KEMAJUAN DIGITAL DI BIDANG TRANSPORTASI MELALUI INTERNET MURAH

Menjadi seorang traveler membuat saya dapat menikmati dan mengamati banyak hal selama perjalanan. Juga memberikan pengalaman baru dan cara pandang yang sebelumnya tidak pernah saya bayangkan. Pengalaman-pengalaman berharga ini saya dapatkan berkat kemajuan teknologi digital yang saat ini mempermudah semua aspek kehidupan manusia. Termasuk salah satunya adalah kemajuan teknologi digital dalam bidang transportasi.

internet murah
Source: Canva
Recreated by Writer


Manfaat Kemajuan Teknologi Digital dalam Transportasi Bagi Traveler

1. Mempermudah pembelian tiket

Kemajuan teknologi digital dalam bidang transportasi terjadi secara masif dan mempengaruhi sistem atau tatanan kehidupan masyarakat di seluruh dunia. Digitalisasi yang mulai berkembang sejak era 80an, berkembang begitu pesat yang kemudian juga mendorong digitalisasi dalam bidang transportasi, sehingga mempermudah mobilitas masyarakat di berbagai negara dalam beraktivitas.

Sebagai traveler apalagi lebih sering menjadi seorang solo traveler, manfaat perkembangan digital dalam bidang transportasi memberikan pengaruh besar dan manfaat yang sangat besar bagi saya.

Bagaimana tidak, ketika saya akan melakukan pembelian tiket transportasi menuju kota atau negara tujuan, baik itu tiket transportasi udara, laut, dan juga darat, seperti tiket pesawat, kereta api atau bus, dan juga membeli tiket kapal laut, pastinya menggunakan kemajuan teknologi dalam bidang transportasi. Contohnya dengan membeli tiket menggunakan aplikasi online.

Tanpa harus keluar rumah, tanpa harus mengantri, tanpa ada biaya bensin yang harus dikeluarkan. Bahkan efektifitas waktu juga sangat berpengaruh. Cukup hitungan menit saja. Dengan kemajuan teknologi digital ini, cukup satu kali klik dengan smart phone yang saya miliki, tiket perjalanan dalam genggaman.

2. Electronic Toll (E-Toll), permudah pembayaran tol

Kemajuan digital dalam bidang transportasi lain yang saya rasakan jika di Indonesia adalah ketersediaan layanan E-Toll. Seperti yang sudah kita ketahui, saat ini di beberapa kota besar Indonesia termasuk Jakarta, pembayaran tiket tol sudah menggunakan teknologi electronic toll

Pengguna jalan tol cukup melakukan tap dengan menggunakan kartu yang sudah ditentukan tanpa harus repot mengeluarkan uang. Tentu saja pembayaran tol secara elektronik ini mampu mengurangi kemacetan, cashless. Bahkan bagi pengelola tol hal ini menjadi cost saving karena tidak perlu membayar gaji karyawan. Sementara bagi para traveler yang berkunjung ke kota-kota yang sudah menggunakan layanan ini sangat mempermudah.

Pengisian kartu E-Toll juga sudah dapat dilakukan secara elektronik, tanpa harus pergi ke bank. Cukup top up dengan menggunakan mobile banking atau e-wallet. Cukup menggunakan dukungan internet yang stabil.

3. Permudah penggunaan layanan transportasi darat antar kota dan negara

Manfaat lain dari kemajuan teknologi digital dalam bidang transportasi adalah kemudahan dalam membeli tiket kereta api baik jarak dekat maupun jauh, bus, trem, monorel, Mass Rapid Transportation (MRT), Light Rapid Transportation (LRT), dan sejenisnya. Salah satunya adalah pembelian tiket kereta di Jepang yaitu Japan Rail Pass (JR Pass) yang dapat dibeli jauh-jauh hari untuk persiapan mobilisasi selama di Jepang.

manfaat digital di bidang transportasi
Source: Canva


Di Indonesia salah satunya di Kota Jakarta, sudah menggunakan  jenis moda transportasi MRT dimana pembayaranya dengan menggunakan uang elektronik yang tersimpan dalam kartu. Kita cukup tap kartu tersebut ketika hendak menggunakan jasa transportasi umum ini.

