allstatt austria soalnya dekat laut dan pegunungan, ada musim saljunya jg

    ReplyDelete
  15. MaasyaAllah... desa di luar negeri mah emang beda ya. Nggak seperti desa kelihayannya. Kaya kota yang di desain dengan sejuk dan damai aja gitu.

    ReplyDelete
  16. Huaa cakep banget semuanya. Bisa langsung fresh pikiran kalau melancong ke desa-desa yg disebutkan di artikel.
    Kalau bangunan di Yunani emang khas ya nuansa biru putih gitu, gak pakai bata tapi material lain ya kayaknya.

    Semoga kita bisa jalan2 ke desa-desa tersebut, ya minimal 1 lah.

    ReplyDelete
  17. Masya Allaaah terpana aku liat desa desa cantik di seluruh dunia, sepertinya ini akan masuk wish list bucket ya mbak

    ReplyDelete
  18. MasyaAllah..cantik-cantik semua ke-10 desa yang ada di list ini, ku paling suka lihat foto yg di Austria itu mba . Terimakasih ya mba, sdh berbagi list ini, mudah2an aku bisa melihat langsung keindahan desa-desa ini kelak. Aamiin..

    ReplyDelete
  19. Switzerland saya pengen ke sana sih, pemandangan alamnya kece. Tapi sebelum ke luar negeri, saya ingin explore Indonesia dulu hehe.

    ReplyDelete
  20. Dari 10 negara yang disebutkan di atas saya tertarik dengan desa yang ada di Belanda, Yunani sama Norwegia. Terlihat menarik untuk dikunjungi buat liburan

    ReplyDelete
  21. Desa-desa yang tadi disebutkan rata-rata mempunyai udara yang bagus dan dingin. Sayangnya aku tidak begitu suka pada daerah dingin. Tapi pengen sih suatu saat bisa berkunjung ke swiss. Nyoba tinggal seminggu pasti gak mau balik ke kota. Tapi harus nabung dulu nih, karena tau sendiri kan di swiss apa-apa mahal.

    ReplyDelete
  22. wah sayang banget buat desa nagari pariangan malah nggak ada fotonya ya, mbak. padahal penasaran juga nih sama desa terbaik di Indonesia

    ReplyDelete
  23. Ini belum ke sana ya mbak, udah bikin takjub banget euy masyaallah yang tiap desa terbaik di atas punya ciri khas masing2, dan wisatawan bisa memilih ingin berlibur ke desa yang bagaimana dari daftar desa terbaik dan terindah di atas

    Oh ya aku juga kepo loh sama desa Nagari Pariangan di Sumbar setelah smean tulis ini bagus dan asri juga viewnya

    ReplyDelete
  24. sebagian besar desa terindah di dunia itu ada di eropa yaa. ahh semoga suatu saat saya bisa menginjakkan kaki ke desa-desa terindah di dunia ini, amiiin

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.