TRAVELING AMAN DENGAN HAND SANITIZER

Siapa di sini yang sudah merasa bosan karena di rumah terus, tapi mau pergi liburan lagi masih khawatir? Hands up, samaan kita. Beberapa bulan lalu aku harus balik ke Jakarta dari Kalimantan. Mau gak mau harus melakukan perjalanan dan berada di publik area. Selain itu, aku juga harus mengikuti pelatihan pendakian, dimana bertemu dengan banyak orang dari berbagai propinsi di Indonesia.

traveling aman hand sanitizer


Lalu bagaimana aku mengatasi rasa khawatirku ketika bepergian dan harus traveling untuk pekerjaan. Aku punya tips yang mungkin bisa teman-teman terapkan, agar selalu aman selama dalam perjalanan dan juga saat sampai rumah. Apa saja tipsnya? Here we go.

1. CEK KESEHATAN TUBUH

Pertama yang harus kamu lakukan sebelum melakukan perjalanan, adalah melakukan pengecekan kesehatan tubuh kamu. Jika hasilnya sehat, kamu boleh lanjutkan perjalanan. Dan jika sebaliknya, ikuti arahan dokter. Hal ini bentuk kepedulian kita terhadap diri sendiri dan orang sekitar. 

2. PESAN TIKET PESAWAT ONLINE DAN REFUNDABLE

Tips traveling aman lainnya adalah pesan transportasi secara online. Apalagi saat ini semua pembelian tiket dapat dilakukan secara online. Kamu juga tidak perlu mengantri untuk pembayaran. Hal ini menghindari kontak langsung dan interaksi dengan orang lain.

Jika pembelian tiket pesawat harus dibeli jauh-jauh hari, pastikan tiket pesawat yang kamu beli refundable. Sehingga jika terjadi hal-hal di luar rencana, tiket pesawatmu tidak hangus. Atau jika memungkinkan, kamu bisa membeli tiket pesawat setelah melakukan pengecekan kesehatan kamu.

3. PRINT TIKET SENDIRI

Tiket penerbangan atau kereta saat ini sudah banyak yang self service alias bisa cetak sendiri. Hal ini juga pentingnya karena mengurangi interaksi dengan para petugas bandara atau stasiun.

4. PILIH DESTINASI WISATA KETAT PROKES

Ini penting banget buat kamu yang hendak traveling. Hindari destinasi wsiata di zona merah. cari destinasi wsiata yang ketat prokes dan tidak terlalu ramai. Sehingga membuat kamu lebih aman.

traveling aman hand sanitizer meimoodaema


5. HINDARI KERAMAIAN

Jika kamu bepergian atau mengharuskan bepergian dengan transportasi umum, hindari keramaian. Cari tempat yang minim orang. Duduk di tempat yang sepi pengunjung. Atau cari destinasi wisata yang tidak ramai orang. Selalu jaga jarak dengan orang lain atau tetap berada dikelompokmu yang berangkat bersamaan.

6. PILIH AKOMODASI BERSERTIFIKAT CHSE DAN REFUNDABLE

Jika liburan kamu mengharuskan menginap, cari akomodasi yang sudah tersertifikasi CHSE. Sehingga liburan kamu lebih aman. Hal ini juga akan membuat kamu lebih tenang dan nyaman bukan?.

Selain itu pastikan jika, akomodasi refundable sehingga jika mengharuskan kamu cancel, uang kamu bisa kembali.

7. PEMBAYARAN NON TUNAI

Selama kamu liburan atau dalam perjalanan, jika bertransaksi apapun, lakukan secara nonton tunai. Entah dengan transfer, e-wallet, atau scan barcode. Mencegah lebih baik karena hal ini mengurangi interaksi dengan orang lain.

8. PERLENGKAPAN IBADAH SENDIRI

Buat kamu yang muslim, jika perjalananmu melewati waktu ibadah, bawalah alat ibadah sendiri, mukena juga sajadah. Ini lebih baik untuk menghindari penggunaan barang dengan orang lain dan hal ini meminimalisir penularan virus atau kuman lainnya.

9. MEMBAWA PERLENGKAPAN MAKAN SENDIRI

Nah salah satu tips traveling aman lainnya adalah menghindari penggunaan alat makan dengan orang lain di tempat umum, semisal rumah makan, resto atau sejenisnya.

traveling aman alat makan


Nah termasuk saat aku harus makan bareng dengan teman-temanku saat pendakian, alat makannya masing-masing ya. Atau kalau memungkinkan bawa makanan sendiri dari rumah jika travelingmu misalkan one day trip.

10. MENGGUNAKAN KENDARAAN SENDIRI

Jika perjalananmu dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi, ini akan lebih baik. Hindari transportasi umum sebisa mungkin. Karena public area lebih besar potensi penularannya.

11. JAGA PROKES

Nah ini sangat penting, gunakan masker selalu di tempat umum, selalu cuci tangan setelah menyentuh apapun di tempat umum atau sebelum makan dan minum, dan selalu jaga jarak dengan siapapun.

12. SELALU MANDI KETIKA SAMPAI RUMAH

Sesampainya di rumah, jangan lupa kamu wajib banget langsung mandi dan bersihkan badan kamu. Sebelum kontak dengan keluarga di rumah ya. Ini salah satu upaya menghindari sebagai carrier untuk keluarga kita tercinta di rumah. Jangan lupa lakukan juga isolasi mandiri jika kamu sudah bepergian dari luar untuk jangka waktu lama. Dan segera periksakan ya jika ada gejala-gejala yang tidak biasa dalam tubuh kamu. Agar bisa diantisipasi lebih awal.

