REKOMENDASI BARANG SEBAGAI OLEH-OLEH TRAVELING

Jika sebelumnya saya membahas makanan dan minuman sebagai referensi oleh-oleh, kali ini saya akan membahas benda atau barang yang dapat dijadikan oleh-oleh untuk kerabat, sahabat, bahkan untuk teman-teman di kantor. Bahkan bisa kita beli sebagai kenang-kenangan untuk diri sendiri.

produsen kaos
Source: Canva
Recreated by Writer


Oleh-oleh berupa barang biasanya akan awet dan tahan lama, sehingga tidak perlu terburu-buru untuk membagikannya ketika sampai rumah sepulang traveling. Penasarankan barang apa saja yang dapat dijadikan oleh-oleh traveling?

Rekomendasi Barang Sebagai Oleh-oleh Traveling

1. Miniatur

Miniatur adalah rekomendasi pertama yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh ketika traveling dari suatu tempat. Contohnya miniatur rumah misalnya Rumah Gadang, miniatur binatang khas seperti miniatur Komodo jika berkunjung ke Pulau Komodo, miniatur destinasi wisata atau ikon seperti miniatur Borobudur, miniatur kendaraan seperti becak jika ke Jogja, dan lainnya.

2. Kartu pos

Zaman dulu karto pos menjadi salah satu oleh-oleh traveling yang banyak digemari. Kita dapat membagikannya ke orang-orang terdekat kita ketika pulang traveling. Lalu kita akan bertukar kartu pos dengan teman-teman lainnya di berbagai daerah bahkan beda benua. Sekarang oleh-oleh ini sudah jarang diminati, namun masih ada yang membelinya sebagai buah tangan.

3. Skincare dan makeup

Belakangan ini skincare dan makeup sering dijadikan sebagai salah satu buah tangan sepulang traveling. Misalnya masker wajah, lipstik-lipstik yang mungil, lip balm, atau make up. Beberapa teman saya banyak membawakan oleh-oleh ini sebagai buah tangan sepulang traveling.

4. Kain Khas

Kain khas sebuah daerah dapat menjadi salah satu inspirasi buah tangan sepulang traveling untuk orang-orang terdekat kita. Misalnya kain Lurik jika berkunjung ke Jogjakarta, kain Songket Minangkabau, kain Songket Palembang, kain Tenun Lombok, kain Tapis ketika ke Lampung, atau Tenun Buton khas Sulawesi Tenggara, dan lainnya. Kain pantai juga menjadi salah satu oleh-oleh yang sering orang beli sebagai cinderamata traveling.

pabrik kaos

Source: Canva
Recreated by Writer


5. Tas

Barang ini menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak diburu oleh traveler sebagai salah satu cinderamata untuk dibawa pulang. Baik untuk digunakan sendiri atau pun untuk diberikan kepada orang lain. Ada yang terbuat dari kain rajutan, bambu seperti yang dijual di Bali. Bahkan ada yang terbuat dari kain yang biasanya ada gambar atau nama tempat yang kita kunjungi. Tas ini juga beraneka macam, dapat berupa tas untuk formal, santai, atau bahkan tas untuk belanja.

6. Botol Minum

Botol minum bisa menjadi salah satu barang yang dapat dijadikan oleh-oleh ketika pulang traveling. Kalau di Indonesia jenis oleh-oleh ini masih jarang. Namun jika berkunjung ke luar negeri, anda dapat menemukan botol minum sebagai salah salah satu buah tangan yang dapat anda jadikan cinderamata. Biasanya botol minum ini akan bergambar ikon negara tersebut dan bertuliskan nama negara yang kita kunjungi.

7. Souvenir handmade

Souvenir yang biasanya berbentuk kecil menjadi oleh-oleh yang paling banyak dijadikan sebagai cinderamata sepulang traveling. Selain harganya affordable juga tidak memakan tempat ketika dibawa pulang. Misalnya gelang, gantungan kunci, kalung, cincin, sabun handmade, sumpit, lilin aromaterapi, gelas, pouch, kipas, dompet, sandal, sendok garpu, dan lainnya.

8. Kaos

Kaos menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak digunakan sebagai cinderamata sepulang traveling. Selain kaos ada juga berupa baju sepasang, atasan seperti Kain Bali. Saya kadang membelinya untuk diri sendiri atau untuk dibagi-bagikan ke sanak saudara atau sahabat. 