Untuk mengisi uang eletroniknya pun cukup mudah, kita dapat top up dengan menggunakan aplikasi keuangan yang anda miliki. Hanya butuh jaringan internet yang stabil. Setelah itu anda dapat berkeliling kota Jakarta dengan mudah dan murah, tanpa harus mengantri membeli tiket.

4. Meminimalisir kejahatan

Kemajuan teknologi digital dalam bidang transportasi juga dapat meminimalisir kejahatan selama perjalanan. Karena hampir seluruh transportasi di luar negeri dan juga beberapa transportasi di Indonesia sudah menggunakan CCTV yang terpasang di berbagai sudut dalam moda transportasi yang kita gunakan.

Buat saya sebagai traveler apalagi sering bepergian sendirian, keberadaan kemajuan digital CCTV dalam transportasi ini sangat penting. 

5. Manfaatkan jasa aplikasi transportasi kirim barang

Manfaat lain yang saya rasakan hasil dari kemajuan teknologi digital dalam bidang transportasi ini adalah pengiriman barang. Jasa transportasi kirim barang ini mempermudah saya ketika hendak membeli cinderamata tanpa harus berkunjung ke destinasi wisatanya. Barang pun akan diambil oleh ke alamat yang sesuai dengan aplikasi pesanan.

6. Proses kirim barang ketika traveling lebih mudah

Beberapa kali saya traveling di Indonesia, saya membawa barang cukup banyak lebih dari 20 kg, termasuk oleh-oleh ketika traveling. Untuk menghemat biaya, maka saya biasanya kirimkan barang-barang dan cendera mata dari destinasi wisata melalui jasa logistik yang dapat dipesan secara online dan diambil langsung ke tempat kita tinggal. Jasa transportasi kirim barang ini membuat biaya traveling lebih murah ketika hendak membawa oleh-oleh banyak. Termasuk ga bikin ribet dengan barang bawaan.

7. Eksis terus dengan digital wifi yang terpasang di moda transportasi 

Ketika kemajuan teknologi di bidang transportasi semakin menggema, dengan menyediakan layanan internet gratis berupa wifi di transportasi umum termasuk di stasiun atau bandara, maka tatanan kehidupan masyarakat umum mulai berubah. Karena paket internet lumayan pricey, banyak orang yang memanfaatkan internet gratis di ruang publik ini sebagai salah satu solusi untuk menghemat biaya pemakaian internet.

kemajuan teknologi digital
Source: Canva


Dengan tersedianya jaringan internet murah dan gratis di moda transportasi dan sekitarnya, para pengguna transportasi dapat memanfaatkan waktu perjalanan untuk berselancar di media sosial, berkomunikasi dengan lingkungan luar, keluarga, sahabat, pasangan, atau bahkan melakukan pekerjaan. Termasuk bagi para pekerja freelancer seperti content creator, mereka masih tetap bisa bekerja selama mobilisasi dalam transportasi.

Termasuk saya sebagai traveler, saya dapat memanfaatkan waktu dengan browsing destinasi wisata, makanan di di sekitar destinasi, membeli tiket untuk perjalanan, atau sekedar memesan transportasi online untuk menuju tujuan wisata.

Pengalaman Merasakan Manfaat Digital Dalam Transportasi

Untuk para traveler seperti saya, keberadaan wifi gratis sebagai internet murah yang dapat diakses dalam moda transportasi atau di sekitar area public transportation ini pastinya sangat bermanfaat dan diburu.

Terutama jika jaringan internet paket biasa sedang down, atau bahkan ketika sedang di luar negeri dimana paket internet lumayan menguras kantong, maka keberadaan wifi gratis di publik transportasi ini, sangat bermanfaat.

1. Getting lost in Singapore

Waktu di Singapore saya pernah terpisah dengan beberapa teman saya. Kebetulan waktu itu tidak mengaktifkan paket data internet. Karena paket internet murah saat itu masih jarang. Karena pertama kali keluar negeri dan semua itenary diatur oleh teman saya, alhasil bahkan saya tidak mengingat nama hotel bahkan nama daerahnya.

Wah wah ini sih jangan diikuti ya. Namun pengalaman ini justru jadi titik balik bagi saya yang kemudian berani menjadi solo traveler ke berbagai kota di Indonesia dan beberapa negara.

