REKOMENDASI MAKANAN DAN MINUMAN SEBAGAI OLEH-OLEH TRAVELING

Jika anda suka traveling, pastinya sering menemukan makanan atau minuman khas dari setiap daerah yang anda kunjungi. Keberadaan makanan atau minuman khas ini menjadi daya tarik tersendiri. Karena tidak semua orang dapat menikmatinya. Dimana kita harus mengunjungi tempat tersebut terlebih dahulu, baru dapat mencicipinya. Hal ini dapat menjadi inspirasi dan menjadikannya sebagai buah tangan ketika pulang traveling.

oleh-oleh makanan minuman
Source: Canva
Recreated by Writer


Rekomendasi Jenis Makanan dan Minuman Sebagai Oleh-oleh Traveling

Lalu apa saja rekomendasi jenis makanan atau minuman yang dapat dijadikan oleh-oleh atau buah tangan sepulang traveling?

1. Bolu atau Kue

Makanan khas adalah salah satu barang yang sering dijadikan oleh-oleh ketika pulang dari traveling. Misalnya jika berlibur ke Jogja anda dapat membawa pulang Bolu Kukus Khas Jogja, Kue Pai dari Bali, atau misalkan pergi ke Jepang maka akan membawa Tokyo Banana, atau Bika Ambon dan Bolu Meranti ketika anda berkunjung ke Medan, dan lainnya.

Makanan khas ini paling diburu dan paling sering dijadikan buah tangan sepulang traveling baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

2. Sirup

Urutan kedua oleh-oleh yang paling sering dibeli adalah minuman khas. Misalnya jika ke Bengkulu anda dapat membeli Sirup Kalamansi, atau Sirup Sengkit jika anda ke Pontianak. Atau jika keluar negeri seperti Itali, anda dapat membeli Limoncello yang merupakan minumas khas negara ini.

3. Cokelat

Jika ke luar negeri kemanapun negaranya, sepertinya coklat adalah oleh-oleh yang paling umum yang dapat anda bawa sebagai oleh-oleh. Setiap negara pastinya mempunyai jenis rasa yang berbeda. Di Indonesia jika anda berkunjung ke Jogja, dapat membeli oleh-oleh coklat khas Jogja seperti Coklat Monggo, Coklat Joyo, Coklat nDalem, dan lainnya. Sayangnya oleh-oleh coklat khas daerah belum banyak di Indonesia.

4. Teh

Teh adalah salah satu jenis oleh-oleh yang juga banyak diburu oleh para traveler yang dijadikan sebagai buah tangan. Termasuk ketika saya ke Nepal, teman-teman saya banyak membeli teh sebagai oleh-oleh untuk sanak saudaranya. Atau jika ke Turki anda dapat membeli teh Cay. Ada juga teh Putih Fujian ketika anda berkunjung ke China.

oleh-oleh teh
Source: Canva
Recreated by Writer


5. Kopi

Kopi adalah salah satu buah tangan yang banyak diburu, karena citarasanya yang berbeda-beda di setiap tempat. Seperti Kopi Lombok, Kopi Wae Rebo, Kopi Papua, Kopi Lampung, Kopi Toraja, Kopi Jawa, Kopi Bali, Kopi Gayo, dan kopi lainnya yang ada di Nusantara.

Ketika keluar negeri pun sama, kita dapat membeli oleh-oleh kopi khas negara yang kita kunjungi. Misalnya jika berkunjung ke Hawai, anda dapat membeli Hawaiian Kona Coffe yang merupakan salah satu kopi termahal di dunia. Anda dapat membeli oleh-oleh kopi ini dengan berbagai kemasan dan jenisnya seperti robusta, arabika, dan lainnya.

6. Aneka Sambal

Siapa yang tak suka sambal, rasanya hampir seluruh orang Indonesia menyukai panganan ini. Saat ini sudah banyak sekali daerah yang menjual sambal dan menjadikannya sebagai oleh-oleh yang bisa anda bawa sebagai buah tangan ketika traveling. Ada sambal terasi, sambal ikan, dan lainnya. Namun saat ini sepertinya oleh-oleh ini baru anda bisa temukan di Indonesia.

7. Buah

Buah juga menjadi ciri khas untuk beberapa daerah atau negara, sehingga dapat menjadi salah satu rekomendasi untuk oleh-oleh. Misalnya membeli Apel Malang dari Malang, Salak Pondoh dari Jogja, Mangga dari Indramayu, Buah Naga dari Banyuwangi, Markisa dari Berastagi, Matoa dari Jayapura, dan lainnya.

Atau jika berkunjung ke Jepang anda akan menemukan buah Akebi, dimana buah ini hanya ada di Jepang, dan dapat dijadikan sebagai oleh-oleh ketika pulang traveling. Jabuticaba yang mirip dengan buah Kupa di Sunda ini adalah buah Khas Brazil. Jika ingin membawanya anda  harus mengemasnya dengan rapi agar tidak busuk. Atau dapat membeli buah Num Num dan Ackee jika berkunjung ke Afrika, Kurma ketika ke Arab, atau Lucuma ketika liburan ke Filipina.