Biasanya kaos ini akan memiliki gambar atau ikon dan nama kota atau negara yang kita kunjungi. Jika anda hendak memesannya dalam partai besar, dapat memesannya ke produsen kaos di sekitar kota yang kita kunjungi.

konveksi kaos
Source: Canva
Recreated by Writer


9. Tembikar

Kerajinan tangan berupa tembikar menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan oleh-oleh atau cinderamata sepulang traveling. Anda dapat membelinya di beberapa lokasi wisata atu tempat yang anda kunjungi seperti piring, pot bunga, gelas, guci, tempayan, kuali, dan lainnya. Namun barang-barang ini beresiko tinggi rusak, sehingga ketika anda membelinya harus dikemas dengan sangat baik.

10. Topi

Topi menjadi salah satu cinderamata yang dapat dijadikan buah tangan  sepulang traveling. Ada yang terbuat dari rajutan, bambu, kain, atau bahan lainnya. Biasanya topi tersebut ada nama atau gambar ikon kota atau negara yang kita kunjungi. Anda dapat membeli topi ini di beberapa lokasi wisata yang anda kunjungi. Bahkan dapat membelinya ke pabrik topi secara langsung di sekitarnya.

Jika hendak membeli topi tersebut dalam jumlah banyak, lebih baik membelinya secara online. Atau anda dapat memesannya ke konveksi topi seperti ke www.konveksipedia.com. Cukup berikan desain yang kita inginkan, pihak produsen topi akan membuat dan mengirimkannya ke alamat rumah anda. Sehingga tidak perlu repot membawanya saat di pesawat atau kereta api.

11. Bibit tanaman

Beberapa teman banyak yang membawakan saya oleh-oleh sepulang traveling berupa bibit tanaman. Selain harganya yang cukup murah, dapat dijadikan hiasan di rumah, tentu saja dengan bibit tanaman ini kita dapat membantu alam dari kerusakan juga, dan agar lingkungan kita jadi lebih hijau dan segar.

Itu dia rekomendasi oleh-oleh berupa barang yang dapat anda beli sepulang traveling. Ada rekomendasi barang lain yang dapat dijadikan oleh-oleh? Boleh sharing di kolom komentar ya.

28 Comment

  1. Beberapa kali kalau traveling sering cari kartu pos, sekarang ketemu kartu pos yg otentik, tapi gak apa lah kalau ada yg jual kartu pos yg desainnya sengaja di"vintage"in gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samma...aku juga kalau ke suatu tempat, sering nyarinya kartu pos foto khas setempat. Aku memang koleksi kartu pos juga sih. Selain itu biasanya oleh-oleh makanan atau camilan setempat deh...

      Delete
  2. Beli oleh-oleh kayaknya wajib banget ya. Apalagi kalo di suatu daerah ada yang khas banget, nggak ada di tempat lain..wajib beli.baik untuk disimpan sendiri buat kenangan atau dibagi ke teman-teman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya paling gampang tuh ngasih gantungan kunci, masuk souvernir kan ya. Murah terus macam2 pilihannya wkwkw. Seperti kemarin pas pulang dr Jogja dan para ponakan dapat gantungan kunci, pada girang semua

      Delete
  3. Oleh-oleh khas tempat yang dikunjungi saat traveling itu bagian dari perjalanan itu sendiri.
    Minimal kartu pos, topi, atau kaos.
    Tapi kalau berkunjung ke daerah pengrajin kain, itu juga wajib beli, karena kita gak tau apa kesempatan berkunjung lain kali masih ada.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih rekomendasinya, Mbak. Saya jadi kangen jalan-jalan nih. Hehehe.

    ReplyDelete
  5. saya juga lebih suka kalau dapat oleh-oleh berupa benda, walau suka makanan juga sih, tapi kalau benda itu kan bisa disimpan jadi kenang-kenangan yang bisa dilihat terus :)
    saya suka tuh kalau dapat miniatur dan juga kain khas daerah :)

    ReplyDelete
  6. Kalau temenku lagi kunjungan ke daerah atau dakunya yang lagi ke luar kota memang serunya tuh oleh²nya nyari gantungan kunci, karena unik dan ada khasnya masing² tempat

    ReplyDelete
  7. Kak Mei..aku jadi pingin curhat.
    Pernah punya mantan cowok pendaki gunung gitu.. Terus pulang-pulang, aku dibawain belerang sama bunga edelweis kering.

    Dan ternyata makna bunga edelweis adalah cinta sejati memerlukan pengorbanan, perjuangan dan juga kesungguhan untuk mendapatkannya Tapiii... 2 bulan kemudian kami putus.

