TIPS MEMILIH BAHAN BANGUNAN AGAR RUMAH AWET

Seringnya melakukan traveling ke beberapa tempat di dalam dan di luar negeri, memberikan banyak inspirasi. Salah satunya adalah dalam hal desain rumah. Saya memperhatikan beberapa rumah di sekitar lokasi wisata memiliki desain rumah yang kokoh. Bahkan ada yang sudah sampai ratusan tahun, namun masih berdiri kokoh.

tips memilih material bangunan
Source: Canva
Recreated by Writer


Hasil bertanya dengan beberapa pemilik rumah atau masyarakat lokal, ternyata sejak awal pembangunan mereka mempersiapkan bahan atau material bangunan yang berkualitas. Sehingga rumah-rumah mereka tetap kokoh meski sudah ratusan tahun. Penasaran apa saja bahan atau material yang wajib perhatikan kualitasnya menurut para pemilik rumah?

Tips memilih bahan bangunan agar rumah awet

1. Kayu, pilihlah kontruksi kayu dengan kualitas tinggi

Kayu merupakan bahan kontruksi bangunan yang selalu dibutuhkan termasuk untuk membuat rumah dan masuk material utama dalam pembangunan rumah. Seperti untuk kusen, pintu, batang jendela, dan lainnya. Pilihlah kayu yang memiliki kualitas baik, tidak mudah lapuk. Di luar negeri banyak rumah-rumah minimalis dengan menggunakan bahan kayu, dan membuatnya sangat cantik.

Pilihlah kayu yang mempunyai kadar air di bawah 20% dan memiliki kekuatan untuk menahan beban ataupun getaran. Pilih juga jenis kayu yang terbuat dari material alami dengan nilai konsumsi yang sedikit, tidak memiliki kandungan racun, serta pilih kayu yang tidak mengeluarkan bahan polusi yang dapat merusak udara atau lingkungan saat diproduksi.

2. Batu bata merah, membuat rumah lebih kokoh dan sejuk

Batu bata biasanya digunakan untuk membentuk dinding. Pilihlah batu bata yang memiliki kualitas baik seperti batu bata merah. Pilih batu bata yang memiliki tekstur yang keras, tidak mudah retak, serta pilihlah yang ukurannya sedang. Selain itu bata bata merah mempunyai kekuatan untuk menyerap panas lebih baik, sehingga rumah tidak mengeluarkan panas, namun terasa lebih sejuk dan adem.

3. Semen, pilih kualitas terbaik agar rumah kokoh sampai puluhan tahun

Semen termasuk bahan bangunan penting dalam bangunan rumah. Maka pilihlah semen yang memiliki kualitas tinggi agar bangunan rumah kokoh dan kuat dalam jangka waktu lama. Biasanya semen ini digunakan untuk plesteran, acian pemasangan keramik, dan lainnya. Pilihlah semen yang bertekstur lembut dan tidak menggumpal karena itu menunjukan bahwa semen tersebut memiliki kualitas baik. Semen berkualitas baik biasanya sering digunakan oleh perusahaan kontraktor.

4. Genteng, pilih dengan kualitas terbaik agar terhindar dari kebocoran

Genteng merupakan salah satu bahan bangunan penting dalam sebuah bangunan. Pilihlah genteng yang memiliki kualitas baik. Saat ini sudah banyak genteng dengan berbagai jenis bahan, desain, bahkan warna yang beranekamacam. Pilih genteng sesuai dengan kekuatan rangka bangunan yang digunakan dan pilih juga genteng yang mempunyai kondisi fisik bagus seperti tidak retak, ukurannya sama.

genteng
Source: Canva

5. Plat Strip, bantu rumah lebih kokoh dan tahan menopang beban

Plat strip pada dasarnya merupakan sebuah material dari besi yang banyak diaplikasikan dalam konstruksi sipil. Anda sendiri bisa dengan mudah menjumpai material yang satu ini di pasaran.

