AKSI KECIL UNTUK SELAMATKAN BUMI

Setiap 22 April kita akan merayakan Hari Bumi Sedunia atau World Earth Day, di hari ini mengingatkan kita akan kondisi bumi yang mengalami kerusakan akibat banyak ulah manusia dan juga kondisi bumi yang semakin menua. Untuk itu, mari kita lakukan aksi kecil untuk menyelamatkan bumi dan dimulai dari diri kita, dari aktivitas kita sehari-hari. Apa saja cara menyelamatkan bumi yang bisa kamu lakukan?

langkah kecil selamatkan bumi
Source: Canva
Recreated by Writer


Aksi Kecil Untuk Selamatkan Bumi

1. Buang sampah pada tempatnya

Aksi yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk selamatkan bumi adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Tidak hanya itu, melakukan pemisahan sampah organik dan non organik juga dapat menyelamatkan bumi loh.

Selain itu juga dapat membantu meringankan bagian kebersihan dalam memilah sampah. Yuk mulai sekarang buang sampah ke tempat sampah dan buang sampah sesuai dengan jenisnya.

2. Gunakan tumbler

Aksi kecil ini dapat membantu mengurangi sampah plastik dari jenis botol air minum. Jadi mulai sekarang pergi kemana pun, jalan-jalan, ke kantor, atau sekedar bermain, yuk selalu bawa tumbler untuk minum kamu. Selain menghemat pengeluaran kamu, kamu sudah berkontribusi kecil untuk selamatkan bumi kita.

3. Gunakan sedotan non plastik

Cara menyelamatkan bumi dari kerusakan lingkungan lainnya adalah dengan menggunakan sedotan non plastik. Belakangan ini sudah banyak sekali sedotan non plastik yang bisa kamu beli dimana saja. Sedotan jenis ini bisa kamu pakai berkali-kali, ada yang terbuat dari bambu, steinless steel, akrilik, silikon, jerami, kaca, dan tersedia juga dari plastik berjenis food grade yang bisa dipakai sampai bertahun-tahun.

4. Tanam pohon

Aksi kecil lainnya yang bisa kamu lakukan adalah menanam pohon. aksi ini bisa kamu lakukan di sekitar rumah atau bergabung dengan beberapa komunitas yang sering melakukan aksi tanam pohon. Jika kamu sibuk, kamu bisa juga berkontribusi tanam pohon ini melalui donasi. Banyak komunitas peduli lingkungan yang melakukan aksi ini.

5. Beli produk kemasan besar

Salah satu aksi kecil lainnya untuk selamatkan bumi dalam kehidupan sehari-hari adalah membeli beberapa produk dalam ukuran besar. Misalnya membeli minyak kemasan 5 liter, atau deterjen dalam ukuran 5 kg, atau membeli camilan dalam ukuran paling besar. Sehingga dapat mengurangi banyaknya jumlah plastik yang kita beli. Mari selamatkan bumi dari sampah plastik.

6. Konsumsi makanan secukupnya

Kok konsumsi makanan secukupnya alias tidak membuang makanan bisa menyelamatkan bumi?. Iya dong, dengan membeli makanan secukupnya kita sudah menghemat bahan dan bumbu makanan yang kita ambil dari alam. Termasuk dapat mengurangi penggunaan air selama proses memasak. Terlihat kecil, tetapi jika semua manusia di muka bumi melakukan ini, hasilnya akan sangat besar buat bumi kita.

aksi selamatkan bumi
Source: Canva
Recreated by Writer


7. Gunakan tas isi ulang untuk belanja

Cara selamatkan bumi lainnya adalah menggunakan tas isi ulang setiap kamu belanja ke swalayan, tidak terasa bahwa ini berkontribusi besar untuk memulihkan alam kita loh. Karena dengan melakukannya, kita sudah berkontribusi mengurangi sampah plastik yang pastinya akan terus melimpah jika sering belanja ke swalayan.

Tas belanjaan juga bisa kamu gunakan untuk kegiatan lain, seperti yang saya lakukan, untuk main atau sekedar jalan-jalan santai, untuk membawa barang-barang bawaan. Apalagi kalau tasnya bisa memesan desain sendiri gambarnya, atau misalnya bisa dikasih nama kita sendiri, seru kan, agar tidak tertukar pada saat belanja.

8. Bijak menggunakan air

Gunakan air secukupnya, sehingga jumlah penggunaan air di muka bumi tidak cepat habis. Banyak daerah di seluruh dunia kekurangan air bersih, maka kita yang diberi kelimpahan air bersih, bijaklah dalam menggunakannya. Agar cadangan air di muka bumi tidak terbuang sia-sia.