8. Kerupuk

Kerupuk memang bisa kita temukan dimana saja dan kapan saja untuk wilayah Indonesia. Namun ada beberapa kerupuk yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh karena hanya ada di daerah tertentu. Misalnya Kerupuk kemplang dari Palembang, Kerupuk Rengginang dari Wonogiri, Kerupuk Jangek dari Padang, Kerupuk Melarat dari Cirebon, Kerupuk Gendar dari Solo, dan lainnya. Sama dengan sambal, oleh-oleh ini baru dapat anda temukan ketika berkeliling Indonesia saja.

oleh-oleh kerupuk
Source: Canva
Recreated by Writer


9. Wedang

Wedang adalah minuman seduh khas Yogyakarta. Jadi hanya bisa anda dibeli di Jogja. Sekiranya anda traveling ke Jogja, maka anda dapat membeli wedang sebagai oleh-oleh dari Jogja.

10. Permen

Makanan lain yang dapat dijadikan oleh-oleh adalah permen. Saya sering mendapatkan oleh-oleh berupa permen dari beberapa teman saya yang traveling ke luar negeri. Seperti dari Botan Rice Candy atau Ame Candy dari Jepang, Bbopki dari Korea, Li Hing Mui dari China, Nougat dari Prancis, Gummy Bear dari Jerman, Turkish Delight dari Turki, dan lainnya. Jika Indonesia kita punya permen Jahe.

Itu dia rekomendasi jenis makanan dan minuman yang dapat anda jadikan sebagai oleh-oleh ketika pulang traveling dari dalam negeri atau luar negeri. Anda mempunyai rekomendasi jenis makanan atau minuman lain yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh sepulang liburan? Boleh komen di kolom komentar ya.

14 Comment

  1. Cocok banget, emang pas menu2 diatas buat oleh-oleh, makasih banyak rekomendasinya 😍

    ReplyDelete
  2. Aduuuh emang paling enak oleh2 itu yaudah makanan khas daerah aja. Kalau kaya baju atau souvenir kecil2 kayanya udh ga kepakai kecuali temperatur kulkas kali ya. Sisa nya better makanan aja hehe

    ReplyDelete
  3. Bener tuh kadang kerupuk suka dijadikan oleh-oleh apalagi favorit semua kerenyahan kerupuk juara

    ReplyDelete
  4. Aku paling sering beli kue atau cokelat mba.. yang praktis2 aja dan pastinyabbanyak orang yang suka hehe..

    ReplyDelete
  5. yang enak untuk dibawa tuh teh ya soalnya gak makan tempat kalo dibawa dan juga pasti ada perbedaan khasnya tiap daerah

    ReplyDelete
  6. Banyak banget ya sebenarnya rekomendasi oleh-oleh makanan. Biasanya ngoleh-ngolehi tu kepikiran kayak ganci atau kaos-kaos gitu. Tapi tergantung juga siapa yang ditujunya sih ya. Hehe..

    ReplyDelete
  7. Jadi pingin jalan-jalan nih, wisata. Salah satu yang paling seru ya ini, cari oleh-oleh. Pasti yang dibeli makanan atau camilan khas sama kayak souvenir gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya pasti kerupuk tidak ketinggalan. Kalau di Jogja sudah pasti bakpia. Atau minuman-minuman sirup juga. Tapi tergantung daerah yang saya tuju sih, khas makanannya apa.

      Delete
  8. Teh, kopi, cokelat, sering banget aih jadi oleh-oleh. Soalnya beda tempat, teh dan kopinya juga beda rasanya. Unik...

    Vita mamanesia.com

    ReplyDelete
  9. Aku paling suka cari oleh² yg khas, misalnya pia susu Bali, coklat dan snack² yg unik

    ReplyDelete
  10. Wah aseli kalau adik iparku lagi ngetrip sama temen-temennya. Suka bawain makanan khas yang ada di daerah situ. Kemarin aku dibawain mochi dari Jogja. Suka banget.

    ReplyDelete
  11. Bolu atau kue aku banget Kak Mei hahaha. Tapi permen lebih enak juga enteng. Tapi orang dewasa ga terlalu suka permen

    ReplyDelete
  12. Aku paling sering bawain kopi daerah untuk saudara atau teman karena biasanya suka.. Permen menarik juga sih ya untuk oleh-oleh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng banget kalau dapat oleh-oleh coklat atau permen gitu. Atau sirup, terakhir kali aku beli oleh-oleh sirup kawis dari Rembang dan dapat oleh-oleh sirup mangga dari Cirebon. Rasanya enak semuaa

      Delete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.