TIPS MENGISI WAKTU LUANG AGAR TIDAK BOSAN

Apakah kamu terbiasa dengan kesibukan setiap harinya dan jarang sekali memiliki waktu luang? Pastinya ketika mendapatkan waktu luang akan merasa bahagia sekali. Sampai-sampai bingung akan mengisinya dengan kegiatan apa. Kamu dapat mengisinya dengan hal-hal yang bermanfaat atau produktif. Bahkan bisa me time dengan bersantai tanpa melakukan apapun.

Source: Canva
Recreated by Writer


Namun biasanya bagi orang-orang yang terbiasa dengan kesibukan, pasti ingin tetap beraktivitas, namun tidak begitu menguras pikiran. Dan ini dia beberapa tips mengisi waktu luang ala meimoodaema pastinya tetap bermanfaat dan produktif, tetapi bisa melakukannya tetap dengan suasana santai dan penuh dengan kebahagiaan.

Tips Mengisi Waktu Luang

1. Olahraga

Olahraga adalah hal yang sangat menyenangkan. Selain menjaga kesehatan, olahraga juga dapat mendorong hormon bahagia kita semakin keluar. Terutama jika olahraganya dilakukan di outdoor. Kita bisa bertemu dengan banyak orang sekaligus melihat beberapa pemandangan yang akan membuat mata kita segar. Lakukan olahraga yang kita sukai seperti bersepeda, trekking, berkuda, yoga, dan lainnya. Ini adalah salah satu cara mengisi waktu luang tanpa HP.

2. Belajar Memasak

Buat saya belajar memasak adalah hal yang sangat menyenangkan. Saya dapat belajar banyak hal soal bumbu, bahan, cara memasak yang benar, bahkan belajar tentang alat masak yang kadang kita tidak tahu namanya.

Setelah memasak pun kita bisa belajar bagaimana memilih garnish, bagaimana membuat plating yang menarik, bahkan sampai bagaimana mengambil angel photo makanan agar menarik. Ini adalah salah satu cara mengisi waktu luang yang menghasilkan uang.

3. Menonton Film

Hal ketiga yang biasa saya lakukan untuk mengisi waktu luang adalah menonton film tapi saya melakukannya di rumah. Lebih menyenangkan. Dari menonton film ini kita bisa mengambil beberapa insight dari alur cerita yang dimainkan. Ini adalah salah satu cara mengisi waktu luang bagi pelajar atau pekerja.

4. Bermain Games

Ini dia kegiatan yang paling saya suka yaitu bermain games. Kenapa? Karena biasanya jika main games saya tidak sendirian. Saya akan bermain dengan keponakan kecil saya. Suasananya jadi lebih seru dan menyenangkan.

Bahkan kami memainkannya di layar TV dengan menyambungkan laptop ke TV. Kami bisa berteriak-teriak berdua, mungkin orang rumah lainnya sampai terganggu. Salah satu momen indah dalam hidup saya. Karena keponakan saya masih kecil, tentu saja saya memilih games-games yang menyenangkan, mudah, dan bermanfaat serta ada unsur edukasinya untuk keponakan saya.

Berbicara soal games, saya biasanya main games secara online bersama keponakan saya. Banyak pilihan games yang seru dan bikin tertawa lepas, sampai rebutan untuk memainkannya. Saling menyemangati satu sama lain.

Cara mengisi waktu luang Sambil mengenang masa kecil

Buat yang hobi main games online, saya mempunyai beberapa rekomendasi permainan game gratis yang dapat dimainkan sendirian ataupun bersama orang-orang tersayang.

Biasanya saya memainkan games online dengan keponakan saya ketika saya luang. Games ini sering saya mainkan sewaktu kecil. Jadi mengisi luang sambil mengenang masa kecil melalui games online.

Lalu apa saja free games online yang sering saya mainkan ketika waktu luang?

1. Animal Mahjong

Game gratis terbaru ini adalah games yang paling sering saya mainkan dengan keponakan saya. Games ini mencocokan gambar binatang yang sama. Setelah menemukannya kita dapat mengklik kedua gambar tersebut untuk mendapatkan poin. Dengan catatan kedua gambar tersebut tidak terhalang oleh gambar lainnya. Artinya keduanya harus bisa dibuat garis bersambung, maksimal tiga garis.

animal mahjong


Manfaat:

Games ini mengajarkan kita untuk lebih teliti, jeli melihat objek, belajar untuk tidak terburu-buru mengklik gambar, namun tetap berpacu dengan waktu. Games ini juga mengajarkan kita menyusun strategi agar jumlah gambar dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang diberikan. 

Buat saya games ini seru banget, kami berdua bisa sampai teriak-teriak menunjuk gambar dan rebutan untuk mengkliknya. Kadang kami juga biasanya bermain secara bergantian.

2. Zuma Ball

Games ini sudah ada dan sudah saya mainkan sejak saya waktu masih SD. Namun belakangan ini didesain dengan visual yang lebih menarik. Ini adalah games kedua yang sering kami mainkan, saya dan keponakan. Sepertinya games ini terlihat biasa saja untuk orang dewasa. Namun ketika saya bermain dengan keponakan banyak hal yang bisa dipelajari.

zuma ball


Manfaat:

Games ini membuat keponakan saya belajar mengenai warna. Karena masih TK jadi belum menghapal semua warna. Kedua, games ini membuatnya belajar untuk mengatur strategi agar tembakannya tepat sasaran ke bola yang memiliki warna sama. Selain itu keponakan saya belajar sabar, menunggu bola yang sesuai terlebih dahulu baru dia tembakan.