Bahkan sebenarnya di sekitar Anda pastinya pernah menjumpai material yang satu ini, karena memang cukup banyak diaplikasikan dalam sebuah bangunan. Bahkan ia juga memiliki fungsi yang sangat bervariatif. Plat ini mengandung baja karbon sebesar 0,04 hingga 0,1 persen.

Lalu apa saja kegunaan plat strip Berikut ini diantaranya dimana material tersebut diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

  1. Plat lantai untuk rumah 2 lantai, pemanfaatan yang pertama adalah banyak digunakan sebagai plat lantai untuk rumah 2 lantai. Karena dalam pemanfaatannya sendiri ia membantu untuk memperkuat bangunan tersebut, bahkan meningkatkan kekuatannya hingga 2 kali lipat dibandingkan dengan biasanya. Sehingga tak perlu khawatir meletakkan barang-barang berat di lantai dua rumah.
  2. Bahan untuk pintu rumah, karena sifat atau karakteristiknya yang ringan, ternyata bahan yang satu ini juga umum dipakai sebagai pintu untuk rumah, misalnya adalah pada pintu garasi maupun juga gerbang, sehingga lebih mudah untuk dibuka tutup, serta bisa tahan terhadap cuaca.
  3. Digunakan untuk keperluan transportasi, material satu ini juga banyak dipakai untuk transportasi, sebut saja diantaranya adalah pada mobil pengangkut atau pick up sampai dengan bis. Banyak diantaranya yang memakai bahan yang satu ini, karena tahan untuk menopang beban. Selain itu juga tidak mudah karena pengaruh cuaca, bisa tahan sampai dengan bertahun-tahun tanpa perawatan ekstra.

Plat strip besi ini termasuk material yang tidak membutuhkan perawatan khusus, namun punya usia pakai yang panjang atau tahan lama. Anda juga bisa mendapatkannya di Prima Bajaindo Sukses, dimana pada dasarnya mereka menjual material untuk bangunan secara lengkap dengan harga yang bersaing, apalagi material dari baja, kualitasnya sudah memenuhi SNI.

Bisa disajikan sebagai supplier juga untuk toko bangunan Anda, bisa pesan barangnya online hingga kirim ke seluruh Indonesia, jadi tak perlu khawatir.

Itu dia beberapa material atau bahan bangunan yang wajib anda perhatikan ketika akan membangun sebuah rumah, agar kokoh dan awet dalam jangka waktu lama. Bahkan sampai dengan puluhan tahun. Pastikan bahan-bahan yang digunakan berkualitas tinggi. Atau anda mempunyai pengalaman membeli bahan-bahan bangunan ketika membangun rumah, boleh sekali untuk sharing di kolom komentar.

7 Comment

  1. Wah pas banget cari cari artikel tentang bahan bangunan dan dapat yang pencerahan setelah baca disini

    ReplyDelete
  2. Keren ya material nya tidak membutuhkan perawatan khusus, namun punya usia pakai yang panjang dan tahan lama.

    ReplyDelete
  3. ini menarik nih pas banget lagi cari cari info tentang material soalnya awam banget nih

    ReplyDelete
  4. Bener nih, penting banget memilih bahan berkualitas buat rumah biar makin nyaman dan awet

    ReplyDelete
  5. Coba kalau ada gambarnya lebih menarik, tapi thanks yaa, buat aku renov rumah nanti nih

    ReplyDelete
  6. Penting banget memang memilih material yang terbaik buat bangunan. Kalo asal-asalan biasanya banyak masalah ke depannya, jadi dari awal mending pilih yang oke sekalian..

    ReplyDelete
  7. makasih bund sharingnya bagus banget nih buat nambah ilmu, jarang banget sih ada yg bahas detail material bangunan kaya gini

    kemaren pas bangun jg setiap material punya merek masing masing dan bingung bgt mau pake yg mana karena setiap barang pasti claimnya
    bagus

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.