9. Gunakan peralatan masak yang ramah energi

Buat kita yang sering menggunakan alat masak di rumah, maka bijak-bijaklah dalam memilih alat masak. Temukan alat masak yang ramah lingkungan, misalnya cari produk yang hemat penggunaan listrik atau berjenis eco friendly.

10. Membawa kotak plastik untuk berbelanja

Selain membawa tas belanjaan, kamu juga bisa loh membawa kotak plastik untuk berbelanja makanan kecil atau sejenisnya. Semisal ke pasar akan membeli bumbu, kamu tidak perlu menggunakan plastik kecil-kecil untuk wadahnya. Kamu bisa membawa kotak plastik dari rumah yang dapat dipakai berkali-kali. Atau jika kamu akan membeli makanan ke rumah makan, kamu bisa membawa kotak makan, sebagai pengganti stereoform.

Itu dia aksi kecil yang sudah saya lakukan untuk selamatkan bumi. Bagaimana dengan kamu, apa saja aksi kecil dan sederhana yang sudah kamu lakukan untu membantu mengurangi kerusakan lingkungan dan dapat menyelamatkan bumi? Yuk sharing di kolom komentar.

12 Comment

  1. alhamdulillah, dari poin 1 sampai 10 sebagian besar udah terlaksana.. kecuali nomor 10, belum paham peralatan masak yang eco friendly seperti apa.. boleh dong, kapan-kapan dibahas mba Mei..

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, seluruhnya sudah dilakukan dan coba diterapkan dengan lebih disiplin. Mungkin pakai air masih agak boros2 dikit karena kadang nggak berasa...hehe. Selebihnya insya Allah sudah dilakukan, termasuk mengajarkan anak-anak juga supaya bisa sama2 bantu menyelamatkan bumi :)

    ReplyDelete
  3. Penting banget nih,untuk gak boros sama air. Kadang saat lagi sikat gigi,airnya suka gak dimatiin sama anak,harus diingetin ya berarti. Makasih tipsnya mom.

    ReplyDelete
  4. kalau belanja di kios saya selalu nolak dibungkus plastik selagi saya masih bisa bawa sendiri pakai tangan, sampai si Tetangga udah tahu sih kalau saya belanja mah malas diplastikin, hihih.
    sering gitu juga kalau belanja di toko/swalayan, kalau cuma beli beberapa item dan kecil, langsung dicemplungin ke tas aja :D
    ohh ya jadi gak boleh pakai peralatan yang banyak pakai listrik malah ya, padahal udah ada beberapa wish list nih barang yang bisa memudahkan pekerjaan emak-emak rempong tanpa ART ini :(

    ReplyDelete
  5. Untuk selamatkan bumi itu sebetulnya gak sulit ya Mba. Dari hal kecil saja bisa berdampak besar kalau semua orang menerapkannya. Terutama penggunaan kemasan plastik sekali pakai yang masih banyak digunakan.

    ReplyDelete
  6. Wah... Saya baru tahu lo kalau menghemat makanan dan bumbu termasuk salah satu cara menjaga lingkungan. Untungnya selama ini juga selalu masak dan makan sekadarnya saja, gak berlebihan.
    Makasih sharingnya, Mbak Mei.

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah, saya juga sudah melakukan beberapa aksi kecil seperti di atas. Ya, terkadang memang bikin rempong, tapi tak apalah demi masa depan bumi yang harus kita jaga.

    ReplyDelete
  8. Ternyata ada banyak aksi kecil yang bisa kita lakukan ya untuk menyelamatkan bumi. Hal2 sederhana yang sering dianggap sepele padahal sangat bermakna untuk menjaga kelestarian bumi

    ReplyDelete
  9. Duh saya masih paling boros kalo soal air nih. Masih belajar supaya bisa irit air huhu. Semoga dengan langkah2 di atas, bisa menyelamatkan bumi

    ReplyDelete
  10. Langkah kecil kalau dilakukan hampir semua orang insya allah bumi akan baik baik saja. Noted kebiasaan baik ini kak, aku masih suka lalai dalam pemakaian air, apalagi sedang nyuci, mesin cuci jenis yang makai air sangat banyak

    ReplyDelete
  11. Bener banget mbak, dari hal - hal kecil yang rutin kita lakukan, dengan bergerak bersama menyelamatkan bumi tentunya bisa berdampak positif pada kebaikan bumi. Semoga bumi kita tercinta bisa lebih terlindungi dan tetap menjadi rumah yang aman buat anak cucu kita nanti, ya mbak.

    ReplyDelete
  12. Aksi kecil bisa selamatkan bumi, tp msh aja banyak orang melakukan aksi kecil yg disepelekan tp dpt merusak bumi

    ReplyDelete

Silakan berkomentar dengan bijak dan positif. Terima kasih.