Panik? Banget. Tapi saya tetap berusaha tenang. Mata saya terus berkeliling membaca semua informasi yang tertulis di sekitar stasiun MRT. And thank to God, saya menemukan tulisan Free Wifi. Dengan muka sumringah saya langsung melakukan koneksi internet agar terhubung dengan teman-teman saya.

Pengalaman ini membuat saya tersadar, di era digital seperti ini keberadaan sebuah jaringan internet wifi dalam bidang transportasi ini sangatlah penting dan bermanfaat bagi saya sebagai seorang traveler. Dapat menjadi solusi ketika terjadi hal-hal di luar rencana yang sudah ditulis dalam perjalanan.

2. Pembelian tiket pesawat, kereta, dan bus

Manfaat kedua yang saya paling sering rasakan hasil dari kemajuan teknologi digital dalam bidang transportasi adalah pembelian tiket pesawat, kereta, atau lainnya yang berkaitan dengan transportasi.  Seperti pembelian tiket pesawat ketika akan perjalanan dinas atau bahkan traveling. Apalagi kalau jaringan internet di rumah alias wifi lancar, pembelian tiket atau pemesanan aplikasi online menjadi cepat terkonfirmasi.

digital di bidang transportasi
Source: Canva


3. Penggunaan aplikasi transportasi online

Manfaat yang sering saya rasakan lainnya adalah mempermudah pemesanan transportasi online jarak dekat ketika akan bepergian kemana saja dan kapan saja. Baik untuk aktivitas harian maupun saat traveling. Baik roda empat ataupun roda dua.

4. Proses kirim barang ketika traveling lebih mudah

Beberapa kali traveling di Indonesia, saya membawa barang cukup banyak lebih dari 20 kg. Untuk menghemat biaya, saya gunakan Jasa transportasi kirim barang untuk mengirim barang-barang dan cendera mata dari destinasi wisata melalui jasa logistik yang dapat dipesan secara online dan diambil langsung ke tempat kita tinggal.

Apalagi kalau dapat paket internet murah. Wah happy banget, karena bisa menghemat biaya bulanan kan?

IndiHome Dukung Kemajuan Teknologi Digital Melalui Internet Murah

Tidak hanya di luar negeri, di Indonesia pun keberadaan internet atau wifi yang berkaitan dengan transportasi pastinya sangat bermanfaat. Lalu bagaimana peran pemerintah Indonesia dalam mendukung internet murah di Indonesia?.

IndiHome sebagai bagian dari perusahaan Telkom Group yang merupakan provider dengan jaringan terluas bahkan sudah menyentuh ke berbagai pelosok di Indonesia, menawarkan paket internet murah yang dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja.

internet murah
Source: IndiHome


IndiHome menawarkan paket internet murah dengan berbagai promo yang ada setiap bulannya, sehingga dapat menghemat biaya. Salah satunya adalah Paket Jitu dengan jaminan jaringan yang luas namun harganya tetap hemat. 

Paket Jitu ini menyediakan diskon biaya pemasangan sampai dengan 70% dan juga menawarkan bebas langganan 1 bulan. Harganya juga sangat affordable mulai dari 200ribuan saja per bulannya. Dengan harga murah anda dapat menikmati layanan internet yang stabil dan cepat mulai dari 20 mbps sampai dengan 100 mbps.

Keuntungan lainnya dengan membeli layanan Paket Jitu ini, anda dapat menikmati layanan Disney + hotstar. Selain itu anda juga dapat menghubungi layanan selama 24 jam 7 hari. Paket ini berlaku sampai 31 Desember 2022, masih ada kesempatan untuk mendaftar sampai akhir tahun. Sudah termasuk paket nelepon 10 menit juga dari telepon rumah.

Dengan Paket Jitu juga anda dapat berselancar dan merasakan manfaat besar dari IndiHome dalam menikmati kemajuan teknologi digital dalam bidang transportasi tanpa perlu pusing memikirkan biaya internet. Salah satunya berselancar hunting tiket untuk next traveling. Atau membeli tiket Cable Car untuk nanti selama di Fansipan. Wah menyenangkan sekali membayangkannya.

Bagaimana, tertarik untuk segera memasang internet murah Paket Jitu dari IndiHome di rumah anda?

Referensi:

Indihome. 2022. Promo Paket Jitu. https://indihome.co.id/promo/promo-paket-jitu. (Diakses 8 Oktober 2022).