    Rasanya nangis kejeerrr..
    **sst...rasanya sampai sekarang masih aku simpen di lemari deh.. Huhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaa kak lendy so sweet bangettt makna dr oleh2nya.... Hikss sayang putus yaa brarti ga berjodoh... (Gusti yeni)

      Delete
  8. Asyik juga kalo dapat oleh-oleh berupa benda ciri khas dari daerah. Jadi ada kenang-kenangan tersendiri. Misalnya saja kaos atau topi ..

    ReplyDelete
  9. nah, aku biasanya paling sering kaos sih atau baju khas daerah gitu ya, atau makanan deh, hihi..

    ReplyDelete
  10. Saya biasanya bawa oleh-oleh miniatur. Terus kalau budget lagi banyak, saya bawain kain khas dan kaos khas juga.

    Jadi merasa seneng, mereka juga yang dikasih ikut seneng.

    ReplyDelete
  11. Paling senang kalau dapat oleh-oleh benda yang awet semacam kain, gantungan kunci, kaos dll
    Jadi ada yang dilihat buat kenang-kenangan. Saya juga senangnya ngasi oleh2 yang seperti itu Dan rasanya bahagia banget kalau lihat yang nerima pakai oleh-oleh itu

    ReplyDelete
  12. Wah iya banyak ya oleh-oleh yang bisa kita pilih saat traveling
    Yang paling baru ya bibit tanaman ya mbak
    Unik juga oleh oleh seperti ini

    ReplyDelete
  13. Saya klo beli souveni prefer yang tahan alam/besar alam
    Soalnya klo makanan, kurang dari 3 tahun, udah manis, %

    ReplyDelete
  14. paling suka sama kain tradisional, cuma masalahnya satu harganya mahal banget. Tapi kadang aku rela nabung lho buat beli kain tradisional karena memang harganya agak mahal, tapi kainnya memang unik

    ReplyDelete
  15. oleh-oleh traveling banyak banget ternyata ya, yang palingn sering di beli sih merchandise seperti topi, kaos, aksesoris, kartu pos dan makanan. eh makanan gak ada di list ya, hehehe

    ReplyDelete
  16. Sepertinya snack / makanan tradisional khas dari daerah yg dikunjungi bisa juga dijadikan oleh2 ya

    ReplyDelete
  17. Beberapa benda disebutkan hanya tiga saja yang pernah saya jadikan oleh-oleh seperti tas, kaos, dan handmade. Ternyata ada banyak juga yaa pilihan oleh-oleh lainnya. Oh iyaa boleh ditambahkan kuliner kering khas deh.

    ReplyDelete
  18. Saya kalo saudara pulang ke Indo paling sering dapat oleh-oleh tempelan kulkas dong. Lucu-lucu karena menggambarkan kota yang didatangi.

    ReplyDelete
  19. Kartu pos masih ada sampai sekarang dan dijadikan oleh oleh bahkan dikirim dari tempat kita menemukannya untuk orang tertentu. Kalau kakak ketemu kartu pos di tempat bepergian, ingat aku ya hehehe

    ReplyDelete
  20. Paling sering dapat kaos sih yaa.. Biasanya bergambar atau bertuliskan ikon daerah yang dikunjungi. Tapi ide lainnya menarik juga..

    ReplyDelete
  21. biasanya oleh-oleh itu nyarinya yang khas daerah yang dikunjungi dong ya. bisa berupa suvenir atau makanan khas. tapi tergantung budget juga sih yaa oleh-oleh ini

    ReplyDelete
  22. kalau aku sih paling sering ngasih souvenir, kaos, atau makanan yaa.. soalnya yang paling mudah didapatkan plus biasanya yang cukup terjangkau :D

    ReplyDelete
  23. Aku gak nyangka bahwa banyak juga yang bisa kita jadikan oleh2 ya hehe selama ini cenderung hanya beli kaos atau hanya handmade gtu sih. Wah ada bibit tanaman ga terpikirkan kini jadi ada ide baru

    ReplyDelete
  24. Aku suka skincare. Tapi kalau dikasih oleh oleh tas atau kaos, mau juga dong. Hahaha. Listnya bisa banget buat diri sendiri yang bingung mau kasih oleh oleh apa ke keluarga. Thanks kak. Kebingungan sirna sekarang. Hehe

    ReplyDelete
  25. Kalau lagi jalan jalan rasanya memang tidak enak kalau tidak bawa oleh oleh, tapi jangan sampai boros juga sih beli oleh oleh, kalau saya lebih baik beli yang bisa digunakan dan bermanfaat

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.