Lebih dari itu anak-anak yang bermain games ini akan belajar soal arah. Mulai dari lurus, belok kanan, belok kiri, dan berputar. Sambil menunggu bola berputar, kamu juga dapat mengajaknya berhitung yaitu menghitung bola yang ada di putaran misalnya warna meraha da berapa, warna kuning ada berapa, dan lainnya, atau menghitung angka yang tertera di permainan ini.

3. Candy House

Lagi-lagi games ini sudah tidak asing lagi termasuk untuk anak-anak. Permainan ini menyusun atau mengurutkan gambar berbentuk kotak atau bulat minimal tersusun 3 warna yang sama. Setelah tersusun, baru  akan mendapatkan poin. Permainan ini cukup mudah, namun banyak sekali manfaatnya, terutama untuk anak-anak.

candy house


Manfaat:

Permainan Candy House mengajarkan anak-anak mengenal warna, bentuk, atau gambar. Juga mengajarkan kejelian anak-anak dalam melihat warna, karena kadang warnanya ada yang hampir mirip. Selain itu mengajarkan juga anak-anak melihat sesuatu secara luas, tidak hanya yang dekat dengan dirinya saja.

Permainan ini juga mengajarkan strategi bagaimana menghabiskan gambar dan belajar menyelesaikan permainan dengan tenggat waktu yang sudah diberikan. Apalagi jika permainannya sudah ke level lebih tinggi. Kami berdua bisa fokus melihat gambar kanan kiri atas bawah.

Dan jika senang bermain games online, dapat mengunjungi Solitaire.org. Banyak sekali games online yang bisa kamu mainkan di situs ini. Ada Solitaire, Card, Mahjong, Hidden Object, Match 3, Logic Puzzles, dan Word. Semuanya memiliki berbagai jenis permainan yang dapat dipilih sesuai dengan kesukaan.

Nah itu dia games online yang sering saya mainkan dengan keponakan. Seru banget bukan? Punya games online yang sering kamu mainkan bersama anak, saudara, atau bahkan dengan pasangan? Boleh sharing di kolom komentar ya.

15 Comment

  1. Huaa kok pas banget aku berasa bosan. Bisa nih tips nya kupraktekin. Candy house ini aku sering main lho zaman dulu, asyik sekali memang

    ReplyDelete
  2. Jamanku dulu namanya Zuma doang. Ini kayanya versi lebih baru deh, apa aku yang ketuaan atau aku terlalu ndeso sehingga ngga tau ada Zima Ball? :D

    ReplyDelete
  3. hihi saya juga kalau lagi ga ada ide nulis dan si kecil ngajak main terus yaudah saya main game yg mirip candy house

    ReplyDelete
  4. Bener main game jadul tuh nyenengin, berasa nostalgia ya kak. Aku juga seneng mengisi waktu luang dengan nonton film dan belajar masak dari reseo YouTube atau TikTok :)

    ReplyDelete
  5. hihi.. aku lebih milih tidur ih mbak :) tapi main game ringan gini juga ngurangi bosan banget ya, dan ternyata lumayan bisa refresh otak hehe

    ReplyDelete
  6. Bermain games online bersama anak seru juga ya mbak
    Bisa jadi kegiatan mengisi waktu luang

    ReplyDelete
  7. Satu, aku jarang olahraga sih, dua, kalo masak bukan hobi tapi rutinitas, hihi.. tiga, nonton film memang harus apalagi genre horor, nah yg paling sering aku kerjain pas lagi luang yah main games, keknya pilihan games di atas bisa jadi teman main aku juga nih Mba. Makasih referensinyaa..

    ReplyDelete
  8. Mahjong dulu adalah andalanku kalau main game wkwkw. Ternyata sekarang bisa online ya mainnya jadi enak gak perlu install app 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih. Sekarang mau main game apa aja gampang banget ya karena bisa diakses secara online termasuk si Mahjong ini

      Delete
  9. mantap banget yaa mbaa, aku juga suka tuh main mahjong atau solitaire wkwkw itu mainan yang bikin happy lagi setelah kerjain tugas kuliah duluuu

    ReplyDelete
  10. Ada banyak banget kegiatan positif mengisi waktu luang, kadang aku jg suka main game. Asal cuma buat hiburan ya jangan sampe kebablasan hehe

    ReplyDelete
  11. Ada banyak banget kegiatan positif mengisi waktu luang, kadang aku jg suka main game. Asal cuma buat hiburan ya jangan sampe kebablasan hehe

    ReplyDelete
  12. Sepakat, aku juga kalau punya waktu luang main game, Mbak. Kadang sama anak2. Hahaha. Aku coba ke soltaire.org ah, mau liat game2nyaaa.

    ReplyDelete
  13. Ada banyak kegiatan ya yang bisa dilakukan buat mengisi waktu luang. Salah satunya seperti yang disebutkan di atas, main game. Saya juga kalau gak ada kesibukan suka mengisi waktu dengan main game

    ReplyDelete
  14. Banyak ternyata yang bisa kita lakukan ya mbak untuk mengusir gabut. Saya sendiri suka main game barengan sama anak-anak biar mereka juga jadi seru tiap hari karena main sama emaknya hihi

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.