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. 2014. Indonesia Contoh Model Korsel Kembangkan Informasi Teknologi Transportasi. http://dephub.go.id/post/read/indonesia-contoh-model-korsel-kembangkan-informasi-teknologi-transportasi-61519. (Diakses 8 Oktober 2022).

Researchgate. 2019. Pemanfaatan Teknologi Dalam Sektor Transportasi. https://www.researchgate.net/publication/333728497_PEMANFAATAN_TEKNOLOGI_DALAM_SEKTOR_TRANSPORTASI. (diakses 8 Oktober 2022).

22 Comment

  1. indihome sangat bisa diandalkan di situasi apapun :D

    ReplyDelete
  2. Era digital seperti sekarang memang terasa lebih praktis kl kita bisa memanfaatkan teknologi ya, Mbak. Banyak hal kecil hingga besar yg beralih ke digitalisasi. IndiHome memang andalan untuk jaringan internet stabil dg harga terjangkau

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali semuanya perlu internet dan IndiHome sangat membantu

      Delete
  3. Kuota internet merupakan salah satu kebutuhan pokok dan mendasar bagi setiap kalangan individu baik di kota maupun di desa
    Syukurlah Indihome menjadi solusi dengan jaringan yang stabil ditambah #internetmurah yang sangat menguntungkan baik seller maupun konsumen di tingkat rumahtangga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga banyak terbantu dengan adanya IndiHome mba

      Delete
  4. Zaman now memang fatal banget ya ketika di perjalanan tiba2 tidak ada sinyal atau kita tidak punya paket data internet. Begitu dapat free wifi, banyak hal yang bisa dilakukan.

    ReplyDelete
  5. Internet sekarang sudah seperti kebuutuhan pokok, panik kalau tidak ada internet dibandingkan dompet yang ketinggalan.

    Akses internet yang was wed wuss sangat diperlukan di jaman sekarang. Nah indihome salah satu provider yg memberikan pelayanan bagus. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba bukan seperti lagi tapi menjadi kebutuhan pokok semua orang sepertinya di kota besar

      Delete
  6. Gak salah kalo IndiHome memiliki kualitas pelayanan yang baik. Karena IndiHome memang memberi banyak manfaat bagi digitalisasi dunia transportasi hingga travelling.
    Bersyukur hidup di zaman now yang semuanya serba praktis .

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mba, kita semua terbantu dengan adanya IndiHome

      Delete
  7. Kemajuan teknologi digital memang luar biasa banget ya, Mba Mei dalam bidang transportasi. Jadi, serba mudah dan praktis. Terutama untuk traveling, ditambah dukungan dari IndiHome yang menyediakan Internet Murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mba kemana-mana jadi mudah ya aksesnya

      Delete
  8. Waduh deg degan juga waktu baca pernah tersesat di singapura Mbak, alhamduillah gak lama ya tersesatnya.. teknologi bikin lebih mjudah kalau tiba tiba ada yang tidak sesuai rencana

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mba, sekarang teknologi sudah jadi kebutuhan pokok

      Delete
  9. Benar sekali. Sekarang ini internet benar-benar murah berkat IndiHome. Justru kehadiran IndiHome di seluruh Indonesia itu memecah persaingan tarif internet rumahan yang sebelumnya mungkin mahal banget.

    ReplyDelete
  10. Mengirim oleh-oleh yang sudah dipesan langsung ke alamat rumah dari destinasi wisata memang lebih meringankan beban selama perjalanan sih ya Kak. Kemajuan teknologi di bidang transportasi pun sudah makin memudajkan mobilitas kita saat ini. Tentusegaoanya berkat kehadiran jaringan internet yang mendukung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mba, mempermudah perjalanan kita dan itu berkat adanya internet

      Delete
  11. Apalagi jika internetnya stabil seperti IndiHome ya mbak. Saya merasa bersyukur sekali hidup di zaman sekarang, hampir semua kebutuhan bisa dipenuhi hanya melalui gadget

    ReplyDelete
  12. Ngga kebayang emang gimana kalau skrg ngga ada internet tuh, secara beli apa2 butuh kuota butuh internet yaa kan. Untung aja ada Telkomsel Grup yang menjangkau seluruh indonesia

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.