13. MEMBAWA HAND SANITIZER DALAM SAFETY KIT

Nah ini yang tidak pernah aku lupakan. Karena kita tidak selalu menemukan toilet umum atau tempat cuci tangan dimana saja dan kapan saja. Jadi solusinya adalah aku akan selalu membawa hand sanitizer kemanapun dan kapanpun. Selain itu aku juga lengkapi safety kit aku dengan obat-obatan semisal vitamin, masker, disinfektan, atau tisu basah yang mengandung disinfektan.

traveling aman dengan hand sanitizer


Jadi setiap kali aku menyentuh apapun atau mau makan dan minum di tempat umum, melakukan transaksi yang mengharuskan menggunakan kartu, atau membeli barang dan lainnya, aku bisa langsung semprot tanganku dengan alat ini.

Selain untuk membunuh kuman di tangan fungsi dari hand sanitizer ini juga bisa digunakan untuk menyemprot barang-barang pribadi kita loh. Pastinya bakal bantu bunuh kuman yang menempel di barang kamu, misalkan kartu atm, tas, HP, jam tangan, kacamata, membersihkan make up kamu, atau benda lainnya.

Atau jika kamu aktif di kegiatan outdoor, misalnya liburannya ke tempat-tempat ekstrim seperti aku yang sering banget naik gunung, ketemu nyamuk atau binatang kecil lainnya, itu sudah pasti. Jadi kalau kena gigitan binatang-binatang ini, bisa langsung disemprot dengan hand sanitizer ini untuk mengurangi rasa gatalnya.

Mudahkan?. Apalagi sekarang banyak ukurannya yang travel size. Nah jadi merasa lebih aman kan dengan alat kesehatan ini.

MY THOUGH

Itu dia tips dari aku agar traveling aman salah satunya dengan selalu membawa hand sanitizer. Jangan lupa juga terapkan tips lainnya ya agar traveling amannya maksimal.

Jangan lupa setelah kamu Sebisa mungkin untuk tidak meminjamkan barang pribadi juga ke orang lain. Karena penularan bisa terjadi dari kamu ke orang lain atau sebaliknya. Dan ini sebagai bukti peduli kita kepada orang sekitar, bukan pelit ya.

Kalau kamu ada tips lainnya, boleh banget share di kolom komentar ya.

Happy reading guys.

14 Comment

  1. aku kangen travelling mba huhuhuu boro2 travelling, ke mall aja masih mikir2 aku tu, soalnya kapan hari pas mau ke mall, liat orang banyak banget jadi ngeri sendiri

    ReplyDelete
  2. Terima kasih tipsnya Mba. Persiapan peralatan harus komplit. Jangan sampai selesai traveling eh malah sakit.

    ReplyDelete
  3. Tips nya lengkap banget, nih.. Membawa hand sanitizer kudu wajib banget saat jalan jalan kemanapun di masa pandemi ini..

    ReplyDelete
  4. Penting banget bawa hand sanitizer ke mana2. Jaga2 kalau ga nemu dan meminimalisir kontak dengan yang lain, ya

    ReplyDelete
  5. duh kapan yah travelling lagi. hahaha. sekarang gak usah traveling jauh2 mba. keluar rumah aja udah wajib aku mah bawa hand sanitaizer, aku lagi suka banget pake hand sanitaizer yang tinggal semprot2 aja pakenya praktis bgt

    ReplyDelete
  6. Sampai sekarang pun masih bawa hand sanitizer kmn2 walopun lg ga traveling . Padahal sudah pngen jalan2 lagi eh malah ada varian baru gini ya 🤧🤧

    ReplyDelete
  7. Wah, zaman now sih hand sanitizer jadi item yg kudu wajib harus mutlak dibawa. Gak boleh sampai absen krn rasanya bakal parno sendiri 🤣

    ReplyDelete
  8. Terima kasih banyak mba tipsnya. Aku jujur kadang suka lupa bawa hand sanitizer, emang kudu punya 1 tas yang udah tinggal bawa sih yang isinya emang ada hand sanitizernya

    ReplyDelete
  9. Hand sanitizer itu adalh sebuah hal yg wajib skrg ini ya. Pokoknya harus ada di tas banget. Mksh tips travellingnya mba

    ReplyDelete
  10. Di tasku juga selalu ada handsanitizer kalau pergi kemana-mana. Jika bepergian bersama dengan keluarga, bermanfaat banget nih bawaan emak-emak gini. Suami dan anak-anak kan kadang tidak bawa ya, tinggal minta saja ke mamaknya hehehee...

    ReplyDelete
  11. Aku baca tips travelling aman dari pakarnya travelling. Berharap bisa travelling dalam waktu dekat, mumpung lagi liburan. Hihii...tapi peak season gini, uda jarang bisa nemu hotel yang asik yaa..

    ReplyDelete
  12. Jaman pandemi, aturan ppkm, ketidakpastian seperti ink lumayan susah cari tiket pesawat yang refundable, dan makasih sharing tipsnya kak, walaupun banyak tempat umum yg sediakan emang paling enak jaga jaga dan bawa hand sanitizer sendiri sih

    ReplyDelete
  13. Taveling jaman sekarang nggak boleh sembarangan emang kok ya mba
    harus siap tempur karena virus belum pergi

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah sekarang mah ga pernah lupa baw hand sanitizer dan pakai masker tiap bepergian.

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.